RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Identitas Program Pendidikan
Sekolah
|
:
|
SMK
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Komputer dan Jaringan Dasar
|
Komp. Keahlian
|
:
|
Multimedia
|
Kelas/Semester
|
:
|
X/Ganjil
|
Tahun Pelajaran
|
:
|
2018/2019
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 X 4
JP @ 40 menit
|
A. Kompetensi Inti
1.
KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
2.
KI 3:Memahami, menerapkan,
dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
3. KI4:Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
B. Indikator Kompetensi Dasar dan
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
KD pada KI Pengetahuan
Menerapkan
K3LH disesuaikan
dengan
lingkungan
kerja
2.
KD pada KI Keterampilan
Melaksanakan K3LH
dilingkungan kerja
3.
Indikator KD pada KI Pengetahuan
Menjelaskan prinsip K3LH
Menentukan prosedur K3LH
4.
Indikator KD pada KI Pengetahuan
Mengikuti prosedur K3LH
Mengimplementasikan K3LH
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui diskusi dan menggali informasi, peserta didik
dapat:
a.
Menjelaskan
Prinsip K3LH
b.
menjelaskan
Procedure K3LH
c.
menerapkan
K3LH dalam penggunaan komputer
D. Materi Pembelajaran
Ø K3LH
Ø Peraturan perundang-undangan yang mengatur
K3LH
Ø Peraturan perundang-undangan K3
Ø Peraturan perundang-undangan keselamatan kerja
Ø Peraturan perundang-undangan perlindungan
tenaga kerja
Ø Identifikasi pelanggaran prosedur K3
Ø Identifikasi perilaku mencurigakan terhadap K3
E. Pendekatan, Model dan Metode
Pembelajaran
Pendekatan :
Scientific
Model : Discovery
Learning
Metode : Ceramah, tanya jawab, diskusi
F. Alat, Bahan, Media, dan Sumber Belajar
Alat : Laptop, LCD
Bahan : Spidol, Kertas
Media : Slide Powerpoint
Sumber Belajar : Buku
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
AlokasiWaktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
Mengucapkan Salam pembuka
·
Guru
mempersilakan peserta didik untuk memulai pembelajaran dengan berdoa
·
Mengecek
kehadiran peserta didik
·
Guru
Menyampaikan Review Sebelumnya
·
Menyampaikan
cakupan materi dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai sesuai dengan KD3.10 yaitu Menganalisa Struktur CPU dan
fungsi CPU
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
|
|
|
Fase
1 : Stimulation (Stimulasi/
pemberian rangsang)
|
·
Guru dapat memulai kegiatan PBM dengan mengajukan pertanyaan, anjuran
membaca buku, dan aktivitas belajar lainnya yang mengarah pada persiapan
pemecahan masalah
·
Guru meminta siswa mengamati sikap duduk teman
dan menayakan apakah sudah sesuai dengan K3LH jika berada Didepan komputer?
·
Guru meminta siswa untuk menyampaikan contoh2
kecelakaan kerja dan mengkaitkanya dengan K3LH
|
30 menit
|
Fase
2 :
Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)
|
·
Guru Mengorganisir siswa kedalam kelompok-kelompok yang
heterogen (4-5) orang.
·
Peserta
didik bertanya kepada dirinya atau teman kelompok / mendiskusikan identifikasi sebanyak mungkin masalah yang relevan antara kecelakaan
kerja dengan
K3LH dan UU K3LH
·
Peserta
didik mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan yang mereka hadapi dirumuskan
dalam bentuk pertanyaan menulisakan hasil identifikasinya dalam
lembar notulensi.
|
30 menit
|
Fase
3 :
Data collection (Pengumpulan Data)
|
·
Guru
mendorong peserta didik mengumpulkan
informasi sebanyak-banyaknya yang relevan mengenai K3LH
·
Peserta
didik mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya untuk menganalisakecelakaan
kerja dan penerapan K3LH
|
30 menit
|
Fase
4 : Verification (Pembuktian)
|
·
Peserta
didik melakukan kegiatan untuk membuktikan benar atau tidaknya penerapan
K3LH dapat mengurangi kecelakaan kerja
|
30 menit
|
Fase
5 : Generalization (menarik
kesimpulan/
generalisasi)
|
·
Guru
dan Peserta didik menarik sebuah
kesimpulan yang dapat dijadikan prinsip umum dan berlaku untuk semua kejadian
atau masalah yang sama, dengan memperhatikan hasil pembuktian
·
Peserta
didik dalam satu kelompok mempresentasikan hasil kesimpulan dari identifikasi
masalah (meng-komunikasikan)
·
Peserta
didik mengamati dan memberi tanggapan terhadap hasil presentasi kelompok lain
·
Peserta
didik melakukan revisi terhadap hasil kesimpulan berdasarkan masukan pada
saat presentasi
|
30 menit
|
Penutup
|
·
Guru
meminta tiap kelompok untuk mengumpulkan laporan hasil diskusi
·
Guru
bersama peserta didik menyimpulkan secara singkat tentang Implementasi
K3LH. Selanjutnya guru
memotivasi peserta didik untuk mengembangkan pemahaman dengan cara meminta
peserta didik melihat materi selanjutnya yang sudah diberikan guru
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap
belajar dan berdoa
·
Guru mengucapkan salam penutup
|
15
menit
|
Penentuan Teknik
dan Bentuk Penilaian
Mata Pelajaran : Komputer
dan Jaringan Dasar
Kelas : X
No
|
Kompetensi
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk
penilaian
|
1.
|
Pengetahuan
|
|
|
KD-3.1.
3.1
Menerapkan
K3LH disesuaikan dengan lingkungan kerja
|
Tes
Tertulis
|
Jawaban
singkat
|
|
2.
|
Keterampilan
|
|
|
KD-4.1.
Melaksanakan K3LH dilingkungan kerja
|
Praktik
|
Jawaban
|
PENILAIAN
Mata Pelajaran : Komputer dan jaringan Dasar
Kelas
: X
Kompetensi Dasar
|
IPK
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
3.1 Menerapkan K3LH disesuaikan dengan
lingkungan kerja
|
3.1.1 Menjelaskan
prinsip K3LH
3.1.2 Menentukan
prosedur K3LH
|
1.
Siswa dapat menyebutkan Arti
K3LH
2.
Siswa dapat menjelaskan Perpu
yang mengatur K3LH
3.
Siswa dapat menjelaskan Pelanggaran K3LH
4.
Siswa dapat menjelaskan Conbtoh kecelakaan kerja
|
Tes
Tertulis
|
1.
Sebutkan pengertian Dari KL3LH
2.
Jelaskan UU yang mengatur K3LH
3.
Sebutkan Kegiatan yang melanggar K3LH
4.
Sebutkan contoh kecelakaan kerja
|
4.1 Melaksanakan K3LH dilingkungan kerja
|
4.1.1 Mengikuti prosedur K3LH
4.1.2 Mengimplementasikan
K3LH
|
1.
Siswa dapat menerapkan
K3LH dalam penataan komputer
2.
Siswa dapat menggunakan
Komputer sesuai dengan K3LH
|
Tes
Praktik
|
1.
Posisikan Komputer sesuai dengan K3LH!
2.
Duduk dan gunakan Komputer sesuai dengan Ergonomi!
|
Kunci
Jawaban Soal :
Perhitungan nilai
praktik (NP) :
|
Prosentase Bobot Komponen Penilaian
|
Nilai Praktik
(NP)
|
||||
|
Persiapan
|
Proses
|
Hasil
|
Sikap
|
Waktu
|
∑ NK
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Bobot (%)
|
5
|
50
|
15
|
20
|
10
|
|
Skor Maksimal
|
6
|
15
|
12
|
6
|
3
|
|
Skor Perolehan
|
|
|
|
|
|
|
NK
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1.
Bobot diisi dengan
prosentase setiap komponen. Besarnya prosentase dari setiap komponen ditetapkan
secara proposional sesuai karakteristik program keahlian.
2.
NK = Nilai Komponen,
skor perolehan dibagi maksimal skor dikali bobot
3.
NP = penjumlahan dari
hasil perhitungan nilai komponen
4.
Jenis komponen
penilaian (persiapan, proses, , hasil, sikap kerja dan waktu) disesuaikan
dengan karakter program keahlian.
I.
Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik Penilaian (terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian
observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari,
baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung
dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
1
|
Soenarto
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan
:
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan
:
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek
perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan
bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta
didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar
penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih
dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai,
kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan
format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru
terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
|
50
|
|
250
|
62,50
|
C
|
2
|
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk
berbicara.
|
|
50
|
|||
3
|
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
|
50
|
|
|||
4
|
...
|
100
|
|
Catatan
:
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini
dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama
halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan
penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya.
Berikut Contoh format penilaian teman sebaya:
Nama yang diamati : ...
Pengamat : ...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat teman.
|
100
|
|
450
|
90,00
|
SB
|
2
|
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
|
100
|
|
|||
3
|
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.
|
|
100
|
|||
4
|
Marah saat diberi kritik.
|
100
|
|
|||
5
|
...
|
|
50
|
Catatan
:
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk
pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan
Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal(Lihat
lampiran)
b.
Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda(Lihat lampiran)
-
Tes
Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian
Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
25
|
50
|
75
|
100
|
|||||
1
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
|||
3
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
|||
4
|
Ekspresi
|
|
|
|
|
|||
5
|
Penampilan
|
|
|
|
|
|||
6
|
Gestur
|
|
|
|
|
-
Penugasan(Lihat
Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan
yang terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan
orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawaban
dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh
instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian
keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen
Penilaian
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian
respon dengan pertanyaan
|
|
|
|
|
2
|
Keserasian
pemilihan kata
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian
penggunaan tata bahasa
|
|
|
|
|
4
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
Kriteria
penilaian (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor
yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen
Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi diskusi
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan menyelesaikan masalah
|
|
|
|
|
Keterangan
:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
-
Penilaian Proyek(Lihat
Lampiran)
-
Penilaian Produk(Lihat
Lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua
tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
2.
Instrumen Penilaian (terlampir)
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan Ketiga
3.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.
Remedial
Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM),
maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya sebagai berikut :
1) Jelaskan tentang K3LH dalam perakitan
computer!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata
Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan
Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi
Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD /
Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No
|
Nama Peserta Didik
|
Nilai Ulangan
|
Indikator yang
Belum Dikuasai
|
Bentuk Tindakan
Remedial
|
Nilai Setelah
Remedial
|
Keterangan
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
b.
Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM
(Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
1)
Membaca buku-buku tentang K3LH yang relevan.
2)
Mencari informasi secara online tentang K3LH
3)
Mengamati langsung tentang K3LH.
Mengetahui Kencong, 16 Juli 2018
Kepala SMK Guru
Mata Pelajaran
A
No comments:
Post a Comment