RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK)
Mata
pelajaran : Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif
Kelas : X
Semester : 1 (satu)
Alokasi
Waktu : 7
x pertemuan (8 jam pelajaran @ 45’)
Aspek/materi pokok : Peralatan bengkel otomotif dan Peralatan
kerja bangku
Kompetensi Inti (KI) :
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang
spesifik untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi
Dasar (KD) :
1.1
Lingkungan hidup dan sumber daya alam sebagai anugrah
Tuhan Yang Maha Esa harus dijaga kelestariannya dan kelangsungan hidup.
2.1
Menunjukkan sikap cermat dan teliti dalam
mengidentifikasi peralatan ( hand tools, power tools, special tools dan
workshop tools).
2.2
Menunjukkan sikap cermat dan teliti
dalam memahami dan membaca alat ukur sesuai SOP
2.3
Menunjukkan sikap disiplin dan tanggung
jawab dalam melaksanakan langkah-langkah kerja sesuai standar kerja / SOP
3.1 Mengidentifikasi
jenis-jenis hand tool sesuai fungsinya
4.1 Menggunakan dan merawat macam-macam hand
tools sesuai dengan SOP.
Indikator Pencapaian
Kompetensi :
1.
Mengaplikasikan sikap disiplin,
toleransi, dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan,
serta teliti, rapi dan akurat baik bentuk maupun ukuran
dalam kegiatan pembuatan mur.
2.
Memahami dan membuat sketsa/konsep dalam pembuatan baut sesuai dengan SOP.
3.
Mengidentifikasi
jenis-jenis hand tool sesuai fungsinya serta menggunakan dan
merawat macam-macam hand tools sesuai dengan SOP.
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah pembelajaran peserta
didik diharapkan mampu:
1. Menyatakan pendapat tentang penggunaan macam-macam peralatan
(hand tools, power tools, special tools dan workshop tools) sebagai ungkapan rasa bangga dan wujud rasa syukur
kepada Tuhan serta bangsa Indonesia.
2.
Mengukur dan
mempresentasikan cara menggunakan peralatan berdasarkan teknik dan prosedur yang tepat dengan disiplin dan tanggung
jawab.
3.
Merancang bentuk dan ukuran dalam pembuatan mur sesuai
dengan SOP.
4.
Mampu mengidentifikasi jenis-jenis hand tool sesuai fungsinya serta menggunakan dan merawat macam-macam hand tools sesuai
dengan SOP.
B. Materi
Ajar
Bahan Ajar pekerjaan
dasar teknik otomotif:
1. Pengertian peralatan ( hand tools, power tools, special tools dan
workshop tools);
2. Berbagai
jenis (hand tools, power tools, special tools dan workshop
tools)
3. Besi yang akan di buat mur, gergaji, kikir dan peralatan lainnya
4.
Cara penggunaan peralatan (hand tools, power tools,
special tools dan workshop tools)
5. Merawat macam-macam hand tools sesuai dengan
SOP.
6. Nilai-nilai spiritual dan sosial diaplikasikan dalam setiap
perbuatan/perilaku peserta didik dalam pembelajaran.
C. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
dan PBL
Strategi : Penggalian informasi (Project based
learning)
Presentasi
Model pembelajaran : Kooperatif
Metode : Penugasan, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, proyek.
D. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Kegiatan
Pendahulan (15 menit)
a.
Motivasi
:
· Berdoa sebelum mulai pelajaran
·
Tanya
jawab seputar pembuatan mur,
membahas dengan mengambil
contoh karya (gambar/benda
langsung) sebagai perbandingan.
b.
Apersepsi
: Tanya jawab tentang pembuatan
mur.
c.
Menginformasikan kompetensi dasar yang
harus dicapai oleh peserta didik.
2. Kegiatan
Inti (28 JP)
Langkah-Langkah Pembelajaran
Persiapan
1. Menentukan projek
· Peserta didik melihat bentuk mur dan ukuran dilanjutkan
dengan komentar dan tanya jawab.
·
Peserta didik dibagi dalam kelompok
kecil terdiri dari 4-5 orang dengan diberikan tugas proyek “
·
Peserta didik bersama dengan kelompoknya
menentukan ukuran yang dibutuhkan sebagai bahan
untuk menyelesaikan tugas proyek tentang
pembuatan produk.
·
Menyusun kebutuhan
bahan dan alat
yang digunakan pada membuat produk untuk semester ganjil.
2.
Merancang langkah-langkah penyelesaian projek
·
Peserta didik (secara berkelompok) merancang pembuatan mur.
·
Peserta didik mendiskusikan bentuk dan ukuran mur yang akan digunakan dalam membuat tugas.
·
Peserta didik (secara berkelompok)
membagi tugas masing-masing anggota kelompok..
·
Peserta didik menyusun langkah-langkah
proses pembuatan mur sesuai dengan SOP
3. Menyusun jadwal pelaksanaan projek
·
Peserta didik (secara berkelompok) berdiskusi
menentukan jadwal kegiatan projek sesuai dengan target waktu yang telah
disampaikan oleh guru.
·
Peserta didik (secara berkelompok) menyusun jadwal
kegiatan penyelesaian tugas projek tahap demi tahap.
· Jadwal Pelaksanaan Proyek
No
|
Kegiatan
|
Indikator kinerja
|
waktu 2
x 8 JP
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
|
|
|||
1.
|
Membuat
sket
|
|
*
|
*
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Membuat
desain :
Gambar
kerja
Gambar
Proyeksi
|
|
|
|
*
|
*
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Proses
menentukan ukuran dan bentuk
|
|
|
|
|
|
*
|
*
|
|
|
|
|
4.
|
Penyusunan
laporan
|
|
|
|
|
|
|
|
*
|
*
|
|
|
Pelaksanaan
1. Menyelesaikan projek dengan fasilitasi dan monitoring guru
·
Peserta didik (secara
berkelompok) melaksanakan membuat sket
desain
·
Peserta didik (secara berkelompok) melakukan
perlatihan untuk menentukan sket terpilih
·
Peserta didik (secara berkelompok) melakukan
perlatihan untuk membuat desain
·
Peserta didik (secara berkelompok) melakukan perlatihan
untuk membuat gambar kerja
·
Peserta didik (secara berkelompok) melakukan
perlatihan untuk membuat komponen pola produk
2. Menyusun laporan dan presentasi hasil projek
·
Peserta didik (secara berkelompok) mendiskusikan hasil produk dengan yang telah dihasilkan.
·
Peserta didik secara
berkelompok menyusun laporan kegiatan proyek dengan mendeskripsikan urutan proses produksi.
3. Kegiatan Penutup (30
menit)
a) Setiap
siswa melakukan refleksi pembelajaran
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari.
Guru
menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta
didik pada pembelajaran dalam pembuatan mur.
b) Guru menyampaikan informasi pembelajaran
pada pertemuan ke-2,3,
dan ke yang akan
datang yaitu pada saat pembuatan mur sampai finishing.
Evaluasi proses dan hasil projek
·
Peserta didik secara
berkelompok mepresentasikan hasil tugas kelompoknya secara bergantian di depan
kelas. Sementara satu kelompok presentasi, kelompok lain mengamati dengan
seksama.
·
Disamping presentasi hasil dari pembuatan
mur, siswa juga menceriterakan proses berlangsungnya tugas projek serta
menceriterakan hambatan dalam mengerjakan tugas projek sebagai bentuk refleksi
kegiatan dalam pembelajaran.
·
Peserta didik kelompok lain memberikan tanggapan dan komentar tentang presentasi kelompok lain.
E. Sumber
Belajar
1. Media : mur dan baut
2. Sumber :
Johny Muharam dkk. 2005. Penggunaan Dan Pemeliharaan Peralatan Dan
Perlengkapan Tempat Kerja. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
Jakarta.
Daryanto. 1998. Alat Perkakas Bengkel. PT Bina Aksara Jakarta.
Zevy D. Maran. 2008. Peralatan Bengkel Otomotif. Andi Publisher. Yogyakarta.
Buku Manual Peralatan.
F.
Penilaian
Pertemuan 1
Tabel 1: Format Penilaian Projek
Penilaian pada pembelajaran berbasis projek juga dapat dilakukan dengan
menilai produk yang dihasilkan dari tugas projek. Penilaian produk dilakukan
untuk menilai proses pembuatan dan kualitas suatu produk yang dihasilkan oleh
peserta didik. Penilaian produk dapat dilakukan pada tugas yang menekankan pada
produk teknologi. Adapun contoh format penilaian produk adalah sebagai berikut.
Tabel
2: Format Penilaian Produk (Teknologi/Karya Seni)
pada penilaian sikap dapat dilakukan dengan bentuk
penilaian observasi, penilaian diri, penilaian “teman sejawat” (peer
evaluation), dan penilaian jurnal oleh peserta didik. Instrumen yang
digunakan untuk observasi, penilaian diri, dan penilaian antar peserta didik
adalah daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang disertai
rubrik, sedangkan pada jurnal berupa catatan yang disusun oleh guru. Contoh
instrumen penilaian sikap dengan lembar pengamatan/observasi adalah sebagai
berikut.
Tabel 3: Format
Penilaian Sikap
Penilaian
sikap juga dapat dilakukan dengan penilaian diri dengan menggunakan daftar cek
atau skala penilaian (rating scale). Contoh instrumen penilaian sikap
dengan penilaian diri adalah sebagai berikut.
Tabel 4:
Instrumen Penilaian Diri
1. Teknik Penilaian : Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap
2. Bentuk
Instrumen : Penugasan dan Proyek
Bobot
Penilaian
Nilai =
jumlah skor : jumlah skor maksimal
1. Penilaian
Karakter :
2. Penilaian
Karakter :
No.
|
Nilai Karakter
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Kreatif
|
- Kreatif
- Menunjukkan usaha
kreatif
- Dibimbing untuk
kreatif
- Tidak ada kemauan
untuk kreatif
|
A
B
C
D
|
2
|
Tanggung
jawab
|
- Bertanggung jawab
- Menunjukkan usaha
bertanggung jawab
- Dibimbing untuk
bertanggung jawab
- Tidak ada kemauan
untuk bertanggung jawab
|
A
B
C
D
|
3
|
Kerja
keras
|
- Bekerja keras
- Menunjukkan usaha
kerja keras
- Dibimbing
untuk bekerja keras
- Tidak ada kemaan
untuk bekerja keras
|
A
B
C
D
|
4
|
Mandiri
|
- Mandiri
- Menunjukkan usaha
kurang mandiri
- Dibimbing untuk
mandiri
- Tidak ada kemauan
untuk mandiri
|
A
B
C
D
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru PDTO Kelas X,
SMK .................
.................................. .......................
No comments:
Post a Comment