( RPP )
Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran :
Pengantar Ekonomi & Bisnis
Kelas/Semester :
X/1
Materi Pokok :
Cara menghitung berbagai biaya
pruduksi
Alokasi Waktu : 4X
45 menit
A.
Kompetensi Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, dan prosedural berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.(KI-1)
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli(gotongroyong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan mampu
mentransformasi diri dalam berperilaku jujur, dan Menghargai kerja individu dan kelompok sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan aktivitas ekonomi dan bisnis (KI-2/KD-2.2)
Indikator:
a. Terlibat secara aktif dalam proses
pembelajaran Mengenai penjelasan cara menghitung berbagai biaya produksi.
b. Bekerjasama dalam kegiatan kelompok dan
toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
3. Mendeskripsikan
berbagai bentuk ekspresi yang dapat diubah dalam menjelaskan cara penghitungan
berbagai biaya produksi.
(KI-3/KD-3.5)
Indikator:
a.
Menentukan bagaiman cara menghitung berbagai
biaya produksi.
4. Menyajikan
cara penghitungan berbagai biaya produksi, memilih strategi dan menerapkan
untuk menyelesaikan penghitungan biaya produksi serta memeriksa kebenaran
jawabannya.
Indikator:
a.
Menentukan Akar cara Penghitungan biaya produksi
b. Menentukan
cara Untuk Menemukan Hasil dari penghitungan biaya produksi. (KI-3)
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat bekerjasama secara efektif
atas rasa syukur pada Tuhan dengan cara berdiskusi.
2. Melalui pengamatan masalah siswa dapat
mengungkapkan pengertian dan menemukan cara penghitungan berbagai biaya
produksi
3. Melalui pengamatan masalah siswa dapat
mengungkapkan pengertian dan menemukan cara menghitung berbagai biaya produksi dalam
langkah pemecahan masalah.
4. Melalui pengamatan cara menghitung
berbagai biaya produksi siswa dapat menuliskan cara perhitungan berbagai biaya
produksi.
5. Melalui analisis aturan dan ciri-ciri penghitungan
berbagai biaya produksi siswa dapat menyelesaikan masalah berbagai biaya
produksi dengan penghitungan berbagai biaya produksi.
6. Melalui analisis cara penghitungan
berbagai biaya produksi siswa dapat menyelesaikan masalah berbagai biaya
produksi dengan cara penghitungan berbagai biaya produksi.
7. Melalui pengamatan masalah berbagai biaya
produksi siswa dapat mengungkapkan pengertian dan menemukan cara penghitungan
berbagai biaya produksi.
D.
MATERI PEMBELAJARAN
1. penghitungan
berbagai biaya produksi
a. Menemukan cara penghitungan berbagai biaya produksi
b. Menemukan cara penghitungan berbagai biaya produksi
c.
Menemukan cara Untuk Menemukan Hasil penghitungan berbagai biaya produksi
E.
METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan :
Pendekatan saintifik
2. Model :
Problem Based Learning (pembelajaran
berbasis masalah)
5 tahapan model PBL:
Fase 1 : orientasi peserta didik pada
masalah
Fase 2 : mengorganisasi peserta didik untuk belajar
Fase 3 : membimbing penyelidikan
individual dan kelompok
Fase 4 : mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Fase 5:
menganalisis dan mengevaluasi
proses pemecahan masalah
F.
MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media : Power Point
2. Alat : LCD
Laptop
Black
Board
3. Bahan : Buku Teks pengantar
ekonomi & bisnis untuk Peserta Didik
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Langkah-langkah
pembelajaran meliputi: 1) kegiatan pendahuluan untuk mempersiapkan peserta
secara pisik dan psikis secara kontektual, 2) kegiatan inti dilakukan
dengan pendekatan saintifik yang
mencakup: pengamatan, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan
mengkomunikasikan, serta 3) kegiatan penutup yang meliputi: rangkuman dan umpan
balik
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
(Tahap 1: mengorientasi
peserta didik pada masalah)
1. Memberi salam, peserta didik
mempersiapkan diri untuk mengikuti proses pembelajaran
2. Menanyakan kepada siswa kenyamanan
dan kesiapan untuk belajar
3. Guru menanyakan kehadiran peserta
didik
4. Guru memberikan motivasi belajar
5. Tanya jawab terkait materi
sebelumnya
6. Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai. Melakukan apersepsi dengan mengajukan
pertanyaan untuk mengarahkan siswa ke materi yang akan dipelajari yang
berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
|
20 menit
|
Inti
|
(Tahap 2: mengorganisasi peserta didik untuk
belajar)
Peserta
didik duduk dalam
kelompoknya
peserta
didik membaca masalah penghitungan berbagai biaya produksi dari bukupeserta didik dalam kelompok diskusi. (Mengamati)
Peserta didik bertanya jawab dalam kelompok diskusi
tentang cara penghitungan berbagai biaya produksi. (Menanya)
(Tahap 3: membimbing penyelidikan individual maupun kelompok)
Peserta didik dalam kelompok diskusi menentukan pengertian,
konsep, aturan, dan ciri-ciri perhitungan berbagai biaya produksi dalam
memecahkan masalah, guru sebagai fasilitator.(Mengumpulkan Informasi)
Peserta didik menyusun kalimat pengertian, konsep, aturan,
dan ciri-ciri persamaan kuadrat dalam
kelompok diskusi. (Mengasosiasi)
(Tahap 4: mengembangkan dan menyajikan hasil karya)
Peserta didik memaparkan hasil analisis diskusi kelompok dan
ditanggapi kelompok lain.Peserta didik
menukarkan hasil penyusunan kalimat pengertian, konsep, aturan, dan ciri-ciri
perhitungan berbagai biaya produksi dalam kelompok lain dan menganalisisnya. (Mengomunikasikan)
(Tahap 5: menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan
masalah)
Peserta didik antar kelompok menyampaikan hasil analisis pada
kegiatan tahap 4.
|
105 menit
|
Penutup
|
1. Peserta didik dan guru merangkum pengertian, konsep, aturan,
dan ciri-ciri perhittungan berbagai biaya produksi.
2. Klarifikasi peserta didik dibantu guru
untuk menyimpulkan materi cara penghitungan berbagai biaya produksi.
3. Evaluasi untuk mengukur ketercapaian
tujuan pembelajaran
4. Guru memberi penguatan bahwa belajar pengantarn
ekonomi & bisnis itu menyenangkan.
5. Peserta didik melakukan refleksi tentang
pelaksanaan pembelajaran
6. Guru memberikan tugas pekerjaan rumah
perorangan yaitu pada buku siswa uji komptensi
|
20 menit
|
H.
PENILAIAN
1.
Non
Tes (Terlampir)
a.
Lembar
Penilaian Diri (Terlampir)
b.
Lembar
Pengamatan Kerja Kelompok (Terlampir)
c.
Lembar
Pengamatan Presentasi (Terlampir)
Mengetahui, ……………………..
Kepala
Sekolah Guru
………………… ………..
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran : Pengantar ekonomi & bisnis
Materi Pokok : Cara penghitungan berbagai biaya produksi
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan :
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan dengan melihat rubrik penskoran
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
Jumlah SKor
|
||||||||||||||
Perhatian
Terhadap Pelajaran
|
Bertanya
|
Mengerjakan
Tugas
|
Bekerjasama
|
Toleransi
|
|||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik Penskoran:
Indikator penilaian sikap Perhatian terhadap pelajaran
3
|
=
|
siswa mendengarkan penjelasan guru, mencatat hal-hal yang dianggap
penting dan menjawab pertanyaan guru
|
2
|
=
|
siswa mendengarkan penjelasan guru, mencatat hal-hal yang dianggap
penting tetapi tidak menjawab pertanyaan guru
|
1
|
=
|
siswa tidak mendengarkan penjelasan guru dan tidak mencatat
hal-hal yang penting
|
Indikator penilaian sikap Bertanya
3
|
=
|
siswa mengajukan pertanyaan tentang materi dan permasalahan yang
dipelajari lebih dari dua kali dalam satu kali pertemuan
|
2
|
=
|
siswa hanya sekali atau dua kali mengajukan pertanyaan tentang
materi dan permasalahan yang dipelajari dalam satu kali pertemuan
|
1
|
=
|
siswa tidak mengajukan pertanyaan
|
Indikator penilaian sikap Mengerjakan tugas
3
|
=
|
siswa ikut mengerjakan semua tugas yang diberikan oleh guru
|
2
|
=
|
siswa ikut mengerjakan sebagian tugas yang diberikan oleh guru
|
1
|
=
|
siswa tidak ikut mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru
|
Indikator
penilaian sikap Bekerjasama
3
|
=
|
siswa dapat berinteraksi dengan teman sekelompoknya dan membantu
teman kelompok yang kesulitan dalam mengerjakan LKS
|
2
|
=
|
siswa dapat berinteraksi dengan teman tetapi tidak membantu teman
kelompok yang kesulitan dalam mengerjakan LKS
|
1
|
=
|
siswa tidak dapat berinteraksi dengan teman sekelompoknya, tetapi
hanya sebagai penulis hasil diskusi LKS
|
Indikator
penilaian sikap Toleransi
3
|
=
|
siswa mau menerima teman kelompok, menghargai pendapat teman,
tidak menunjukkan sikap marah waktu diskusi
|
2
|
=
|
siswa mau menerima teman kelompok, menghargai pendapat teman,
tidak menunjukkan sikap marah waktu diskusi
|
1
|
=
|
siswa mau menerima teman kelompok, menghargai pendapat teman,
tidak menunjukkan sikap marah waktu diskusi
|
Kriteria Sikap berdasarkan jumlah skor yang dicapai :
5 – 7 : KURANG
8 – 10 : CUKUP
11 – 13 : BAIK
14 – 15 : SANGAT
Mata Pelajaran : Pengantar
ekonomi & bisnis
Materi Pokok : Cara penghitungan berbagai biaya produksi
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan :
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan dengan melihat rubrik penskoran
No
|
Nama Siswa
|
Keterampilan
|
Nilai
|
||
Menerapkan konsep/prinsip
dan strategi pemecahan masalah
|
|||||
KT
|
T
|
ST
|
|
||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KT : Kurang terampil ( Skor 1 )
T : Terampil
( Skor 2 )
ST : Sangat terampil ( Skor 3 )
NILAI UNSUR
KETRAMPILAN = ( SKOR/3) x 100
Indikator terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan Cara penghitungan berbagai biaya produksi.
1. Kurang terampil jika sama sekali tidak dapat
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan Cara
penghitungan berbagai biaya produksi.
2.
Terampil jika menunjukkan sudah ada usaha untuk menerapkan konsep/prinsip
dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan Cara penghitungan berbagai biaya produksi.
3.
Sangat terampil ,jika menunjukkan
adanya usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan
masalah yang relevan yang berkaitan dengan Cara penghitungan berbagai biaya produksi.
INSTRUMEN EVALUASI DIRI
Mata Pelajaran : Pengantar ekonomi & bisnis
Materi Pokok : Cara penghitungan berbagai biaya produksi
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai dengan kemampuan kalian!
No
|
Komponen
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Apakah kalian mengerti Cara penghitungan
berbagai biaya produksi
|
|
|
2
|
Apakah kalian mengerti
cara menentukan penghitungan berbagai biaya
produksi
|
|
|
3
|
Apakah kalian dapat
menentukan Cara penghitungan berbagai biaya produksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan :
………………………………………………………
………………………………………………………
………………………………………………………
………………………………………………………
Jember, ……………….2013
Nama
Peserta
No comments:
Post a Comment