RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : X/Satu
Kelompok
Mapel : Wajib Kelompok A
MateriPokok : Sistem Pemerintahan Negara
AlokasiWaktu : 4 X 45 Menit (2 x 2 JP)
A KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI
DASAR
1.3. Memahami
bentuk dan kedaulatan negara sesuai dengan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945.
4.3.
Menyaji hasil telaah bentuk dan kedaulatan negara sesuai
dengan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
.
C. INDIKATOR
1. Menjelaskan
pengertian sistem pemerintahan
2. Menjelaskan
macam-macam sistem pemerintahan
3. Menjelaskan sistem
pemerintahan negara Republik Indonesia yang dikehendaki UUD NKRI tahun 1945
4. Menjelaskan
sistem pemerintahan yang pernah dilaksanakan di Indonesia
5. Menyusun data
mengenai sistem pemerintahan negara Republik Indonesia yang dikehendaki UUD NKRI tahun 1945
6.
Mengolah data Mencari hubungan antara sistem pemerintahan Indonesia yang
ada di Indonesia dengan sistem pemerintah yang sesuai
dengan UUD NKRI Tahun 1945
7. Menyajikan sistem
pemerintahan negara Republik Indonesia yang dikehendaki UUD NKRI tahun 1945
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan membaca buku sumber siswa
dapat menjelaskan pengertian sistem pemerintahan dengan benar
2. Dengan membaca buku sumber siswa
dapat menjelaskan macam-macam sistem
pemerintahan dengan benar
3. Melalui penjelasan guru siswa
dapat menjelaskan sistem pemerintahan negara Republik Indonesia yang
dikehendaki UUD NKRI tahun 1945 dengan benar
4. Melalui penjelasan guru siswa
dapat menjelaskan sistem pemerintahan yang pernah dilaksanakan di Indonesia
dengan benar
5. Melalui studi observasi siswa dapat menyusun data mengenai sistem pemerintahan negara Republik Indonesia yang
dikehendaki UUD NKRI tahun 1945 dengan benar
6.
Melalui kerja sama siswa dapat mengolah data
Mencari hubungan antara sistem pemerintahan Indonesia yang
ada di Indonesia dengan sistem pemerintah yang sesuai
dengan UUD NRI Tahun 1945 dengan benar.
7. Melalui tanya jawab siswa dapat
menyajikan sistem pemerintahan negara Republik Indonesia yang dikehendaki UUD NRI tahun 1945
dengan benar
E. MATERI
PEMBELAJARAN
Fakta
·
Sistem pemerintahan NKRI
·
Sistem pemerintahan yang pernah dilaksanakan di Indonesia
Konsep
·
Bentuk
pemerintahan
·
Sistem pemerintahan NRI
Prinsip
·
UUD NRI Tahun 1945
·
Ciri-ciri sistem pemerintahan
F METODE PEMBELAJARAN
1.
Strategi : PBL
2.
Pendekatan : Saintifik
3.
Metode :
· Pengamatan
· Dikusi
kelompok
· Presentasi
· Penugasan
G ALAT/MEDIA/BAHAN
1.
Alat :
LCD
proyektor, Jaringan Internet, dan computer.
2.
Media :
3.
Bahan ajar : Buku PPKn kelas X, UUD NRI tahun 1945,
H KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan
pertama
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Mengucap
salam
·
Meminta
ketua kelas untuk memimpin doa
·
Mengabsen siswa
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Melaksanakan pretes lisan tentang sistem pemerintahan
|
10 menit
|
Kegiatan Inti:
Mengamati
·
Membaca dari
berbagai literatur tentang macam –macam sistem pemerintahan
·
Membaca dari
berbagai literatur tentang sistem pemerintahan
negara Republik Indonesia
Menanya
·
Menanyakan tentang sistem pemerintahan dan macamnya
·
Menanyakan
tentang sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia menurut UUD NKRI 1945
Mengumpulkan data
·
Mengumpulkan data dari berbagai
sumber termasuk internet dan media cetak serta
elektronik tentang sistem pemerintahan
Mengasosiasikan
·
Mencari hubungan antara sistem pemerintahan Indonesia yang ada di Indonesia dengan sistem pemerintah yang
sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan sistem
pemerintahan Indonesia yang sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945
|
70 menit
|
Penutup
1.
Guru bersama Peserta didik menyimpulkan tentang sistem pemerintahan
negara
2. Guru memberikan tugas pada
peserta didik untuk membuat kliping tentang sistem pemerintahan yang
dijalankan Indonesia
3.
Melaksanakan
pos
tes lisan
|
10 menit
|
Pertemuan Kedua
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
1.
Mengucap salam
2.
Meminta kepada ketua kelas untuk
memimpin doa
3.
Merefleksi
pembahasan mengenai sistem pemerintahan Indonesia yang sesuai dengan
UUD NKRI Tahun 1945
4. Menyampaikan
tujuan pembelajaran
5. Melaksanakan
pretes lisan tentang sistem pemerintahan Indonesia
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
·
Membaca dari
berbagai literatur tentang sistem pemerintahan Presidentil
·
Membaca dari
berbagai literatur tentang sistem pemerintahan
parlementer
Menanya
·
Menanyakan tentang sistem pemerintahan Presidentil
·
Menanyakan
tentang sistem pemerintahan Parlementer
·
Menanyakan
tentang ciri-ciri sistem pemerintahan presidentil
·
Menanyakan
tentang ciri-ciri sistem pemerintahan parlementer
Mengumpulkan
data
·
Mengumpulkan data dari berbagai
sumber termasuk internet dan media cetak serta
elektronik tentang sistem pemerintahan yang pernah
dijalani Negara Republik Indonesia
Mengasosiasikan
·
Mencari perbedaan
pelaksanaan antara sistem pemerintahan Presidentil dengan sistem pemerintahan
Parlementer yang ada di Indonesia
Mengomunikasikan
Mempresentasikan sistem
pemerintahan yang pernah dijalani oleh negara Indonesia
|
70 menit
|
Penutup
1.
Bersama Peserta didik menyimpulkan ciri-ciri sistem
pemerintahan
2.
Memberikan tugas menuliskan
kembali hasil pengolahan data mengenai
ciri sistem pemerintahan
3.
Melaksanakan pre tes
|
10 menit
|
I Penilaian
1. Tugas:
a. Mengumpulkan data dari
berbagai sumber tentang sistem
pemerintahan
b. Mengumpulkan data dari
berbagai sumber tentang sistem pemerintahan presidentil
c. Mengumpulkan data dari
berbagai sumber tentang sistem pemerintahan parlementer
d. Mengumpulkan data dari
berbagai sumber tentang ciri-ciri sistem perintahan presidentil
e. Mengumpulkan data dari
berbagai sumber tentang ciri-ciri sistem pemerintahan parlementer
2 Observasi
Menilai kegiatan
pengamatan saat diskusi dan presentasi hasil pengamatan tentang sistem pemerintahan yang sesuai dengan UUD NKRI 1945
3 Portofolio
Penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun
kelompok tentang sistem
pemerintahan yang sesuai dengan UUD NKRi 1945
4. Tes
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara
individu tentang sistem
pemerintahan
yang sesuai dengan UUD NKRi 1945
Jember ,
4-Agustus-2014
Mengetahui
KepalaSMK
PGRI 05 Jember Guru
Mata PPKn
() ()
Pengamatan aktivitas
dalam
Diskusi kelompok (Rubrik) membahas hasil pengumpulan
data
Membuat laporan hasil pengumpulan data
Mempresentasikan (rubrik)hasil laporan di depan
kelas
Portofolio
PENILAIAN
PORTOFOLIO
(Hasil Pengumpulan Data/Laporan Penelitian)
Tanggal/bulan/tahun :..........................................
Nama pesrta didik :..........................................
Kelas/semester :X
/ 1
Mata Pelajaran :PPKn
Kompetensi Inti :1,
2, 3, 4
Kompetensi Dasar :3.3. Memahami bentuk dan kedaulatan
negara sesuai dengan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945.
4.3
Menyaji hasil telaah bentuk dan kedaulatan negara sesuai
dengan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Materi Pokok : Sistem Pemerintahan Negara
No
|
Komponen
Portofolio
|
Bobot
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
Keruntutan
dalam penyusunan portofolio
a. Runtut mulai dari tugas awal hingga
akhir(lengkap)
b. Runtut berdasarkan hari,tanggal,bulan dan tahun
c. Runtut mulai dari judul hingga akhir
|
25%
|
|
|
2
|
Kelengkapan
Portofolio
a. Lengkap setiap kompetisi inti dan kompetensi
dasar
|
25%
|
|
|
3
|
Kerapian
dalam Penyusunan portofolio
a. Rapi dan tidak kotor
b. Dikemas dalam snelhecter
|
25%
|
|
|
4
|
Kebermanfaatan
Portofolio
a. Bermanfaat untuk perbaikan
b. Disimpan di perpustakaan
c. Dapat dibaca oleh para pembaca
|
25%
|
|
|
Catatan :Skor
1 – 5 (1. Sangat kurang, 2 kurang, 3 cukup, 4 baik, 5 sangat baik
Nilai = bobot X Skor
No comments:
Post a Comment