RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMK ……………………..
Kelas/Semester : X/ Satu
Mata Pelajaran : Pengantar Ekonomi Bisnis
Materi :
Menganalisis Masalah Pokok Ekonomi
dan Alternatif Pemecahannya Melalui
Sistem Ekonomi
Alokasi Waktu : 2x Pertemuan @ 45 menit
A. Kompetensi
Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati,
bertanggung- jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan)
sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan aktivitas sehari-hari
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaran, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan
bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1
|
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai
dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
|
2.1
|
Menghargai kerja individu dan kelompok sebagai
wujud implementasi dalam melaksanakan aktivitas ekonomi dan bisnis
|
3.1
|
Memahami
masalah pokok ekonomi, melalui lisan maupun tulisan.
1. Menjelaskan pengertian kelangkaan
2. Menyebutkan
masalah
pokok ekonomi
3. Menjelaskan cara pemecahan
masalah ekonomi
|
4.1
|
Mengevaluasi masalah ekonomi yang terdapat di lingkungan dan menentukan
upaya pemecahannya.
1.
Mengartikan
pengertian kelangkaan .
2.
Menemukan faktor- faktor kelangkaan sumber daya ekonomi
3.
Menemukan cara
pemecahan masalah ekonomi.
4.
Mengevaluasi
masalah ekonomi di lingkungan sekitar secara tertulis.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Selama dan setelah proses
pembelajaran, siswa dapat mensyukuri
anugerah Tuhan dalam penghematan sumberdaya alam untuk mengurangi kelangkaan
supaya bisa meminimalisir masalah ekonomi `dan menggunakannnya sesuai dengan
kaidah dan konteks guna kesejahteraan bersama.
2. Selama dan setelah proses
pembelajaran, siswa memiliki dan menunjukkan sikap tanggung jawab,
peduli,dan responsif dalam menghemat
sumberdaya alam mengenai permasalahan sosial,
lingkungan, dan kebijakan publik.
3. Setelah
membaca materi masalah
ekonomi dan cara pemecahan masalah ekonomi ,siswa dapat menjelaskan
pengertian
kelangkaan ekonomi dengan benar.
4. Setelah tanya
jawab klasikal, siswa dapat menyebutkan macam- macam
masalah ekonomi dengan benar.
5. Melalui diskusi, siswa dapat mengemukakan
permasalahan ekonomi anekdot.
6. Setelah mendiskusikannya, siswa dapat menjelaskan
berbagai macam masalah ekonomi dan cara pemecahan masalah ekonomi dengan
benar.
7. Melalui
diskusi, siswa dapat menelaah masalah
ekonomi di lingkungan sekitar dengan benar.
8. Setelah
memahami macam- macam masalah ekonomi dan
cara pemecahan masalah ekonomi, siswa dapat menceritakan kembali secara lisan.
D. Materi
Pembelajaran
1. Pengertian kelangkaan sumber daya ekonomi .
Kelangkaan
adalah
kondisi dimana kita tidak mempunyai cukup sumber daya untuk
memuaskan semua kebutuhan kita.
2. Faktor- faktor kelangkaan sumber
daya ekonomi.
a. Keterbatasan
sumber daya
b. Perbedaan
letak geografis
c. Pertambahan
jumlah penduduk
d. Keterbatasan
kemampuan produksi
e. Bencana
alam
3. Macam- macam masalah ekonomi.
a. Apa dan
berapa jumlah barang yang diproduksi.
b. Bagaimana
barang tersebut diproduksi
c. Untuk
siapa barang tersebut diproduksi
4. Cara pemecahan masalah ekonomi
a.
Sistem Ekonomi Tradisional.
b.
Sistem Ekonomi Terpusat
c.
Sistem Ekonomi Pasar
E. Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan :
Saintifik
2.
Metode : discovery, problem
based learning.
3. Model :
think pair and share
F.
Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
Media : hand out
Alat
:white board
sumber pembelajaran : buku pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis.
G. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pertemuan Ke-1
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Seorang siswa
memimpin berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
2.
Mengkondisikan fisik
dan psikis siswa
3.
Menyampaikan
apersepsi dan motivasi dengan mengajukan pertanyaan “Apakah yang dimaksud
kelangkaan?”
4.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran
5.
Menyepakati kegiatan
yang akan dilakukan
|
10 mnt
|
Kegiatan Inti
|
1.
Siswa mengamati
gambar tentang faktor-faktor kelangkaan sumber daya ekonomi yang di bagikan
guru.
2.
Siswa di bagi menjadi
7 kelompok, tiap kelompok beranggotakan 4-5 siswa, tiap kelompok diberikan
topik yang berbeda-beda sesuai dengan faktor-faktor sumber daya ekonomi,
masalah ekonomi.
3.
Selama proses diskusi
guru melakukan pengamatan terhadap sikap siswa.
4.
Masing – masing
kelompok mempresentaasikan hasil diskusi mereka, guru memberikan kesempatan
kepada kelompok yang lain untuk mengajukan pertanyaan maupun tanggapan.
5. Berdasarkan
hasil presentasi kelompok, guru meminta beberapa kelompok untuk menyampaikan
pendapat mereka tentang pengertian, faktor-faktor kelangkaan sumber daya
ekonomi, macam masalah ekonomi dan sistem ekonomi yang mereka atau kelompok lain presentasikan
|
70 mnt
10 menit
20 menit
40 Menit
|
Penutup
|
1.
Guru bersama siswa
menyampaikan kesimpulan
2.
Guru melakukan
refleksi dengan mereview gambar hand out.
3.
Guru memberikan
informasi tugas yaitu mencari contoh perusahaan berdasarkan pengertian
kelngkaan sumber daya ekonomi, faktor-faktor kelangkaan sumber daya ekonomi
yang ada di sekitar/lingkungan rumah siswa
4.
Salah seorang siswa
memimpin berdoa untuk mengakhiri pembelajaran menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar.
|
10 mnt
|
2.
Pertemuan Ke-2
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Seorang siswa
memimpin berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
2.
Mengkondisikan fisik
dan psikis siswa
3.
Guru melakukan tanya
jawab dengan siswa tentang materi pada pertemuan pada minggu sebelumnya
4.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran
5.
Menyepakati kegiatan
yang akan dilakukan
|
10 mnt
|
Kegiatan Inti
|
1. Siswa
di bagi menjadi 7 kelompok, tiap kelompok beranggotakan 4-5 siswa, tiap
kelompok diberikan beberapa contoh perusahaan yang ada di sekitar sekolah
untuk mengidentifikasi masalah ekonomi
dan cara pemecahan masalah ekonomi.
2. Selama
proses diskusi guru melakukan pengamatan terhadap sikap siswa.
3. Masing
– masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka, guru memberikan
kesempatan kepada kelompok yang lain untuk mengajukan pertanyaan maupun
tanggapan.
4. Berdasarkan
hasil presentasi kelompok, guru meminta beberapa kelompok untuk menyampaikan
pendapat mereka tentang perbedaan tiap jenis dan bentuk badan usaha yang
mereka atau kelompok lain
presentasikan
|
70 mnt
10 menit
20 menit
40 Menit
|
Penutup
|
1.
Guru bersama siswa
menyampaikan kesimpulan
2.
Guru melakukan
refleksi dengan mereview hasil diskusi siswa melalui gambar
3.
Salah seorang siswa
memimpin berdoa untuk mengakhiri pembelajaran menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar.
|
10 mnt
|
H. Penilaian
1. Penilaian Pengetahuan
1.1 Bentuk :
Soal tes tulis uraian non objektif
Soal
1) Jelaskan pengertian kelangkaan sumber daya ekonomi !
2) Sebutkan faktor- faktor penyebab
kelangkaan sumber daya ekonomi!
3) Sebutkan macam- macam masalah ekonomi !
1.2 Bentuk :
Tugas pekerjaan rumah yang diberikan pada pertemuan kedua
2. Penilaian
Keterampilan
Bentuk :
Penilaian portofolio hasil mengerjakan lembar kerja pada
pertemuan
pertama dan kedua
3. Penilaian Sikap
Bentuk : Pengamatan/observasi sikap santun selama pembelajaran
Nama Siswa :
Kelas :
X.1
Tanggal observasi :
Materi Pokok : Menganalisis
Masalah Pokok Ekonomi dan Alternatif pemecahan Masalah Melalui Berbagai Sistem Ekonomi
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Menghormati orang yang lebih tua, dan temannya
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan terima kasih setelah
menerima bantuan orang lain.
|
|
|
|
|
3
|
Menggunakan
bahasa santun saat menyampaikan pendapat dalam
diskusi.
|
|
|
|
|
4
|
Menggunakan
bahasa santun saat mengkritik pendapat teman
|
|
|
|
|
5
|
Bersikap 3 S (salam, senyum, sapa) saat berbicara
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
I.
Pedoman Penilaian/Petunjuk Penskoran
1. Tes Tulis Uraian
No
soal
|
Kunci jawaban
|
Penskoran
|
Bobot
|
1
|
Kelangkaan adalah kondisi dimana kita tidak mempunyai cukup sumber
daya untuk memuaskan semua kebutuhan kita .
(ada 6 kata kunci)
|
Setiap kata kunci dijawab benar skornya 1. Jadi
skor maksimal adalah 6
|
25
|
2
|
2
Faktor-
faktor kelangkaan sumber daya ekonomi.
a)
Keterbatasan
sumber daya
b)
Perbedaan letak
geografis
c)
Pertambahan
jumlah penduduk
d)
Keterbatasan
kemampuan produksi
e)
Bencana alam
|
Setiap dijawab benar skornya 1. Jadi skor maksimal
adalah 5
|
25
|
3
|
Macam-
macam masalah ekonomi.
a.
Apa dan berapa
jumlah barang yang diproduksi.
b. Bagaimana barang tersebut diproduksi
c.
Untuk siapa
barang tersebut diproduksi.
|
Setiap dijawab benar skornya 1. Jadi skor maksimal
adalah 3
|
25
|
|
|
|
|
Nilai akhir tiap nomor dihitung dari
jumlah skor yang dicapai tiap soal dibagi bobot dikalikan 100. Hasil
penilaian akhir tiap soal dijumlahkan
untuk menentukan nilai hasil ulangan.
2.
Tugas Pekerjaan
rumah
No
|
Unsur
|
Kunci jawaban
|
Penskoran
|
Bobot
|
1
|
sistem ekonomi
tradisonal
|
|
|
25
|
2
|
Sistem ekonomi
terpusat
|
|
|
25
|
3
|
Sistem ekonomi
pasar
|
|
|
25
|
|
|
|
|
Nilai akhir tiap nomor dihitung dari
jumlah skor yang dicapai tiap unsur dibagi bobot dikalikan 100. Hasil
penilaian akhir tiap unsur dijumlahkan
untuk menentukan nilai hasil tugas pekerjaan rumah.
3.
Portofolio
pertemuan pertama
No
|
Aspek
|
Kunci jawaban
|
Penskoran
|
Bobot
|
|
1
|
Sistem ekonomi
1. sistem ekonomi
tradisional
|
Sistem
perekonomian yang dilakukan secara gotong royong dan bersifat kekeluargaan
dan masih menggunakan alat bersama
|
Setiap dijawab benar skornya 10
|
10
|
|
2.sistem ekonomi
terpusat
|
Disebut juga
sistem ekonomi sosialis Suatu sistem ekonomi yang seluruh sumber daya dan
pengolahannya direncanakan dan dikendalikan oleh pemerintah
|
Setiap dijawab
benar skornya10
|
10
|
||
3.sistem ekonomi bebas
|
Sistem ekonomi
dimana pengelolaan ekonomi diatur oleh kekuatan pasar
(permintaan/penawaran)
|
Setiap dijawab benar skornya 10
|
10
|
||
|
|
Total bobot
|
30
|
||
|
|
|
|
|
|
2
|
Faktor-faktor kelangkaan sumber daya ekonomi.
|
(Tidak bisa
dicontohka di sini karena tergantung kreativitas jawaban masing- masing kelmpok yang digunakan
di kels.)
|
|
|
|
|
|
|
|
||
1.keterbatasan
sumber daya
|
|
|
5
|
||
2.perbedaan letak
geografis
|
|
|
5
|
||
3.pertambahan
jumlah penduduk
|
|
|
5
|
||
4.keterbatan
kemampuan produksi
|
|
|
5
|
||
5.bencana alam
|
|
|
5
|
||
|
|
|
Total bobot
|
50
|
Nilai akhir tiap nomor dihitung dari
jumlah skor yang dicapai tiap aspek dibagi bobot dikalikan 100. Hasil
penilaian akhir tiap aspek dijumlahkan
untuk menentukan nilai hasil portofolio.
4.
Petunjuk Penskoran Penilaian Sikap
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus
:
Contoh :
Skor diperoleh 14, skor maksimal
4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
Sesuai
Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai adalah :
Sangat Baik : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup : apabila memperoleh
skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang : apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,33
…………, ……
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis
……………………… ........................
No comments:
Post a Comment