RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP
)
Satuan Pendidikan : SekolahMenengahKejuruan
Mata Pelajaran : TeknologiDasarOtomotif
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok :
Mesin konversi energi
Alokasi Waktu : 24 x 45 menit (4 pertemuan)
A. Kompetensinti
KI-1.
|
Menghayatidanmengamalkanajaran
agama yang dianutnya.
|
KI-2.
|
Menghayati dan Mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan
proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI-3.
|
Memahami,menerapkandan menganalisis pengetahuan
faktual,
konseptualdan prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dalam
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban
terkait penyebabfenomena dan kejadiandalambidangkerja
yang
spesifikuntukmemecahkanmasalah.
|
KI-4.
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya
disekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakantugasspesifik
dibawahpengawasanlangsung.
|
B. KompetensiDasar
1.
Menghayati dan
mengamalkan agama yang dianutnya.
2.1. Memilikimotivasiinternal, kemampuanbekerjasama, konsisten, sikapdisiplin, rasa
percayadiri,dansikaptoleransidalamperbedaanstrategiberpikirdalammemilihdanmenerapkanstrategimenyelesaikanmasalah.
2.2.
Mampumentransformasidiridalamberpilakujujur, tangguhmengadapimasalah, kritisdandisiplindalammelakukantugasbelajar.
2.3.
Menunjukkansikapbertanggungjawab,
rasa
ingintahu, jujurdanperilakupedulilingkungan.
3.1
Mendeskripsikankonsepmesinkonversienergisebagairepresentasidalamkaitannyadengankonteksnyata.
3.2. Menjelaskan
proses mesinkonversienergi
3.3.
Menganalisakejadianpadamesinkonversienergi
C. Indikator:
(Pertemuan ke-1)
3.1.1 Menjelaskanproses kerjaSiklus Otto
3.1.2 Menjelaskanproses kerjaSiklus
motor bensin 2 langkah
3.1.3 MemahamiDiagram PV motor bensin
2 langkah
3.1.4 Menjelaskanproses kerjaSiklus
motor bensin 4 langkah
3.1.5 MemahamiDiagram PV motor bensin
4 langka
(Pertemuan ke-2)
3.3.1
MemahamiSiklus motor Diesel 4 Langkah
3.3.2
Diagram PV motor diesel 4
langkah
3.3.3
Perhitungan Usaha
3.3.4
PerhitunganDaya
3.3.5
PerhitunganMomenpunter
3.3.6
Efisiensimekanik; volumetris; EfisiensiThermis
(Pertemuan
ke-3)
3.3.1.
Prinsipkerja Motor listrik
3.3.2.
Karakteristik Motor listrik
3.3.3.
Prinsipkerja generator listrik
3.3.4.
Karakteristik generator listrik
(Pertemuan
ke-4)
3.3.7 Memahamicarakerjamesinkonversienergy
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
(Pertemuan ke-1)
Melaluikegiatandiskusidanpembelajarankelompokdalampembelajaranmesinkonversienergiinidiharapkansiswadapat:
1.
Menunjukkan
rasa tanggungjawab, disiplin, jujur, toleransi, kerjasamadankritisterhadappermasalahanmesinkonversienergi.
2.
Menuliskanpengertianmesinkonversienergidengankalimatsendiri.secaratepat, sistematis danbenar.
3.
Menuliskankonsep kemandirian/kesamaanmatriks dengankalimatsendiri.secaratepat,
sistematis, danmenggunakansimbol yang benar.
4.
Mampumengimplementasikanpengertiandanfungsimesinkonversi
energy, secaramandiridalampemecahanmasalah di sekitarsiswa.
E. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Siklus Otto
2.
Siklus motor bensin 2 langkah
3.
Diagram PV motor bensin 2 langkah
4.
Siklus motor bensin 4 langkah
5.
Diagram PV motor bensin 4 langkah
6.
Siklus motor Diesel 4 Langkah
7.
Diagram PV motor diesel 4
langkah
8.
Perhitungan Usaha
9.
PerhitunganDaya
10. PerhitunganMomenpunter
11. Efisiensimekanik; volumetris;
EfisiensiThermis
12. Prinsipkerja Motor listrik
13. Karakteristik Motor listrik
14. Prinsipkerja generator listrik
15. Karakteristik generator listrik
F. METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan :
Pendekatan scientifik
2. Strategi : Project Based Learning
G. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Media : Engine cutting, motor
listrik& generator
Alat :
Komputer
: LCD
Sumber Belajar : Buku Guru
:
Buku Siswa
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
KEGIATAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdo’a untuk memulai pelajaran.
2.
Memeriksa kehadiran siswa sebagai sikap disiplin.
3.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai.
4.
Melakukan stimulasi yang mengarahkan siswa ke materi mesinkonversienergi yang berhubungan
dengan kehidupan sehari-hari.
5.
Membentuk kelompok siswa yang heterogen dengan menerapkan
prinsip tidak membedakan tingkat kemampuan berpikir, jenis kelamin, agama,
suku, dll.
|
10 menit
|
Inti
|
Penggalan 1
Mengamati
Siswa diminta membaca/mempelajari mengenaimesin
konversi energi yang terdapat pada buku pegangan siswa.
Menanya
Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan
yang terkait dengan masalah mesinkonversienergi yang telah
dipelajari dari buku pengangan siswa dengan menggunakan bahasa yang baik dan
benar.
Menalar
Siswa diminta untuk berdiskusi dengan anggota kelompoknya
untukmendefinisikanmesinkonversienergi
Mencoba
Siswa menganalisis dan membuat konsepmesinkonversienergi
Mengkomunikasikan
Siswa menyampaikan pengertian mesinkonversienergi dan
memberi umpan balik
Penggalan 2
Mengamati
Siswa diberi Lember kerja (LKS)dan media
mesinkonversienergi, diminta untuk membacamengapresiasikanke media.
Menanya
Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan
dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar.
Menalar
Siswa diminta untuk berdiskusi dengan anggota
kelompoknya tentang proses mesinkonversienergi.
Mencoba
Siswa menganalisis dan menentukan proses
mesinkonversienergimelalui media ajar.
Mengkomunikasikan
Siswa menyampaikan hasil diskusi tentangpengertiandan
proses mesinkonversienergiserta memberi umpan balik.
|
70 menit
|
Penutup
|
1.
Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan
pengertian dan proses
mesinkonversienergi dengan menggunakan 5 metode.
2.
Guru memberikan tugas pekerjaan rumah perorangan
yaitu pada buku siswa uji komptensi 3.1 no. 2 ,3
|
10
menit
|
PENILAIAN
DAFTAR NILAI KETRAMPILAN
|
|||||||
MATA
PELAJARAN
|
:TeknologiDasarOtomotif
|
||||||
KELAS/TINGKAT/SEMESTER
|
: X
|
||||||
TAHUN
PELAJARAN
|
: 2014/2015
|
||||||
KKM
|
: 75
|
( Konversi :
2,66 = B - )
|
|||||
NO
|
NAMA SISWA
|
PRAKTEK
|
PROJEK
|
PORTOFOLIO
|
R NIL
|
RAPOR (LHB)
|
|
KONV
|
PRED
|
||||||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
|||||||
11
|
|||||||
12
|
|||||||
13
|
|||||||
14
|
|||||||
15
|
|||||||
16
|
|||||||
17
|
|||||||
18
|
|||||||
19
|
|||||||
20
|
|||||||
21
|
|||||||
22
|
|||||||
23
|
|||||||
24
|
|||||||
25
|
|||||||
26
|
|||||||
27
|
|||||||
28
|
|||||||
29
|
|||||||
30
|
|||||||
31
|
|||||||
32
|
|||||||
33
|
|||||||
34
|
|||||||
35
|
|||||||
36
|
|||||||
37
|
|||||||
38
|
|||||||
39
|
|||||||
40
|
DAFTAR NILAI SIKAP
|
||||||||
MATA
PELAJARAN
|
: TeknologiDasarOtomotif
|
|||||||
KELAS/TINGKAT/SEMESTER
|
: X
|
|||||||
TAHUN
PELAJARAN
|
: 2014/2015
|
|||||||
KKM
|
: 75
|
( Konversi :
2,66 = B - )
|
||||||
NO
|
NAMA SISWA
|
OBSERVASI
|
PD
|
PS
|
JURNAL
|
R NIL
|
RAPOR ( LHB )
|
|
KUALIFIKASI
|
DESKRIPSI
|
|||||||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
||||||||
11
|
||||||||
12
|
||||||||
13
|
||||||||
14
|
||||||||
15
|
||||||||
16
|
||||||||
17
|
||||||||
18
|
||||||||
19
|
||||||||
20
|
||||||||
21
|
||||||||
22
|
||||||||
23
|
||||||||
24
|
||||||||
25
|
||||||||
26
|
||||||||
27
|
||||||||
28
|
||||||||
29
|
||||||||
30
|
||||||||
31
|
||||||||
32
|
||||||||
33
|
||||||||
34
|
||||||||
35
|
||||||||
36
|
||||||||
37
|
||||||||
38
|
||||||||
39
|
||||||||
40
|
DAFTAR NILAI PENGETAHUAN
|
||||||||||||||||||||||
MATA
PELAJARAN
|
: TeknologiDasarOtomotif
|
|||||||||||||||||||||
KELAS/TINGKAT/SEMESTER
|
: X
|
|||||||||||||||||||||
TAHUN
PELAJARAN
|
: 2014/2015
|
|||||||||||||||||||||
KKM
|
: 75
|
( Konversi :
2,66 =B )
|
||||||||||||||||||||
NO
|
NAMA SISWA
|
NILAI HARIAN
|
RNH
|
NTS
|
NAS
|
R NIL
|
RAPOR ( LHB )
|
|||||||||||||||
KD-1
|
KD-2
|
KD-3
|
KD-4
|
KD-5
|
KD-6
|
KONV
|
PRED
|
|||||||||||||||
1
|
||||||||||||||||||||||
2
|
||||||||||||||||||||||
3
|
||||||||||||||||||||||
4
|
||||||||||||||||||||||
5
|
||||||||||||||||||||||
6
|
||||||||||||||||||||||
7
|
||||||||||||||||||||||
8
|
||||||||||||||||||||||
9
|
||||||||||||||||||||||
10
|
||||||||||||||||||||||
11
|
||||||||||||||||||||||
12
|
||||||||||||||||||||||
13
|
||||||||||||||||||||||
14
|
||||||||||||||||||||||
15
|
||||||||||||||||||||||
16
|
||||||||||||||||||||||
17
|
||||||||||||||||||||||
18
|
||||||||||||||||||||||
19
|
||||||||||||||||||||||
20
|
||||||||||||||||||||||
21
|
||||||||||||||||||||||
22
|
||||||||||||||||||||||
23
|
||||||||||||||||||||||
24
|
||||||||||||||||||||||
25
|
||||||||||||||||||||||
26
|
||||||||||||||||||||||
27
|
||||||||||||||||||||||
28
|
||||||||||||||||||||||
29
|
||||||||||||||||||||||
30
|
||||||||||||||||||||||
31
|
||||||||||||||||||||||
32
|
||||||||||||||||||||||
33
|
||||||||||||||||||||||
34
|
||||||||||||||||||||||
35
|
||||||||||||||||||||||
36
|
||||||||||||||||||||||
37
|
||||||||||||||||||||||
38
|
||||||||||||||||||||||
39
|
||||||||||||||||||||||
40
|
||||||||||||||||||||||
KepalaSekolah
.......................
No comments:
Post a Comment