RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK .......................
Kelas/Semester : X/ Satu
Mata
Pelajaran : Pengantar
Kepariwisataan
Materi :
Memahami Pariwisata
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (pertemuan ke-1)
A. Kompetensi Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam
bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar
1.
Menghayati karunia
Tuhan Yang Maha Esa, melalui pemahaman seluk beluk pariwisata dan mampu
menjaga, melestarikan keutuhan jiwa raga manusia sebagai tindakan pengamalan
menurut agama yang dianutnya
2.
Memiliki motivasi
internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan memahami berbagai
aspek terkait dengan pariwisata
3. Mendiskripsikan pengertian dan sejarah
pariwisata
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menjelaskan pengertian pariwisata
2. ciri-ciri pariwisata
3. Menjelaskan arti sejarah
4. Menjelasan sejarah pariwisata
D.
Tujuan pembelajaran
1. Setelah proses pembelajaran, siswa dapat
menyukuri anugrah Tuhan atas berbagai macam obyek wisata yang ada di Indonesia
2. Setelah proses belajar, siswa memiliki dan
menunjukkan sikap tanggungjawab dan rasa ingin tahu tentang pariwisata
3. Setelah membaca buku pelajaran, siswa
dapat mengetahui pengertian pariwisata
4.
Setelah
dilakukan diskusi, siswa mampu memahami tentang pariwisata yang ada di
Indonesia
5. Setelah dilakukan pembelajaran ini, siswa
mampu menghargai berbagai macam wisata yang ada di Indonesia
6. Setelah diadakan belajar kelompok, siswa
mampu memahami berbagai macam wisata
7. Setelah memahami dan membaca sejarah
pariwisata, siswa dapat menyimpulkan kembali secara tertulis
E.
Materi Pembelajaran
1. Pengertian pariwisata
Pariwisata
berasal dari bahasa sansekerta yang terdiri dari dua kata, yaitu pari dan
wisata. Pari yang berarti banyak atau berkeliling, sedangkan wisata yaitupergi
atau bepergian. Jadi pariwisata adalah seluruh kegiatan, fasilitas dan pelayanan yang diakibatkan oleh adanya perpindahan perjalanan sementara dari seseorang ke luar dari tempat
tinggalnya, serta tinggal
dalam waktu singkat di tempat tujuan dari perjalanan
,untuk tujuan bersenang-senang dan berlibur.
2.
Ciri-ciri pariwisata
a.Perjalanan yang dilakukan itu bersifat sementara waktu
b.
Perjalanan itu dilakukan dari suatu tempat ke tempat lainnya, dan pasti akan kembali ke tempat asalnya
c.Perjalanan yang dilakukan
itu harus selalu dikaitkan dengan pertamasyaan atau rekreasi.
d.
Orang yang
melakukan perjalanan tersebut
tidak dengan
tujuanuntuk mencari nafkah di tempat yang dikunjunginya.
3.
Pengertian sejarah
Sejarah adalah kejadian masa lampau
yang tidak boleh dilupakan, oleh karena itu tanpa ada sejarah kita tidak akan
ada pada zaman sekarang ini.
4.
Sejarah pariwisata
Kegiatan
kepariwisataan dimulai dengan penjelajahan yang dilakukan pejabat pemerintah,
missionaris atau orang swasta yang akan membuka usaha perkebunan di daerah
pedalaman. Para pejabat Belanda yang dikenai kewajiban untuk menulis laporan
pada setiap akhir perjalannannya. Pada laporan itu terdapat keterangan mengenai
peninggalan purbakala, keindahan alam, seni budaya masyarakat nusantara. Pada
awal abad ke-12, daerah Hindia Belanda mulai berkembang menjadi suatu daerah
yang mempunyai daya tarik luar biasa bagi para pengadu nasib dari negara
Belanda. Mereka membuka lahan perkebunan dengan skala kecil. Perjalanan dari
satu daerah ke daerah lain , dari nusantara ke negara Eropa menjadi hal yang
lumrah, sehingga dibangunlah sarana dan prasarana penunjang kegiatan tersebut.
Kegiatan Kepariwisataan masa penjajahan Belanda
dimuali secara resmi sejak tahun 1910-1912 setelah keluarnya keputusan Gurbenur
Jendral atas pembentukan Vereeneging Toeristen Verkeer ( VTV ) yang merupakan
suatu biro wisata pada masa itu. Saat itu kantuntor tersebut juga digunakan
sebagai maskapai swasta belanda KNILM (Koninklijke Nederlandsch Indische
Luchtfahrt Maatschapijj) yang memegang monopoli kawasan Hindia Belanda saat
itu.
F.
Metode
pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2.
Metode : Diskusi,
Tanya jawab dan penugasan
G.
Media,alat dan sumber pembelajaran
Buku Teks
Siswa, foto copy gambar dan lembar kerja
H. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
(10 menit)
a. Guru
mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar; kerapian
dan kebersihan ruang kelas, presensi
(absensi, kebersihan, kelas, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
b. Guru
menyampaikan topik tentang pariwisata Namun sebelum mengkaji lebih lanjut tentang topik itu, secara khusus guru
mengadakan sesi perkenalan. Diusahakan masing- masing
peserta didik bisa tampil untuk memperkenalkan diri (minimal sebut nama, alamat, cita-cita), terakhir guru
memperkenalkan diri.
c. Guru
memberikan motivasi dan bersyukur bisa bersekolah, sehingga bisa mempelajari tentang pariwisata yang ada didaerah
setempat
d. Guru
menegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
2.
Kegiatan Inti (70
menit)
Mengamati/observing
§
Memberikan gambar obyek
wisata kepada peserta didik-motivasi-perpus)
§
peserta didik mengamati gambar obyek wisata dan memberiakn gambaran
tentang gambar tersebut
Menanya/questioning
Berdiskusi
untuk menggali informasi
a.
Mengapa letak
obyek wisata harus strategis?
b.
Apa yang dimaksud
dengan wisata?
c.
Apa perbedaan obyek
wisata alam dengan buatan?
Menalar/associating
mengumpulkan informasi terkait
dengan pertanyaan tentang obyek wisata
Mencoba/experimenting
Menganalisis informasi dan data-data yang didapat
dari bacaan maupun sumber-sumber lain yang terkait untuk mendapatkan kesimpulan
tentang obyek wisata
Mengkomunikasikan/networking
Hasil analisis disampaikan dalam
bentuk laporan tertulis tentang obyek wisata
3.
Penutup (10 menit)
1. Peserta
didik dapat ditanya apakah sudah memahami materi tersebut.
2. Peserta
didik diminta untuk mengerjakan soal uji kompetensi di halaman enam untuk mengukur sejauh mana dapat mengerti apa
yang dijelaskan oleh guru.
3. Sebelum
mengakhiri pelajaran, peserta didik dapat ditanyakan tentang nilai-nilai apa saja yang didapat dari pelajaran hari ini
Sumber
Belajar
·
U.E. Wardhani, Veverawati, Mustava.2006.Usaha Jasa Pariwisata Kelas X.Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah kejuruan
·
Obyek wisata didaerah
setempat
I.
Penilaian
a. Tes Tulis (terlampir)
b. Non
Tes
§ Pengamatan
aktivitas peserta didik
o Diskusi
o Hasil kerja
............., ...............
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Mapel,
.................. ....................
Lampiran
Materi Ajar
Pariwisata merupakan seluruh kegiatan, fasilitas dan pelayanan yang diakibatkan oleh
adanya perpindahan perjalanan sementara dari seseorang
ke luar dari tempat
tinggalnya ,serta tinggal dalam waktu singkat di
tempat tujuan dari perjalanan ,untuk tujuan bersenang-senang dan berlibur.
Pariwisata sering didefinisikan sebagai suatu
kegiatan perjalanan yang lebih banyak berkaitan dengan kegiatan-kegiatan santai dan
untuk bersenang-senang . Pendapat lain juga mengatakan bahwa pariwisata adalah suatu perjalanan
yang dilakukan untuk
rekreasi atau
liburan,
dan juga persiapan yang dilakukan untuk aktivitas ini.Banyak lagi definisi yang
dikemukakan oleh para ahli
tentang pariwisata, yang masing-masing
mempunyai penekanan khusus pada batasan-batasan
yang dikemukakan. Beberapa ahli memberikan
definisi dan batasan
yang “berbeda” tentang istilah pariwisata, yang penekanannya dilatarbelakangi oleh bidang keahliannya masing- masing,
yaitu penekanan pada aspek-aspek ekonomi,
sosiologi, psikologi, seni-budaya,
maupun aspek geografis kepariwisataan. Definisi lain tentang pariwisata (tourism), adalah industri jasa, yang menangani (kesatuan) jasa layanan
mulai dari
transportasi, jasa keramahan
(hospitality), tempat tinggal,
makanan, minuman, dan
jasa bersangkutan lainnya seperti: bank, asuransi,
keamanan, dll. (:wilkimedia).
Undang- Undang RI No. 9 Tahun 1990 tentang kepariwisataan, menyatakan
bahwa pariwisata adalah kegiatan yang bertujuan menyelenggarakan
jasa
pariwisata, menyediakan
atau mengusahakan obyek dan daya tarik wisata,
usaha sarana pariwisata
dan usaha lain yang terkait di bidang tersebut.
Lembar Soal
Tes tulis
(essai)
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan benar
1. Mengapa pariwisata bersifat
sementara?
2. Bagaimana cara kita mengetahui
seluruh obyek wisata yang ada di Indonesia?
3. Pelajaran apa saja yang dapat diambil
dari pengantar pariwisata?
Skor
Penilaian
Jawaban
benar skor 4
Jawaban
benar sebagian skor 2
Jawaban
tidak benar skor 1
Jumlah skor perolehan
Nilai = X 100
Skor Maksimal
Lembar
pengamatan
Rubrik
Kegiatan Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek penilaian
|
Jmlh skor
|
Nilai
|
Ket
|
||
keaktifan
|
kerjasama
|
Menghargai pendapat orang lain
|
|||||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
Kriteria
Penskoran
Masing-masing
kolom diisi dengan nilai
4
= Baik Sekali
2
= Baik
2
= Cukup
1
= Kurang
Jumlah
skor perolehan
Nilai = X 100
Skor Maksimal
Kriteria
Nilai
A =
80 – 100 : Baik Sekali
B
= 70 – 79 :
Baik
C = 60 – 69 : Cukup
K = < 60 : Kurang
Rubrik assesmen untuk produk
Sifat tugas : Individual / Kelompok*)
Nama :
…………………….......
Tugas ke : ………………………...
NO
|
INDIKATOR
|
Skor
|
Nilai
|
|
1
|
Tahap perencanaan /persiapan
|
1
|
||
2
|
Tahap
proses pelaksanaan
a)
Sistematika
b)
Keakuratan
c)
Simpulan
|
3
|
||
3
|
Tahap
akhir
a.
bentuk fisik/performance
b.
penguasaan
|
2
|
||
Jumlah
|
6
|
Keterangan:
*) Coret
salah satu
Petunjuk:
Skor = 0,1,2,3,4,
Jumlah skor perolehan
Nilai = X 100
Skor Maksimal
Lampiran
Gambar
No comments:
Post a Comment