rpp strukture bahasa program x/ganjil rpl smk


RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
( RPP )

Identitas Program Pendidikan
Sekolah
:
SMK ............................
Mata Pelajaran
:
Pemrograman Dasar
Komp. Keahlian
:
Rekayasa Perangkat Lunak
Kelas/Semester
:
X/Ganjil
Tahun Pelajaran
:
2017/2018
Alokasi Waktu
:
2 X 3 JP @ 45 menit

A.    Kompetensi Inti
1.      KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
2.      KI 3:Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.      KI4:Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
3.3.   Menerapkan alur pemrograman dengan struktur bahasa pemrograman komputer
a.          Mengoperasikan editor untuk lingkungan kerja perangkat lunak bahasa pemrograman computer program pada bahasa pemrogaman computer
b.         Menerapkan struktur penulisan kode/perintah program pada bahasa pemrograman komputer
c.          Menerapkan prosedur menjalankan dan menguji kode program pada bahasa pemrograman komputer
4.3.   Menulis kode pemrogram sesuai dengan aturan dan sintaks bahasa pemrograman
a.          Membuat kode program sederhana menggunakan bahasa pemrograman computer
b.         Menguji kode program pada bahasa pemrograman computer

C.    Tujuan pembelajaran
Siswa diharapkan dapat :
a.       Membuat kode program sederhana menggunakan bahasa pemrograman komputer
b.      Menguji kode program pada bahasa pemrograman komputer

D.    Materi Ajar
1.      Editor, lingkungan kerja bahasa pemrograman computer
2.      Struktur program bahasa pemrograman computer
3.      Menguji kode program bahasa pemrograman computer

E.     Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran
1.      Penyampaian
2.      Tanya jawab
3.      Tes Program
4.      Praktek
F.   Alat, Bahan, Media, dan Sumber pembelajaran
Alat                       :  Laptop, LCD
Bahan                    :  Spidol, Kertas
Media                    :  Slide Powerpoint
Sumber Belajar      :  Buku Buku Algoritma dan Pemrograman Pascal
Internet
Modul produktif,
Buku Algoritma dan pemograman tingkat Dasar

G.      Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
A.   Pendahuluan
1.     Siswa menjawab sapaan guru, berdoa, dan mengondisikan diri siap belajar
2.     Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga negara yang baik.
3.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
4.     Guru memotivasi siswa agar semakin giat belajar
15 Menit
B.   Inti
Mengamati :
1.    Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan mengenai operasi editor lingkungan kerja perangkat lunak bahasa pemrograman.
2.    Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan mengenai penerapan struktur penulisan kode program pada bahasa pemrograman komputer
Menanya :
1.  Siswa berdikusi menganalisa operasi editor lingkunga kerja perangkat lunak bahsa pemrograman kompter.
2.  Siswa berdikusi menganalisa struktur penulisan kode program pada bahasa pemrograman komputer.
Mengeksplorasi:
1.    Siswa mengopersiakn editor lingkungan kerja perangkat lunak bahasa pemrograman computer.
2.    Siswa membuat struktur penulisan kode program pada bahasa pemrograman komputer.
Mengasosiasi:
1.   Siswa membuat sebuah kesimpulan tentang opersi editor lingkungan kerja perangkat lunak bahasa pemrograman.
2.    Siswa membuat sebuah kesimpulan tentang struktur penulisan kode program pada bahasa pemrograman computer.
Mengkomunikasikan:
1.   Siswa membuat sebuah laporan dan mempresentasikan hasil dari sebuah operasi editor dan penerapan struktur penulisan kode program pada bahasa program sederhana.
105 Menit
C.   Penutup
1.   Mereview kembali materi yang telah disampaikan
2.   Siswa mengerjakan evaluasi
3.   Siswa saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
15 Menit

Pertemuan 2
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
A.   Pendahuluan
1.     Siswa menjawab sapaan guru, berdoa, dan mengondisikan diri siap belajar
2.     Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga negara yang baik.
3.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
4.     Guru memotivasi siswa agar semakin giat belajar
15 Menit

B.   Inti
Mengamati :
1.      Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan mengenai penerapan prosedur menjalankan dan menguji kode program pada bahasa pemrograman komputer
Menanya :
1.      Siswa berdikusi menganalisa mengenai prosedur menjalankan dan menguji kode program pada bahasa pemrograman komputer
Mengeksplorasi:
1.        Siswa menerapkan prosedur menjalankan dan menguji kode program pada bahasa pemrograman komputer
Mengasosiasi:
1.      Siswa membuat sebuah kesimpulan tentang prosedur menjalankan dan menguji kode program pada bahasa pemrograman computer.
Mengkomunikasikan:
1.    Siswa membuat sebuah laporan dan mempresentasikan hasil dari penerapan prosedur menjalankan dan menguji kode program pada bahasa pemrograman computer.
105 Menit
C.   Penutup
1.     Mereview kembali materi yang telah disampaikan
2.     Siswa mengerjakan evaluasi
3.     Siswa saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
15 Menit

H.      Penilaian
No
Kompetensi
Teknik penilaian
Bentuk penilaian
1.
Pengetahuan


3.3.         Menerapkan alur pemrograman dengan struktur bahasa pemrograman komputer

Tes Tertulis
Jawaban singkat
2.
Keterampilan


4.3.        Menulis kode pemrogram sesuai dengan aturan dan sintaks bahasa pemrograman

Praktik
Jawaban


Kompetensi Dasar
IPK
Indikator Soal
Jenis Soal
Soal
3.4.         Menerapkan alur pemrograman dengan struktur bahasa pemrograman komputer

a.       Mengoperasikan editor untuk lingkungan kerja perangkat lunak bahasa pemrograman computer program pada bahasa pemrogaman computer
b.      Menerapkan struktur penulisan kode/perintah program pada bahasa pemrograman komputer
c.       Menerapkan prosedur menjalankan dan menguji kode program pada bahasa pemrograman komputer

a.       Siswa dapat mengetahui cara kerja / pengoperasian editor lingkungan kerja perngkat lunak bahasa pemrograman
b.      Siswa dapat mengetahui struktur penulisan kode program pada bahsa pemrograman computer
c.       Siswa dapat mengetahui prosedur menjalankan dan menguji kode program pada bahasa pemrograman komputer
Tes Tertulis
1.      Jelaskan operasi editor bahasa pemrograman yang kamu ketahui.
2.      Buatlah 1struktur penulisan kode program yang benar
3.      Jelaskan cara apabila kode program yang diuji tedapat kesalahan.
4.4.        Menulis kode pemrogram sesuai dengan aturan dan sintaks bahasa pemrograman

a.       Membuat kode program sederhana menggunakan bahasa pemrograman computer
b.      Menguji kode program pada bahasa pemrograman computer

a.       Membuat kode program sederhana menggunakan bahasa pemrograman komputer
b.      Menguji kode program pada bahasa pemrograman komputer

Tes Praktik
1.     Buatlah kode program sederhana menggunakan struktur bahasa pemrograman yang benar
2.     Ujilah hasil pemrogramanmu

Kunci Jawaban Soal :

Perhitungan nilai praktik (NP) :

Prosentase Bobot Komponen Penilaian
Nilai Praktik
(NP)

Persiapan
Proses
Hasil
Sikap
Waktu
∑ NK

1
2
3
4
5
6
Bobot (%)
5
50
15
20
10

Skor Maksimal
6
15
12
6
3
Skor Perolehan





 NK





Keterangan:
1.      Bobot diisi dengan prosentase setiap komponen. Besarnya prosentase dari setiap
      komponen ditetapkan secara proposional sesuai karakteristik program keahlian.
2.      NK = Nilai Komponen, skor perolehan dibagi maksimal skor dikali bobot
3.      NP = penjumlahan dari hasil perhitungan nilai komponen
4.      Jenis komponen penilaian (persiapan, proses, , hasil, sikap kerja dan waktu) disesuaikan
      dengan karakter program keahlian.
I.          Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.   Teknik Penilaian (terlampir)
a.    Sikap
-        Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No
Nama Siswa
Aspek Perilaku yang Dinilai
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
BS
JJ
TJ
DS
1
Soenarto
75
75
50
75
275
68,75
C
2

...
...
...
...
...
...
...


Keterangan :
   BS : Bekerja Sama
   JJ : Jujur
   TJ : Tanggun Jawab
   DS : Disiplin

Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100   = Sangat Baik
75     = Baik
50     = Cukup
25     = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00  = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00    = Baik (B)
25,01 – 50,00    = Cukup (C)
00,00 –  25,00   = Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai

-        Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
50

250
62,50
C
2
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.

50
3
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
50

4
...
100


Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00  = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00    = Baik (B)
25,01 – 50,00    = Cukup (C)
00,00 –  25,00   = Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan

-        Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman sebaya:

Nama yang diamati : ...
Pengamat                 : ...

No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Mau menerima pendapat teman.
100

450
90,00
SB
2
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
100

3
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.

100
4
Marah saat diberi kritik.
100

5
...

50

Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00  = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00    = Baik (B)
25,01 – 50,00    = Cukup (C)
00,00 –  25,00   = Kurang (K)

-        Penilaian Jurnal(Lihat lampiran)

b.   Pengetahuan
-        Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda(Lihat lampiran)
-        Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
Aspek yang Dinilai
Skala
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
25
50
75
100
1
Intonasi







2
Pelafalan




3
Kelancaran




4
Ekspresi




5
Penampilan




6
Gestur





-        Penugasan(Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a.  Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b.  Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c.  Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.

c.    Keterampilan
-        Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:

Instrumen Penilaian
No
Aspek yang Dinilai
Sangat
Baik
(100)
Baik
(75)
Kurang
Baik
(50)
Tidak
Baik
(25)
1
Kesesuaian respon dengan pertanyaan




2
Keserasian pemilihan kata




3
Kesesuaian penggunaan tata bahasa




4
Pelafalan




Kriteria penilaian (skor)
100      = Sangat Baik
75        = Baik
50        = Kurang Baik
25        = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)

Instrumen Penilaian Diskusi
No
Aspek yang Dinilai
100
75
50
25
1
Penguasaan materi diskusi




2
Kemampuan menjawab pertanyaan




3
Kemampuan mengolah kata




4
Kemampuan menyelesaikan masalah





Keterangan :
100      = Sangat Baik
75        = Baik
50        = Kurang Baik
25        = Tidak Baik

-        Penilaian Proyek(Lihat Lampiran)
-        Penilaian Produk(Lihat Lampiran)
-        Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll

Instrumen Penilain
No
Aspek yang Dinilai
100
75
50
25
1





2





3





4






2.      Instrumen Penilaian (terlampir)
a.    Pertemuan Pertama
b.    Pertemuan Kedua
c.    Pertemuan Ketiga

3.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.      Remedial
Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya sebagai berikut :
1)      Jelaskan tentang struktur bahasa pemrograman!

CONTOH PROGRAM REMIDI

Sekolah                            :  ……………………………………………..
Kelas/Semester                 :  ……………………………………………..
Mata Pelajaran                 :  ……………………………………………..
Ulangan Harian Ke          :  ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian  :  ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian   :  ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian    :  ……………………………………………..
(KD / Indikator)               :  ……………………………………………..
KKM                                :  ……………………………………………..

No
Nama Peserta Didik
Nilai Ulangan
Indikator yang Belum Dikuasai
Bentuk Tindakan Remedial
Nilai Setelah Remedial
Keterangan
1






2






3






4






5






6






dst







b.      Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
1)      Membaca buku-buku tentang struktur bahasa pemrograman.
2)      Mencari informasi secara online tentang struktur bahasa pemrograman.
3)      Mengamati langsung tentang struktur bahasa pemrograman.


.................., 16 Juli 2018


Mengetahui
Kepala SMK ...........................                                               Guru Mata Pelajaran




...................................                                                   ..............................

Catatan Kepala Sekolah
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

No comments: