rpp smk fisika ( Besaran dan Pengukuran) x/1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan          : SMK FARMASI
Mata Pelajaran                 : Fisika
Kelas/Semester                : X/Satu
Materi                              : Besaran dan Pengukuran
Alokasi Waktu                : 2 x JP

A.    Kompetensi Inti
1.       Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.       Menghayati dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.       Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kemanusiaan, kebangsaan, kenegaran, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan mintanya untuk memecahkan masalah.
4.       Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1
Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
3.1
Memahami (C2) besaran pokok dan turunannya
1.       Menghafal (C1) 7 macam besaran pokok beserta satuan dan dimensinya
2.       Menguraikan (C2) besaran turunan berdarakan besaran pokoknya
3.       Menguraikan (C2) besaran turunan menjadi dimensi besaran turunan
4.1
Mengukur (C4) besaran-besaran pokok dan konversinya
1.      Melakukan (C3) pengukuran berbagai macam benda dengan menggunakan alat ukur
2.      Menentukan konversi satuan besaran-besaran fisika





4.     Tujuan Pembelajaran
1)        Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2)        Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa memiliki dan menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3)        Setelah guru menampilkan besaran pokok dipapan, siswa dapat menghafalkan 7 besaran pokok, satuan dan dimensi dengan benar
4)        Melalui diskusi secara klasikal, siswa dapat menguraikan besaran turunan berdasarkan besaran pokoknya dengan benar
5)        Melalui diskusi dengan kelompok, siswa menguraikan besaran turunan menjadi dimensi besaran turunan dengan benar
6)        Setelah mendemonstrasikan cara menggunakan beberapa alat ukur fisika disepan kelas, siswa dapat melakukan pengukuran berbagai macam benda dengan benar dan teliti
7)        Menentukan konversi satuan besaran-besaran fisika

C.    Materi Pembelajaran
1.       Macam-macam Besaran Pokok
2.       Besaran Turunan.
Besaran turunan adalah besaran yang dapat diturunkan atau didefinisikan dari besaran pokok. Satuan besaran turunan disesuaikan dengan satuan besaran pokoknya. Salah satu contoh besaran turunan yang sederhana ialah luas. Luas merupakan hasil kali dua besaran panjang, yaitu panjang dan lebar. Oleh karenaitu, luas merupakan turunan dari besaran panjang.
Luas = panjang lebar
        = besaran panjang besaran panjang
Satuan luas = meter meter
      = meter persegi (m2)

3.       Pengukuran
Jangka sorong adalah alat yang digunakan untuk mengukur panjang, tebal, kedalaman lubang, dan diameter luar maupun diameter dalam suatu benda dengan batas ketelitian 0,1 mm. Jangka sorong mempunyai dua rahang, yaitu rahang tetap dan rahang sorong. Pada rahang tetap dilengkapi dengan skala utama, sedangkan pada rahang sorong terdapat skala nonius atau skala vernier. Skala nonius mempunyai panjang 9 mm yang terbagi menjadi 10 skala dengan tingkat ketelitian 0,1 mm. Hasil pengukuran menggunakan jangka sorong berdasarkan angka pada skala utama ditambah angka pada skala nonius yang dihitung dari 0 sampai dengan garis skala nonius yang berimpit dengan garis skala utama.

D.    Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan      : Saintifik
2.    Metode           : discovery, problem based learning
3.    Model              : STAD

E.     Media,alat dan sumber pembelajaran
Buku Teks Siswa, lembar kerja, dan alat ukur fisika

F.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama                
a.      Kegiatan Pendahuluan
1)      Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2)      Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan (motivasi)

b.      Kegiatan Inti
1)   Guru menayangkan beberapa besaran yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. (stimulasi)
2)   Siswa mengidentifikasi besaran-besaran tersebut kedalam besaran pokok dan besaran turunan. (mengamati)
3)   Salah satu siswa menuliskan hasil identifikasinya ke papan tulis (mengomunikasikan)
4)   Berdasarkan hasil identifikasi siswa, guru menayangkan macam besaran pokok beserta satuan dan dimensinya.
5)   Siswa mengamati macam besaran pokok yang disajikan oleh guru. (mengamati,)
6)   Tanya jawab klasikal siswa menguraikan besaran turunan terhadap besaran pokok. (menanya)
7)   Guru menampilkan contoh cara menguraikan dimensi besaran turunan. (mengamati)
8)   Guru membagi lembar kerja yang berisi beberapa besaran turunan yang harus diturunkan siswa menjadi dimensi
9)   Siswa mengerjakan lembar kerja secara berkelompok dengan rambu-rambu siswa yang telah paham menjelaskan pada teman satu kelompoknya yang belum jelas.
10)    Guru melakukan observasi sikap santun para siswa pada saat berdiskusi.
11)    Siswa melaporkan/memaparkan hasil diskusi kelompok untuk dibandingkan dengan kelompok lain.  (mengomunikasi)

c.       Kegiatan Penutup
1)        Meminta siswa menyimpulkan apa yang telah dipelajari hari itu secara tertulis maupun lisan.
2)   Mengecek pemahaman siswa atas pencapaian kompetensi secara tertulis
Pertemuan Kedua
a.    Kegiatan Pendahuluan
1)      Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2)      Guru menanyakan sudahkan menghafal macam-macam besaran pokok
3)      Guru menunjukkan benda-benda yang ada disekitar siswa, kemudian menanyakan berapa kira-kira ukuran benda tersebut (Motivation)
4)      Guru menjelaskan tujuan dan langkah pembelajaran hari ini.

b.   Kegiatan Inti
1)   Guru menunjuk benda-benda kemudian menanyakan alat ukur apa yang digunakan untuk mengukur benda tersebut. (Menanya)
2)   Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, 1 kelompok terdiri dari 5 orang siswa
3)   Guru membagikan jangka sorong, micrometer skrup, thermometer beserta lembar kerja pada masing-masing kelompok kemudian siswa ditugaskan mengukur benda-benda yang telah ditentukan. (Menanya)
4)   Siswa mengerjakan lembar kerja secara berkelompok.
5)   Siswa melaporkan hasil diskusi kelompok. Ada kelompok yang memaparkan cara pengukuran, ada kelompok yang memaparkan hasil pengukurannya. (Mengomunikasi)
6)   Setelah ditulis di papan siswa, ditugaskan untuk mengkonversikan kedalam satuan-satuan SI (Mengasosiasi)
7)   Siswa bersama guru membahas secara klasikal inti pemaparan yang disampaikan.

c.     Kegiatan Penutup
1)        Siswa bersama guru menyimpulkan inti hasil pemaparan di papan tulis.
2)        Siswa diberi tugas mengkonversikan satuan besaran-besaran fisika dirumah

G.    Penilaian
1.       Penilaian Pengetahuan
1.1 Bentuk                  : Soal tes tulis uraian nonobjektif
1.2 Bentuk                  : Tugas pekerjaan rumah yang diberikan pada pertemuan kedua
2.       Penilaian Keterampilan
Bentuk                                    : Penilaian portofolio hasil mengerjakan lembar kerja pada 
                                    pertemuan pertama dan kedua
3.       Penilaian Sikap
 Bentuk                       : Pengamatan/observasi sikap santun selama pembelajaran
         






                                    
      Nama Siswa                            :
Kelas                                       :
Tanggal observasi                    :
Materi Pokok                          : Pengukuran

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Menghormati teman sejawat




2
Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain.




3
Menggunakan bahasa santun saat menyampaikan pendapat dalam diskusi.




4
Menggunakan bahasa santun saat mengkritik pendapat teman




5
Bersikap 3 S (salam, senyum, sapa) saat berbicara




Jumlah Skor





4.       Petunjuk Penskoran Penilaian Sikap
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :



Mengetahui,                                            ..............................                                                                                                                                Guru



...........                                                              ..........................


No comments: