RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
:
SMK ………………………..
Mata
Pelajaran : SISTEM KOMPUTER
Kelas/Semester :
XI/1
Materi
Pokok : SistemInput – Proses – Output
Alokasi
Waktu : 4 X 45 menit (2x
pertemuan)
A. KompetensiInti
KI-1. Menghayatidanmengamalkanajaran
agama yang dianutnya
KI-2. MenghayatidanMengamalkanperilakujujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsifdanproaktifdanmenunjukansikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamsertadalammenempatkandirisebagaicerminanbangsadalampergaulandunia.
KI-3. Memahami,
menerapkandanmenganalisispengetahuanfaktual, konseptualdanproseduralberdasarkan
rasa ingin-tahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya,
danhumanioradalamwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadiandalambidangkerja yang
spesifikuntukmemecahkanmasalah.
KI-4. Mengolah,
menalar, danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari
yang dipelajarinya di sekolahsecaramandiri,
danmampumelaksanakantugasspesifikdibawahpengawasanlangsung.
B. KompetensiDasardanIndikator
1) MensyukurianugerahTuhanataspemberiananugerahberupabuahpemikiranperhitungan.
2) Menunjukkanperilakujujur,
disiplin,dantanggungjawab, menerapkanperhitunganpadakehidupanbermasarakat.
3) Memahamisistem
input-proses-output.
4) Merencanakan dan membuatperangkat
input – output denganmenggunakanmodul I/O terprogram.
5) MemahamiPerangkatEksternal/Peripheral.
6) Merangkaiperangkateksternaldenganconsole
unit PerangkatEksternal/Peripheral
C. TujuanPembelajaran
1.
Setelahmengamatigambar/video sistemkomputersiswamampumemahami sistem input-output komputer dan memahami perangkat eksternal
periperal.
2.
Setelahmengamati video sistemkomputersiswamampumenyebutkanberbagaimacamPerangkat I/O yang
adapadasistemkomputer.
3.
MelaluikegiatanDiskusikelompok Siswa mampu
mendeskripsikan berbagai macam perangkat
I/O berdasarkan fungsinya.
4.
Setelahmengamatimetodekonversipada slidediharapkanSiswamampuMerangkaiperangkateksternaldenganconsole
unit PerangkatEksternal/Peripheral
D. MateriPembelajaran
- Penanaman
sikap: Disiplin,
danbertanggungjawabterhadapperhitungan.
- Pengenalansistemperangkat I/O.
3.
Sistemfungsi, danstrukturmasukan
4.
Teknik input-output
5.
Perangkatpemroses
6.
Sistem, fungsi, danstrukturkeluaran
7.
Modul Input Output (I/O) terprogram ( PPI )
- Pengenalan Periperal Komputer
E. MetodePembelajaran
1. Pendekatan : Discovery Learning
2. Metode : Diskusikelompok, observasi
F. Media, Alat, danSumberPembelajaran
1. Media
Pembelajaran : Observasi
2. AlatPembelajaran :
Laptop, Proyektor, .....
3. SumberPembelajaran :
a.
Youtube / sistem
i/o Komputer.
b.
Periperal
komputer.
c.
Slide show
sistem i/o.
G. Langkah-langkahPembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.
Salah seorangsiswamemimpindoa.
2.
Siswameresponssalamdanpertanyaandari guru
berhubungandengankondisidanpembelajaransebelumnya.
3.
Siswamenerimainformasitentangketerkaitanpembelajaransebelumnyadenganpembelajaran
yang akandilaksanakan.
4.
Siswamenerimainformasikompetensi, materi, tujuan, danlangkahpembelajaran yang
akandilaksanakan.
|
5menit
|
INTI
PertemuanKesatu
|
A.
MengamatiTayangan /gambartentang input-proses-output
padasistem
B.
Siswatanyajawabterkaittayangan/gambaratautekspembelajarantentangsistem
input-proses-output
C.
Siswa yang beranimenjawabmendapatpenghargaandari guru.
D.
Dengansikaptanggungjawabdandisiplin, siswamenjelaskanSistem
Komputer kepadateman
E.
Siswabersama guru mengoreksikesesuaianPenjelasan.
F.
Siswaberkelompokuntukmenganisasistemi/o.
G.
Perwakilansetiapkelompoksecarabergiliranmenyampaikanhasildiskusinya
yang ditanggapikelompoklaindengansantundan responsive.
|
15 menit
15 menit
|
INTI
PertemuanKedua
|
1.
Siswamendapattugasuntukmenjelaskansisteminput-proses-output
2.
Siswa
mendapat tugas untukmengoperaikanperangkat i/o komputer.
3.
SiswaberkelompokuntukMengumpulkaninformasi
o
Membuatgambar (diagram) hubunganantara unit
input, unit pemroses, dan unit output
o
Mengumpulkaninformasisistem, fungsi,
danstrukturmasukan/keluaran
o
Mengumpulkaninformasi unit pemroses
o
Mengumpulkaninformasiteknik input-output
o
Mengumpulkaninformasimodul input-output
terprogram
4.
Perwakilansetiapkelompoksecarabergiliranmenyampaikanhasildiskusinya
yang ditanggapikelompok lain dengansantundan responsive
5.
Siswa yang mendapatnilaitinggidiberipenghargaan.Sedangkansiswa
yang mendapatnilairendahdiberimotivasi
|
15 menit
15 menit
15 menit
|
PENUTUP
|
1.
Siswabersama guru menyimpulkanhasilpembelajaran.
2.
Siswabersama guru
melaksanakanrefleksiterhadapkegiatanpembelajaran yang telahdilakukan.
1.
Siswadan guru
merencanakantindaklanjutpembelajaranuntukpertemuanberikutnya.
|
10 menit
|
H. Penilaian
1.
Jenis/TeknikPenilaian
Jenis/Teknik
|
BentukInstrumen
|
Observasi
|
Lembarpengamatansikapdanrubric
|
TesTulis
|
Tesuraian: menyebutkan
dan menjelaskan macam-macam perangkat input-proses-output sistem komputer.
|
TesPraktik-Proyek
|
.-
|
2. ContohInstrumen:
1.1 LembarPengamatanSikap
No.
|
Aspek yang Diamati
|
BT
(1)
|
MT
(2)
|
MB
(3)
|
MK
(4)
|
1.
|
Berdoasebelummengerjakantugas.
|
|
|
|
|
2.
|
Tidakmenjiplakpadakegiatanmengonversiteks,
membuatdefinisi, dandeskripsi.
|
|
|
|
|
3.
|
Tepatwaktumenyelesaikantugas
|
|
|
|
|
4.
|
Meresponshal-hal yang
disampaikandalamlaporanhasilobservasi
|
|
|
|
|
5.
|
Menggunakan kata-kata yang
santuntidakmenyinggungperasaan orang lain
|
|
|
|
|
BT : Belum teramati
MT :
Mulai teramati
MB :
Mulai Berkembang
MK :
Makin konsisten
1.2 TesUraian
No.
|
Butir-butirSoal
|
1.
|
Sebutkan macam-macam sistem I/O komputer !
|
2.
|
Jelaskan macam-macam
fungsi sistem I/O!
|
3.
|
Kelompokkan periperal
komputer berdasarkan input, output.
|
4.
|
Kelompokkan .
|
5.
|
Jelaskan alur
sistem Input, Proses, dan Output
|
PedomanPenskoranPengetahuan
No.
Soal
|
Kriteria
Penilaian
|
Skor
|
Rentang
Nilai
|
Konversi
|
1.
|
Menyebutkan
mcam-macam sistem i/o komputer.
a.
Tepat
b.
Kurang tepat
c.
Tidak tepat
d.
Tidak menjawab
|
4
2 – 3
1
0
|
< 6= 1,00
7 – 8
= 1,33
9 – 10
= 1,66
11 – 12 = 2,00
13 – 14 = 2,33
15 – 16 = 2,66
17 – 18 = 3,00
19 – 20 = 3,33
21 – 22 = 3,66
23 – 24 = 4,00
|
D
D+
C-
C
C+
B-
B
B+
A-
A
|
2.
|
Menjelaskan
fungsi sistem I/O komputer.
a.
Tepat dan sesuai
b.
Kurang tepat
c.
Tidak tepat
d.
Tidak menjawab
|
4
2 – 3
1
0
|
||
3.
|
Kelompokkan periperal komputer berdasarkan input,
outputTepat
dan sesuai
a.
Kurang tepat
b.
Tidak tepat
c.
Tidak menjawab
|
4
2 – 3
1
0
|
||
4.
|
a.
Tepat dan sesuai
a.
Kurang tepat
b.
Tidak tepat
a.
Tidakmenjawab
|
4
2 – 3
1
0
|
||
5.
|
Jelaskan alur sistem Input, Proses, dan Output
a.
Tepat dan sesuai
b.
Kurang tepat
c.
Tidaktepat
d.
Tidakmenjawab
|
4
2 – 3
1
0
|
1.3 TesPraktik-Proyek
No.
|
Butir-butirSoal
|
-
|
-
|
Rubrik Penilaian Kemampuan Mengevakuasi Teks Laporan
Hasi Observasi
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Menyebutkan dan menjelaskan macam-macam perangkat
sistem komputer
|
a. Apakah
macam-macam perangkat sistem I/O yang disebutkan sudah lengkap dan tepat?
b. Apakah
penjelasan mengenai perangkat sistem I/O sudah benar dan sesuai dengan materi
pokok?
|
|
|
2.
|
Evaluasi hasil sistem proses komputer
|
Apakah hasil pembelajaran sudah
tepat ?
|
|
|
3. Lembar Penilaian
3.1 Lembar Penilaian Sikap Spiritual
dan Sosial
No.
|
Nama Siswa
|
1
(1-4)
|
2
(1-4)
|
3
(1-4)
|
4
(1-4)
|
5
(1-4)
|
Jumlah Skor
|
Nilai
Akhir
|
1.
|
Ahmad
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Ali
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Ami
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1= Religius,
2= Jujur, 3= Tanggung jawab, 4= Responsif, 5= Santun
3.2 Lembar Penilaian
Pengetahuan
No.
|
Nama Siswa
|
1
(1-4)
|
2
(1-4)
|
3
(1-4)
|
4
(1-4)
|
5
(1-4)
|
6
(1-4)
|
Jml. Skor
|
Nilai
|
Kon-versi
|
Predi-kat
|
1.
|
Ahmad
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Ali
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Ami
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1
= Mengonversi laporan
2
= Menentukan sinonim
3
= Menentukan antonim
4 = Menentukankalimatsimpleks/kompleks
5 = Membuatkalimatdefinisi
6 = membuatkalimatdeskripsi
3.3 Lembar Penilaian Hasil
Keterampilan
No.
|
Nama Siswa
|
1
(1-4)
|
2
(1-4)
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Konversi
|
Predikat
|
1.
|
Ahmad
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Ali
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Ami
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1
= Struktur isi teks laporan hasil observasi
2
= Evaluasi struktur isi teks
.................
.....................
.........................
No comments:
Post a Comment