rpp pkn smk Hubungan struktural dan fungsional kelas 1/1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP

Mata Pelajaran        : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester       : X/Satu       
Kelompok Mapel      : Wajib Kelompok A
MateriPokok           : Hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat
                                   dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun  
                                   1945
AlokasiWaktu          : 6 X 45 Menit (3 x 2 JP)

A  KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.  KOMPETENSI DASAR
1.4 Memahami hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
1.2 Menyaji hasil telaah hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
.
C   INDIKATOR
1.    Menjelaskan tentang pemerintah pusat dan daerah
2.    Mencari  data dari berbagai sumber tentang hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.    Mengolah  data untuk mencari  hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.    Menyimpulkan hasil pengumpulan data tentang pelaksanaan hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
5.    Mempresentasikan pelaksanaan hubungan struktural dan fungsional pemerintah pusat dan daerah menurut UUD negara Repulbik Indonesia tahun 1945

D   TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Melalui penjelasan dari guru siswa dapat menjelaskan yang dimaksud dengan pemerintah pusat dan daerah dengan benar
2.    Melalui studi pustaka siswa dapat mencari data tentang hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan benar
3.    Dengan belajar kelompok  siswa dapat mengolah data untuk mencari  hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan benar
4.    Melalui bimbingan guru siswa dapat Menyimpulkan hasil pengumpulan data tentang pelaksanaan hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan benar
5.    Melalui diskusi kelas siswa dapat mempresentasikan pelaksanaan hubungan struktural dan fungsional pemerintah pusat dan daerah menurut UUD negara Repulbik Indonesia tahun 1945 dengan benar

E   MATERI PEMBELAJARAN

     Fakta
·         lembaga negara
·         Gubernur
·         Wali kota/Bupati

     Konsep
·      Pemerintahan pusat
·      Pemerintahan daerah
·      Otonomi daerah

     Prinsip
·      UUD NRI 1945
Pembagian kewenangan Pusat dan Daerah
F  METODE PEMBELAJARAN
1.    Strategi                        : PBL
2.    Pendekatan                  : Saintifik
3.    Metode             :
·  Pengamatan
·  Dikusi kelompok
·  Presentasi
·  Penugasan

G  ALAT/MEDIA/BAHAN
1.    Alat                  : LCD proyektor, Jaringan Internet, dan computer.
2.    Media                :
3.    Bahan ajar         : Buku PPKn kelas X, UUD NRI tahun 1945, Kesadaran  
                        berkonstitusi.

H  KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Mengucap salam
·         Berdoa
·         Bertanya pada  Peserta didik  tentang kesiapan menerima pelajaran
·         Mengabsen siswa
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Melaksanakan pretes lisan tentang pemerintah pusat dan daerah
15 menit
Kegiatan Inti:
Mengamati
·      Membaca  dari berbagai sumber tentang pemerintah pusat dan daerah
·      Mencari dari berbagai sumber tentang pemerintah pusat di Indonesia
·      Mencari dari berbagai sumber tentang pemerintah daerah di Indonesia
Menanya
·      Menanyakan tentang pemerintah pusat dan daerah
·      Menanyakan tentang pemerintah pusat di Indonesia
·      Menanyakan tentang pemerintah daerah di Indonesia

Mengumpulkan data
·      Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang pemerintah pusat dan daerah

Mengasosiasikan
·      Mencari hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Mengomunikasikan
·      Menyimpulkan hasil pengumpulan data tentang  pemerintahan pusat dan daerah di Indonesia
·      Mempresentasikan tentang pelaksanaan hubungan  pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

60 menit
Penutup
·      Guru bersama  Peserta didik  menyimpulkan  tentang pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
·      Guru memberikan tugas mengamati hubungan pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
·      Melaksanakan pos tes lisan
15 menit

Pertemuan Kedua
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1.    Mengucap salam
2.    Berdoa
3.    Bertanya pada  siswa  tentang kesiapan menerima pelajaran
4.    Mengabsen siswa
5.    Menyampaikan tujuan pembelajaran
6.    Melaksanakan pretes lisan tentang asas-asas dalam pemerintahan pusat dan daerah
15 menit
KegiatanInti
Mengamati
1.    Mengamati berbagai kasus pelanggaran dalam pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah
Menanya
1.    Menanyakan sebab-sebab terjadinya pelanngaran dalam pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah
2.    Menanyakan solusi untuk mengatasi pelanngaran dalam menjalankan pemerintahan baik yang dipusat ataun di daerah

Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan
1.    Menentukan sumber data akurat yang ada di lingkungannya berkaitan dengan kasus-kasus pelanggaran dalam menjalankan roda pemerintahan

Mengasosiasikan
1.    Mencari hubungan pelanggaran yang terjadi pemerintah pusat ataupun daerah dengan pelaksananaan nilai-nilai Pancasila dan pasal-pasal UUD NRI Tahun 1945 serta UU No.12/2008

Mengkomunikasikan
1.    Mempresentasikan berbagai kasus pelanggaran dalam menjalankan pemerintahan baik yang dipusat ataupun di daerah
2.    Menyampaikan hasil temuan tentang kasus pelanggaran dalam menjalankan roda pemerintahan baik yang dipusat atupun yang didaerah
60 menit
Penutup
1.    Bersama  Peserta didik  menyimpulkan asas dan pelanggaran dalam menjalankan roda pemerintahan
2.    Memberikan tugas untuk mencari vidio tentang pelanggaran dalam menjalankan roda pemerintahan
3.    Melaksanakan pos tes lisan
15 menit

PertemuanKetiga
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1.    Merefleksi hasil tugas yang sudah terkumpul
2.    Menagih dan mengingatkan tugas mencari vidio tentang pelanggaran dalam menjalankan roda pemerintahan
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui presentasi
10 menit
Kegiatan Inti:
Mengamati
1.    Mengamati berbagai kasus pelanggaran  dalam menjalankan roda pemerintahan dari contoh vidio yang didownload lewat YouTube
2.    Membaca  dari berbagai sumber tentang hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Menanya
1.    Menanyakan tentang hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD NKRI Tahun 1945

Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan
1.    Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2.    Menentukan sumber data akurat yang ada di lingkungannya berkaitan dengan hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Mengasosiasikan
1.    Mencari hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Mengkomunikasikan
1.    Menyimpulkan hasil pengumpulan data tentang pelaksanaan hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2.    Mempresentasikan tentang pelaksanaan hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945




70 menit
Penutup
1.    Peserta didik  melaksanakan pos tes
2.    Memberikan tugas membaca untuk pertemuan berikutnya tentang otonomi daerah
10 menit
I  PENILAIAN
1. Tugas:
1.  Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang pemerintah pusat
2.  Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang asas-asas dalam
    pemerintahan
3.  Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang pemerintah daerah Jember
4.  Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang kewenangan pemda

2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan saat diskusi dan presentasi hasil pengamatan tentang pemerintah daerah Jember
3    Portofolio,
    Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun  
    kelompok tentang pemerintahan daerah
4.   Tes
  Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang pemerintah pusat  
  dan daerah

Sumber/Referensi;
Buku Kesadaran berkonstitusi
Buku Pegangan Kurikulum 2013
Buku PPKn kelas X
UUD NRI Tahun 1945
Jember , 
Mengetahui
Kepala SMK                                                                  Guru Mata PPKn




(                       )
(                              )



No comments: