RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : Pengantar Akuntansi dan keuangan
Kelas/Semester :
X/1
Materi Pokok :
Profesi dan
jabatan akuntansi
Alokasi Waktu :
1 X
90 menit
A. Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan prilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kemanusiaan, kebangsaan, kenegaran, dan peradaban terkait fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan mintanya untuk memecahkan masalah.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1
|
Menunjukkan keimanan sebagai rasa syukur dan keyakinan terhadap
kebesaran Sang Pencipta karena menyadari keteraturan dan kompleksitas alam
dan jagad raya yang diatur Sang Pencipta
|
2.1
|
Memiliki motivasi internal dan
menunjukkan rasa ingin tahu mengenai profesi dan jabatan dalam akuntansi
|
3.3
|
Menjelaskan profesi dan jabatan dalam akuntansi
|
|
|
C. Tujuan Pembelajaran
1. Selama dan
setelah proses pembelajaran, siswa dapat menunjukkan keimanan sebagai rasa syukur dan
keyakinan terhadap kebesaran Sang Pencipta karena menyadari keteraturan dan
kompleksitas alam dan jagad raya yang diatur oleh Sang Pencipta
2. Selama dan
setelah proses pembelajaran, siswa memiliki motivasi
internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam menjelaskan da mengetahui
pengetahuan dasar profesi dan jabatan dalam akuntansi
3. Setelah membaca materi profesi dan jabatan dalam akuntansi, siswa dapat menjelaskan profesi dan
jabatan dalam akuntansi.
4. Setelah tanya jawab klasikal, siswa mendiskusikan materi profesi dan
jabatan dalam akuntansi
D. Materi Pembelajaran
1. Profesi
a. Akuntan Publik
b. Akuntan Pemerintah
c. Akuntan Pendidik
d. Akuntan Manajemen
E. Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan :
Saintifik
2. Metode :
discovery, problem based learning.
3.
Model :
Jigsaw
F. MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media : Power Point
2. Alat : LCD
Laptop
White Board
3.
Bahan : Buku Teks Pengantar Akuntansi dan keuangan
untuk Peserta Didik
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Langkah-langkah pembelajaran
meliputi: 1) kegiatan pendahuluan: Siswa merespon salam dan menjawab pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya, siswa menerima
informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang
akan dilaksanakan, Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan,
manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan 2) kegiatan inti siswa
dikelompokkan menjadi 4 orang Tiap orang dalam tim diberi materi berbeda, tiap orang dalam
tim diberi bagan materi yang ditugaskan, anggota dari tim
berbeda telah mempelajari bagian sub bab yang sama bertemu dengan kelompok baru
(kelompok ahli), setelah
berdiskusi sebagai tim ahli setiap anggota kembali ke kelompok asal, tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi 3) Kegiatan penutup: Guru memberi evaluasi, Meminta
siswa menyimpulkan apa yang telah dipelajari hari itu (apakah sesuai dengan
tujuan pembelajaran) secara tertulis maupun lisan, Mengecek pemahaman siswa
atas pencapaian kompetensi secara tertulis, Menugaskan siswa untuk banyak
membaca dan mengamati lingkungan kerja yang berkaitan dengan profesi dan
jabatan dalam akuntansi.
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
(Tahap 1:
mengorientasi peserta didik pada masalah)
1. Memberi salam, peserta didik
mempersiapkan diri untuk mengikuti proses pembelajaran
2. Menanyakan kepada siswa kenyamanan dan
kesiapan untuk belajar
3. Guru menanyakan kehadiran peserta didik
4. Guru memberikan motivasi
belajar
5. Tanya jawab terkait materi sebelumnya
6. Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai . Melakukan apersepsi dengan mengajukan
pertanyaan untuk mengarahkan siswa ke materi yang akan dipelajari yang
berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
|
20 menit
|
Inti
|
(Tahap 2: mengorganisasi peserta didik untuk belajar)
ü
Peserta didik dibagi kedalam kelompok berjumlah 4 orang, masing masing
dibagi menjadi kelompok asal dan ahli
ü Peserta didik duduk dalam kelompoknya (kelompok ahli)
ü peserta didik membaca materi yang telah dibagikan oleh guru. (Mengamati)
ü Peserta didik bertanya jawab dalam kelompok diskusi tentang profesi dan
jabatan dalam akuntansi (Menanya)
(Tahap 3: membimbing penyelidikan individual maupun kelompok)
ü Peserta didik mengumpulkan berbagai informasi tentang profesi dan jabatan dalam
akuntansi (Mengeksplorasi)
ü Peserta didik menguraikan kembali informasi yang diperoleh tentang profesi dan jabatan
dalam akuntansi (Mengasosiasi)
(Tahap 4: mengembangkan dan menyajikan hasil karya)
ü Peserta didik memaparkan hasil diskusi bersama kelompok ahli. Saling bertukar
pendapat dengan kelompok lainnya (Mengomunikasikan
|
50 menit
|
Penutup
|
1.
Peserta didik
dan guru merangkum profesi dan jabatan dalam akuntansi
2.
Klarifikasi
peserta didik dibantu guru untuk menyimpulkan materi profesi dan jabatan dalam akuntansi
3.
Evaluasi
untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
4.
Guru
memberi penguatan bahwa belajar akuntansi sangatlat penting
5.
Peserta
didik melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
6.
Guru
memberikan tugas pekerjaan rumah
|
20 menit
|
A.
PENILAIAN
1.
Tes: Uraian (Terlampir)
2.
Non
Tes (Terlampir)
a.
Lembar
Penilaian Diri (Terlampir)
b.
Lembar
Pengamatan Kerja Kelompok (Terlampir)
c.
Lembar
Pengamatan Presentasi (Terlampir)
Mengetahui, Jember,
11 September 2014
Kepala Sekolah Guru
Busan, S.Pd Rani
Fitrianingsih, S.Pd
1.
Tes Uraian
a)
Sebutkan profesi dan jabatan dalam akuntansi!
b)
Carilah artikel yang berkaitan dengan profesi akuntansi!
2.
Jawaban:
a)
Akuntansi Publik, Akuntansi Pemerintah, Akuntansi Pendidik, dan
Akuntansi Manajemen
b)
Lampiran sisw
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran : Pengantar Akuntansi dan keuangan
Materi Pokok : Profesi
akuntansi
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Waktu Pengamatan :
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan dengan melihat rubrik penskoran
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
Jumlah SKor
|
||||||||||||||
Perhatian Terhadap Pelajaran
|
Bertanya
|
Mengerjakan Tugas
|
Bekerja sama
|
Toleransi
|
|||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
Penskoran:
Indikator penilaian sikap Perhatian terhadap pelajaran
3
|
=
|
siswa mendengarkan penjelasan guru, mencatat hal-hal yang
dianggap penting dan menjawab pertanyaan guru
|
2
|
=
|
siswa mendengarkan penjelasan guru, mencatat hal-hal yang
dianggap penting tetapi tidak menjawab pertanyaan guru
|
1
|
=
|
siswa tidak mendengarkan penjelasan guru dan tidak mencatat
hal-hal yang penting
|
Indikator penilaian sikap Bertanya
3
|
=
|
siswa mengajukan pertanyaan tentang materi dan permasalahan yang
dipelajari lebih dari dua kali dalam satu kali pertemuan
|
2
|
=
|
siswa hanya sekali atau dua kali mengajukan pertanyaan tentang
materi dan permasalahan yang dipelajari dalam satu kali pertemuan
|
1
|
=
|
siswa tidak mengajukan pertanyaan
|
Indikator penilaian sikap Mengerjakan tugas
3
|
=
|
siswa ikut mengerjakan semua tugas yang diberikan oleh guru
|
2
|
=
|
siswa ikut mengerjakan sebagian tugas yang diberikan oleh guru
|
1
|
=
|
siswa tidak ikut mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru
|
Indikator
penilaian sikap Bekerjasama
3
|
=
|
siswa dapat berinteraksi dengan teman sekelompoknya dan membantu
teman kelompok yang kesulitan dalam mengerjakan LKS
|
2
|
=
|
siswa dapat berinteraksi dengan teman tetapi tidak membantu teman
kelompok yang kesulitan dalam mengerjakan LKS
|
1
|
=
|
siswa tidak dapat berinteraksi dengan teman sekelompoknya, tetapi
hanya sebagai penulis hasil diskusi LKS
|
Indikator
penilaian sikap Toleransi
3
|
=
|
siswa mau menerima teman kelompok, menghargai pendapat teman,
tidak menunjukkan sikap marah waktu diskusi
|
2
|
=
|
siswa mau menerima teman kelompok, menghargai pendapat teman,
tidak menunjukkan sikap marah waktu diskusi
|
1
|
=
|
siswa mau menerima teman kelompok, menghargai pendapat teman,
tidak menunjukkan sikap marah waktu diskusi
|
Kriteria Sikap berdasarkan jumlah skor yang dicapai :
5 – 7 : KURANG
8 – 10 : CUKUP
11 – 13 : BAIK
14 – 15 : SANGAT BAIK
Mata Pelajaran : Pengantar
akuntansi dan keuangan
Materi Pokok :
Profesi akuntansi
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Waktu Pengamatan :
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan dengan melihat rubrik penskoran
No
|
Nama Siswa
|
Keterampilan
|
Nilai
|
||
Menerapkan penyelesaian masalah dengan dua kelompok berbeda
|
|||||
KT
|
T
|
ST
|
|
||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KT : Kurang terampil ( Skor 1 )
T : Terampil ( Skor 2 )
ST : Sangat terampil (
Skor 3 )
NILAI UNSUR KETRAMPILAN =
( SKOR/3) x 100
Indikator terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan Profesi dan jabatan dalam akuntansi
1. Kurang
terampil jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang
relevan yang berkaitan dengan Profesi dan jabatan dalam akuntansi
2. Terampil jika menunjukkan sudah ada usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang
relevan yang berkaitan dengan Profesi dan jabatan dalam akuntansi
3.
Sangat terampill, jika menunjukkan adanya usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan Profesi dan jabatan dalam akuntansi
INSTRUMEN EVALUASI
DIRI
Mata Pelajaran : Pengantar akuntansi dan keuangan
Materi Pokok : Profesi
dan jabatan dalam akuntansi
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2014/2105
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai dengan kemampuan kalian!
No
|
Komponen
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Apakah
kalian mengerti apa saja profesi dan jabatan dalam akuntansi?
|
|
|
2
|
Apakah
kalian mengerti masing-masing pelayanan yang diberikan masing-masing profesi
dalam akuntansi?
|
|
|
3
|
Apakah
kalian dapat menjelaskan layanan yang diberikan akuntan publik?
|
|
|
4
|
Apakah
kalian dapat menginformasikan profesi dan jabatan dalam akuntansi kepada
teman sekelas kalian?
|
|
|
5
|
Apakah
kalian pernah memperhatikan pelayanan yang diberikan masing-masing profesi
akuntansi?
|
|
|
Catatan :
………………………………………………………
………………………………………………………
………………………………………………………
………………………………………………………
….., ……………
Nama
Peserta Didik
No comments:
Post a Comment