rpp pkn smk Otonomi daerah kelas1/1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP

Mata Pelajaran        : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester       : X/Satu       
Kelompok Mapel      : Wajib Kelompok A
MateriPokok           : Otonomi daerah
AlokasiWaktu          : 4 X 45 Menit (2 x 2 JP)

A  KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.  KOMPETENSI DASAR
1.4.    Memahami hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.3.    Menyaji hasil telaah hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
.
C   INDIKATOR
1.    Menjelaskan pengertian otonomi daerah
2.    Menjelaskan yang dimaksud dengan daerah otonom
3.    Menjelaskan asas-asas dalam pelaksanaan otonomi daerah
4.    Menjelaskan pelaksanaan otonomi daerah di wilayahnya

D   TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Melalui penjelasan dari guru siswa dapat menjelaskan pengertian otomomi daerah  dengan benar
2.    Melalui studi pustaka siswa dapat  menjalaskan yang dimaksud dengan daerah otonom
3.    Dengan belajar kelompok  siswa dapat menjelaskan  asas-asas dalam pelaksanaan otonomi daerah dengan benar
4.    Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan pelaksanaan otonomi daerah di wilayahnya

E   MATERI PEMBELAJARAN
     Fakta
·    Pemeintah daerah
·    Otonomi Daerah
Konsep
·      Pengertian otonomi
·      Sentralisasi dan desentralisasi

Prinsip
·      UUD NRI 1945
·      UU No. 32 Tahun 2004

Prosedur
·      Tata cara pelaksanaan tugas dan wewenang pemerintah daerah
F  METODE PEMBELAJARAN
1.    Strategi                        : PBL
2.    Pendekatan                  : Saintifik
3.    Metode             :
·  Pengamatan
·  Dikusi kelompok
·  Presentasi
·  Penugasan

G  ALAT/MEDIA/BAHAN
1.    Alat                  : LCD proyektor, Jaringan Internet, dan computer.
2.    Media                : Video sidang DPR/MPR
3.    Bahan ajar         : Buku PPKn kelas X, UUD NRI tahun 1945, Kesadaran  
                        berkonstitusi.

H  KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Mengucap salam
·         Berdoa
·         Bertanya pada  Peserta didik  tentang tugas untuk mencari vidio tentang pelanggaran dalam menjalankan roda pemerintahan
·         Bertanya pada  Peserta didik  tentang kesiapan menerima pelajaran
·         Mengabsen siswa
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Melaksanakan pretes lisan tentang pemerintah pusat dan daerah
15 menit
Kegiatan Inti:

Mengamati
·      Membaca  dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang pelaksanaan otonomi daerah di wilayahnya

Menanya
·      Menanyakan tentang pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia

Mengumpulkan data
·      Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang  pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia
Mengasosiasikan
·      Mencari hubungan antara pelaksanaan otonomi daerah dengan realisasi pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah daerah di wilayahnya masing-masing
Mengomunikasikan
·      Mempresentasikan hasil kajian  pelaksanaan otonomi daerah di wilayahnya
60 menit
Penutup
·      Guru bersama  Peserta didik  menyimpulkan  tentang otonomi daerah
·      Guru memberikan tugas mengerjakan soal di lembar kerja siswa
·      Melaksanakan pos tes lisan
15 menit

Pertemuan Kedua
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1.    Mengucap salam
2.    Berdoa
3.    Bertanya pada  siswa  tentang kesiapan menerima pelajaran
4.    Mengabsen siswa
5.    Menyampaikan tujuan pembelajaran
6.    Melaksanakan pretes lisan tentang asas-asas dalam pemerintahan pusat dan daerah

10 menit
KegiatanInti
Mengamati
1.    Mengamati pelaksanaan otonomi daerah.

Menanya
1.    Menanyakan tentang sentralisasi
2.    Menanyakan tentang desentralisasi
3.    Menanyakan tentang dekonsentrasi
4.    Menanyakan tentang tujuan pemberian otonomi daerah

Mengumpulkan data
1.    Menentukan data tentang pelaksanaan sentralisasi, desentralisasi dan dekonsentrasi yang ada di lingkungannya.

Mengasosiasikan
1.    Mencari perbedaan pelaksanaan sentralisasi dengan desentralisasi dan dekonsentrasi.

Mengkomunikasikan
1.    Mempresentasikan hakikat otonomi daerah
2.    Menyampaikan hasil temuan tentang pelaksanaan otonomi daerah
20 menit
Penutup
1.    Bersama  Peserta didik  menyimpulkan tentang otonomi daerah
2.    Memberikan tugas untuk membaca buku sumber tentang kompetensi dasar hukum dan peradilan di Indonesia
3.    Melaksanakan Ulangan harian ke 3
60 menit




I  PENILAIAN

1. Tugas:
1.      Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang sentralisasi pemerintahan
2.      Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang desentralisasi
     pemerintahan
3.      Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang tujuan pemberian otonomi  
     daerah
4.      Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang hakikat otonomi daerah
5.      Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang dekonsentrasi

2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan saat diskusi dan presentasi hasil pengamatan tentang pelaksanaan sentaralisasi, desentralisasi dan depkonsentrasi.
3. Portofolio,
Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang pelaksanaan sentralisasi, desentralisasi dan dekonsentrasi
4.  Tes
 Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang otonomi daerah

Sumber/Referensi;
Buku Kesadaran berkonstitusi
Buku Pegangan Kurikulum 2013
Buku PPKn kelas X
UUD NRI Tahun 1945
Jember ,
Mengetahui              
KepalaSMK                                                     Guru Mata PPKn




(                            )                                    (                      )

No comments: