rpp pkn smk Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan X/Satu Kasus Pelanggaran HAM




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
     
Mata Pelajaran        : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester       : X/Satu       
Kelompok Mapel      : Wajib Kelompok A
MateriPokok           : Kasus Pelanggaran HAM
AlokasiWaktu          : 3 x 2 JP

A  KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku     jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
Bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B  KOMPETENSI DASAR
3.1  Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM dalam rangka pelindungan dan
 pemajuanHAM sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan 
 bermasyarakat,berbangsa, dan bernegara.
4.1 Menyaji kasus–kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan dan pemajuanHAM sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

C  INDIKATOR
1.    Menyebutkan beberapa contoh kasus pelanggaran HAM (C1)
2.    Menjelaskan pengertian HAM (C1,2)
3.    Menguraikan penggolongan HAM (C2)
4.    Mengemukakan sebab-sebab terjadinya pelanggaran HAM (C3)
5.    menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM ditinjau Piagam HAM sedunia, nilai-nilai Pancasila, UUD NRI Tahun 1945. (C4)
6.    Menghubungkan pelanggaran HAM dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan masyarakat Indonesia (C5)
7.    Mengumpulkan  data kasus-kasus pelanggaran HAM (A4)
8.    Mengolah data berkaitan dengan kasus pelanggaran HAM (A4)
9.    Menyajikan hasil laporan (C6)

D  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Melalui studi pustaka siswa dapat Menjelaskan pengertian HAM dengan benar
2.    Melalui studi pustaka siswa dapat menyebutkan beberapa contoh kasus pelanggaran HAM. Dengan benar
3.    Melalui tanya jawab siswa dapat menguraikan penggolongan HAM denan benar.
4.    Melalui tanya jawab siswa dapat mengemukakan sebab terjadinya kasus-kasus pelanggaran HAM.
5.    Melalui diskusi siswa dapat menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM ditinjau Piagam HAM sedunia, nilai-nilai Pancasila, UUD NRI Tahun 1945.
6.    Melalui diskusi siswa dapat menghubungkan pelanggaran HAM dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan masyarakat Indonesia
7.    Dengan memperhatikan media cetak/elektronika siswa dapat  menumpulkan data kasus-kasus pelanggaran HAM dengan benar.
8.    Melalui diskusi siswa dapat mengolah data berkaitan dengan kasus pelanggaran HAM
9.    Melalui diskusi siswa dapat menyajikan hasil laporan dengan benar.

E  MATERI PEMBELAJARAN
Fakta
·         Kasus pelanggaran HAM di Indonesia (contoh kasus 12 Mei 1998
·         Kasus pelanggaran HAM di lingkungan setempat (contoh: kasus Kedung Ombo, Tanah Merah, TanjungPriok)
Konsep
·         Pengertian HAM
·         Penggolongan HAM
·         Pelanggaran HAM
Prinsip
·         Piagam HAM sedunia(The Universal Declaration of Human Rights)
·         Nilai-nilai Pancasila
·         UUD NRI Tahun 1945
·         UU No. 39/1999 tentang HAM ()

F  METODE PEMBELAJARAN
1.    Strategi                 : PBL
2.    Pendekatan           : Saintifik
3.    Metode      :
·       Pengamatan
·       Dikusi kelompok
·       Presentasi
·       Penugasan

G  ALAT/MEDIA/BAHAN
1    Alat                       : LCD proyektor, Jaringan Internet, dan computer.
2    Media                     : Vidio Pembelajaran tentang kasus pelanggaran HAM
3     Bahan ajar            : Buku PPKn kelas X, UUD NRI tahun 1945, UU no 39/1999, dan  
                            The Universal Declaration of Human Rights

H  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan pertama
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Mengucap salam
·         Berdoa
·         Bertanya pada  Peserta didik  tentang kesiapan menerima pelajaran
·         Mengabsen siswa
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Melaksanakan pretes lisan tentang  apa itu HAM dan Pelanggaran HAM
15 menit

Kegiatan Inti:

Mengamati
1      Membaca berbagai kasus pelanggaran  HAM di Indonesia dari berbagai literatur dan media cetak
2    Menyaksikan penayangan Video awal reformasi tahun 1998

Menanya
1    Mempertanyakan contoh-contoh kasus pelanggaran HAM yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
2    Menanyakan sebab-sebab terjadinya pelanggaran  HAM di Indonesia
3    Menanyakan intisari dari tayangan video

Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan
1    Menentukan sumber data akurat yang ada di lingkungannya terkait dengan kasus pelanggaran  HAM di Indonesia
2    Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang kasus pelanggaran HAM di Indonesia
3    Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang sebab-sebab terjadinya kasus pelanggaran HAM di Indonesia

Mengasosiasikan
1    Mencari hubungan pelanggaran HAM dengan aspek social budaya da lam kehidupan masyarakat Indonesia
2    Mencari hubungan pelanggaran HAM dengan nilai-nilai Pancasila dan pasal-pasal UUD NRI 1945, dan UU No. 39/1999
3    Mencari hubungan pelanggaran HAM dengan Piagam HAM Internasional ( The Universal Declaration of Human Rights)

Mengkomunikasikan
1    Mempresentasikan hasil analisis tentang berbagai kasus pelanggaran HAM di Indonesia
2     Menyampaikan hasil temuan tentang kasus pelanggaran HAM dalam bentuk lisan, tulisan, gambar atau media lainnya
60 menit
Penutup
·         Guru bersama  Peserta didik  menyimpulkan  Kasus pelanggaran HAM di Indonesia
·         Guru memberikan tugas mengamati kasus pelanggaran HAM di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya
·         Melaksanakan pos tes lisan
15 menit










Pertemuan Kedua
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1      Merefleksi pembahasan pengertian HAM dan Pelanggaran HAM di Indonesia
2    Menagih dan mengingatkan tugas minggu sebelumnya untuk mengamati berbagai kasus pelanggran HAM di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya
3    Menyampaikan tujuan pembelajaran
4    Melaksanakan pretes lisan tentang pelanggaran  HAM yang terjadi di
  lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya
15 menit
KegiatanInti
Mengamati
*      Mengamati berbagai kasus pelanggaran  HAM yang terjadi dilingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya

Menanya
*      Menanyakan sebab-sebab terjadinya kasus pelanggaran HAM yang terjadi di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya

Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan
*      Menentukan sumber data akurat yang ada di lingkungannya berkaitan dengan kasus-kasus pelanggaran HAM yang terjadi di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya

Mengasosiasikan
*      Mencari hubungan pelanggaran HAM yang terjadi di sekolah dan masyarakat sekitarnya dengan pelaksananaan nilai-nilai Pancasila dan pasal-pasal UUD NRI Tahun 1945 serta UU No.39/1999

Mengkomunikasikan
*      Mempresentasikan berbagai kasus pelanggaran HAM di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya
*      Menyampaikan hasil temuan tentang kasus pelanggaran HAM dalam bentuk lisan, tulisan, gambar atau media lainnya

60 menit
Penutup
1      Bersama  Peserta didik  menyimpulkan macam pelangagaran HAM di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya
2      Memberikan tugas mencari vidio tentang pelanggran HAM di dunia Internasional dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3      Melaksanakan pos tes lisan
15 menit

PertemuanKetiga
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1      Merefleksi hasil tugas yang sudah terkumpul
2      Menagih dan mengingatkan tugas mencari vidio tentang kasus pelanggaran HAM di dunia Internasional dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3    Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui presentasi
10 menit
Kegiatan Inti:

Mengamati
*      Mengamati berbagai kasus pelanggaran  HAM Internasional dari contoh vidio yang didownload lewat YouTube

Menanya
*      Menanyakan sebab-sebab terjadinya kasus pelanggaran HAM yang terjadidi dunia Internasional dalam rangka kehidupan berbangsa dan bernegara
Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan
*      Menentukan sumber data akurat yang ada di lingkungannya berkaitan dengan kasus-kasus pelanggaran HAM yang terjadi di dunia Internasional dalam rangka kehidupan berbangsa dan bernegara

Mengasosiasikan
*      Mencari hubungan pelanggaran HAM yang yang terjadi di dunia Internasional dalam rangka kehidupan berbangsa dan bernegara
   Dengan pelaksananaan Piagam Hak asasi manusia sedunia ( The
   Universal Declaration of Human Rights)

Mengkomunikasikan
*      Mempresentasikan berbagai kasus pelanggaran HAM di terjadi di dunia Internasional dalam rangka kehidupan berbangsa dan bernegara
*      Menyampaikan hasil temuan tentang kasus pelanggaran HAM dalam   bentuk lisan, tulisan, gambar atau media lainnya




70 menit
Penutup
1      Peserta didik  melaksanakan pos tes
2      Memberikan tugas membaca untuk pertemuan berikutnya tentang upaya-upaya penegakan HAM di Indonesia
10 menit

I  PENILAIAN

1.  Tugas
-   Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang berbagai kasus pelanggaran  HAM di Indonesia, di lingkungan sekolah dan sekitarnya, dan di dunia Internasional dalam rangka kehidupan berbangsa dan bernegara
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan dan penugasan
-   Membuat laporan hasil pengamatan dan penugasan
-   Mempresentasikan hasil penugasan dan pengamatan di depan kelas
(format presentasi terlampir)

2.  Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya-jawab dengan nara sumber berkaitan contoh kasus pelanggaran HAM dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya




3.  Portofolio,
Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia, dalam kehidupan lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya serta di dunia internasional dalam rangka kehidupan berbangsa dan bernegara(format portofolio terlampir)
4.  Tes
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang Kasus pelanggaran HAM 
Sumber/Referensi;

Buku Pegangan Kurikulum 2013
Buku PPKn kelas X
UUD NRI Tahun 1945
The Universal Declaration of Human Rights




Jember , 4-Agustus-2014
Mengetahui
KepalaSMK PGRI 05 Jember                                        Guru Mata PPKn



()                                           ( )
CatatanKepalaSekolah
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



Lampiran:
1.   Lembar Observasi dan kinerja presentasi

LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI
DAN KINERJA PRESENTASI
Mata Pelajaran        : PPKn
Kelas/Program        : X/Wajib kelompok A
Kompetensi              : KD 3.1dan 4.1
Materi Pokok            : Kasus pelanggaran HAM
No
NamaSiswa
Observasi
KinerjaPresentasi
Jml
Skor
NilaI
Akt
tgjwb
Kerjsm
Prnsrt
Visual
Isi
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1.     
Abbel Bresa








2.     









3.     









4.     









5.     









6.     









7.     









8.     









9.     









10.  









11.  









12.  









13.  









14.  









15.  










Dst









    Keterangan pengisian skor
    4.  Sangat tinggi
    3.  Tinggi
    2.  Cukup tinggi
    1.  Kurang
2.   Pretes/postes
Pretes/Postes Pertama
a.    Berilah tanda ceklist pada kolom Benar atau Salah
No
Pernyataan
Benar
Salah
1.     
Seorang majikan dapat menyuruh pramu wismanya untuk khusus
melayaninya selama 24 jam, karena dia sudah membayar mahal untuk itu.


2.     
Mahasiswa dapat menuntut pemerintah untuk membangun kembali kampus yang dirusak oleh mahasiswa saat melakukan demo kenaikan BBM


3.     
Seorang gubernur dapat menggusur pedagang kaki lima sesuai dengan kebijakan pemerintah


4.     
Seorang anak dapat menuntut orang tuanya yang penghasilannya pas-pasan untuk membelikan motor baru karena memang kewajiban orang tua untuk memenuhi hak anaknya


5.     
Seorang siswa tidak dapat mengikuti pembelajaran jika belum melunasi kewajiban administratif


6.     
Anggota masyarakat tidak berhak untuk menikmati fasilitas PLN maupum Telkom jika tidak memenuhi kewajiban membayar tepat pada waktunya



b.    Jawablah petanyaan berikut ini
1.    Jelaskan pengertian HAM!
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.    Sejak kapan manusia memiliki hak ?
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.    uraikan penggolongan HAM ditinjau dari  objeknya ! .................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.    Apakah pembatasan menyatakan pendapat termasuk bentuk pelanggaran hak warga negara?
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5.    Berikan contoh pelanggaran HAM di berbagai lingkungan kehidupan dan seba-sebabnya! ( 3 kasus pelanggaran HAM).
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

3.    Lembar Kerja Praktik
-   Buatlah laporan pengamatan data dari berbagai sumber tentang berbagai kasus pelanggaran  HAM di Indonesia, di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya, serta  di dunia Internasional dalam rangka kehidupan berbangsa dan bernegara.
Kirim laporan melalui email (P. Guru)
Struktur laporan adalah sebagai berikut:
a.    Judul
b.    Tujuan
c.     Landasan teori
d.    Ruang lingkup pengamatan (sertakan dengan gambar atau foto)
e.    Langkah kerja
f.     Data pengamatan
g.    Jawaban pertanyaan
h.    Kesimpulan
i.      Referensi

No comments: