RPP KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR MULTIMEDIA X/GANJIL SMK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Identitas Program Pendidikan
Sekolah
:
SMK 
Mata Pelajaran
:
Komputer dan Jaringan Dasar
Komp. Keahlian
:
Multimedia
Kelas/Semester
:
X/Ganjil
Tahun Pelajaran
:
2018/2019
Alokasi Waktu
:
1 X 4 JP @ 40 menit

A.    Kompetensi Inti
1.      KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
2.      KI 3:Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.      KI4:Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.     Indikator Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      KD pada KI Pengetahuan
Menerapkan K3LH disesuaikan dengan lingkungan kerja
2.      KD pada KI Keterampilan
Melaksanakan K3LH dilingkungan kerja
3.      Indikator KD pada KI Pengetahuan
Menjelaskan prinsip K3LH
Menentukan prosedur K3LH
4.      Indikator KD pada KI Pengetahuan
Mengikuti prosedur K3LH
Mengimplementasikan K3LH

C.    Tujuan Pembelajaran
Melalui diskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat:
a.       Menjelaskan Prinsip K3LH
b.      menjelaskan Procedure K3LH
c.       menerapkan K3LH dalam penggunaan komputer


D.    Materi Pembelajaran
Ø  K3LH
Ø  Peraturan perundang-undangan yang mengatur K3LH
Ø  Peraturan perundang-undangan K3
Ø  Peraturan perundang-undangan keselamatan kerja
Ø  Peraturan perundang-undangan perlindungan tenaga kerja
Ø  Identifikasi pelanggaran prosedur K3
Ø  Identifikasi perilaku mencurigakan terhadap K3

E.     Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran
Pendekatan           :  Scientific
Model                    :  Discovery Learning
Metode                  :  Ceramah, tanya jawab, diskusi

F.     Alat, Bahan, Media, dan Sumber Belajar
Alat                       :  Laptop, LCD
Bahan                    :  Spidol, Kertas
Media                    :  Slide Powerpoint
Sumber Belajar      :  Buku

G.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
AlokasiWaktu
Pendahuluan
·            Guru Mengucapkan Salam pembuka
·            Guru mempersilakan peserta didik untuk memulai pembelajaran dengan berdoa
·            Mengecek kehadiran peserta didik
·            Guru Menyampaikan Review Sebelumnya
·            Menyampaikan cakupan materi dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai sesuai dengan KD3.10 yaitu Menganalisa Struktur CPU dan fungsi CPU
15 menit
Kegiatan Inti



Fase 1 : Stimulation (Stimulasi/
pemberian rangsang)
·            Guru dapat memulai kegiatan PBM dengan mengajukan pertanyaan, anjuran membaca buku, dan aktivitas belajar lainnya yang mengarah pada persiapan pemecahan masalah
·            Guru meminta siswa mengamati sikap duduk teman dan menayakan apakah sudah sesuai dengan K3LH jika berada Didepan komputer?
·            Guru meminta siswa untuk menyampaikan contoh2 kecelakaan kerja dan mengkaitkanya dengan K3LH
30 menit
Fase 2 :
Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)
·            Guru Mengorganisir siswa kedalam kelompok-kelompok yang heterogen (4-5) orang.
·            Peserta didik bertanya kepada dirinya atau teman kelompok / mendiskusikan  identifikasi sebanyak mungkin masalah  yang relevan antara kecelakaan kerja dengan  K3LH dan UU K3LH
·            Peserta didik mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan yang mereka hadapi dirumuskan dalam bentuk pertanyaan menulisakan hasil identifikasinya dalam lembar notulensi.
30 menit
Fase 3 :
Data collection (Pengumpulan Data)
·            Guru mendorong peserta didik  mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya yang relevan mengenai K3LH
·            Peserta didik mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya untuk menganalisakecelakaan kerja dan penerapan K3LH
30 menit
Fase 4 : Verification (Pembuktian)
·            Peserta didik  melakukan kegiatan untuk membuktikan benar atau tidaknya penerapan K3LH dapat mengurangi kecelakaan kerja
30 menit
Fase 5 : Generalization (menarik kesimpulan/
generalisasi)
·            Guru dan Peserta didik  menarik sebuah kesimpulan yang dapat dijadikan prinsip umum dan berlaku untuk semua kejadian atau masalah yang sama, dengan memperhatikan hasil pembuktian
·            Peserta didik dalam satu kelompok mempresentasikan hasil kesimpulan dari identifikasi masalah (meng-komunikasikan)
·            Peserta didik mengamati dan memberi tanggapan terhadap hasil presentasi kelompok lain
·            Peserta didik melakukan revisi terhadap hasil kesimpulan berdasarkan masukan pada saat presentasi
30 menit
Penutup
·            Guru meminta tiap kelompok untuk mengumpulkan laporan hasil diskusi
·            Guru bersama peserta didik menyimpulkan secara singkat tentang Implementasi K3LH. Selanjutnya guru memotivasi peserta didik untuk mengembangkan pemahaman dengan cara meminta peserta didik melihat materi selanjutnya yang sudah diberikan guru
·            Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan berdoa
·            Guru mengucapkan salam penutup
15 menit


Penentuan Teknik dan Bentuk Penilaian

Mata Pelajaran     : Komputer dan Jaringan Dasar
Kelas                    :  X

No
Kompetensi
Teknik penilaian
Bentuk penilaian
1.
Pengetahuan


KD-3.1. 3.1
Menerapkan K3LH disesuaikan dengan lingkungan kerja
Tes Tertulis
Jawaban singkat
2.
Keterampilan


KD-4.1. Melaksanakan K3LH dilingkungan kerja
Praktik
Jawaban




PENILAIAN

Mata Pelajaran            : Komputer dan jaringan Dasar
Kelas                           :  X

Kompetensi Dasar
IPK
Indikator Soal
Jenis Soal
Soal
3.1   Menerapkan K3LH disesuaikan dengan lingkungan kerja




3.1.1    Menjelaskan prinsip K3LH
3.1.2    Menentukan prosedur K3LH
1.      Siswa dapat menyebutkan Arti K3LH
2.      Siswa dapat menjelaskan Perpu yang mengatur K3LH
3.      Siswa dapat menjelaskan  Pelanggaran K3LH
4.      Siswa dapat menjelaskan  Conbtoh kecelakaan kerja

Tes Tertulis
1.      Sebutkan pengertian Dari KL3LH
2.      Jelaskan UU yang mengatur K3LH
3.      Sebutkan Kegiatan yang melanggar K3LH
4.      Sebutkan contoh kecelakaan kerja
4.1 Melaksanakan K3LH dilingkungan kerja
4.1.1    Mengikuti prosedur K3LH
4.1.2            Mengimplementasikan K3LH
1.      Siswa dapat menerapkan K3LH dalam penataan komputer
2.      Siswa dapat menggunakan Komputer sesuai dengan K3LH
Tes Praktik
1.      Posisikan Komputer sesuai dengan K3LH!
2.      Duduk dan gunakan Komputer sesuai dengan Ergonomi!



Kunci Jawaban Soal :
Perhitungan nilai praktik (NP) :

Prosentase Bobot Komponen Penilaian
Nilai Praktik
(NP)

Persiapan
Proses
Hasil
Sikap
Waktu
∑ NK

1
2
3
4
5
6
Bobot (%)
5
50
15
20
10

Skor Maksimal
6
15
12
6
3
Skor Perolehan





 NK





Keterangan:
1.        Bobot diisi dengan prosentase setiap komponen. Besarnya prosentase dari setiap komponen ditetapkan secara proposional sesuai karakteristik program keahlian.
2.        NK = Nilai Komponen, skor perolehan dibagi maksimal skor dikali bobot
3.        NP = penjumlahan dari hasil perhitungan nilai komponen
4.        Jenis komponen penilaian (persiapan, proses, , hasil, sikap kerja dan waktu) disesuaikan dengan karakter program keahlian.
I.          Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.   Teknik Penilaian (terlampir)
a.    Sikap
-        Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No
Nama Siswa
Aspek Perilaku yang Dinilai
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
BS
JJ
TJ
DS
1
Soenarto
75
75
50
75
275
68,75
C
2

...
...
...
...
...
...
...

Keterangan :
   BS : Bekerja Sama
   JJ : Jujur
   TJ : Tanggun Jawab
   DS : Disiplin

Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100   = Sangat Baik
75     = Baik
50     = Cukup
25     = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75




4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00  = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00    = Baik (B)
25,01 – 50,00    = Cukup (C)
00,00 –  25,00   = Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai

-        Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
50

250
62,50
C
2
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.

50
3
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
50

4
...
100


Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00  = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00    = Baik (B)
25,01 – 50,00    = Cukup (C)
00,00 –  25,00   = Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan

-        Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman sebaya:







Nama yang diamati : ...
Pengamat                 : ...

No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Mau menerima pendapat teman.
100

450
90,00
SB
2
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
100

3
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.

100
4
Marah saat diberi kritik.
100

5
...

50

Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00  = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00    = Baik (B)
25,01 – 50,00    = Cukup (C)
00,00 –  25,00   = Kurang (K)

-        Penilaian Jurnal(Lihat lampiran)

b.   Pengetahuan
-        Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda(Lihat lampiran)
-        Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
Aspek yang Dinilai
Skala
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
25
50
75
100
1
Intonasi







2
Pelafalan




3
Kelancaran




4
Ekspresi




5
Penampilan




6
Gestur





-        Penugasan(Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a.  Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b.  Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c.  Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.


c.    Keterampilan
-        Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:

Instrumen Penilaian
No
Aspek yang Dinilai
Sangat
Baik
(100)
Baik
(75)
Kurang
Baik
(50)
Tidak
Baik
(25)
1
Kesesuaian respon dengan pertanyaan




2
Keserasian pemilihan kata




3
Kesesuaian penggunaan tata bahasa




4
Pelafalan





Kriteria penilaian (skor)
100      = Sangat Baik
75        = Baik
50        = Kurang Baik
25        = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)

Instrumen Penilaian Diskusi
No
Aspek yang Dinilai
100
75
50
25
1
Penguasaan materi diskusi




2
Kemampuan menjawab pertanyaan




3
Kemampuan mengolah kata




4
Kemampuan menyelesaikan masalah





Keterangan :
100      = Sangat Baik
75        = Baik
50        = Kurang Baik
25        = Tidak Baik

-        Penilaian Proyek(Lihat Lampiran)
-        Penilaian Produk(Lihat Lampiran)
-        Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll

Instrumen Penilain
No
Aspek yang Dinilai
100
75
50
25
1





2





3





4








2.      Instrumen Penilaian (terlampir)
a.    Pertemuan Pertama
b.    Pertemuan Kedua
c.    Pertemuan Ketiga

3.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.      Remedial
Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya sebagai berikut :
1)      Jelaskan tentang K3LH dalam perakitan computer!

CONTOH PROGRAM REMIDI

Sekolah                            :  ……………………………………………..
Kelas/Semester                 :  ……………………………………………..
Mata Pelajaran                 :  ……………………………………………..
Ulangan Harian Ke          :  ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian  :  ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian   :  ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian    :  ……………………………………………..
(KD / Indikator)               :  ……………………………………………..
KKM                                :  ……………………………………………..

No
Nama Peserta Didik
Nilai Ulangan
Indikator yang Belum Dikuasai
Bentuk Tindakan Remedial
Nilai Setelah Remedial
Keterangan
1






2






3






4






5






6






dst







b.      Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
1)      Membaca buku-buku tentang K3LH yang relevan.
2)      Mencari informasi secara online tentang K3LH
3)      Mengamati langsung tentang K3LH.



Mengetahui                                                                                         Kencong, 16 Juli 2018
Kepala SMK                                                                              Guru Mata Pelajaran




                                                     A

No comments: