RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK)
Mata
pelajaran : kesehatan reproduksi
Kelas : XI
Semester : 1 (satu)
Alokasi
Waktu : 1
x pertemuan (2 jam pelajaran @ 45’) Aspek/materi pokok : konsep
kesehatan reproduksi
Kompetensi Inti (KI) :
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaran, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan mintanya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi
Dasar (KD) :
1.1
Memahami tentang kesehatan reproduksi manusia.
2.1
Menjelaskan organ reproduksi wanita secara kompek
mulai dari organ vital wanita, fungsi organ vital sampai pada sistem organ
reproduksi yang normal di alami seorang wanita.
2.2
Menjelaskan tentang perbedaan organ reproduksi wanita
dan pria berdasarkan kodrat secara komplek melalui pengalaman dan pendapat dari
sumber buku ataupun media lain.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.
Mengaplikasikan sikap disiplin dan bertanggung jawab dalam menjaga kesehatan reproduksi.
2.
Memahami dan mengerti tentang pentingnya kesehatan reproduksi.
3.
Membedakan organ reproduksi pria dan wanita secara
anatomi dan fisiologi.
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran peserta
didik diharapkan mampu:
1. menjelaskan tentang kesehatan reproduksi menurut
sumber yang diperoleh dari buku teks maupun dari guru pembimbing.
2. Menyatakan tentang rasa syukur atas perbedaan
yang di miliki oleh pria dan wanita dalam keadaan sempurna.
3. Setelah
membaca materi kesehatan
reproduksi, siswa dapat menjelaskan
pengertian kesehatan reproduksi dengan benar.
4. Setelah
memahami organ reproduksi, siswa dapat menceritakan kembali secara lisan
perbedaan organ reproduksi wanita dan pria secara lengkap.
B.
Materi Ajar
Bahan Ajar kesehatan reproduksi :
1. Pengertian kesehatan reproduksi.
2. Buku tentang kesehatan reproduksi manusia.
Ø Hegner,Barbara.,Caldwell,Ester. Asisten Keperawatan:
Suatu Pendekatan Proses Keperawatan, Edisi 6. Jakarta: EGC
3.
Gambar organ reproduksi.
C.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Strategi : discovery, problem
based learning
Model pembelajaran : Kooperatif
Metode : Penugasan, tanya jawab, diskusi.
D.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1.
Kegiatan Pendahulan (15
menit)
a.
Motivasi
:
·
Berdoa
sebelum mulai pelajaran
· Tanya jawab seputar anatomi organ reproduksi.
b.
Apersepsi
: Tanya jawab tentang perbedaan
organ reproduksi wanita dan pria.
c.
Menginformasikan kompetensi dasar yang
harus dicapai oleh peserta didik.
2.
Kegiatan Inti (30 JP)
Langkah-Langkah
Pembelajaran
a.
Kegiatan Pendahuluan
1. Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2. Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3. Siswa
menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
b.
Kegiatan Inti
1. Guru menulis tema/topik pembahasan
yang akan diajarkan.
2. Siswa memprediksi isi teks secara individu
dari judul yang ditulis guru di papan tulis.
3. Siswa membaca materi kesehatan
reproduksi dari buku teks atau disiapkan oleh guru.
4. Tanya jawab klasikal siswa
menjelaskan pengertian kesehatan reproduksi.
5. Siswa membaca materi unsur dan
konsep kesehatan reproduksi dari buku teks atau disiapkan oleh guru.
6. Tanya jawab klasikal siswa
menyebutkan unsur dan konsep kesehatan reproduksi dari materi yang dibaca.
7. Guru memberikan tugas kepada siswa
untuk mencari bahan rangkuman materi
tentang kesehatan reproduksi dari berbagai sumber.
8. Siswa mengerjakan tugas secara individu
berupa materi ringkasan tentang kesehatan reproduksi dengan merujuk pada
informasi buku siswa dan hasil tanya jawab klasikal.
9. Guru melakukan observasi sikap
santun para siswa pada saat mengerjakan tugas.
10. Siswa menyampaikan hasil tugasnya
dengan mengumpulkan kepada guru secara individu.
c.
Kegiatan Penutup
1. Meminta siswa menyimpulkan apa yang
telah diajarkan.
2. Mengecek pemahaman siswa atas
pencapaian kompetensi secara tertulis
Menugaskan siswa untuk banyak membaca dan mencari
bahan rangkuman materi tentang kesehatan
reproduksi yang berkaitan dengan anatomi fisiologi organ, dan fungsi dari
masing-masing organ.
Tugas individu:
Ø Mencari bahan materi yang
berhubungan dengan kesehatan reproduksi.
E. Penilaian:
1. Penilaian sikap (performance)
2. Penilaian pengetahuan
3. Penilaian diri
Mengetahui
kepala sekolah Guru Mata Pelajaran
(............................) (..................................)
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK)
Mata
pelajaran : kesehatan reproduksi
Kelas : XI
Semester : 1 (satu)
Alokasi
Waktu : 2
x pertemuan (4 jam pelajaran @ 45’) Aspek/materi pokok : anatomi dan fisiologi alat reproduksi
Kompetensi
Inti (KI) :
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaran, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan mintanya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
Kompetensi
Dasar (KD) :
1.1 Memahami tentang anatomi fisologi kesehatan reproduksi manusia.
1.2 menjelaskan pengertian dari alat reproduksi wanita dan pria secara
anatomi dan fisiologi.
1.3 Menjelaskan tentang perbedaan organ reproduksi wanita dan pria
berdasarkan kodrat secara komplek melalui pengalaman dan pendapat dari sumber
buku ataupun media lain.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Membedakan organ reproduksi pria dan wanita secara umum
2. Mengerti tentang pengertian anatomi fisiologi alat reproduksi.
E.
Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran peserta
didik diharapkan mampu:
1. menjelaskan tentang anatomi fisiologi alat
reproduksi menurut sumber yang diperoleh dari buku teks maupun dari guru
pembimbing.
2. Menyatakan tentang rasa syukur atas perbedaan
yang di miliki oleh pria dan wanita dalam keadaan sempurna..
3. Membedakan alat reproduksi wanita dan pria
secara luas, meliputi nama latin,fungsi dan posisi normal.
F.
Materi Ajar
Bahan Ajar kesehatan reproduksi :.
1.
Pengertian tentang anatomi dan fisiologi organ
reproduksi manusia.
Ø Putikah,Titik.,dkk.2013.Anatomi dan Fisiologi untuk
SMK Kesehatan, Jilid 2. Jakarta: EGC
Ø Hegner,Barbara.,Caldwell,Ester. Asisten Keperawatan:
Suatu Pendekatan Proses Keperawatan, Edisi 6. Jakarta: EGC
2.
Gambar organ reproduksi.
G.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Strategi : Penggalian informasi (Project
based learning)
Model pembelajaran : Kooperatif
Metode : Tanya jawab, diskusi, demonstrasi
H.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Pendahulan (15 menit)
a.
Motivasi
:
·
Berdoa
sebelum mulai pelajaran
· Tanya jawab seputar anatomi organ reproduksi.
b.
Apersepsi
: Tanya jawab tentang organ
reproduksi wanita dan pria.
c.
Menginformasikan kompetensi dasar yang harus
dicapai oleh peserta didik.
Kegiatan
Inti (30 JP)
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan awal
· Guru memberi salam dan mengucap basmallah
sebelum memulai pelajaran(berdo’a)
· Guru menunjukkan gambar anatomi organ
reproduksi kepada siswa untuk menanggapi gambar.
·
Guru menunjukkan gambar organ reproduksi sesuai dengan
anatomi dan fisologi reproduksi.
2. Kegiatan inti
· Guru menjelaskan secara singkat materi yang
diajarkan, mengenai organ-organ reproduksi, letak, dan fungsi
masing-masing organ.
·
Guru menjelaskan tentang perbedaan organ reproduksi
pria dan wanita berdasarkan fungsi dan letaknya.
· Siswa mencatat hal-hal penting dari
penjelasan yang di sampaikan.
· Menanyakan hal-hal yang kurang paham
· Guru bertanya kepada siswa tentang pendapat siswa
dari materi yang sudah diajarkan.
· Guru dan siswa atau kelompok, tanya jawab
secara interaktif
· Menulis dan Menyimpulkan
hasil pembelajaran
·
Guru memberikan
tugas individu kepada siswa untuk dikerjakan dan di kumpulkan ke guru
pengajar.
3. Kegiatan akhir
· Guru meminta siswa untuk mempelajari lebih
dalam tentang anatomi organ reproduksi.
· Guru mengucap hamdallah setelah mengakhiri
pelajaran.
· Guru mengucap salam kepada para siswa sebelum
keluar kelas.
Kegiatan Penutup
(30 menit)
a) Setiap siswa melakukan refleksi pembelajaran
Guru dan peserta
didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari.
Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada pembelajaran kesehatan reproduksi kali ini.
b) Guru menyampaikan informasi pembelajaran yang akan di laksanakan pada pertemuan ke 3 yang meliputi pembahasan tugas individu
yang sudah di berikan oleh guru kepada siswa.
E. Penilaian:
1. Penilaian sikap (performance)
2. Penilaian tugas
a.
Teknik : tertulis
b. model instrument :
uraian
Tugas individu :
Jawablah
pertanyaan di bawah ini
1. Jelaskan
istilah dibawah ini
a. Bleeding
b. Obstetric
c. fetus
d. Ginekologi
e.
Konginental
2. Sebutkan
:
a. Tempat
melekatnya janin
b. Tempat
bertemunya sperma dan sel telur
c. Tempat
yang memproduksi sel telur
d. Tempat
pembentukan sperma
e. Saluran
sperma
3. Sebutkan 3 organ reproduksi
interna wanita
4. Sebutkan 3 organ reproduksi
ekterna wanita
5. Sebutkan anatomi organ reproduksi
laki-laki (ekternal)
c. kunci
jawaban dan penskoran
No
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
a. perdarahan
b. ilmu kandungan
c. janin
d. ilmu yang
mempelajari kelainan pada kandungan
e. penyakit bawaan
|
1
1
1
1
1
|
2
|
a.
uterus
b.
tuba fallopi
c.
ovarium
d.
testis
e.
epididimis
|
1
1
1
1
1
|
3
|
Uterus
Serviks
Ovarium
|
1
1
1
|
4
|
Mons
pubis
Labia
mayora/minora
Clitoris
|
1
1
1
|
5
|
Penis
Scrotum
Testis
|
1
1
1
|
Jumlah
|
19
|
|
Skor Total
|
19
|
|
Pertemuan 2
Kegiatan
Pendahulan (15 menit)
·
Berdoa
sebelum mulai pelajaran
· Tanya jawab seputar anatomi organ reproduksi.
· Mengulang kembali materi pertemuan yang awal tentang organ
reproduksi wanita dan pria.
· Menginformasikan
kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik.
Kegiatan
Inti (30 JP)
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan awal
· Guru memberi salam dan mengucap basmallah
sebelum memulai pelajaran(berdo’a)
· Guru menunjukkan gambar anatomi organ
reproduksi kepada siswa untuk menanggapi kembali gambar.
·
Guru menunjukkan gambar organ reproduksi sesuai dengan
anatomi dan fisologi reproduksi.
·
Guru menjelaskan tentang nama latin dari setiap item
gambar.
2. Kegiatan inti
·
Guru membacakan jawaban dari tugas siswa yang sudah di
kumpulkan.
·
Siswa menyimak jawaban dari tugas yang sudah siswa
kerjakan dalam pertemuan ke 1
·
Guru menjelaskan secara singkat materi
yang diajarkan, mengenai organ-organ reproduksi, letak, dan fungsi
masing-masing organ.
·
Guru mengenalkan organ reproduksi wanita dan pria
sesuai dengan nama latinnya.
·
Guru bertanya kepada siswa tentang
pendapat siswa dari materi yang sudah diajarkan.
·
Guru dan siswa atau kelompok, tanya
jawab secara interaktif
·
Siswa Menulis dan Menyimpulkan
hasil pembelajaran dan jawaban yang sudah di benarkan oleh guru.
3. Kegiatan akhir
· Guru
meminta siswa untuk mempelajari lebih dalam tentang anatomi organ reproduksi.
· Guru
mengucap hamdallah setelah mengakhiri pelajaran.
·
Guru mengucap salam kepada para siswa
sebelum keluar kelas.
Kegiatan Penutup
(30 menit)
a) Setiap siswa melakukan refleksi pembelajaran
·
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan dari materi yang dipelajari.
·
Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada pembelajaran kesehatan reproduksi kali ini.
b) Guru menyampaikan informasi pembelajaran yang akan di laksanakan pada pertemuan ke 4 yang meliputi pembahasan tentang masalah
kesehatan reproduksi.
E. Penilaian:
1. Penilaian sikap (performance)
2. Penilaian pengetahuan
3. penilaian diri
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK)
Mata
pelajaran : kesehatan reproduksi
Kelas : XI
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 2 x
pertemuan (4 jam pelajaran @ 45’) Aspek/materi pokok : masalah yang berhubungan dengan kesehatan reproduksi
Kompetensi Inti (KI) :
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaran, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan mintanya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi
Dasar (KD) :
2.1 Menjelaskan organ reproduksi wanita secara kompek mulai dari organ
vital wanita, fungsi organ vital sampai pada sistem organ reproduksi yang
normal di alami seorang wanita.
1. Menjelaskan tentang perbedaan organ reproduksi wanita dan pria
berdasarkan kodrat secara komplek melalui pengalaman dan pendapat dari sumber
buku ataupun media lain.
2. Memahami masalah yang dapat terjadi pada sistem reproduksi
manusia menurut sudut pandang kesehatan, budaya, dan pengalaman pribadi.
3. Menyajikan dampak dari
suatu masalah yang dapat terjadi pada organ reproduksi secara komplit dan
meluas.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Mengaplikasikan
sikap disiplin dan bertanggung jawab dalam menjaga kesehatan reproduksi.
3. Memahami
dan mengerti tentang pentingnya kesehatan reproduksi.
4.
Menanggapi masalah yang dapat muncul sehubungan dengan
kesehatan reproduksi.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah pembelajaran peserta
didik diharapkan mampu:
1. menjelaskan tentang kesehatan reproduksi menurut
sumber yang diperoleh dari buku teks maupun dari guru pembimbing.
2. mengungkapkan pendapat tentang penyakit yang akan di alami jika tidak dapat menjaga kesehatan reproduksi.
3. mengidentifikasi masalah (penyakit) yang akan timbul di saat
kesehatan reproduksi tidak di rawat secara baik dalam lingkup organ vital.
4. merancang metode wawancara kepada masyarakat
tentang pentingnya kesehatan reproduksi.
5. membuat, menguji, dan mempresentasikan hasil karya wawancara yang sudah dilakukan berdasarkan teknik dan prosedur yang tepat dengan
disiplin, jujur dan bertanggung jawab.
5.
Materi Ajar
Bahan Ajar kesehatan reproduksi :.
Gambar penyakit yang terdapat di organ reproduksi
manusia.
Ø Buku Kapita Selekta”Penyakit Organ Reproduksi” untuk SMK
Kesehatan, Jilid 2. Jakarta: EGC.
Alat/media
: gambar organ reproduksi pria dan wanita, LCD, laptop.
6.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Strategi : Penggalian informasi (Project
based learning)
Model pembelajaran : Kooperatif
Metode : Penugasan, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, proyek.
7.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
3.
Kegiatan Pendahulan (15
menit)
a.
Motivasi
:
·
Berdoa
sebelum mulai pelajaran
· Tanya jawab seputar penyakit dalam secara umum yang berkaitan dengan organ reproduksi.
b.
Apersepsi
: Tanya jawab tentang masalah
yang bisa timbul di sekitar organ reproduksi wanita dan pria.
c.
Menginformasikan kompetensi dasar yang
harus dicapai oleh peserta didik.
4.
Kegiatan Inti (30 JP)
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Persiapan
1.
Menentukan projek
· Peserta didik melihat gambar organ reproduksi yang dilanjutkan
dengan komentar dan tanya jawab.
·
Peserta didik dibagi dalam kelompok
kecil terdiri dari 4-5 orang dengan diberikan tugas proyek “
·
Peserta didik bersama dengan kelompoknya
menentukan tema/topik dengan cara menentukan satu
jenis masalah yang muncul berkaitan dengan organ reproduksi sebagai
bahan untuk menyelesaikan tugas proyek tentang
pencegahan terjadinya masalah yang dapat menyerang organ reproduksi.
·
Menyusun kebutuhan
bahan dan alat
yang digunakan sebagai sumber referensi dalam
menyelesaikan tugas projek.
2. Merancang langkah-langkah penyelesaian projek
· Peserta
didik (secara berkelompok) menentukan organ reproduksi
(pria/wanita) yang akan di teliti.
· Peserta
didik mendiskusikan ciri-ciri dari satu jenis penyakit yang terdapat di
dalam organ reproduksi.
· Peserta
didik (secara berkelompok) membagi tugas masing-masing
anggota kelompok..
3.
Menyusun jadwal
pelaksanaan projek
·
Peserta didik (secara berkelompok) berdiskusi
menentukan jadwal kegiatan projek sesuai dengan target waktu yang telah
disampaikan oleh guru.
3. Kegiatan
Penutup (30 menit)
a) Setiap siswa melakukan refleksi pembelajaran
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari.
Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta
didik pada
pembelajaran kesehatan reproduksi kali ini.
b)
Guru menyampaikan informasi penegasan tentang ulasan materi yang
berkaitan dengan masalah yang sering di alami oleh seorang wanita secara umum.
c)
guru menyampaikan tugas kelompok akan di bahas pada pertemuan berikutya dengan
teknik penyampaian secara presentasi, kelompok yang lain mengamati.
E. Penilaian:
1. Penilaian sikap (performance)
2. Penilaian diri
Pertemuan 2
Kegiatan
Pendahulan (15 menit)
·
Berdoa
sebelum mulai pelajaran
· Tanya jawab seputar anatomi organ reproduksi.
· Mengulang kembali materi pertemuan yang awal tentang masalah
yang kemungkinan muncul di daerah organ reproduksi.
· Menginformasikan
kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik.
Kegiatan
Inti (30 JP)
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan awal
· Guru memberi salam dan mengucap basmallah
sebelum memulai pelajaran(berdo’a)
· Guru menunjukkan gambar anatomi organ
reproduksi kepada siswa untuk menanggapi kembali gambar.
·
Guru menunjukkan gambar organ reproduksi
·
Guru menunjuk salah satu siswa untuk presentasikan
hasil tugasnya di depan kelas.
2. Kegiatan inti
·
Guru menyediakan waktu dan tempat untuk siswa yang
akan presentasi tentang masalah yang bisa muncul di daerah reproduksi.
·
Siswa yang lain menyimak penjelasan yang di sampaikan
oleh siswa yang berdiri di depan kelas.
·
Siswa Menulis dan Menyimpulkan
hasil presentasi dari temannya.
·
Guru memperjelas pendalaman info tntang
masalah-masalah yang bisa ada di daerah reproduksi seperti penyakit yang di
alami oleh pria dan wanita.
3. Kegiatan akhir
· Guru
meminta siswa untuk mempelajari dan memahami,
dan menghafal organ reproduksi.
· Guru
mengucap hamdallah setelah mengakhiri pelajaran.
·
Guru mengucap salam kepada para siswa
sebelum keluar kelas.
Kegiatan Penutup
(30 menit)
Setiap siswa melakukan refleksi pembelajaran
·
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan dari materi yang dipelajari.
·
Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada pembelajaran kesehatan reproduksi kali ini.
E. Penilaian:
1. Penilaian sikap (performance)
2. Penilaian pengetahuan
3. penilaian diri
Mengetahui
kepala sekolah Guru Mata Pelajaran
(Fina Inayawati,
S.Pd I)
(Kurnia Meila S.Amd,Keb)
|
FORMAT
PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran : Kesehatan Reproduksi
Materi Pokok :
anatomi fisiologi organ reproduksi
Kelas/Semester : XI/1
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Waktu Pengamatan :
Bubuhkan
tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan dengan melihat
rubrik penskoran
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
Jumlah SKor
|
||||||||||||||
Perhatian
Terhadap Pelajaran
|
Bertanya
|
Mengerjakan
Tugas
|
Bekerjasama
|
Toleransi
|
|||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1
|
|||||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||||
3
|
|||||||||||||||||
4
|
Rubrik Penskoran:
Indikator
penilaian sikap Perhatian terhadap pelajaran
3
|
=
|
siswa mendengarkan penjelasan
guru, mencatat hal-hal yang dianggap penting dan menjawab pertanyaan guru
|
2
|
=
|
siswa mendengarkan penjelasan
guru, mencatat hal-hal yang dianggap penting tetapi tidak menjawab pertanyaan
guru
|
1
|
=
|
siswa tidak mendengarkan
penjelasan guru dan tidak mencatat hal-hal yang penting
|
Indikator
penilaian sikap Bertanya
3
|
=
|
siswa mengajukan pertanyaan
tentang materi dan permasalahan yang dipelajari lebih dari dua kali dalam
satu kali pertemuan
|
2
|
=
|
siswa hanya sekali atau dua
kali mengajukan pertanyaan tentang materi dan permasalahan yang dipelajari
dalam satu kali pertemuan
|
1
|
=
|
siswa tidak mengajukan
pertanyaan
|
Indikator
penilaian sikap Mengerjakan tugas
3
|
=
|
siswa ikut mengerjakan semua
tugas yang diberikan oleh guru
|
2
|
=
|
siswa ikut mengerjakan sebagian
tugas yang diberikan oleh guru
|
1
|
=
|
siswa tidak ikut mengerjakan
tugas yang diberikan oleh guru
|
Indikator
penilaian sikap Bekerjasama
3
|
=
|
siswa dapat berinteraksi dengan
teman sekelompoknya dan membantu teman kelompok yang kesulitan dalam mengerjakan
LKS
|
2
|
=
|
siswa dapat berinteraksi dengan
teman tetapi tidak membantu teman kelompok yang kesulitan dalam mengerjakan
LKS
|
1
|
=
|
siswa tidak dapat berinteraksi
dengan teman sekelompoknya, tetapi hanya sebagai penulis hasil diskusi LKS
|
Indikator penilaian
sikap Toleransi
3
|
=
|
siswa mau menerima teman
kelompok, menghargai pendapat teman, tidak menunjukkan sikap marah waktu
diskusi
|
2
|
=
|
siswa mau menerima teman
kelompok, menghargai pendapat teman, tidak menunjukkan sikap marah waktu
diskusi
|
1
|
=
|
siswa mau menerima teman
kelompok, menghargai pendapat teman, tidak menunjukkan sikap marah waktu
diskusi
|
Kriteria Sikap berdasarkan jumlah skor yang dicapai :
5
– 7 : KURANG
8
– 10 : CUKUP
11
– 13 :
BAIK
14
– 15 : SANGAT BAIK
FORMAT PENILAIAN PENGETAHUAN
Mata Pelajaran : Kesehatan Reproduksi
Materi Pokok :
anatomi fisiologi organ reproduksi
Kelas/Semester : XI/1
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Bubuhkan
tanda (√) pada kolom-kolom sesuai dengan kemampuan kalian!
No
|
Komponen
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Apakah kalian mengerti konsep kesehatan reproduksi
|
||
2
|
Apakah kalian mengerti tentang perbedaan pria dan
wanita
|
||
3
|
Apakah kalian dapat berkomunikasi menggunakan nama
latin dari masing-masing organ?
|
||
4
|
Apakah kalian dapat menentukan letak dan fungsi dari
organ reproduksi pria dan wanita?
|
||
5
|
Apakah kalian dapat membedakan pria dan wanita
secara spesifik berdasarkan anatomi fisiologi organ reproduksi
|
Catatan :
………………………………………………………
………………………………………………………
………………………………………………………
………………………………………………………
...............,
……………......
Nama Peserta Didik
..................
No comments:
Post a Comment