rpp smk pkn Makna pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP

Mata Pelajaran        : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester       : X/Satu       
Kelompok Mapel      : Wajib Kelompok A
MateriPokok           : Makna pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam
                               Pembukaan UUD NRI  Tahun 1945                                
AlokasiWaktu          : 4 X 45 Menit (2 x 2 JP)

A  KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.  KOMPETENSI DASAR
1.2   Memahami pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
1.2  Menyaji hasil telaah pokok-pokok pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar  
 Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

C.    INDIKATOR
1.    Menjelaskan Pokok-pokok pikiran yang terkandung dari alinea satu sampai alinea keempat dan  pasal-pasalnya
2.    Menjelaskan tentang bentuk negara UUD NRI tahun 1945
3.    menjelaskam bentuk pemerintahan yang sesuai dengan UUD NRI tahun 1945
4.    menuliskanMakna  pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan dan pasal-pasal UUD NRI Tahun 1945
5.    Mengolah data untuk mencari hubungan makna pokok pikiran yang terkandung dari alinea satu sampai alinea keempat dan keterkaitan pasal-pasal UUD NRI Tahun 1945
6.    Menyajikan laporan mengenai hubungan makna pokok pikiran yang terkandung dari alinea satu sampai alinea keempat dan keterkaitan pasal-pasal UUD NRI Tahun 1945

D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.  Melalui studi pustaka siswa dapat menjelaskan Pokok-pokok pikiran yang  
           terkandung dari alinea satu sampai alinea keempat dan  pasal-pasalnya  
           dengan benar
1.   Setelah menerima penjelasan dari guru siswa dapat menjelaskan tentang bentuk negara UUD NRI tahun 1945 dengan benar
2.   Setelah menerima penjelasan dari guru siswa dapat menjelaskan bentuk pemerintah
    an yang sesuai dengan UUD NRI tahun 1945
3.   Melalui tanya jawab siswa dapat menuliskan makna  pokok-pokok pikiran yang
     terkandung dalam Pembukaan dan pasal-pasal UUD NRI Tahun 1945 dengan   
     benar
4.   Melalui diskusi siswa dapat mengolah data untuk mencari hubungan makna pokok pikiran yang terkandung dari alinea satu sampai alinea keempat dan keterkaitan pasal-pasal UUD NRI Tahun 1945
5.   Melalui diskusi siswa dapat menyajikan laporan mengenai hubungan makna pokok pikiran yang terkandung dari alinea satu sampai alinea keempat dan keterkaitan pasal-pasal UUD NRI Tahun 1945

E  MATERI PEMBELAJARAN
Fakta
·    Naskah Pembukaan UUD NRI 1945
·    Proklamasi

Konsep 
·    Pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan UUD NRI Tahun 1945
·    Makna  Pembukaan UUD NRI 1945

Prinsip
·    Kedudukan pembukaan UUD NRI Tahun 1945
·    Isi Pembukaan UUD NKRI 45

F  METODE PEMBELAJARAN
1.    Strategi                        : PBL
2.    Pendekatan                  : Saintifik
3.    Metode             :
·  Pengamatan
·  Dikusi kelompok
·  Presentasi
·  Penugasan

G  ALAT/MEDIA/BAHAN
1.    Alat                  : LCD proyektor, Jaringan Internet, dan computer.
2.    Media                :
3.     Bahan ajar        : Buku PPKn kelas X, UUD NRI tahun 1945,

H  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan pertama
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Mengucap salam
·         Meminta ketua kelas untuk memimpin doa
·         Mengabsen siswa
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Melaksanakan pretes lisan tentang  proklamasi dan pembukaan UUD
10 menit
Kegiatan Inti:
Mengamati
·      Menyimak makna  pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan dan pasal-pasal UUD NRI Tahun 1945
Menanya
·      Menanyakan makna pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan dan pasal-pasal UUD NRI Tahun 1945

Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan
·     Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang makna pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945

Mengasosiasikan
·     Mencari hubungan makna pokok pikiran yang  terkandung dari  alinea satu sampai empat dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dan keterkaitan pasal-pasalnya
Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan makna pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dan keterkaitan dengan pasal-pasalnya

70 menit
Penutup
1.    Guru bersama  Peserta didik  menyimpulkan tentang makna pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945 dan proklamasi 17 Agustus 1945
2.    Guru memberikan tugas pada peserta didik untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang hubungan antara Pembukaan UUD 45 dan proklamasi
3.    Melaksanakan pos tes lisan

10 menit

Pertemuan Kedua
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
1.    Mengucap salam
2.    Meminta kepada ketua kelas untuk memimpin doa
3.    Merefleksi pembahasan mengenai Pembukaan UUD 45 dan Proklamasi 17 Agustus 1945
4.    Menagih dan mengingatkan tugas minggu sebelumnya untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang pembukaan dan proklamasi
5.    Menyampaikan tujuan pembelajaran
6.    Melaksanakan pretes lisan tentang upaya peenegakan HAM
10 menit
KegiatanInti
Mengamati
·      Menyimak makna  pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan dan pasal-pasal UUD NRI Tahun 1945
·      Mencermati hubungan pembukaan UUD 45 dengan Proklamasi 17 Agustus 1945

Menanya
·      Menanyakan makna pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan dan pasal-pasal UUD NRI Tahun 1945
·      Menanyakan hubungan antara pembukaan UUD 45 dengan proklamasi
17 Agustus 1945

Mengeksperimenkan/mengeksplorasi-kan
·     Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang makna pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945

Mengasosiasikan
·     Mencari hubungan makna pokok pikiran yang  terkandung dari  alinea satu sampai empat dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dan keterkaitan pasal-pasalnya

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan makna pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dan keterkaitan dengan pasal-pasalnya

20 menit
Penutup
1.    Bersama  Peserta didik  menyimpulkan upaya-upaya penegakan  HAM yang dilakukan oleh Komnas HAM
2.    Memberikan tugas menuliskan kembali hasil pengolahan data mengenai upaya-upaya yag dilakukan dalam pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM di wilayahnya serta hambatan apa saja yang ditemukan
3.    Melaksanakan  tes (Ulangan Harian 2)
60 menit

I   PENILAIAN

1.    Tugas
a.    Menjelaskan Pokok-pokok pikiran yang terkandung dari alinea satu sampai alinea keempat dan  pasal-pasalnya
 b.  Menjelaskan tentang bentuk negara UUD NRI tahun 1945
b.    menjelaskam bentuk pemerintahan yang sesuai dengan UUD NRI tahun 1945
c.     menuliskanMakna  pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan dan pasal-pasal UUD NRI Tahun 1945
d.    Mengolah data untuk mencari hubungan makna pokok pikiran yang terkandung dari alinea satu sampai alinea keempat dan keterkaitan pasal-pasal UUD NRI Tahun 1945
e.    Menyajikan laporan mengenai hubungan makna pokok pikiran yang terkandung dari alinea satu sampai alinea keempat dan keterkaitan pasal-pasal UUD NRI Tahun 1945

2   Observasi
Menilai kegiatan pengamatan saat diskusi dan presentasi hasil pengamatan tentang makna pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam  pembukaan UUD NKRI 1945.
 3   Portofolio,
   Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun
   kelompok tentang makna pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan UUD  
   NKRI 45.
4.  Tes
   Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang makna pokok 
   pikiran yang terkandung dalam pembukaan UUD NKRI 45. 


Sumber/Referensi;

Buku Pegangan Kurikulum 2013
Buku PPKn kelas X
UUD NRI Tahun 1945







Jember , 4-Agustus-2014
Mengetahui
KepalaSMK PGRI 05 Jember                                                  Guru Mata PPKn




()                                              ()
                                               
CatatanKepalaSekolah
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



























Pembentukan sikap
Berilah tanda Centang  pada kotak  yang anda anggap sesuai

No
Indikator sikap
Ya
Tidak
1.
Saya melakukan observasi secara serius


2.
Saya menyelesaikan semua tugas tepat waktu yang dibagi oleh kelompok


3.
Saya menyelesaikan tugas menulis hasil observasi sampai selesai dan bersama kelompok menganalisis hasil pengamatan


4.
Saya mendapatkan data pbsrvasi tanpa menyontek data teman


5.
Saya menyusun laporan sesuai data hasil observasi tanpa mengubah data


6.
Saya membuat laporan dengan pilihan kata dan kalimat yang saya susun sendiri




























LembarTes Unjuk Kerja
PENILAIAN PRESENTASI
(hasil pengumpulan data/laporan penelitian/dll)
Tanggal /bulan/tahun:....................................................................................
Nama/kelompok       : ........................................................................
Kelas/Smt                :  .......................................................................
Mata Pelajaran         : .........................................................................
Judul Presentasi       :    ……………………………………………………………
          No
Aspek Penilaian
Bobot
Skor
Nilai
1
KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN GAGASAN
a.  Ide pokok laporan
b.  Keruntutan berpikir dari latar belakang, masalah, tujuan, hasil, dan kesimpulan.
c.  Penggunaan Bahasa Indonesia.
15%


2
KEMAMPUAN MENJELASKAN ISI PRESENTASI
a.  Kelancaran penyampaian gagasan
b.  Kejelasan metode dan prosedur kerja
15%


3
KEMAMPUAN MENUNJUKKAN ORISINALITAS
a.  Bukti empirik atas argumen
b.  Konsistensi argumentasi
15%


4
KEMAMPUAN MENJELASKAN INOVASI DAN MANFAAT
a.   Sifat kebaruan hasil karya
b.   Kesesuaian antara materi penulisan dengan penugasan dari guru
15%


5
KEMAMPUAN MEMPERTAHANKAN KONSEP DALAM MENJAWAB PERTANYAAN
20%



a.   Kemampuan berargumentasi, ketangguhan dan konsistensi, berkomunikasi lisan
b.   Keruntutan dalam penalaran
c.   Ketepatan dalam menjawab pertanyaan
d.   Akurasi uraian materi dengan kesimpulan



6
KEMAMPUAN MENJELASKAN HASIL
15%



a.  Originalitas atas keaslian karya
b.  Keefektifan atau pencapaian tujuan/prestasi
c.  Dampak atau manfaatnya



7
SIKAP DALAM PRESENTASI
5%



a.   Kerapihan
b.   Kesopanan



      Catatan : Skor 1-5 (1. Sangat Kurang, 2. Kurang, 3. Cukup, 4. Baik, 5. Sangat Baik)
              Nilai = bobot x skor









No comments: