Rp smk sistem komputer xi/1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                     : SMK ………………………..
Mata Pelajaran          : SISTEM KOMPUTER
Kelas/Semester         : XI/1
Materi Pokok            : SistemInput – Proses – Output
Alokasi Waktu            : 4 X 45 menit (2x pertemuan)

A.    KompetensiInti
KI-1. Menghayatidanmengamalkanajaran agama yang dianutnya
KI-2. MenghayatidanMengamalkanperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsifdanproaktifdanmenunjukansikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamsertadalammenempatkandirisebagaicerminanbangsadalampergaulandunia.
KI-3. Memahami, menerapkandanmenganalisispengetahuanfaktual, konseptualdanproseduralberdasarkan rasa ingin-tahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradalamwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadiandalambidangkerja yang spesifikuntukmemecahkanmasalah.
KI-4. Mengolah, menalar, danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari yang dipelajarinya di sekolahsecaramandiri, danmampumelaksanakantugasspesifikdibawahpengawasanlangsung.

B.     KompetensiDasardanIndikator
1)     MensyukurianugerahTuhanataspemberiananugerahberupabuahpemikiranperhitungan.
2)     Menunjukkanperilakujujur, disiplin,dantanggungjawab, menerapkanperhitunganpadakehidupanbermasarakat.
3)     Memahamisistem input-proses-output.
4)     Merencanakan dan membuatperangkat input – output denganmenggunakanmodul I/O terprogram.
5)     MemahamiPerangkatEksternal/Peripheral.
6)     Merangkaiperangkateksternaldenganconsole unit PerangkatEksternal/Peripheral

C.    TujuanPembelajaran
1.      Setelahmengamatigambar/video sistemkomputersiswamampumemahami sistem input-output komputer dan memahami perangkat eksternal periperal.
2.      Setelahmengamati video sistemkomputersiswamampumenyebutkanberbagaimacamPerangkat I/O yang adapadasistemkomputer.
3.      MelaluikegiatanDiskusikelompok Siswa mampu mendeskripsikan berbagai macam perangkat I/O berdasarkan fungsinya.
4.      Setelahmengamatimetodekonversipada slidediharapkanSiswamampuMerangkaiperangkateksternaldenganconsole unit PerangkatEksternal/Peripheral


D.    MateriPembelajaran
  1. Penanaman sikap: Disiplin, danbertanggungjawabterhadapperhitungan.
  2. Pengenalansistemperangkat I/O.
3.      Sistemfungsi, danstrukturmasukan
4.      Teknik input-output
5.      Perangkatpemroses
6.      Sistem, fungsi, danstrukturkeluaran
7.      Modul Input Output (I/O) terprogram ( PPI )
  1. Pengenalan Periperal Komputer


E.     MetodePembelajaran
1.      Pendekatan      : Discovery Learning
2.      Metode            : Diskusikelompok, observasi

F.     Media, Alat, danSumberPembelajaran
1.      Media Pembelajaran    :  Observasi
2.      AlatPembelajaran        :  Laptop, Proyektor, .....
3.      SumberPembelajaran   :
a.       Youtube / sistem i/o Komputer.
b.      Periperal komputer.
c.       Slide show sistem i/o.

G.    Langkah-langkahPembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan

1.      Salah seorangsiswamemimpindoa.
2.      Siswameresponssalamdanpertanyaandari guru berhubungandengankondisidanpembelajaransebelumnya.
3.      Siswamenerimainformasitentangketerkaitanpembelajaransebelumnyadenganpembelajaran yang akandilaksanakan.
4.      Siswamenerimainformasikompetensi, materi,  tujuan, danlangkahpembelajaran yang akandilaksanakan.
5menit
INTI
PertemuanKesatu
A.    MengamatiTayangan /gambartentang input-proses-output padasistem
B.     Siswatanyajawabterkaittayangan/gambaratautekspembelajarantentangsistem input-proses-output 
C.     Siswa yang beranimenjawabmendapatpenghargaandari guru.
D.    Dengansikaptanggungjawabdandisiplin, siswamenjelaskanSistem Komputer kepadateman
E.     Siswabersama guru mengoreksikesesuaianPenjelasan.
F.      Siswaberkelompokuntukmenganisasistemi/o.
G.    Perwakilansetiapkelompoksecarabergiliranmenyampaikanhasildiskusinya yang ditanggapikelompoklaindengansantundan responsive.
15 menit










15 menit

INTI
PertemuanKedua

















1.      Siswamendapattugasuntukmenjelaskansisteminput-proses-output
2.      Siswa mendapat tugas untukmengoperaikanperangkat i/o komputer.
3.      SiswaberkelompokuntukMengumpulkaninformasi
o   Membuatgambar (diagram) hubunganantara unit input, unit pemroses, dan unit output
o   Mengumpulkaninformasisistem, fungsi, danstrukturmasukan/keluaran
o   Mengumpulkaninformasi unit pemroses
o   Mengumpulkaninformasiteknik input-output
o   Mengumpulkaninformasimodul input-output terprogram
4.      Perwakilansetiapkelompoksecarabergiliranmenyampaikanhasildiskusinya yang ditanggapikelompok lain dengansantundan responsive
5.      Siswa yang mendapatnilaitinggidiberipenghargaan.Sedangkansiswa yang mendapatnilairendahdiberimotivasi
15 menit


15 menit






15 menit








PENUTUP
1.      Siswabersama guru menyimpulkanhasilpembelajaran.
2.      Siswabersama guru melaksanakanrefleksiterhadapkegiatanpembelajaran yang telahdilakukan.
1.      Siswadan guru merencanakantindaklanjutpembelajaranuntukpertemuanberikutnya.
10 menit

H.    Penilaian
1.      Jenis/TeknikPenilaian
Jenis/Teknik
BentukInstrumen
Observasi
Lembarpengamatansikapdanrubric
TesTulis
Tesuraian: menyebutkan dan menjelaskan macam-macam perangkat input-proses-output sistem komputer.
TesPraktik-Proyek
.-

2.      ContohInstrumen:
1.1  LembarPengamatanSikap
No.
Aspek yang Diamati
BT
(1)
MT
(2)
MB
(3)
MK
(4)
1.
Berdoasebelummengerjakantugas.




2.
Tidakmenjiplakpadakegiatanmengonversiteks, membuatdefinisi, dandeskripsi.




3.
Tepatwaktumenyelesaikantugas




4.
Meresponshal-hal yang disampaikandalamlaporanhasilobservasi




5.
Menggunakan kata-kata yang santuntidakmenyinggungperasaan orang lain





BT    :  Belum teramati
MT   :  Mulai teramati
MB  :  Mulai Berkembang
MK  :  Makin konsisten

1.2  TesUraian
No.
Butir-butirSoal
1.
Sebutkan macam-macam sistem I/O komputer !
2.
Jelaskan macam-macam fungsi sistem I/O!
3.
Kelompokkan periperal komputer berdasarkan input, output.
4.
Kelompokkan .
5.
Jelaskan alur sistem Input, Proses, dan Output

PedomanPenskoranPengetahuan
No. Soal
Kriteria Penilaian
Skor
Rentang Nilai
Konversi
1.
Menyebutkan mcam-macam sistem i/o komputer.
a.       Tepat
b.      Kurang tepat
c.       Tidak tepat
d.      Tidak menjawab



4
 2 – 3 
1
0
< 6= 1,00
7 –  8    = 1,33
9  – 10  = 1,66
11 – 12  = 2,00
13 – 14  = 2,33
15 – 16  = 2,66
17 – 18  = 3,00
19 – 20  = 3,33
21 – 22  = 3,66
23 – 24  = 4,00
D
D+
C-
C
C+
B-
B
B+
A-
A
2.
Menjelaskan fungsi sistem I/O komputer.
a.       Tepat dan sesuai
b.      Kurang tepat
c.       Tidak tepat
d.      Tidak menjawab

4
 2 – 3 
1
0
3.
Kelompokkan periperal komputer berdasarkan input, outputTepat dan sesuai
a.       Kurang tepat
b.      Tidak tepat
c.       Tidak menjawab

4
 2 – 3 
1
0
4.



a.       Tepat dan sesuai
a.       Kurang tepat
b.      Tidak tepat
a.       Tidakmenjawab


4
 2 – 3 
1
0
5.
Jelaskan alur sistem Input, Proses, dan Output
a.       Tepat dan sesuai
b.      Kurang tepat
c.       Tidaktepat
d.      Tidakmenjawab

4
 2 – 3 
1
0

1.3  TesPraktik-Proyek
No.
Butir-butirSoal
-

-

Rubrik Penilaian Kemampuan Mengevakuasi Teks Laporan Hasi Observasi
No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Menyebutkan dan menjelaskan macam-macam perangkat sistem komputer
a.       Apakah macam-macam perangkat sistem I/O yang disebutkan sudah lengkap dan tepat?
b.      Apakah penjelasan mengenai perangkat sistem I/O sudah benar dan sesuai dengan materi pokok?



2.
Evaluasi hasil sistem proses komputer
Apakah hasil pembelajaran sudah tepat ?




3.  Lembar Penilaian
3.1  Lembar Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial
No.
Nama Siswa
1
(1-4)

2
(1-4)
3
(1-4)
4
(1-4)

5
(1-4)

Jumlah Skor
Nilai
Akhir
1.
Ahmad







2.
Ali







3.
Ami







Keterangan:
1= Religius,   2= Jujur,    3= Tanggung jawab,    4= Responsif,    5= Santun

3.2  Lembar Penilaian Pengetahuan
No.
Nama Siswa
1
(1-4)
2
(1-4)
3
(1-4)
4
(1-4)
5
(1-4)
6
(1-4)
Jml. Skor
Nilai
Kon-versi
Predi-kat
1.
Ahmad










2.
Ali










3.
Ami












Keterangan:
1 = Mengonversi laporan
2 = Menentukan sinonim
3 = Menentukan antonim
4 = Menentukankalimatsimpleks/kompleks
5 = Membuatkalimatdefinisi
6 = membuatkalimatdeskripsi

3.3  Lembar Penilaian Hasil Keterampilan
No.
Nama Siswa
1
(1-4)
2
(1-4)
Jumlah Skor
Nilai
Konversi
Predikat
1.
Ahmad






2.
Ali






3.
Ami







Keterangan:
1 = Struktur isi teks laporan hasil observasi
2 = Evaluasi struktur isi teks

.................
.....................


.........................





No comments: