rpp smk pkn Pembukaan UUD NKRI Tahun 1945



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP

Mata Pelajaran        : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester       : X/Satu       
Kelompok Mapel      : Wajib Kelompok A
MateriPokok           : Pembukaan UUD NKRI Tahun 1945
AlokasiWaktu          : 4 X 45 Menit (2 x 2 JP)

A  KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
Bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.  KOMPETENSI DASAR
1.2 Memahami pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
1.2 Menyaji hasil telaah pokok-pokok pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

C.   INDIKATOR
1.   mejelaskan proses perumusan Pembukaan UUD 1945
2.   Menjelaskan  isi Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
3.   menjelaskan proses perumusan tek proklamasi kemerdekaan RI
4.   Menjelaskan pelaksanaan Proklamasi kemerdekaan Indonesia
5.   menghubungkan Pembukaan UUD NRI 1945 dan Proklamasi Kemerdekaan
6.    Menyusun data dari berbagai sumber tentang Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
7.    mengolah data yang terkumpul mengenai Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
8.    Menyajikan hasil diskusi tentang Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945

D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
      1. Melalui studi pustaka siswa dapat menjelaskan proses perumusan
          pembukaan UUD 1945 dengan benar
1.   Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan isi pembukaan UUD NRI 1945
    dengan Benar
2.   Setelah menerima penjelasan dari guru siswa dapat menjelaskan proses
    perumusanTek proklamasi kemerdekaan RI dengan benar
3.    Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan pelaksanaan Proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan benar
4.    Melalui diskusi  kelompok siswa dapat menghubungkan pembukaan UUD NKRI 1945 dengan proklamasi kemerdekaan dengan benar
5.    Melalui diskusi kelompok siswa dapat menyusun data dari berbagai sumber tentang Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
6.    Melalui diskusi kelompok  siawa dapat mengolah data yang terkumpul mengenai Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dengan benar
7.    Siswa mampu menyajikan hasil diskusi tentang Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945

E  MATERI PEMBELAJARAN
Fakta
·    Naskah Pembukaan UUD NRI 1945
·    Naskah Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945

Konsep
·    proses perumusan Pembukaan UUD NRI 1945
·    perumusan proklamasi kemerdekaan RI
·    Hubungan Pembukaan dengan Proklamasi

Prinsip
·    Kedudukan pembukaan UUD NRI Tahun 1945
·    Pembukaan sebagai staat fundamental norm

F  METODE PEMBELAJARAN
1.    Strategi                        : PBL
2.    Pendekatan                  : Saintifik
3.    Metode             :
·  Pengamatan
·  Dikusi kelompok
·  Presentasi
·  Penugasan

G  ALAT/MEDIA/BAHAN
1.    Alat                   : LCD proyektor, Jaringan Internet, dan computer.
2.    Media                : Vidio Proklamasi
3.     Bahan ajar        : Buku PPKn kelas X, UUD NRI tahun 1945,

H  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan pertama
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Mengucap salam
·         Meminta ketua kelas untuk memimpin doa
·         Mengabsen siswa
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Melaksanakan pretes lisan tentang  proklamasi dan pembukaan UUD
10 menit
Kegiatan Inti:
Mengamati
·     Membaca dan menganalisis Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
·     Memperhatikan pelaksanaan upacara 17 Agustus

Menanya
·     Bertanya jawab tentang Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
·     Menanyakan proses pembuatan teks proklamasi 17 Agustus 1945
·     Mempertanyakan pelaksanaan proklamasi 17 Agustus 1945

Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan
·     Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
·     Mengumpulkan berita dari berbagai sumber tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia

Mengasosiasikan
·      Mencari hubungan  alinea pertama sampai alinea ke-empat  Pembukaan UUD NRI Tahun 1945

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan hasil diskusi tentang Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945








70 menit
Penutup
1.    Guru bersama  Peserta didik  menyimpulkan tentang pembukaan UUD 1945 dan proklamasi 17 Agustus 1945
2.    Guru memberikan tugas pada peserta didik untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang Pembukaan UUD 45 dan proklamasi
3.    Melaksanakan pos tes lisan

10 menit

Pertemuan Kedua
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1.    Mengucap salam
2.    Meminta kepada ketua kelas untuk memimpin doa
3.    Merefleksi pembahasan mengenai Pembukaan UUD 45 dan Proklamasi 17 Agustus 1945
4.    Menagih dan mengingatkan tugas minggu sebelumnya untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang pembukaan dan proklamasi
5.    Menyampaikan tujuan pembelajaran
6.    Melaksanakan pretes lisan tentang upaya peenegakan HAM
10 menit
KegiatanInti
Mengamati
·      Menyimak makna  pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan dan pasal-pasal UUD NRI Tahun 1945
·      Mencermati hubungan pembukaan UUD 45 dengan Proklamasi 17 Agustus 1945

Menanya
·      Menanyakan makna pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan dan pasal-pasal UUD NRI Tahun 1945
·      Menanyakan hubungan antara pembukaan UUD 45 dengan proklamasi
17 Agustus 1945

Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan
·     Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang makna pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengasosiasikan
·     Mencari hubungan makna pokok pikiran yang  terkandung dari  alinea satu sampai empat dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dan keterkaitan pasal-pasalnya

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan makna pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dan keterkaitan dengan pasal-pasalnya

70 menit
Penutup
1.  Bersama  Peserta didik  menyimpulkan pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan UUD 45
2.    Memberikan tugas menuliskan kembali hasil pengolahan data mengenai makna pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan dan pasal-pasal UUD NRI Tahun 1945
3.  Menyimpulkan apa yang telah dipelajari bersama
4.  Melaksanakan pos tes lisan
10 menit

I  PENILAIAN

1.    Tugas
a.   mejelaskan proses perumusan Pembukaan UUD 1945
b.   Menjelaskan  isi Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
c.   menjelaskan proses perumusan tek proklamasi kemerdekaan RI
d.   Menjelaskan pelaksanaan Proklamasi kemerdekaan Indonesia
e.   menghubungkan Pembukaan UUD NRI 1945 dan Proklamasi Kemerdekaan
f.   Menyusun data dari berbagai sumber tentang Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
g.   mengolah data yang terkumpul mengenai Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
h.   Menyajikan hasil diskusi tentang Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 didepan kelas

2   Observasi
Menilai kegiatan pengamatan saat diskusi dan presentasi hasil pengamatan tentang pemajuan dan penegakan HAM di Indonesia
 3   Portofolio,
Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang hubungan antara pembukaan UUD 45 dengan Proklamasi 17 Agustus.
4.   Tes
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang pembukaan UUD 45 dengan Proklamasi 17 Agustus.



Sumber/Referensi;

Buku Pegangan Kurikulum 2013
Buku PPKn kelas X
UUD NRI Tahun 1945






Jember , 4-Agustus-2014
Mengetahui
KepalaSMK PGRI 05 Jember                                                  Guru Mata PPKn




()                                              ()
                                               
CatatanKepalaSekolah
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................























1.     Contoh Instrumen
Pembentukan sikap
a.    Berilah tanda Centang  pada kotak  yang anda anggap sesuai

No
Indikator sikap
Ya
Tidak
1.
Saya melakukan observasi secara serius


2.
Saya menyelesaikan semua tugas tepat waktu yang dibagi oleh kelompok


3.
Saya menyelesaikan tugas menulis hasil observasi sampai selesai dan bersama kelompok menganalisis hasil pengamatan


4.
Saya mendapatkan data pbsrvasi tanpa menyontek data teman


5.
Saya menyusun laporan sesuai data hasil observasi tanpa mengubah data


6.
Saya membuat laporan dengan pilihan kata dan kalimat yang saya susun sendiri




























b.   LembarTes Unjuk Kerja
PENILAIAN PRESENTASI
(hasil pengumpulan data/laporan penelitian/dll)
Tanggal /bulan/tahun:....................................................................................
Nama/kelompok       : ........................................................................
Kelas/Smt                :  .......................................................................
Mata Pelajaran         : .........................................................................
Judul Presentasi       :    ……………………………………………………………
          No
Aspek Penilaian
Bobot
Skor
Nilai
1
KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN GAGASAN
a.  Ide pokok laporan
b.  Keruntutan berpikir dari latar belakang, masalah, tujuan, hasil, dan kesimpulan.
c.  Penggunaan Bahasa Indonesia.
15%


2
KEMAMPUAN MENJELASKAN ISI PRESENTASI
a.  Kelancaran penyampaian gagasan
b.  Kejelasan metode dan prosedur kerja
15%


3
KEMAMPUAN MENUNJUKKAN ORISINALITAS
a.  Bukti empirik atas argumen
b.  Konsistensi argumentasi
15%


4
KEMAMPUAN MENJELASKAN INOVASI DAN MANFAAT
a.   Sifat kebaruan hasil karya
b.   Kesesuaian antara materi penulisan dengan penugasan dari guru
15%


5
KEMAMPUAN MEMPERTAHANKAN KONSEP DALAM MENJAWAB PERTANYAAN
20%



a.   Kemampuan berargumentasi, ketangguhan dan konsistensi, berkomunikasi lisan
b.   Keruntutan dalam penalaran
c.   Ketepatan dalam menjawab pertanyaan
d.   Akurasi uraian materi dengan kesimpulan



6
KEMAMPUAN MENJELASKAN HASIL
15%



a.  Originalitas atas keaslian karya
b.  Keefektifan atau pencapaian tujuan/prestasi
c.  Dampak atau manfaatnya



7
SIKAP DALAM PRESENTASI
5%



a.   Kerapihan
b.   Kesopanan



      Catatan : Skor 1-5 (1. Sangat Kurang, 2. Kurang, 3. Cukup, 4. Baik, 5. Sangat Baik)
              Nilai = bobot x skor

No comments: