rpp smk Pengantar Ekonomi & Bisnis (Cara menghitung berbagai biaya pruduksi)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan                : SMK
Mata Pelajaran                      : Pengantar Ekonomi & Bisnis
Kelas/Semester                      : X/1
Materi Pokok                         : Cara menghitung berbagai biaya
                                                   pruduksi
Alokasi Waktu                       : 4X 45 menit

A.    Kompetensi Inti
1.     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.     Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan  prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.     Kompetensi Dasar  dan Indikator
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.(KI-1)
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli(gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan mampu mentransformasi diri dalam berperilaku jujur, dan Menghargai kerja individu dan kelompok sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan aktivitas ekonomi dan bisnis (KI-2/KD-2.2)

Indikator:
a.    Terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran Mengenai penjelasan cara menghitung berbagai biaya produksi.
b.    Bekerjasama dalam kegiatan kelompok dan toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
3.      Mendeskripsikan berbagai bentuk ekspresi yang dapat diubah dalam menjelaskan cara penghitungan berbagai biaya produksi.
(KI-3/KD-3.5)
Indikator:
a.        Menentukan bagaiman cara menghitung berbagai biaya produksi.
4.      Menyajikan cara penghitungan berbagai biaya produksi, memilih strategi dan menerapkan untuk menyelesaikan penghitungan biaya produksi serta memeriksa kebenaran jawabannya.
Indikator:
a.      Menentukan Akar cara Penghitungan biaya produksi
b.      Menentukan cara Untuk Menemukan Hasil dari penghitungan biaya produksi. (KI-3)
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa dapat bekerjasama secara efektif atas rasa syukur pada Tuhan dengan cara berdiskusi.
2.      Melalui pengamatan masalah siswa dapat mengungkapkan pengertian dan menemukan cara penghitungan berbagai biaya produksi
3.      Melalui pengamatan masalah siswa dapat mengungkapkan pengertian dan menemukan cara menghitung berbagai biaya produksi dalam langkah pemecahan masalah.
4.      Melalui pengamatan cara menghitung berbagai biaya produksi siswa dapat menuliskan cara perhitungan berbagai biaya produksi.
5.      Melalui analisis aturan dan ciri-ciri penghitungan berbagai biaya produksi siswa dapat menyelesaikan masalah berbagai biaya produksi dengan penghitungan berbagai biaya produksi.
6.      Melalui analisis cara penghitungan berbagai biaya produksi siswa dapat menyelesaikan masalah berbagai biaya produksi dengan cara penghitungan berbagai biaya produksi.
7.      Melalui pengamatan masalah berbagai biaya produksi siswa dapat mengungkapkan pengertian dan menemukan cara penghitungan berbagai biaya produksi.
D.    MATERI PEMBELAJARAN
1. penghitungan berbagai biaya produksi
a. Menemukan cara penghitungan berbagai biaya produksi
b. Menemukan cara penghitungan berbagai biaya produksi
c. Menemukan cara Untuk Menemukan Hasil penghitungan berbagai biaya produksi
E.     METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan : Pendekatan saintifik
2.      Model         : Problem Based Learning (pembelajaran berbasis masalah)
  5 tahapan model PBL:
Fase 1 : orientasi peserta didik pada masalah
Fase 2 : mengorganisasi peserta didik untuk belajar
Fase 3 : membimbing penyelidikan individual dan kelompok
Fase 4 : mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Fase 5: menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
F.     MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media          : Power Point
2. Alat             : LCD
Laptop
  Black Board
3. Bahan          : Buku Teks pengantar ekonomi & bisnis untuk Peserta Didik
G.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN                             
Langkah-langkah pembelajaran meliputi: 1) kegiatan pendahuluan untuk mempersiapkan  peserta  secara pisik dan psikis secara kontektual, 2) kegiatan inti dilakukan dengan pendekatan saintifik  yang mencakup: pengamatan, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan, serta 3) kegiatan penutup yang meliputi: rangkuman dan umpan balik

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
(Tahap 1: mengorientasi peserta didik pada masalah)
    1.     Memberi salam, peserta didik mempersiapkan diri untuk mengikuti proses pembelajaran
    2.     Menanyakan kepada siswa kenyamanan dan kesiapan untuk belajar
    3.     Guru menanyakan kehadiran peserta didik
    4.     Guru memberikan motivasi belajar
    5.     Tanya jawab terkait materi sebelumnya
    6.     Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai. Melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan siswa ke materi yang akan dipelajari yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
20 menit
Inti
(Tahap 2: mengorganisasi peserta didik untuk belajar)
Peserta didik duduk dalam kelompoknya
peserta didik membaca masalah penghitungan berbagai biaya produksi dari bukupeserta didik dalam kelompok diskusi. (Mengamati)

Peserta didik bertanya jawab dalam kelompok diskusi tentang cara penghitungan berbagai biaya produksi. (Menanya)

(Tahap 3: membimbing penyelidikan individual maupun kelompok)
Peserta didik dalam kelompok diskusi menentukan pengertian, konsep, aturan, dan ciri-ciri perhitungan berbagai biaya produksi dalam memecahkan masalah, guru sebagai fasilitator.(Mengumpulkan Informasi)

Peserta didik menyusun kalimat pengertian, konsep, aturan, dan ciri-ciri persamaan kuadrat  dalam kelompok diskusi. (Mengasosiasi)

(Tahap 4: mengembangkan dan menyajikan hasil karya)
Peserta didik memaparkan hasil analisis diskusi kelompok dan ditanggapi kelompok lain.Peserta didik menukarkan hasil penyusunan kalimat pengertian, konsep, aturan, dan ciri-ciri perhitungan berbagai biaya produksi dalam kelompok lain dan menganalisisnya. (Mengomunikasikan)

 (Tahap 5: menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah)

Peserta didik antar kelompok menyampaikan hasil analisis pada kegiatan tahap 4.

105 menit
Penutup
1.    Peserta didik dan guru merangkum pengertian, konsep, aturan, dan ciri-ciri perhittungan berbagai biaya produksi.
2.    Klarifikasi peserta didik dibantu guru untuk menyimpulkan materi cara penghitungan berbagai biaya produksi.
3.    Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
4.    Guru memberi penguatan bahwa belajar pengantarn ekonomi & bisnis itu menyenangkan.
5.    Peserta didik melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
6.    Guru memberikan tugas pekerjaan rumah perorangan yaitu pada buku siswa uji komptensi

20 menit


H.    PENILAIAN
1.      Non Tes (Terlampir)
a.       Lembar Penilaian Diri (Terlampir)
b.      Lembar Pengamatan Kerja Kelompok (Terlampir)
c.       Lembar Pengamatan Presentasi (Terlampir)



Mengetahui,                                                                                              ……………………..
Kepala Sekolah                                                                                         Guru



…………………                                                                                      ………..


INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP

Mata Pelajaran            : Pengantar ekonomi & bisnis
Materi Pokok              : Cara penghitungan berbagai biaya produksi
Kelas/Semester            : X/1
Tahun Pelajaran           : 2013/2014
Waktu Pengamatan     :

Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan dengan melihat rubrik penskoran

No
Nama Siswa
Sikap
Jumlah SKor
Perhatian Terhadap Pelajaran
Bertanya
Mengerjakan Tugas
Bekerjasama
Toleransi
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1

















2

















3

















4


















Rubrik Penskoran:
Indikator penilaian sikap Perhatian terhadap pelajaran
3
=
siswa mendengarkan penjelasan guru, mencatat hal-hal yang dianggap penting dan menjawab pertanyaan guru
2
=
siswa mendengarkan penjelasan guru, mencatat hal-hal yang dianggap penting tetapi tidak menjawab pertanyaan guru
1
=
siswa tidak mendengarkan penjelasan guru dan tidak mencatat hal-hal yang penting
Indikator penilaian sikap Bertanya
3
=
siswa mengajukan pertanyaan tentang materi dan permasalahan yang dipelajari lebih dari dua kali dalam satu kali pertemuan
2
=
siswa hanya sekali atau dua kali mengajukan pertanyaan tentang materi dan permasalahan yang dipelajari dalam satu kali pertemuan
1
=
siswa tidak mengajukan pertanyaan
Indikator penilaian sikap Mengerjakan tugas
3
=
siswa ikut mengerjakan semua tugas yang diberikan oleh guru
2
=
siswa ikut mengerjakan sebagian tugas yang diberikan oleh guru
1
=
siswa tidak ikut mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru

Indikator penilaian sikap Bekerjasama
3
=
siswa dapat berinteraksi dengan teman sekelompoknya dan membantu teman kelompok yang kesulitan dalam mengerjakan LKS
2
=
siswa dapat berinteraksi dengan teman tetapi tidak membantu teman kelompok yang kesulitan dalam mengerjakan LKS
1
=
siswa tidak dapat berinteraksi dengan teman sekelompoknya, tetapi hanya sebagai penulis hasil diskusi LKS


Indikator penilaian sikap Toleransi
3
=
siswa mau menerima teman kelompok, menghargai pendapat teman, tidak menunjukkan sikap marah waktu diskusi
2
=
siswa mau menerima teman kelompok, menghargai pendapat teman, tidak menunjukkan sikap marah waktu diskusi
1
=
siswa mau menerima teman kelompok, menghargai pendapat teman, tidak menunjukkan sikap marah waktu diskusi

Kriteria Sikap berdasarkan jumlah skor yang dicapai :
5 – 7      : KURANG
8 – 10    : CUKUP
11 – 13  : BAIK
14 – 15  : SANGAT


Mata Pelajaran            : Pengantar ekonomi & bisnis
Materi Pokok              : Cara penghitungan berbagai biaya produksi
Kelas/Semester            : X/1
Tahun Pelajaran           : 2013/2014
Waktu Pengamatan     :


Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan dengan melihat rubrik penskoran



No


Nama Siswa
Keterampilan
Nilai
Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah
KT
T
ST

1





2





3





4





5






Keterangan:
KT       : Kurang terampil ( Skor 1 )
T          : Terampil            ( Skor 2 )
ST        : Sangat terampil ( Skor 3 )

NILAI UNSUR KETRAMPILAN = ( SKOR/3) x 100

Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan Cara penghitungan berbagai biaya produksi.
1. Kurang terampil jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan Cara penghitungan berbagai biaya produksi.
2.   Terampil jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan Cara penghitungan berbagai biaya produksi.
3.   Sangat terampil ,jika menunjukkan adanya  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan Cara penghitungan berbagai biaya produksi.

INSTRUMEN EVALUASI DIRI

Mata Pelajaran            : Pengantar ekonomi & bisnis
Materi Pokok              : Cara penghitungan berbagai biaya produksi
Kelas/Semester            : X/1
Tahun Pelajaran           : 2013/2014

Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai dengan kemampuan kalian!

No
Komponen
Ya
Tidak
1
Apakah kalian mengerti Cara penghitungan berbagai biaya produksi


2
Apakah kalian mengerti cara menentukan  penghitungan berbagai biaya produksi


3
Apakah kalian dapat menentukan Cara penghitungan berbagai biaya produksi











Catatan : ………………………………………………………
                 ………………………………………………………
                 ………………………………………………………
                 ………………………………………………………

                                                                                                                        Jember, ……………….2013

           
                                                                                                                        Nama Peserta










No comments: