Peralatan bengkel otomotif dan Peralatan kerja bangku PDTO



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan                    : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Mata pelajaran                           : Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif
Kelas                                         : X
Semester                                   : 1 (satu)
Alokasi Waktu                           : 7 x pertemuan (8 jam pelajaran @ 45’)
Aspek/materi pokok                  : Peralatan bengkel otomotif dan Peralatan
kerja bangku

Kompetensi  Inti (KI)            :
1.        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.        Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.        Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.        Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar (KD)       :
1.1    Lingkungan hidup dan sumber daya alam sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa harus dijaga kelestariannya dan kelangsungan hidup.
2.1    Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam mengidentifikasi peralatan ( hand tools, power tools, special tools dan workshop tools).
2.2    Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam memahami dan membaca alat ukur sesuai SOP
2.3    Menunjukkan sikap disiplin dan tanggung jawab dalam melaksanakan langkah-langkah kerja sesuai standar kerja / SOP
3.1     Mengidentifikasi  jenis-jenis hand tool sesuai fungsinya
4.1  Menggunakan dan merawat macam-macam hand tools sesuai dengan SOP.

Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.    Mengaplikasikan sikap disiplin, toleransi, dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti, rapi dan akurat baik bentuk maupun ukuran dalam kegiatan pembuatan mur.
2.    Memahami dan membuat sketsa/konsep dalam pembuatan baut sesuai dengan SOP.
3.    Mengidentifikasi jenis-jenis hand tool sesuai fungsinya serta menggunakan dan merawat macam-macam hand tools sesuai dengan SOP.

A.  Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran peserta didik diharapkan mampu:
1. Menyatakan pendapat tentang penggunaan macam-macam peralatan (hand tools, power tools, special tools dan workshop tools) sebagai ungkapan rasa bangga dan wujud rasa syukur kepada Tuhan serta bangsa Indonesia.
2.    Mengukur dan mempresentasikan cara menggunakan peralatan berdasarkan teknik dan prosedur yang tepat dengan disiplin dan tanggung jawab.
3.    Merancang bentuk dan ukuran dalam pembuatan mur sesuai dengan SOP.
4.    Mampu mengidentifikasi jenis-jenis hand tool sesuai fungsinya serta menggunakan dan merawat macam-macam hand tools sesuai dengan SOP.

B.  Materi Ajar
Bahan Ajar  pekerjaan dasar teknik otomotif:
1.    Pengertian peralatan ( hand tools, power tools, special tools dan workshop tools);
2.    Berbagai jenis (hand tools, power tools, special tools dan workshop tools)
3.    Besi yang akan di buat mur, gergaji, kikir dan peralatan lainnya
4.    Cara penggunaan peralatan (hand tools, power tools, special tools dan workshop tools)
5.    Merawat macam-macam hand tools sesuai dengan SOP.
6.    Nilai-nilai spiritual dan sosial diaplikasikan dalam setiap perbuatan/perilaku peserta didik dalam pembelajaran.

C.  Metode Pembelajaran
Pendekatan                 :  Scientific dan PBL
Strategi                       :  Penggalian informasi (Project based learning)
                  Presentasi
Model pembelajaran   : Kooperatif
Metode                       : Penugasan, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, proyek.

D.  Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1

1.    Kegiatan Pendahulan (15 menit)
a.    Motivasi        :
·      Berdoa sebelum mulai pelajaran
·      Tanya jawab seputar pembuatan mur,  membahas dengan  mengambil  contoh karya (gambar/benda langsung) sebagai perbandingan.                          
b.    Apersepsi      : Tanya jawab tentang pembuatan mur.
c.    Menginformasikan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik.

2.    Kegiatan Inti (28 JP)
Langkah-Langkah Pembelajaran
Persiapan
1.    Menentukan projek
·      Peserta didik melihat bentuk mur dan ukuran dilanjutkan dengan komentar dan tanya jawab.
·      Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil terdiri dari 4-5 orang dengan diberikan tugas proyek “
·      Peserta didik bersama dengan kelompoknya menentukan ukuran yang dibutuhkan sebagai bahan untuk menyelesaikan tugas proyek tentang pembuatan produk.
·      Menyusun kebutuhan bahan dan alat yang digunakan pada membuat produk untuk semester ganjil.

2.    Merancang langkah-langkah penyelesaian projek
·      Peserta didik (secara berkelompok) merancang pembuatan mur.
·      Peserta didik mendiskusikan bentuk dan ukuran mur yang akan digunakan dalam membuat tugas.
·      Peserta didik (secara berkelompok) membagi tugas masing-masing anggota kelompok..
·      Peserta didik menyusun langkah-langkah proses pembuatan mur sesuai dengan SOP

3.    Menyusun jadwal pelaksanaan projek
·      Peserta didik (secara berkelompok) berdiskusi menentukan jadwal kegiatan projek sesuai dengan target waktu yang telah disampaikan oleh guru.
·      Peserta didik (secara berkelompok) menyusun jadwal kegiatan penyelesaian tugas projek tahap demi tahap.
·      Jadwal Pelaksanaan Proyek
No
Kegiatan
Indikator kinerja
waktu  2 x 8 JP
1
2
3
4
5
6
7
8


1.
Membuat sket


*
*








2.
Membuat desain :
Gambar kerja
Gambar Proyeksi



*
*






3.
Proses menentukan ukuran dan bentuk





*
*




4.
Penyusunan laporan







*
*



Pelaksanaan
1.    Menyelesaikan projek dengan fasilitasi dan monitoring guru
·      Peserta didik (secara berkelompok) melaksanakan membuat sket desain
·      Peserta didik (secara berkelompok) melakukan perlatihan untuk menentukan sket terpilih
·      Peserta didik (secara berkelompok) melakukan perlatihan untuk membuat desain
·      Peserta didik (secara berkelompok) melakukan perlatihan untuk membuat gambar kerja
·      Peserta didik (secara berkelompok) melakukan perlatihan untuk membuat komponen pola produk

2.    Menyusun laporan dan presentasi hasil projek
·      Peserta didik  (secara berkelompok) mendiskusikan hasil produk dengan yang telah dihasilkan.
·      Peserta didik secara berkelompok menyusun laporan kegiatan proyek dengan mendeskripsikan urutan proses produksi.

3.  Kegiatan Penutup (30 menit)
a)  Setiap siswa melakukan refleksi pembelajaran
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari.
Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada  pembelajaran dalam pembuatan mur.           
b) Guru menyampaikan informasi pembelajaran pada pertemuan ke-2,3, dan ke yang akan  datang yaitu pada saat pembuatan mur sampai finishing.

Evaluasi proses dan hasil projek
·      Peserta didik secara berkelompok mepresentasikan hasil tugas kelompoknya secara bergantian di depan kelas. Sementara satu kelompok presentasi, kelompok lain mengamati dengan seksama.
·      Disamping presentasi hasil dari pembuatan mur, siswa juga menceriterakan proses berlangsungnya tugas projek serta menceriterakan hambatan dalam mengerjakan tugas projek sebagai bentuk refleksi kegiatan dalam pembelajaran.
·      Peserta didik kelompok lain memberikan tanggapan dan komentar tentang presentasi kelompok lain.  

E.   Sumber Belajar
1.    Media    : mur dan baut
2.    Sumber  :
Johny Muharam dkk. 2005. Penggunaan Dan Pemeliharaan Peralatan Dan Perlengkapan Tempat Kerja. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Jakarta.
Daryanto. 1998. Alat Perkakas Bengkel. PT Bina Aksara Jakarta.
Zevy D. Maran. 2008. Peralatan Bengkel Otomotif. Andi Publisher. Yogyakarta.
Buku Manual Peralatan.




F.    Penilaian
Pertemuan 1
Tabel 1: Format Penilaian Projek
Penilaian pada pembelajaran berbasis projek juga dapat dilakukan dengan menilai produk yang dihasilkan dari tugas projek. Penilaian produk dilakukan untuk menilai proses pembuatan dan kualitas suatu produk yang dihasilkan oleh peserta didik. Penilaian produk dapat dilakukan pada tugas yang menekankan pada produk teknologi. Adapun contoh format penilaian produk adalah sebagai berikut.

Tabel 2: Format Penilaian Produk (Teknologi/Karya Seni)
pada penilaian sikap dapat dilakukan dengan bentuk penilaian observasi, penilaian diri, penilaian “teman sejawat” (peer evaluation), dan penilaian jurnal oleh peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk observasi, penilaian diri, dan penilaian antar peserta didik adalah daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik, sedangkan pada jurnal berupa catatan yang disusun oleh guru. Contoh instrumen penilaian sikap dengan lembar pengamatan/observasi adalah sebagai berikut.
Tabel 3: Format Penilaian Sikap
Penilaian sikap juga dapat dilakukan dengan penilaian diri dengan menggunakan daftar cek atau skala penilaian (rating scale). Contoh instrumen penilaian sikap dengan penilaian diri adalah sebagai berikut.

Tabel 4:  Instrumen Penilaian Diri

              1.  Teknik Penilaian   : Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap
2. Bentuk Instrumen    : Penugasan dan Proyek
Bobot Penilaian
Nilai    =   jumlah skor : jumlah skor maksimal
1.   Penilaian Karakter               :
2.   Penilaian Karakter               :

  No.
Nilai Karakter
Kriteria
Skor
1
Kreatif
-      Kreatif
-      Menunjukkan usaha kreatif
-      Dibimbing untuk kreatif
-      Tidak ada kemauan untuk kreatif
A
B
C
D
2
Tanggung jawab
-       Bertanggung jawab
-       Menunjukkan usaha bertanggung jawab
-       Dibimbing untuk bertanggung jawab
-       Tidak ada kemauan untuk bertanggung jawab
A
B
C
D

3
Kerja keras
-      Bekerja keras
-      Menunjukkan usaha kerja keras
-      Dibimbing untuk  bekerja keras
-      Tidak ada kemaan untuk bekerja keras
A
B
C
D
4
Mandiri
-      Mandiri
-      Menunjukkan usaha kurang mandiri
-      Dibimbing untuk mandiri
-      Tidak ada kemauan untuk mandiri
A
B
C
D


Mengetahui                                                                                                           
Kepala Sekolah                                                         Guru PDTO Kelas X,
SMK .................



..................................                                                           .......................

No comments: