RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
SatuanPendidikan :
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN (SMK)
Kelas/Semester :
X/Satu
Mata
Pelajaran : PengantarAdministrasiPerkantoran
Materi pokok :
Memahami
azas, tujuan dan jenis tata ruang kantor
AlokasiWaktu/ :
2
x pertemuan
A. KompetensiInti
1.
Menghayatidanmengamalkanajaran
agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku(gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif
da-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;
3.
Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang
spesifik untuk memecahkan masalah;
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranahabstrakterkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secaramandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
B. KompetensiDasar dan Indikator
1.3. MeyakinibahwabekerjaadalahsalahsatubentukpengamalanperintahTuhan yang
harusdilakukansecarasungguh-sungguh
2.1. Memilikimotivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran menyiapkan menggunakan peralatan kantor
3.7. Memahami azas, tujuan dan jenis tata ruang kantor
3.7.1. Menjelaskan
pengertian tata tuang kantor
3.7.2. Mengidentifikasi azas tata ruang
kantor
3.7.3. Mengidentifikasi tujuan tata
ruang kantor
3.7.4. Mengidentifikasi jenis tata ruang
kantor
4.7. Menata ruang kantor
4.7.1. Menata salah satu
jenis ruang kantor
C. TujuanPembelajaran
Melalui pengamatan, membacareferensidankegiatandemonstrasi peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian tata tuang kantor
2. Mengidentifikasi azas tata ruang kantor
3. Mengidentifikasi tujuan tata ruang kantor
4. Mengidentifikasi jenis tata ruang kantor
5. Mempraktekkan menata salah satu jenis ruang kantor
D. MateriPembelajaran
1. Pengertian tata tuang kantor
Tata Ruang Kantor (TRK) adalahpengaturandanpenyusunanseluruhmesinkantor,
alatperlengkapankantorsertaperabotkantorpadatempat yang tepat,
sehinggapegawaidapatbekerjadenganbaik, nyaman, leluasadanbebasuntukbergerak,
sehinggatercapaiefesiensikerja.
2. Azas Tata Ruang Kantor
1. AzasJarakTerpendek
Yaitujarakterpendekantara 2
titikdalamgarislurus
2. AzasRangkaianKerja
Yaitupenempatan para pegawaidanalat-alatkantormenurut
rangkaianurut-urutanpenyelesaianpekerjaan
3. AzasPenggunaanSegenapRuang
Yaitutidakadaruang yang tidakterpakai, tidakhanyaberupa
luaslantai, tetapijugavertikalkeatasmaupunkebawah
4. AzasPerubahanSusunanTempatKerja
Yaituapabiladiperlukandapatdirubahdenganmudah,
misalnyatataruangkantorterpaksadirubah, karena :
a. Perubahan
proses kerja/prosedurkerjakantor
b. Penemuanteknologibaru,
dan lain-lain.
2. Tujuan Tata Ruang Kantor
1. Mencegahpenghamburantenagadanwaktukarenaprosedurkerjadapatdipersingkat
2. Menjaminkelancaran
proses pekerjaan
3. Pemakaianruangkerjasecaraefesien.
4. Mencegah
para pegawaibagian lain tergangguolehpublikatauolehsuarabisinglainnya.
5. Menciptakankenyamananbekerja
6. Memberikankesan
yang baikterhadap para tamu
7. Mengusahakanadanyakeleluasaanbagi
:
a. Gerakanpegawai yang sedangbekerja
b. Pemanfaatanruanganbagikeperluan lain
c. Perkembangandanperluasankegiatan
3. Jenis Tata Ruang Kantor
1.
Tata ruangkantorberkamar (Cubicle Type Offices)
adalahruanganuntukbekerja yang dipisahkanataudibagidalamkamar-kamarkerja
(lihatgambar)
2.
Tata ruangkantorterbuka (Open Plan Offices)
adalahruanganbesaruntukbekerja yang ditempatiolehbeberapapegawai yang
bekerjabersama-samadiruangantersebuttanpadipisahkanolehpenyekat (lihatgambar)
3.
Tata ruangkantorberhiasatauberpanorama / bertaman (Landscape
Offices) adalahruanganuntukbekerja yang dihiasiolehtaman,
dekorasidanlainnya (lihatgambar)
4.
Tata ruangkantor yang
merupakangabunganantarabentuktataruangkantorberkamar,
tataruangkantorterbukadantataruangkantorberhias
E. MetodePembelajaran
1. Pendekatan : PendekatanScientific
2. Metode : ceramah, tanyajawab, Demonstrasi, penugasan
F. Langkah-langkahPembelajaran
Kegiatan
|
Langkah-langkah
|
Alokasiwaktu
|
Pendahuluan
|
Apersepsi dan Motivasi
1. Memberikansalam
2. Menanyakankepadasiswakesiapandankenyamananuntukbelajar
3. Menanyakankehadiransiswa
4. Mempersilahkansalahsatusiswamemimpindoa
5. Menayangkan video motivasi
6. Menyampaikantujuanpembelajaranmelalui
power point
|
15 ‘
|
Inti
|
1. Menjelaskan materi tentang pengertian, asas, tujuan dan
jenis tata ruang kantor
2. Menugaskan kepada siswa untuk membentuk kelompok
berpasangan 2 orang
3. Menugaskan salah satu siswa dari pasangan itu menceritakan
materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengarkan sambil
membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran
4. Menjelaskan materi pembelajaran yang belum dipahami oleh
siswa
|
50’
|
Penutup
|
1. Dengandibantu
guru, siswamenyimpulkanmateripengertian, asas, tujuan dan jenis
tata ruang kantor
2. Melakukanevaluasiuntukmengukurketercapaiantujuanpembelajaran
3. Siswadiberitugas observasi ke salah satu kantor dan mengidentifikasi
jenis tata ruang kantor yang tepat. (tugasmandiridalambentukmakalahdikumpulkandalam
2 minggu yang akandatang)
|
25’
|
G.
AlatdanSumberPembelajaran
a.
b.
|
Print Out gambar macam –
maca tata ruang kantor
ModulMemahamiPrinsip-prinsipPenyelenggaraanAdministrasiPerkantoran, Tim
Merah Putih, CV MerahPutih, 2008
|
|
|
H. Penilaian
-
TesTertulis
1.
Jelaskan
yangdimaksuddengankantor !
2.
Jelaskan yang dimaksuddengantataRuangKantor !
3.
SebutkanTujuan Tata RuangKantor !
4.
SebutkanJenis Tata RuangKantor !
KUNCI JAWABAN :
1.
Kantor adalahtempat/gedung yang
digunakanuntukmelakukanpekerjaantulismenulisdandilengkapidenganfasilitaspenunjang
(Skor 25)
2.
Tata Ruang Kantor (TRK)
adalahpengaturandanpenyusunanseluruhmesinkantor,
alatperlengkapankantorsertaperabotkantorpadatempat yang tepat,
sehinggapegawaidapatbekerjadenganbaik, nyaman, leluasadanbebasuntukbergerak,
sehinggatercapaiefesiensikerja.(Skor 25)
3.
Tujuan Tata Ruang Kanto1. Mencegahpenghamburantenagadanwaktukarenaprosedurkerjadapatdipersingkat
2. Menjaminkelancaran proses pekerjaan
3. Pemakaianruangkerjasecaraefesien.
4. Mencegah para pegawaibagian lain
tergangguolehpublikatauolehsuarabisinglainnya.
5. Menciptakankenyamananbekerja
6. Memberikankesan yang baikterhadap para tamu
7. Mengusahakanadanyakeleluasaanbagi :
a.
Gerakanpegawai yang sedangbekerja
b. Pemanfaatanruanganbagikeperluan lain
c. Perkembangandanperluasankegiatan
(Skor 25)
4.
Jenis tata ruang
kantor
1. Tata ruangkantorberkamar (Cubicle Type Offices)
adalahruanganuntukbekerja yang dipisahkanataudibagidalamkamar-kamarkerja (lihatgambar)
2. Tata ruangkantorterbuka (Open Plan Offices)
adalahruanganbesaruntukbekerja yang ditempatiolehbeberapapegawai yang
bekerjabersama-samadiruangantersebuttanpadipisahkanolehpenyekat (lihatgambar)
3. Tata
ruangkantorberhiasatauberpanorama / bertaman (Landscape Offices)
adalahruanganuntukbekerja yang dihiasiolehtaman, dekorasidanlainnya
(lihatgambar)
4. Tata
ruangkantor yang merupakangabunganantarabentuktataruangkantorberkamar,
tataruangkantorterbukadantataruangkantorberhias
(Skor 25)
1. LEMBAR
PENGAMATAN SIKAP : KEGIATAN DISKUSI
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
JUMLAH SKOR
|
NILAI
|
||||
Kerja Sama
|
Tanggung
jawab
|
Toleransi
|
Keaktifan
|
kesantunan
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A. Pedoman Penskoran :
4
=BaikSekali
3
=Baik
2
=Cukup
1
=
Kurang.
B. PedomanPenilaian
Skormaksimal
: 20
Jumlahskor yang diperoleh
PenilaianProses =
----------------------------------------- X 100%
Jumlahskormaksimal
2 .LEMBAR PENGAMATAN UNJUK KERJA: KEGIATAN PRESENTASI
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK YANG DINILAI
|
JUMLAH
SKOR
|
NILAI
|
|||||
KOMUNIKASI
|
SISTEMATIKA PENYAMPAIAN PESAN
|
WAWASAN
|
KEBERANIAN
|
ANTUSIAS
|
PENAMPI
LAN
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A. Pedoman Penskoran :
4
=BaikSekali
3
=Baik
2
=Cukup
2
=
Kurang.
B. PedomanPenilaian
Skormaksimal
: 24
Jumlahskor yang diperoleh
PenilaianProses =
----------------------------------------- X 100%
Jumlahskormaksimal
LEMBAR PENILAIAN MAKALAH :
TEMA :
PARADIGMA DAN FILOSOFI ADMINISTRASI PERKANTORAN
STUKTUR MAKALAH
|
INDIKATOR
|
NILAI
|
PENDAHULUAN
|
-
LatarBelakang
-
RumusanMasalah
-
TujuanPenulisan
|
|
ISI
|
-
Orisinilitaskerisinilitaskerjaan
-
Cara
Mendiskripsikanparadigmadanfilosofiadministrsiperkantoran
-
Struktur/logikapenulisan
-
Bahasa yang digunakanmengikuti EYD.
-
DaftarPustakadapatdipertanggungjawabkan.
|
|
PENUTUP
|
-
Kesimpulansesuaidenganrumusanmasalah
-
Relevansi
saran dengantema
|
|
JUMLAH
|
|
|
KRITERIA
PENILAIAN :
SANGAT SESUAI
|
4
|
SESUAI
|
3
|
CUKUP SESUAI
|
2
|
KURANG SESUAI
|
1
|
Nilai
= SkorPerolehanX 100
Kepala Sekolah Guru
Bidang Studi
No comments:
Post a Comment