rpp smk pkn Bentuk Negara dan Pemerintahan






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP

Mata Pelajaran        : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester       : X/Satu       
Kelompok Mapel      : Wajib Kelompok A
MateriPokok           : Bentuk Negara dan Pemerintahan
AlokasiWaktu          : 4 X 45 Menit (2 x 2 JP)


A  KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B   KOMPETENSI DASAR
1.3 Memahami bentuk dan kedaulatan negara sesuai dengan Undang Undang Dasar  Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
1.2 Menyaji hasil telaah bentuk dan kedaulatan negara sesuai dengan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
.
C  INDIKATOR
    Pertemuan 1

1.  Menjelaskan tentang bentuk negara menurut pasal 1 ayat 1 UUD NKRI tahun 1945
2.  menjelaskam bentuk pemerintahan yang sesuai dengan UUD NKRI tahun 1945
3.  Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang bentuk negara dan pemerintah yang sesuai dengan UUD NRI tahun 1945

Pertemuan 2

4.  Menyusun data tentang bentuk negara dan pemerintahan yang sesuai dengan UUD NKRI tahun 1945
5.  Mengolah data yang terkumpul mengenai bentuk negara dan pemerintahan yang sesuai dengan UUD NKRI tahun 1945
6.  Menyajikan laporan tentang bentuk negara dan bentuk pemerintahan yang sesuai dengan UUD NKRI tahun 1945

D  TUJUAN PEMBELAJARAN
      Pertemuan 1

1.   Dengan membaca buku UUD NKRI tahun 1945 dan penjelasan guru  siswa dapat Menjelaskan  bentuk negara menurut pasal 1 ayat 1 UUD NKRI tahun 1945 dengan benar.
2.  Dengan membaca buku UUD NKRI tahun 1945 dan penjelasan guru  siswa dapat menjelaskam bentuk pemerintahan yang sesuai dengan UUD NKRI tahun 1945 dengan benar.
3.  Setelah menerima penjelasan dari guru siswa dapat mengumpulkan data dari    berbagaisumber tentang bentuk negara dan pemerintah yang sesuai dengan UUD NKRItahun 1945 dengan benar
    
     Pertemuan 2

4.    Melalui diskusi kelompok siswa dapat menyusun data tentang bentuk Pemerintahan                                          
     sesuai dengan UUD NRI tahun 1945 dengan benar
5.    Melalui diskusi kelompok siswa dapat mengolah data yang terkumpul mengenai               
6.    Bentuk   negara dan pemerintahan yang sesuai dengan UUD NKRI tahun 1945 dengan benar

 .    7.   Melalui diskusi siswa dapat menyajikan laporan tentang bentuk negara dan bentuk          
      pemerintahan yang sesuai dengan UUD NKRI tahun 1945

E   MATERI PEMBELAJARAN

Pertemuan 1


Fakta :
·      NKRI
·      Naskah UUD NRI 1945

Konsep:
·      Pengertian bentuk negara
·      Macam-macam bentuk negara
·      Bentuk negara RI menurut UUD NKRI 1945

 Pertemuan 2

·      Pengertian bentuk Pemerintahan
·      Macam-macam bentuk pemerintahan
·      Bentuk pemerintahan RI menurut UUD NKRI 1945

Prinsip:
·      UUD NRI 1945

F  METODE PEMBELAJARAN
1.    Strategi                        : PBL
2.    Pendekatan                  : Saintifik
3.    Metode             :
·  Pengamatan
·  Dikusi kelompok
·  Presentasi
·  Penugasan

G  ALAT/MEDIA/BAHAN
1.    Alat                  : LCD proyektor, Jaringan Internet, dan computer.
2.    Media                :
3.     Bahan ajar        : Buku PPKn kelas X, UUD NRI tahun 1945,

H  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan pertama
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Mengucap salam
·         Meminta ketua kelas untuk memimpin doa
·         Mengabsen siswa
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Melaksanakan pretes lisan tentang  bentuk negara dan bentuk pemerintahan
10 menit
Kegiatan Inti:
Mengamati
·     Membaca dari berbagai sumber tentang bentuk negara dan bentuk pemerintahan yang sesuai dengan UUD NKRI tahun 1945
Menanya
·     Menanyakan tentang bentuk negara dan bentuk pemerintahan yang  sesuai dengan UUD NKRI tahun 1945
·     Menanyakan macam bentuk negara dan bentuk pemerintahan yang ada
Mengumpulkan data
·     Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang bentuk negara dan pemerintah yang sesuai dengan UUD NKRI tahun 1945

Mengasosiasikan
·     Mencari hubungan antara bentuk negara dan Bentuk pemerintah Republik Indonesia  yang sesuai dengan UUD NRI tahun 1945

Mengomunikasikan
·       Menyimpulkan hasil diskusi tentang bentuk negara dan pemerintahan Indonesia yang sesuai dengan UUD NKRI Tahun 1945
·       Meyajikan hasil diskusi tentang bentuk negara dan pemerintahan Indonesia sesuai dengan UUD NKRI Tahun 1945
60 menit
Penutup
1.  Guru bersama  Peserta didik  menyimpulkan tentang bentuk negara dan bentuk pemerintahan yang sesuai dengan  UUD 45
2.  Guru memberikan tugas pada peserta didik untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang bentuk negara dan bentuk pemerintahan yang sesuai dengan UUD NKRi 1945
3.  Melaksanakan pos tes lisan

10 menit


Pertemuan Kedua
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1.  Mengucap salam
2.  Meminta kepada ketua kelas untuk memimpin doa
3.  Merefleksi pembahasan mengenai bentuk negara dan pemerintahan Indonesia yang sesuai dengan UUD NKRI Tahun 1945
4.  Menagih dan mengingatkan tugas minggu sebelumnya untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang bentuk negara dan pemerintahan Indonesia yang sesuai dengan UUD NKRI Tahun 1945
5.  Menyampaikan tujuan pembelajaran
6.  Melaksanakan pretes lisan tentang bentuk negara dan bentuk pemerintahan
10 menit

Kegiatan Inti
Mengamati
·      Membaca dari berbagai sumber tentang bentuk negara dan bentuk pemerintahan yang sesuai dengan UUD NKRI tahun 1945
·     Membaca dari berbagai sumber tentang kedaulatan dan sifat kedaulatan

Menanya
·     Menanyakan tentang ciri-ciri bentuk negara kesatuan
·     Menanyakan tentang ciri-ciri bentuk negara serikat
·     Menanyakan tentang ciri-ciri bentuk pemerintahan Republik
·     Menanyakan tentang ciri-ciri bentuk pemerintahan Monarki
·     Menanyakan tentang kedaulatan dan sifatnya

Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
·     Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang ciri-ciri bentuk negara kestauan dan serikat
·     Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang ciri-ciri bentuk pemerintahan  Republik dan Monarki

Mengasosiasikan
·     Mencari perbedaan antara bentuk negara kesatuan dengan bentuk negara serikat
·     Mencara perbedaan antara bentuk pemerintahan republik dengan bentuk pemerintahan monarki

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan hasil diskusi tentang bentuk negara dan bentuk pemerintahan didepan kelas

60 menit
Penutup
1.  Bersama  Peserta didik  menyimpulkan ciri-ciri bentuk negara  bentuk pemerintahan dan kedaulatan
2.  Memberikan tugas menuliskan kembali hasil pengolahan data mengenai ciri bentuk negara, bentuk pemerintahan dan kedaulatan
3.  Melaksanakan  pre tes
10 menit

Penilaian
1.      Tugas:
a.   Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang pengertian bentuk negara
b.     Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang Pengertian bentuk pemerintahan
c.      Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang macam-macam bentuk negara
d.     Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang macam-macam bentuk perintahan
e.     Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang bentuk negara dan bentuk
     pemerintahan yang sesuai dengan UUD NKRI 1945

2    Observasi
Menilai kegiatan pengamatan saat diskusi dan presentasi hasil pengamatan tentang bentuk negara dan bentuk pemerintahan yang sesuai dengan UUD NKRI 1945
3    Portofolio,
    Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun  
    kelompok tentang bentuk negara dan bentuk pemerintahan yang sesuai dengan  
    UUD NKRi 1945

4.   Tes
  Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang bentuk negara dan
  bentuk  pemerintahan yang sesuai dengan UUD NKRi 1945


Sumber/Referensi;
Buku Kesadaran berkonstitusi
Buku Pegangan Kurikulum 2013
Buku PPKn kelas X
UUD NRI Tahun 1945


Jember , 4-agustus-2014
Mengetahui
KepalaSMK PGRI 05 Jember                                        Guru Mata PPKn



(                              )                                              (                              )
.                                               .
CatatanKepalaSekolah
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................











Pengamatan aktivitas dalam
Diskusi kelompok (Rubrik) membahas hasil pengumpulan data
Membuat laporan hasil pengumpulan data
Mempresentasikan (rubrik)hasil laporan di depan kelas
Portofolio
PENILAIAN PORTOFOLIO
(Hasil Pengumpulan Data/Laporan Penelitian)

Tanggal/bulan/tahun                 :..........................................
Nama pesrta didik                       :..........................................
Kelas/semester              :X / 1
Mata Pelajaran               :.PPKn
Kompetensi Inti              :1, 2, 3, 4.
  Kompetensi Dasar              : 3.3.  Memahami bentuk dan kedaulatan negara sesuai    
                                                dengan UUD  Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.3   Menyaji hasil telaah bentuk dan kedaulatan negara sesuai dengan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Materi Pokok                              : Bentuk negara dan Pemerintahan
No
Komponen Portofolio
Bobot
Skor
Nilai
1
Keruntutan dalam penyusunan portofolio
a.    Runtut mulai dari tugas awal hingga akhir(lengkap)
b.    Runtut berdasarkan hari,tanggal,bulan dan tahun
c.    Runtut mulai dari judul hingga akhir

25%


2
Kelengkapan Portofolio
a.    Lengkap setiap kompetisi inti dan kompetensi dasar

25%


3
Kerapian dalam Penyusunan portofolio
a.    Rapi dan tidak kotor
b.    Dikemas dalam snelhecter

25%


4
Kebermanfaatan Portofolio
a.    Bermanfaat untuk perbaikan
b.    Disimpan di perpustakaan
c.    Dapat dibaca oleh para pembaca

25%


Catatan :Skor 1 – 5 (1. Sangat kurang, 2 kurang, 3 cukup, 4 baik, sangat 
                        baik
                                      Nilai = bobot X Skor

Jember , 4-agustus-2014
Mengetahui
KepalaSMK PGRI 05 Jember                                        Guru Mata PPKn


(                                       )                                    (                                  )

CatatanKepalaSekolah
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................

No comments: