konsep kesehatan reproduksi rpp smk kls xi/1



 
 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan         : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Mata pelajaran              : kesehatan reproduksi
Kelas                            : XI
Semester                       : 1 (satu)
Alokasi Waktu              : 1 x pertemuan (2 jam pelajaran @ 45’) Aspek/materi pokok                                                 : konsep kesehatan reproduksi
                                                                               
Kompetensi  Inti (KI)            :
1.       Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.       Menghayati dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.       Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kemanusiaan, kebangsaan, kenegaran, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan mintanya untuk memecahkan masalah.
4.       Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar (KD)       :
1.1     Memahami tentang kesehatan reproduksi manusia.
2.1     Menjelaskan organ reproduksi wanita secara kompek mulai dari organ vital wanita, fungsi organ vital sampai pada sistem organ reproduksi yang normal di alami seorang wanita. 
2.2     Menjelaskan tentang perbedaan organ reproduksi wanita dan pria berdasarkan kodrat secara komplek melalui pengalaman dan pendapat dari sumber buku ataupun media lain.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.    Mengaplikasikan sikap disiplin dan bertanggung jawab dalam menjaga kesehatan reproduksi.
2.    Memahami dan mengerti tentang pentingnya kesehatan reproduksi.
3.    Membedakan organ reproduksi pria dan wanita secara anatomi dan fisiologi.

A.  Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran peserta didik diharapkan mampu:
1.      menjelaskan tentang kesehatan reproduksi menurut sumber yang diperoleh dari buku teks maupun dari guru pembimbing.
2.      Menyatakan tentang rasa syukur atas perbedaan yang di miliki oleh pria dan wanita dalam keadaan sempurna.
3.      Setelah membaca materi kesehatan reproduksi, siswa dapat menjelaskan pengertian kesehatan reproduksi dengan benar.
4.      Setelah memahami organ reproduksi, siswa dapat menceritakan kembali secara lisan perbedaan organ reproduksi wanita dan pria secara lengkap.

B.  Materi Ajar
Bahan Ajar kesehatan reproduksi :
1.    Pengertian kesehatan reproduksi.  
2.    Buku tentang kesehatan reproduksi manusia.
Ø  Hegner,Barbara.,Caldwell,Ester. Asisten Keperawatan: Suatu Pendekatan Proses Keperawatan, Edisi 6. Jakarta: EGC
3.      Gambar organ reproduksi. 
C.  Metode Pembelajaran
Pendekatan                 :  Saintifik
Strategi                       :  discovery, problem based learning
Model pembelajaran   : Kooperatif
Metode                       : Penugasan, tanya jawab, diskusi.
D.  Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1.    Kegiatan Pendahulan (15 menit)
a.    Motivasi       :
·      Berdoa sebelum mulai pelajaran
·      Tanya jawab seputar anatomi organ reproduksi.                            
b.    Apersepsi       : Tanya jawab tentang perbedaan organ reproduksi wanita dan pria.
c.    Menginformasikan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik.
2.    Kegiatan Inti (30 JP)
Langkah-Langkah Pembelajaran
a.      Kegiatan Pendahuluan
1.      Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.      Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3.      Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b.      Kegiatan Inti
1.    Guru menulis tema/topik pembahasan yang akan diajarkan.
2.    Siswa memprediksi isi teks secara individu dari judul yang ditulis guru di papan tulis.
3.    Siswa membaca materi kesehatan reproduksi dari buku teks atau disiapkan oleh guru.
4.    Tanya jawab klasikal siswa menjelaskan pengertian kesehatan reproduksi.
5.    Siswa membaca materi unsur dan konsep kesehatan reproduksi dari buku teks atau disiapkan oleh guru.
6.    Tanya jawab klasikal siswa menyebutkan unsur dan konsep kesehatan reproduksi dari materi yang dibaca.
7.    Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mencari bahan  rangkuman materi tentang kesehatan reproduksi dari berbagai sumber.
8.    Siswa mengerjakan tugas secara individu berupa materi ringkasan tentang kesehatan reproduksi dengan merujuk pada informasi buku siswa dan hasil tanya jawab klasikal.
9.    Guru melakukan observasi sikap santun para siswa pada saat mengerjakan tugas.
10.  Siswa menyampaikan hasil tugasnya dengan mengumpulkan kepada guru secara individu.
c.       Kegiatan Penutup
1.      Meminta siswa menyimpulkan apa yang telah diajarkan.
2.      Mengecek pemahaman siswa atas pencapaian kompetensi secara tertulis
Menugaskan siswa untuk banyak membaca dan mencari bahan  rangkuman materi tentang kesehatan reproduksi yang berkaitan dengan anatomi fisiologi organ, dan fungsi dari masing-masing organ.
Tugas individu:
Ø Mencari bahan materi yang berhubungan dengan kesehatan reproduksi.

E. Penilaian:
1.  Penilaian sikap (performance)
2.  Penilaian pengetahuan
3. Penilaian diri





Mengetahui


kepala sekolah                                                             Guru Mata Pelajaran




      (............................)                                                           (..................................)








Smk kesehatan
BINA MITRA HUSADA 

 
 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                    : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Mata pelajaran                           : kesehatan reproduksi
Kelas                                         : XI
Semester                                   : 1 (satu)
Alokasi Waktu                           : 2 x pertemuan (4 jam pelajaran @ 45’) Aspek/materi pokok                                                              : anatomi dan fisiologi alat reproduksi
                                                                               
Kompetensi  Inti (KI)            :
1.       Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.       Menghayati dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.       Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kemanusiaan, kebangsaan, kenegaran, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan mintanya untuk memecahkan masalah.
4.       Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar (KD)       :
1.1  Memahami tentang anatomi fisologi kesehatan reproduksi manusia.
1.2  menjelaskan pengertian dari alat reproduksi wanita dan pria secara anatomi dan fisiologi.
1.3  Menjelaskan tentang perbedaan organ reproduksi wanita dan pria berdasarkan kodrat secara komplek melalui pengalaman dan pendapat dari sumber buku ataupun media lain.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.      Membedakan organ reproduksi pria dan wanita secara umum
2.      Mengerti tentang pengertian anatomi fisiologi alat reproduksi.

E.  Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran peserta didik diharapkan mampu:
1.      menjelaskan tentang anatomi fisiologi alat reproduksi menurut sumber yang diperoleh dari buku teks maupun dari guru pembimbing.
2.      Menyatakan tentang rasa syukur atas perbedaan yang di miliki oleh pria dan wanita dalam keadaan sempurna..
3.      Membedakan alat reproduksi wanita dan pria secara luas, meliputi nama latin,fungsi dan posisi normal.

F.   Materi Ajar
Bahan Ajar kesehatan reproduksi :.  
1.      Pengertian tentang anatomi dan fisiologi organ reproduksi manusia.
Ø  Putikah,Titik.,dkk.2013.Anatomi dan Fisiologi untuk SMK Kesehatan, Jilid 2. Jakarta: EGC
Ø  Hegner,Barbara.,Caldwell,Ester. Asisten Keperawatan: Suatu Pendekatan Proses Keperawatan, Edisi 6. Jakarta: EGC
2.      Gambar organ reproduksi. 
G. Metode Pembelajaran
Pendekatan                 :  Saintifik
Strategi                       :  Penggalian informasi (Project based learning)
Model pembelajaran   : Kooperatif
Metode                       : Tanya jawab, diskusi, demonstrasi
H.  Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan Pendahulan (15 menit)
a.    Motivasi       :
·      Berdoa sebelum mulai pelajaran
·      Tanya jawab seputar anatomi organ reproduksi.                            
b.    Apersepsi     : Tanya jawab tentang organ reproduksi wanita dan pria.
c.    Menginformasikan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik.
Kegiatan Inti (30 JP)
Langkah-Langkah Pembelajaran
1.  Kegiatan awal
·   Guru memberi salam dan mengucap basmallah sebelum memulai pelajaran(berdo’a)
·   Guru menunjukkan gambar anatomi organ reproduksi kepada siswa untuk menanggapi gambar.
·      Guru menunjukkan gambar organ reproduksi sesuai dengan anatomi dan fisologi reproduksi.
2.  Kegiatan inti
·   Guru menjelaskan secara singkat materi yang diajarkan, mengenai organ-organ reproduksi, letak, dan fungsi masing-masing organ.
·      Guru menjelaskan tentang perbedaan organ reproduksi pria dan wanita berdasarkan fungsi dan letaknya.
·   Siswa mencatat hal-hal penting dari penjelasan yang di sampaikan.
·   Menanyakan hal-hal yang kurang paham
·   Guru bertanya kepada siswa tentang pendapat siswa dari materi yang sudah diajarkan.
·   Guru dan siswa atau kelompok, tanya jawab secara interaktif
·   Menulis dan Menyimpulkan hasil pembelajaran
·      Guru memberikan tugas individu kepada siswa untuk dikerjakan dan di kumpulkan ke guru pengajar.  
3.  Kegiatan akhir
·   Guru meminta siswa untuk mempelajari lebih dalam tentang anatomi organ reproduksi.
·   Guru mengucap hamdallah setelah mengakhiri pelajaran.
·   Guru mengucap salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.
Kegiatan Penutup (30 menit)
a)  Setiap siswa melakukan refleksi pembelajaran
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari.
Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada  pembelajaran kesehatan reproduksi kali ini.           
b)   Guru menyampaikan informasi pembelajaran yang akan di laksanakan pada pertemuan ke  3 yang meliputi pembahasan tugas individu yang sudah di berikan oleh guru kepada siswa.
E. Penilaian:
1.  Penilaian sikap (performance)
2.  Penilaian tugas
a.       Teknik                         : tertulis
b.      model instrument        : uraian
Tugas individu :
Jawablah pertanyaan di bawah ini
1.      Jelaskan istilah dibawah ini
a.       Bleeding
b.      Obstetric
c.       fetus
d.      Ginekologi
e.       Konginental
2.      Sebutkan :
a.       Tempat melekatnya janin
b.      Tempat bertemunya sperma dan sel telur
c.       Tempat yang memproduksi sel telur
d.      Tempat pembentukan sperma
e.       Saluran sperma
3.      Sebutkan 3 organ reproduksi interna wanita
4.      Sebutkan 3 organ reproduksi ekterna wanita
5.      Sebutkan anatomi organ reproduksi laki-laki (ekternal)

c.       kunci jawaban dan penskoran
No
Jawaban
Skor
1
a. perdarahan
b. ilmu kandungan
c. janin
d. ilmu yang mempelajari kelainan pada kandungan
e. penyakit bawaan
1
1
1
1
1
2
a. uterus
b. tuba fallopi
c. ovarium
d. testis
e. epididimis
1
1
1
1
1
3
Uterus
Serviks
Ovarium
1
1
1
4
Mons pubis
Labia mayora/minora
Clitoris
1
1
1
5
Penis
Scrotum
Testis
1
1
1
Jumlah
19
Skor Total
19



Kriteria penilaian:
Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal

 
 





Pertemuan 2
Kegiatan Pendahulan (15 menit)
·      Berdoa sebelum mulai pelajaran
·      Tanya jawab seputar anatomi organ reproduksi.
·      Mengulang kembali materi pertemuan yang awal tentang organ reproduksi wanita dan pria.
·      Menginformasikan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik.
Kegiatan Inti (30 JP)
Langkah-Langkah Pembelajaran
1.  Kegiatan awal
·   Guru memberi salam dan mengucap basmallah sebelum memulai pelajaran(berdo’a)
·   Guru menunjukkan gambar anatomi organ reproduksi kepada siswa untuk menanggapi kembali gambar.
·      Guru menunjukkan gambar organ reproduksi sesuai dengan anatomi dan fisologi reproduksi.
·      Guru menjelaskan tentang nama latin dari setiap item gambar.
2.  Kegiatan inti
·       Guru membacakan jawaban dari tugas siswa yang sudah di kumpulkan.
·       Siswa menyimak jawaban dari tugas yang sudah siswa kerjakan dalam pertemuan ke 1
·       Guru menjelaskan secara singkat materi yang diajarkan, mengenai organ-organ reproduksi, letak, dan fungsi masing-masing organ.
·       Guru mengenalkan organ reproduksi wanita dan pria sesuai dengan nama latinnya.
·       Guru bertanya kepada siswa tentang pendapat siswa dari materi yang sudah diajarkan.
·       Guru dan siswa atau kelompok, tanya jawab secara interaktif
·       Siswa Menulis dan Menyimpulkan hasil pembelajaran dan jawaban yang sudah di benarkan oleh guru.
3.  Kegiatan akhir
·       Guru meminta siswa untuk mempelajari lebih dalam tentang anatomi organ reproduksi.
·       Guru mengucap hamdallah setelah mengakhiri pelajaran.
·       Guru mengucap salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.
Kegiatan Penutup (30 menit)
a)  Setiap siswa melakukan refleksi pembelajaran
·         Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari.
·         Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada  pembelajaran kesehatan reproduksi kali ini.           
b)   Guru menyampaikan informasi pembelajaran yang akan di laksanakan pada pertemuan ke  4 yang meliputi pembahasan tentang masalah kesehatan reproduksi.
E. Penilaian:
1. Penilaian sikap (performance)
2. Penilaian pengetahuan
3. penilaian diri





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                    : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Mata pelajaran                           : kesehatan reproduksi
Kelas                                         : XI
Semester                                   : 1 (satu)
Alokasi Waktu                           : 2 x pertemuan (4 jam pelajaran @ 45’) Aspek/materi pokok               : masalah yang berhubungan dengan kesehatan reproduksi
                                                                               
Kompetensi  Inti (KI)            :
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kemanusiaan, kebangsaan, kenegaran, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan mintanya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar (KD)       :
2.1 Menjelaskan organ reproduksi wanita secara kompek mulai dari organ vital wanita, fungsi organ vital sampai pada sistem organ reproduksi yang normal di alami seorang wanita. 
1.      Menjelaskan tentang perbedaan organ reproduksi wanita dan pria berdasarkan kodrat secara komplek melalui pengalaman dan pendapat dari sumber buku ataupun media lain.
2.      Memahami masalah yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia menurut sudut pandang kesehatan, budaya, dan pengalaman pribadi.
3.      Menyajikan dampak dari suatu masalah yang dapat terjadi pada organ reproduksi secara komplit dan meluas.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.      Mengaplikasikan sikap disiplin dan bertanggung jawab dalam menjaga kesehatan reproduksi.
3.      Memahami dan mengerti tentang pentingnya kesehatan reproduksi.
4.      Menanggapi masalah yang dapat muncul sehubungan dengan kesehatan reproduksi.
Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran peserta didik diharapkan mampu:
1.      menjelaskan tentang kesehatan reproduksi menurut sumber yang diperoleh dari buku teks maupun dari guru pembimbing.
2.      mengungkapkan pendapat tentang penyakit yang akan di alami jika tidak dapat menjaga kesehatan reproduksi.
3.       mengidentifikasi masalah (penyakit) yang akan timbul di saat kesehatan reproduksi tidak di rawat secara baik dalam lingkup organ vital.
4.      merancang metode wawancara kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan reproduksi.
5.      membuat, menguji, dan mempresentasikan hasil karya wawancara yang sudah dilakukan berdasarkan teknik dan prosedur yang tepat dengan disiplin, jujur dan bertanggung jawab.
5.    Materi Ajar
Bahan Ajar kesehatan reproduksi :.  
Gambar penyakit yang terdapat di organ reproduksi manusia.
Ø  Buku Kapita Selekta”Penyakit Organ Reproduksiuntuk SMK Kesehatan, Jilid 2. Jakarta: EGC.
Alat/media : gambar organ reproduksi pria dan wanita, LCD, laptop.

6.    Metode Pembelajaran
Pendekatan                 :  Saintifik
Strategi                       :  Penggalian informasi (Project based learning)
Model pembelajaran   : Kooperatif
Metode                       : Penugasan, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, proyek.
7.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
3.    Kegiatan Pendahulan (15 menit)
a.    Motivasi       :
·      Berdoa sebelum mulai pelajaran
·      Tanya jawab seputar penyakit dalam secara umum yang berkaitan dengan  organ reproduksi.                            
b.    Apersepsi     : Tanya jawab tentang masalah yang bisa timbul di sekitar organ reproduksi wanita dan pria.
c.    Menginformasikan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik.
4.    Kegiatan Inti (30 JP)
Langkah-Langkah Pembelajaran
Persiapan
1.      Menentukan projek
·   Peserta didik melihat gambar organ reproduksi yang dilanjutkan dengan komentar dan tanya jawab.
·   Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil terdiri dari 4-5 orang dengan diberikan tugas proyek “
·   Peserta didik bersama dengan kelompoknya menentukan tema/topik dengan cara menentukan satu jenis masalah yang muncul berkaitan dengan organ reproduksi sebagai bahan untuk menyelesaikan tugas proyek tentang pencegahan terjadinya masalah yang dapat menyerang organ reproduksi.
·   Menyusun kebutuhan bahan dan alat yang digunakan sebagai sumber referensi dalam menyelesaikan tugas projek.
2.      Merancang langkah-langkah penyelesaian projek
·   Peserta didik (secara berkelompok) menentukan organ reproduksi (pria/wanita)  yang akan di teliti.
·   Peserta didik mendiskusikan ciri-ciri dari satu jenis penyakit yang terdapat di dalam organ reproduksi.
·   Peserta didik (secara berkelompok) membagi tugas masing-masing anggota kelompok..
3.      Menyusun jadwal pelaksanaan projek
·   Peserta didik (secara berkelompok) berdiskusi menentukan jadwal kegiatan projek sesuai dengan target waktu yang telah disampaikan oleh guru.

3.     Kegiatan Penutup (30 menit)
a)  Setiap siswa melakukan refleksi pembelajaran
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari.
Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada  pembelajaran kesehatan reproduksi kali ini.           
b)   Guru menyampaikan informasi penegasan tentang ulasan materi yang berkaitan dengan masalah yang sering di alami oleh seorang wanita secara umum.
 c) guru menyampaikan tugas kelompok akan di bahas pada pertemuan berikutya dengan teknik penyampaian secara presentasi, kelompok yang lain mengamati.

E. Penilaian:
1.  Penilaian sikap (performance)
2.  Penilaian diri

Pertemuan 2
Kegiatan Pendahulan (15 menit)
·      Berdoa sebelum mulai pelajaran
·      Tanya jawab seputar anatomi organ reproduksi.
·      Mengulang kembali materi pertemuan yang awal tentang masalah yang kemungkinan muncul di daerah organ reproduksi.
·      Menginformasikan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik.
Kegiatan Inti (30 JP)
Langkah-Langkah Pembelajaran
1.  Kegiatan awal
·   Guru memberi salam dan mengucap basmallah sebelum memulai pelajaran(berdo’a)
·   Guru menunjukkan gambar anatomi organ reproduksi kepada siswa untuk menanggapi kembali gambar.
·      Guru menunjukkan gambar organ reproduksi
·      Guru menunjuk salah satu siswa untuk presentasikan hasil tugasnya di depan kelas.
2.  Kegiatan inti
·       Guru menyediakan waktu dan tempat untuk siswa yang akan presentasi tentang masalah yang bisa muncul di daerah reproduksi.
·       Siswa yang lain menyimak penjelasan yang di sampaikan oleh siswa yang berdiri di depan kelas.
·       Siswa Menulis dan Menyimpulkan hasil presentasi dari temannya.
·       Guru memperjelas pendalaman info tntang masalah-masalah yang bisa ada di daerah reproduksi seperti penyakit yang di alami oleh pria dan wanita.
3.  Kegiatan akhir
·       Guru meminta siswa untuk mempelajari dan memahami, dan menghafal organ reproduksi.
·       Guru mengucap hamdallah setelah mengakhiri pelajaran.
·       Guru mengucap salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.
Kegiatan Penutup (30 menit)
Setiap siswa melakukan refleksi pembelajaran
·         Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari.
·         Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada  pembelajaran kesehatan reproduksi kali ini.           
E. Penilaian:
1. Penilaian sikap (performance)
2. Penilaian pengetahuan
3. penilaian diri








Mengetahui


kepala sekolah                                                             Guru Mata Pelajaran





      (Fina Inayawati, S.Pd I)                                                           (Kurnia Meila S.Amd,Keb)




Smk Kesehatan Bina Mitra Husada
 
 


FORMAT PENILAIAN SIKAP

Mata Pelajaran            : Kesehatan Reproduksi
Materi Pokok              : anatomi fisiologi organ reproduksi
Kelas/Semester            : XI/1
Tahun Pelajaran           : 2014/2015
Waktu Pengamatan     :

Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan dengan melihat rubrik penskoran
No
Nama Siswa
Sikap
Jumlah SKor
Perhatian Terhadap Pelajaran
Bertanya
Mengerjakan Tugas
Bekerjasama
Toleransi
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1

















2

















3

















4


















Rubrik Penskoran:
Indikator penilaian sikap Perhatian terhadap pelajaran
3
=
siswa mendengarkan penjelasan guru, mencatat hal-hal yang dianggap penting dan menjawab pertanyaan guru
2
=
siswa mendengarkan penjelasan guru, mencatat hal-hal yang dianggap penting tetapi tidak menjawab pertanyaan guru
1
=
siswa tidak mendengarkan penjelasan guru dan tidak mencatat hal-hal yang penting
Indikator penilaian sikap Bertanya
3
=
siswa mengajukan pertanyaan tentang materi dan permasalahan yang dipelajari lebih dari dua kali dalam satu kali pertemuan
2
=
siswa hanya sekali atau dua kali mengajukan pertanyaan tentang materi dan permasalahan yang dipelajari dalam satu kali pertemuan
1
=
siswa tidak mengajukan pertanyaan
Indikator penilaian sikap Mengerjakan tugas
3
=
siswa ikut mengerjakan semua tugas yang diberikan oleh guru
2
=
siswa ikut mengerjakan sebagian tugas yang diberikan oleh guru
1
=
siswa tidak ikut mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru
Indikator penilaian sikap Bekerjasama
3
=
siswa dapat berinteraksi dengan teman sekelompoknya dan membantu teman kelompok yang kesulitan dalam mengerjakan LKS
2
=
siswa dapat berinteraksi dengan teman tetapi tidak membantu teman kelompok yang kesulitan dalam mengerjakan LKS
1
=
siswa tidak dapat berinteraksi dengan teman sekelompoknya, tetapi hanya sebagai penulis hasil diskusi LKS

Indikator penilaian sikap Toleransi
3
=
siswa mau menerima teman kelompok, menghargai pendapat teman, tidak menunjukkan sikap marah waktu diskusi
2
=
siswa mau menerima teman kelompok, menghargai pendapat teman, tidak menunjukkan sikap marah waktu diskusi
1
=
siswa mau menerima teman kelompok, menghargai pendapat teman, tidak menunjukkan sikap marah waktu diskusi

Kriteria Sikap berdasarkan jumlah skor yang dicapai :
5 – 7      : KURANG
8 – 10    : CUKUP
11 – 13  : BAIK
14 – 15  : SANGAT BAIK



FORMAT PENILAIAN PENGETAHUAN

Mata Pelajaran            : Kesehatan Reproduksi
Materi Pokok              : anatomi fisiologi organ reproduksi
Kelas/Semester            : XI/1
Tahun Pelajaran           : 2014/2015

Bubuhkan tanda (√) pada kolom-kolom sesuai dengan kemampuan kalian!

No
Komponen
Ya
Tidak
1
Apakah kalian mengerti konsep kesehatan reproduksi


2
Apakah kalian mengerti tentang perbedaan pria dan wanita


3
Apakah kalian dapat berkomunikasi menggunakan nama latin dari masing-masing organ?


4
Apakah kalian dapat menentukan letak dan fungsi dari organ reproduksi pria dan wanita?


5
Apakah kalian dapat membedakan pria dan wanita secara spesifik berdasarkan anatomi fisiologi organ reproduksi



Catatan : ………………………………………………………
                 ………………………………………………………
                 ………………………………………………………
                 ………………………………………………………

                                                                              ..............., ……………......



Nama Peserta Didik

..................

No comments: