RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/Satu
Kelompok
Mapel : Wajib Kelompok A
MateriPokok : Kedaulatan negara
AlokasiWaktu : 4 X 45 Menit (2 x 2 JP)
A KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI
DASAR
1.3 Memahami
bentuk dan kedaulatan negara sesuai dengan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945.
4.3 Menyaji
hasil telaah bentuk dan kedaulatan negara sesuai
dengan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
.
C INDIKATOR
1. Menjelaskan pengertian kedaulatan
negara
2. Menjelaskan sifat hakikat negara
3. Membedakan macam-macam kedaulatan negara
4.
Menyusun data tentang sifat hakikat negara,
pengertian kedaulatan dan macam-macam kedaulatan negara
5. Mengolah data
untuk Mencari hubungan pasal-pasal
UUD NRI tahun 1945 dengan sifat hakikat
negara dan kedaulatan negara
6. Menyajikan sifat hakikat negara, pengertian kedaulatan dan
macam-macam kedaulatan negara
D TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan membaca buku sumber siswa
dapat menjelaskan pengertian kedaulatan negara dengan benar
2. Dengan membaca buku sumber siswa
dapat menjelaskan sifat hakekat negara dengan benar
3. Melalui penjelasan guru siswa
dapat membedakan macam-macam kedaulatan negara dengan benar
4. Melalui bimbingan guru siswa dapat menyusun data tentang sifat hakikat negara, pengertian
kedaulatan dan macam-macam kedaulatan negara dengan benar
5. Melalui kerja kelompok siswa dapat Mengolah data untuk Mencari hubungan pasal-pasal UUD NRI tahun 1945
dengan sifat hakikat negara dan
kedaulatan negara dengan
benar
6.
Melalui tanya jawab siswa dapat Menyajikan sifat
hakikat negara, pengertian kedaulatan dan macam-macam kedaulatan negara dengan benar
E MATERI PEMBELAJARAN
Fakta
· Kedaulatan
Negara
Konsep
· Sifat
hakikat negara
· Kedaulatan
negara
· Macam-macam
kedaulatan negara
Prinsip
· Sifat
hakikat negara menurut UUD NRI Tahun 1945
· Kedaulatan
negara menurut UUD NRI Tahun 1945
F METODE PEMBELAJARAN
1.
Strategi : PBL
2.
Pendekatan : Saintifik
3.
Metode :
· Pengamatan
· Dikusi
kelompok
· Presentasi
· Penugasan
G ALAT/MEDIA/BAHAN
1.
Alat :
LCD
proyektor, Jaringan Internet, dan computer.
2.
Media :
3.
Bahan ajar :
Buku PPKn
kelas X, UUD
NRI tahun 1945,
H KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan
pertama
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Mengucap
salam
·
Meminta
ketua kelas untuk memimpin doa
·
Mengabsen siswa
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Melaksanakan pretes lisan tentang Kedaulatan negara
|
10 menit
|
Kegiatan Inti:
Mengamati
·
Mencari dari berbagai sumber tentang sifat hakikat
negara, pengertian kedaulatan dan macam-macam kedaulatan negara
Menanya
· Menanyakan tentang sifat hakekat negara
· Menanyakan tentang pengertian kedaulatan negara
· Menanyakan tentang teori kedaulatan
Mengumpulkan
data
· Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang sifat
hakikat negara dan kedaulatan Negara Republik Indonesia
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan pasal-pasal UUD NRI tahun 1945
dengan sifat hakikat negara dan
kedaulatan negara
Mengomunikasikan
· Menyimpulkan dasil diskusi tentang kedaulatan negara Indonesia sesuai dengan
UUD NRI Tahun 1945
· Mempresentasikan hasil pengumpulan data
tentang kedaulatan negara Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945
|
70 menit
|
Penutup
1.
Guru bersama Peserta didik menyimpulkan tentang kedaulatan
negara
2. Guru memberikan tugas pada
peserta didik untuk mengerjakan tugas di LKS tentang kedaulatan
negara
3.
Melaksanakan
pos
tes lisan
|
10 menit
|
Pertemuan Kedua
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
1.
Mengucap salam
2.
Meminta kepada ketua kelas untuk
memimpin doa
3.
Merefleksi
pembahasan mengenai kedaulatan negara
4.
Menagih dan mengingatkan tugas
minggu sebelumnya untuk mengumpulkan kliping tentang sistem
pemerintahan
5. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
6. Melaksanakan
pretes lisan tentang kedaulatan negara
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
·
Membaca dari
berbagai literatur tentang sifat hakekat negara Indonesia
·
Membaca dari
berbagai literatur tentang sifat kedaulatan dan implementasinya di
Indonesia
Menanya
· Menanyakan tentang sifat hakikat negara dan kedaulatan negara
· Menanyakan tentang penerapan kedaulatan negara Indonesia
·
Menanyakan
tentang kedaulatan rakyat
Mengumpulkan
data
·
Mengumpulkan data dari berbagai
sumber termasuk internet dan media cetak serta
elektronik tentang kedaulatan negara Indonesia
·
Mengumpulkan data tentang penyadapan
petinggi negara Indonesia oleh intelegen Australi
Mengasosiasikan
·
Mencari perbedaan
pelaksanaan antara kedaulatan negara dengan kedaulatan rakyat
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan hasil temuannya tentang perbedaan kedaulatan negara dengan kedaulatan
rakyat
|
20 menit
|
Penutup
1.
Bersama Peserta didik menyimpulkan sifat
hakekat negara
2.
Melaksanakan tes harian ke 2
3.
Doa
|
60 menit
|
I Penilaian
1.
Tugas:
a. Mengumpulkan data dari
berbagai sumber tentang sifat hakekat
negara
b. Mengumpulkan data dari
berbagai sumber tentang kedaualatan
c. Mengumpulkan data dari
berbagai sumber tentang teori kedaulatan
d. Mengumpulkan data dari
berbagai sumber tentang sifat hakekat dan
kedaulatan negara Indonesia
e. Mengumpulkan data dari
berbagai sumber tentang pejabat tinggi Indonesia
yang
disadap oleh intelegen Australia
2 Observasi
Menilai
kegiatan pengamatan saat diskusi dan presentasi hasil pengamatan tentang sifat
hakekat dan kedaulatan negara
3 Portofolio,
Penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun
kelompok tentang penerapan
kedaulatan negara Indonesia
4. Tes
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara
individu tentang sifat hakekat dan
kedaulatan
negara
Sumber/Referensi;
Buku Kesadaran berkonstitusi
Buku Pegangan
Kurikulum 2013
Buku PPKn
kelas X
UUD NRI Tahun 1945
Jember ,
Mengetahui
KepalaSMK Guru
Mata PPKn
( ) ( )
CatatanKepalaSekolah :
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
No comments:
Post a Comment