RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMK …………………………
Kelas/Semester : X/ Satu
Mata
Pelajaran : Pemrograman
Dasar
Materi :
Algoritma Pemrograman
Alokasi Waktu :
2x Pertemuan@ 90 menit
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama islam.
2.
Menghayati dan mengamalkan prilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kemanusiaan, kebangsaan, kenegaran, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan mintanya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah, menalar dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1
|
Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
|
2.1
|
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;
kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari- hari sebagai
wujud implementasi sikap dalammelakukan percobaan dan berdiskusi.
|
3.1
|
Memahami penggunaan
data dalam algoritma dan konsep algoritmapemrograman
1. Menjelaskan pengertian dan fungsi algoritma.
2. Menyebutkan ciri-cirialgoritma.
3. Mengemukakan tiga struktur algoritma.
|
4.1
|
Menggunakan
algoritma pemrogramanuntuk memecahkan permasalahan
1.
Menerapkan
algoritma dasar dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Menelaah urutan algoritma
3.
Menelaah
dengan struktur algoritma
4.
Menerapkan
algoritma kedalam bentuk simbol-simbol flowchar
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Selama
dan setelah proses
pembelajaran, siswa dapat memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan
keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakan.
2.
Selama
dan setelah proses
pembelajaran, siswa memiliki danmenunjukkan perilaku
ilmiah dengan memiliki rasa ingin tahu, bersifat objektif, jujur, telilit,
bertanggung jawab, kritis kreatif peduli
pada lingkungan dalam aktivitas sehari-hari dari wujud implementasi sikap dalam
melakukan percobaan dan berdiskusi.
3.
Setelah
membaca materialgoritma,siswa dapat menjelaskanpengertian
algoritma dan fungsinya dengan benar.
4.
Setelah tanya jawab klasikal, siswa dapat menyebutkan ciri-ciri algoritma dengan benar.
5.
Melalui
diskusi, siswa dapat mengemukakan lima struktur algoritma.
6.
Melalui
diskusi, siswa dapat memecahkan
masalah dengan konsep algoritma.
7.
Melalui
diskusi, siswa dapat menelaah isi
struktur algoritma dengan benar.
8.
Setelah
memahami algoritma siswa dapat mengimplementasikan
dalam simbol flowchart, siswa dapat
menceritakan kembali secara lisan proses/alur pemecahan masalah.
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Pengertian algoritma.
Algoritma adalah langkah-langkah
logis yang disusun secara sistematis untuk menyelesaikan masalah.
2.
Ciri-ciri algoritma.
a. Algoritma harus berhenti
setelah mengerjakan sejumlah langkah terbatas
b. Setiap langkah harus
didefinisikan secara tepat dan tidak berarti dua
c. Memiliki nol atau lebih
masukan (input)
d. Mempunyi nol atau lebih
keluaran (output)
e. Algoritma harus efektif
3. Struktur
algoritma
a.
Struktur sekuensial (runtunan)
b.
Struktur seleksi (pemilihan)
c.
Struktur repetition (pengulangan)
4.
Simbol flowchart.
Terlampir
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan :
Saintifik
(mengamati, menanya, mengumpulkan fakta, mengasosiasi, mengomunikasi)
2.
Metode :
discovery, problem based learning.
3. Model : think pair and share
(pbl, discovery, project)
F.
Media,alat dan sumber pembelajaran
Buku Teks
Siswa, LCD, dan
contoh algoritma
G.
Kegiatan
Pembelajaran
(pertemuan 1-3 digunakan discovery
learning= penemuan)
(pertemuan 4 digunakan problem
based learning= pemecahan masalah)
Pertemuan Pertama
a.
Kegiatan
Pendahuluan
1)
Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2)
Menanyakan kepada siswa kenyamanan
dan kesiapan untuk belajar
3)
Guru menanyakan kehadiran peserta
didik dan memberikan motivasi belajar
4)
Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5)
Siswa
menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
b.
Kegiatan
Inti
1) Guru menayangkan dalam bentuk
slidetahapan dalam beraktifitas menelphon.
2) Siswa memprediksi isi slade
secara berpasangan/berkelompok.
3) Siswa membaca materi yang
disiapkan oleh guru.
4) Tanya jawab klasikal siswa menjelaskan pengertian algoritma.
5) Siswa membaca materi unsur dan ciri-ciri
algoritma dari materi yang disiapkan
oleh guru.
6) Tanya jawab klasikal siswa menyebutkan unsur dan ciri-ciri
dari materi yang dibaca.
7) Guru membagi lembar kerja yang berisi
pertanyaan-pertanyaan berupa langka-langkah dalam menyelesaikan
sebuah permasalah
8) Siswa mengerjakan secara berkelompok dengan merujuk
pada informasi buku siswa dan hasil tanya jawab klasikal.
9) Guru melakukan observasi sikap santun para siswa pada
saat berdiskusi.
10) Siswa melaporkan/memaparkan hasil diskusi kelompok
untuk ditanggapi kelompok lain.
c.
Kegiatan
Penutup
1) Meminta siswa menyimpulkan apa yang telah dipelajari
hari itu (apakah sesuai dengan tujuan pembelajaran) secara tertulis maupun
lisan.
2) Mengecek pemahaman siswa atas pencapaian kompetensi secara
tertulis
3) Menugaskan siswa untuk membuat
algoritma dalam kehidupan sehari-hari.
Pertemuan
Kedua
d.
Kegiatan
Pendahuluan
1)
Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2)
Menanyakan kepada siswa kenyamanan
dan kesiapan untuk belajar
3)
Guru menanyakan kehadiran peserta
didik dan memberikan motivasi belajar
4)
Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5)
Siswa
menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
a. Kegiatan inti
1) Siswa dibagi
dalam empat kelompok.
2) Siswa diberi permasalahan dan pemecahana
masalah dalam bentuk algoritma dari berbagai sumber tertulis, maupun internet.
3) Guru
membagikan lembar
permasalahan lengkap dengan algoritmanyakepada masing-masing kelompok. Lembar permasalahan dan algoritmayang dibagikan
ada 2
permasalahan. Tiap 2 kelompok
mendapatkan judul yang sama.
4) 2 Siswa diminta
menelaah algoritma
tersebut
dan menganalisis apakah ciri-ciri
dan
struktur algoritma
sudah
terpenuhi dalam teks tersebut.
5) Guru
memberikan lembar kerja dengan pertanyaan, masalah, dan pemecahan masalah:
Apakah teks tersebut memenuhi unsur dan struktur, kalau terpenuhi mana buktinya
dan apa alasannya. Jika tidak terpenuhi/atau terpenuhi sebagian mana buktinya
dan apa alasannya. Bagaimana atau apa yang harus ditambahkan agar terpenuhi
unsur, dan struktur
algoritma.Apa kesimpulan siswa terkait dengan masalah itu.
6) Siswa
memaparkan hasil diskusi kelompok dengan penekanan membandingkan hasil kerja
tiap dua kelompiok yang mengerjakan judul yang sama.
7) Siswa
mengumpulkan hasil kerja kelompok yang telah dikerjakan dalam lembar kerja.
8)
Guru memberikan soal tes ulangan secara tertulis.
b.
Kegiatan
Penutup
1) Guru
menutup pembelajaran dengan salam, dan menyampaikan bahwa pertemuan yang akan
datang akan membahas penggunaan
data, variabel, dan nilai percabangan.
2) Guru
meminta pada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.
H.
Penilaian
1.
Penilaian
Pengetahuan
1.1 Bentuk : Soal tes tulis uraian
nonobjektif
Soal
1) Jelaskan pengertian algoritma !
2) Sebutkan ciri-ciri algoritma!
3)
Tuliskan algoritma menghidupkan dan
mamatikan komputer !
1.2 Bentuk : Tugas pekerjaan rumah yang
diberikan pada pertemuan pertama
2.
Penilaian
Keterampilan
Bentuk : Penilaian portofolio
hasil mengerjakan lembar kerja pada
pertemuan
pertama dan kedua
3.
Penilaian Sikap
Bentuk :
Pengamatan/observasi sikap santun selama
pembelajaran
Nama Siswa :
Kelas :
X
Tanggal observasi :
Materi Pokok : Algoritma
pemrograman
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Menghormati orang yang lebih tua, dan
temannya
|
||||
2
|
Mengucapkan
terima kasih setelah menerima bantuan orang lain.
|
||||
3
|
Menggunakan bahasa santun saat
menyampaikan pendapat dalam diskusi.
|
||||
4
|
Menggunakan bahasa santun saat
mengkritik pendapat teman
|
||||
5
|
Bersikap
3S (salam, senyum, sapa) saat berbicara
|
||||
Jumlah Skor
|
A. Pedoman
Penilaian/Petunjuk Penskoran
1.
Tes Tulis
Uraian
No
soal
|
Kunci jawaban
|
Penskoran
|
Bobot
|
1
|
Algoritma adalah langkah-langkah logis yang disusun secara sistematis untuk menyelesaikan
masalah
|
20
|
1
|
2
|
Ciri-ciri
algoritma.
a.
Algoritma harus
berhenti setelah mengerjakan sejumlah langkah terbatas
b. Setiap langkah harus didefinisikan secara tepat dan tidak berarti dua
c. Memiliki nol atau lebih masukan (input)
d. Mempunyi nol atau lebih keluaran (output)
e.
Algoritma harus
efektif
|
60
|
3
|
3
|
1. Algoritma
menghidupkan komputer
-
Memasang kabel power komputer dan monitor
pada stopkontak arus listrik
-
Tekan tombol on/off pada monitor
-
Tekan tombol on/off pada kokmputer
-
Tunggu proses loading sampai masuk pada
sistem operasi
-
Komputer siap dioperasikan
2. Algoritma
mematikan komputer
-
Pilih menu start
-
Pilih botton shutdown
-
Tunggu proses sampai layar monitr blank dan
cpu mati
-
Matikan monitr
-
Cabut kabel power monitor dan komputer pada
stopkontak listrik
|
100
|
4
|
Nilai akhir tiap nomor dihitung dari jumlah skor yang dicapai tiap soal dibagi
bobot dikalikan 100. Hasil penilaian akhir tiap soal dijumlahkan untuk menentukan nilai hasil ulangan.
2. Tugas Pekerjaan rumah
No
|
Unsur
|
Kunci
jawaban
|
Penskoran
|
Bobot
|
1
|
Mencari permasalahan
dalam kehidupan sehari-hari
|
25
|
||
2
|
Menuangkan dalam
algoritma
|
25
|
||
3
|
Memasukkan algoritma
kedalam simbol flowchart
|
50
|
Nilai akhir tiap nomor dihitung dari jumlah skor yang dicapai tiap unsur dibagi
bobot dikalikan 100. Hasil penilaian akhir tiap unsur dijumlahkan untuk menentukan nilai hasil tugas pekerjaan
rumah.
3. Portofolio pertemuan pertama
No
|
Aspek
|
Kunci
jawaban
|
Penskoran
|
Bobot
|
1
|
Ciri-ciri algoritma
-
Berhenti setelah mengerjakan sejummlah
langkah terbatas
|
(Tidak bisa dicontohka di sini karena tergantung permasalahan yang dimunculkan di kelas.)
|
Setiap dijawab benar skornya 1.
Jadi skor maksimal 10
|
5
|
-
Didefinisikan secara tepat
|
5
|
|||
-
Memiliki nol atau lebih masukan (input)
|
5
|
|||
-
Mempunyai nol atau lebih keluaran (output)
|
5
|
|||
-
Algoritma harus efektif
|
5
|
|||
Total
bobot
|
50
|
|||
2
|
Sturktur
algoritma
|
(Tidak bisa dicontohka di sini karena tergantung permasalahan yang dimunculkan di kelas.)
|
||
1. Sekuensial
(runtunan)
|
5
|
|||
2. Seleksi
(pemilihan)
|
5
|
|||
3. Repetition
(pengulangan)
|
5
|
|||
Total
bobot
|
50
|
Nilai akhir tiap nomor dihitung dari jumlah skor yang dicapai tiap aspek dibagi
bobot dikalikan 100. Hasil penilaian akhir tiap aspek dijumlahkan untuk menentukan nilai hasil portofolio.
4. Petunjuk Penskoran Penilaian
Sikap
Skor akhir menggunakan skala
1 sampai 4
Perhitungan skor akhir
menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan
= 20, maka skor akhir :
Sesuai
Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh
nilai adalah :
Sangat Baik :
apabila memperoleh skor : 3,33 < skor
≤ 4,00
Baik :
apabila memperoleh skor : 2,33 < skor
≤ 3,33
Cukup :
apabila memperoleh skor : 1,33 < skor
≤ 2,33
Kurang :
apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,33
Kepala Sekolah
Suyanto Purnomo, S.Pd.
|
Jember, 11 September 2014
Guru Mapel
Taufik Hidayat
|
INSTRUMEN EVALUASI DIRI
Mata Pelajaran : Pemrograman Dasar
Materi Pokok : Algoritma
Pemrograman
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai dengan kemampuan kalian!
No
|
Komponen
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Apakah
kalian mengerti konsep algoritma
|
||
2
|
Apakah
kalian mengerti cara menentukan ciri-ciri
algoritma
|
||
3
|
Apakah
kalian dapat menentukan struktur algoritma
|
||
4
|
Apakah
kalian dapat dapat menyelesaikan permasalahan
tersebut dengan menggunakan simbol-simbol flowchart?
|
||
5
|
Apakah
kalian dapat membedakan penggunaan algoritma
dan flowchart?
|
Catatan :
………………………………………………………
………………………………………………………
………………………………………………………
………………………………………………………
..........................................
Nama peserta didik
|
No comments:
Post a Comment