rpp pkn smk sistem hukum NKRI kelas 1/2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP

Mata Pelajaran        : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester       : X/Dua        
Kelompok Mapel      : Wajib Kelompok A
MateriPokok           : Sistem Hukum dalam NKRI
AlokasiWaktu          : 4 X 45 Menit (2 x 2 JP)

A  KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.  KOMPETENSI DASAR
1.5    Memahami sistem hukum dan peradilan nasional dalam lingkup NKRI.
1.5   Menyaji hasil telaah sistem hukum dan peradilan nasional dalam lingkup   
  NKRI
.
C   INDIKATOR
1.    Menjelaskan tentang pengertian,  hukum
2.    Mennjelaskan tujuan hukum
3.    Membedakan macam-macam penggolongan hukum
4.    menjelaskan sumber hukum
5.    Menguraikan tentang tata urutan peraturan hukum di Indonesia
6.    Menyusun data tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan, dan sumber hukum serta tata urutan peraturan hukum di Indonesia
7.    Mengolah data tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan, dan sumber hukum serta tata urutan peraturan hukum di Indonesia
8.    Menyajikan tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan, dan sumber hukum serta tata urutan peraturan hukum di Indonesia

D   TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Melalui penjelasan dari guru siswa dapat menjelaskan pengertian hukum dengan benar
2.    Dengan membaca buku sumber siswa dapat  menjalaskan tujuan hukum dengan benar
3.    Dengan belajar kelompok  siswa dapat membedakan  macam-macam penggolongan hukum
4.    Dengan membaca buku sumber siswa dapat menjelaskan sumber-sumber hukum dengan benar
5.    Melalui tanya jawab siswa dapat Menguraikan tentang tata urutan peraturan hukum di Indonesia dengan benar
6.    Melalui kerja kelompok siswa dapat menyusun data tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan, dan sumber hukum serta tata urutan peraturan hukum di Indonesia
7.    Melalui diskusi kelompok siswa dapat mengolah data tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan, dan sumber hukum serta tata urutan peraturan hukum di Indonesia
8.    Melalui diskusi kelas siswa dapat menyajikan tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan, dan sumber hukum serta tata urutan peraturan hukum di Indonesia

E   MATERI PEMBELAJARAN

 Fakta
·    lembaga-lembaga peradilan

 Konsep
·    Pengertian hukum
·    Tujuan hukum
·    Macam-macam penggolongan hukum
·    Sumber hukum

Prinsip
·    UU No. 12 Tahun 2011
·    KUHP

 Prosedural
·    Tata peraturan hukum di Indonesia

F  METODE PEMBELAJARAN
1.    Strategi                 : PBL
2.    Pendekatan           : Saintifik
3.    Metode                  :
·  Pengamatan
·  Dikusi kelompok
·  Presentasi
·  Penugasan

G  ALAT/MEDIA/BAHAN
1.    Alat                  : LCD proyektor, Jaringan Internet, dan computer.
2.    Media                : Video pembelajaran tindak pelanggaran dan kejahatan
3.    Bahan ajar         : Buku PPKn kelas X, UUD NRI tahun 1945, Kesadaran 
                        berkonstitusi, KUHP

H  KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Mengucap salam
·         Berdoa
·         Bertanya pada  Peserta didik  tentang tugas untuk mencari vidio tentang pelanggaran dalam menjalankan roda pemerintahan
·         Bertanya pada  Peserta didik  tentang kesiapan menerima pelajaran
·         Mengabsen siswa
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Melaksanakan pretes lisan tentang  hukum .
-       Apa yang kamu ketahui tentang sistem?
-       Apa yang kamu ketahui tentang sistem hukum?
-       Apa yang kamu ketahui tentang sistem hukum Indonesia?
-       Apa yang kamu ketahui tentang penggolongan hukum?
15 menit
Kegiatan Inti:

Mengamati
·       Membaca  buku teks tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan hukum di Indonesia
·       Menganalisa bagaimana sistem hukum di Indonesia

Menanya
·       Menanyakan tentang pengertian hukum
·       Menanyakan tujuan memahami tata hukum
·       Menanyakan unsur-unsur apa saja yang terdapat dalam hukum
·       Menanyakan  macam-macam penggolongan hukum di Indonesia
·       Mempertanyakan tujuan memahami tata hokum
·       Mempertanyakan apa saja ciri-ciri hukum.

Mengumpulkan data
·       Menumpulkan data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang tata hukum di Indonesia
·       Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan hukum di Indonesia.
·       Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang unsur dan ciri-ciri hukum

Mengasosiasikan
·       Menelaah manfaat mempelajari tata hokum Indonesia
·       Mengidentifikasi unsur-unsur yang terdapat dalam hukum
·       Mengkaji ciri-ciri hukum
·       Mencari hubungan rasa keadilan masyarakat dengan  sistem hukum di Indonesia

Mengomunikasikan
·       Mempresentasikan  hasil diskusi tentang sistem hukum di Indonesia
·       Mendiskusikan tentang unsur hukum, ciri-ciri,penggolongan hukum dan manfaat mempelajari hukum

60 menit
Penutup
·      Guru bersama  Peserta didik  menyimpulkan  tentang pengertian, tujuan dan penggolongan hukum di Indonesia
·      Guru memberikan tugas menuliskan kembali penggolongan hukum di Indonesia
·      Melaksanakan pos tes lisan
15 menit


Pertemuan kedua
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·         Mengucap salam
·         Berdoa
·         Bertanya pada siswa tentang tugas merangkum penggolongan hukum di Indonesia
·         Bertanya pada  Peserta didik  tentang kesiapan menerima pelajaran
·         Mengabsen siswa
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Melaksanakan pretes lisan
-          Apa yang kamu ketahui tentang sumber hukum !
-          Ada berapa macam sumber hukum?
-          Coba sebutkan tata urutan perundangan yang kamu ketahui?
15 menit
Kegiatan Inti:
Mengamati
·       Membaca  tentang pengertian sumber hukum dan macamnya serta tata urutan peraturan hukum di Indonesia

Menanya
·       Menanyakan tentang apa yang dimaksud dengan sumber hukum
·       Menanyakan apa yang dimaksud dengan sumber hukum formal dan material
·       Menanyakan tentang tata urutan perundangan di Indonesia

Mengumpulkan data
·       Mengumpulkan data dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang  sumber hukum.
·       Mengumpulkan dari berbagai sumber tentang tata urutan perundangan yang berlaku di Indonesia .

Mengasosiasikan
·       Mencari hubungan rasa keadilan masyarakat dengan  sistem hukum di Indonesia

Mengomunikasikan
·       Mempresentasikan  hasil diskusi tentang pengertian sumber hukum serta tata urutan peraturan hukum di Indonesia
60 menit
Penutup
·      Guru bersama  Peserta didik  menyimpulkan  tentang sumber hukum dan tata urutan peraturan hukum di Indonesia
·      Guru memberikan tugas mengerjakan soal di lembar kerja siswa
·      Melaksanakan pos tes lisan
15 menit
I  PENILAIAN

   1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
·         Pengamatan Sikap
·         Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
·         Tes Unjuk Kerja
·         Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
·         Tes Tertulis
·         Tes Uraian dan Pilihan
·         Portofolio
·         Panduan Penyusunan Portofolio

1.   Contoh Instrumen
a.      Lembar Pengamatan Sikap

No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan




2
memiliki rasa ingin tahu (curiosity)




3
menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok





b.    LembarTes Unjuk Kerja
PENILAIAN PRESENTASI
(hasil pengumpulan data/laporan penelitian/dll)
Tanggal /bulan/tahun                  :    ...............................................................
Nama/kelompok       :    ................................................................
Kelas/Smt                :    .................................................................
Mata Pelajaran         :    .................................................................
Judul Presentasi       :    ……………………………………………………………
          No
Aspek Penilaian
Bobot
Skor
Nilai
1
KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN GAGASAN
a.  Ide pokok laporan
b.  Keruntutan berpikir dari latar belakang, masalah, tujuan, hasil, dan kesimpulan.
c.  Penggunaan Bahasa Indonesia.
15%


2
KEMAMPUAN MENJELASKAN ISI PRESENTASI
a.  Kelancaran penyampaian gagasan
b.  Kejelasan metode dan prosedur kerja
15%


3
KEMAMPUAN MENUNJUKKAN ORISINALITAS
a.  Bukti empirik atas argumen
b.  Konsistensi argumentasi
15%


4
KEMAMPUAN MENJELASKAN INOVASI DAN MANFAAT
a.  Sifat kebaruan hasil karya
b.  Kesesuaian antara materi penulisan dengan penugasan dari guru
15%


5
KEMAMPUAN MEMPERTAHANKAN KONSEP DALAM MENJAWAB PERTANYAAN
20%



a.  Kemampuan berargumentasi, ketangguhan dan konsistensi, berkomunikasi lisan
b.  Keruntutan dalam penalaran
c.  Ketepatan dalam menjawab pertanyaan
d.  Akurasi uraian materi dengan kesimpulan



6
KEMAMPUAN MENJELASKAN HASIL
15%



a.  Originalitas atas keaslian karya
b.  Keefektifan atau pencapaian tujuan/prestasi
c.  Dampak atau manfaatnya



7
SIKAP DALAM PRESENTASI
5%



a.  Kerapihan
b.  Kesopanan



      Catatan : Skor 1-5 (1. Sangat Kurang, 2. Kurang, 3. Cukup, 4. Baik, 5. Sangat Baik)
              Nilai = bobot x skor

c.    LembarTesTertulis
Soal
1.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan tata hukum nasional.
2.    Apa saja yang menjadi unsur dalam hukum nasional?
3.    Deskripsikanlah apa yang anda ketahui tentang Ius constitutum.
4.    Paparkan apa yang anda ketahui tentang hukum formal.
5.    Analisilah apa yang anda ketahui tentang hukum internasional.
Kunci Jawaban
1.    Tata hukum nasional adalah peraturan hukum yang berlaku bagi segenap bangsa dan seluruh tanah air Indonesia. Tata hukum nasional itu terdiri atas hukum tertulis dan hukum tidak tertulis. Dengan demikian, hukum akan berjalan dengan baik jika sistem yang dibangun saling berkaitan.
2.    -    peraturan mengenai tingkah laku manusia dalam pergaulan masyarakat;
a.   peraturan yang dibuat oleh badan-badan resmi;
b.   peraturan yang bersifat memaksa;
c.   adanya sanksi yang tegas atas pelanggaran peraturan tersebut.
3.    Ius constitutum, yaitu hukum yang berlaku pada saat ini dalam suatu negara tertentu. Dengan kata lain, hukum yang berlaku pada suatu waktu dalam suatu negara tertentu (hukum positif).
4.    keseluruhan peraturan yang berisi tata cara untuk menyelesaikan suatu perbuatan yang melanggar hukum material. Dengan kata lain, peraturan yang berisi tentang bagaimana hukum material itu dapat dilaksanakan/dipertahankan. Contohnya hukum acara perdata dan hukum acara pidana. Dalam hal ini, hukum formal disebut hukum acara
5.    Hukum Internasional adalah hukum yang mengatur hubungan antara dua negara atau lebih. Jadi, hukum internasional mengatur seluruh kepentingan antarnegara demi terwujudnya perdamaian dunia dan terjadinya kerja sama yang baik antarnegara di bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

d.    LembarPortofolio
Buatlah kelompok diskusi sebanyak enam orang yang terdiri atas laki-laki dan perempuan
1.    Analisis Kasus
Salah satu persoalan yang saat ini muncul dalam kehidupan kebangsaan Negara Indonesia adalah disintegrasi bangsa. Diskusikanlah di depan kelas mengenai masalah tersebut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
a.    Buatlah kliping dalam bentuk gambar, artikel, berita dari koran, televisi, radio, atau majalah tentang penyalahgunaan obat terlarang (narkoba), para pengedar dan korban narkoba, serta tindakan para penegak hukum dalam menanggulangi masalah tersebut.
b.    Buat kesimpulan mengenai faktor penyebab semakin banyaknya remaja yang terlibat penggunaan narkoba serta dampak dari keikutsertaannya tersebut. Kemudian, cari alternatif penyelesaian masalah tersebut, baik dari lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat maupun bangsa dan negara.
No
Lingkungan
Faktor penyebab
Dampak
Alternatif Penyelesaian Masalah
1
Keluarga
a.    ……………………….
b.    ……………………….
c.    ……………………….
a.    ……………………….
b.    ……………………….
c.    ……………………….
a.    ……………………….
b.    ……………………….
c.    ……………………….
2
Sekolah
a.    ……………………….
b.    ……………………….
c.    ……………………….
a.    ……………………….
b.    ……………………….
c.    ……………………….
a.    ……………………….
b.    ……………………….
c.    ……………………….
3
Masyarakat
a.    ……………………….
b.    ……………………….
c.    ……………………….
a.    ……………………….
b.    ……………………….
c.    ……………………….
a.    ……………………….
b.    ……………………….
c.    ……………………….
4
Bangsa dan Negara
a.    ……………………….
b.    ……………………….
c.    ……………………….
a.    ……………………….
b.    ……………………….
c.    ……………………….
a.    ……………………….
b.    ……………………….
c.    ……………………….
2.   Inkuiri Kepustakaan
Lakukan studi kepustakaan dengan mengikuti langkah-langkah berikut. Diskusikan dengan teman Anda mengenai figur pejabat negara yang menurut Anda memiliki keteladanan kinerja yang baik. Kemudian, berikan alasan dari pilihan Anda tersebut dengan format Microsoft PowerPoint lalu presentasikan didepan kelas.
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang otonomi daerah
Sumber/Referensi;
Buku Kesadaran berkonstitusi
Buku Pegangan Kurikulum 2013
Buku PPKn kelas X
UUD NRI Tahun 1945
Jember , 
Mengetahui
Kepala SM
                                                                            Guru Mata PPKn



(                            )                                              (                      )

No comments: