Rpp smk pemrograman dasar algoritma pemrograman x/1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan          : SMK …………………………
Kelas/Semester               : X/ Satu
Mata Pelajaran                : Pemrograman Dasar
Materi                              : Algoritma Pemrograman
Alokasi Waktu                 : 2x Pertemuan@ 90 menit

A.      Kompetensi Inti
1.       Menghayati dan mengamalkan ajaran agama islam.
2.       Menghayati dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.       Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kemanusiaan, kebangsaan, kenegaran, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan mintanya untuk memecahkan masalah.
4.       Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1
Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa  ingin  tahu;  objektif;  jujur;  teliti; cermat; tekun;   hati-hati;   bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari- hari sebagai wujud implementasi sikap dalammelakukan percobaan dan berdiskusi.
3.1
Memahami penggunaan data dalam algoritma dan konsep algoritmapemrograman
1.       Menjelaskan pengertian dan fungsi algoritma.
2.       Menyebutkan ciri-cirialgoritma.
3.       Mengemukakan tiga struktur algoritma.
4.1
Menggunakan algoritma pemrogramanuntuk memecahkan permasalahan
1.    Menerapkan algoritma dasar dalam kehidupan sehari-hari.
2.    Menelaah urutan algoritma
3.    Menelaah dengan struktur algoritma
4.    Menerapkan algoritma kedalam bentuk simbol-simbol flowchar

 
C.      Tujuan Pembelajaran
1.       Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakan.
2.       Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa memiliki danmenunjukkan perilaku ilmiah dengan memiliki rasa ingin tahu, bersifat objektif, jujur, telilit, bertanggung  jawab, kritis kreatif peduli pada lingkungan dalam aktivitas sehari-hari dari wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
3.       Setelah membaca materialgoritma,siswa dapat menjelaskanpengertian algoritma dan fungsinya dengan benar.
4.       Setelah tanya jawab klasikal, siswa dapat menyebutkan ciri-ciri algoritma dengan benar.
5.       Melalui diskusi, siswa dapat mengemukakan lima struktur algoritma.
6.       Melalui diskusi, siswa dapat memecahkan masalah dengan konsep algoritma.
7.       Melalui diskusi, siswa dapat menelaah isi struktur algoritma dengan benar.
8.       Setelah memahami algoritma siswa dapat mengimplementasikan dalam simbol flowchart, siswa dapat menceritakan kembali secara lisan proses/alur pemecahan masalah.

D.      Materi Pembelajaran
1.     Pengertian algoritma.
Algoritma adalah langkah-langkah logis yang disusun secara sistematis untuk menyelesaikan masalah.

2.       Ciri-ciri algoritma.
a.   Algoritma harus berhenti setelah mengerjakan sejumlah langkah terbatas
b.   Setiap langkah harus didefinisikan secara tepat dan tidak berarti dua
c.   Memiliki nol atau lebih masukan (input)
d.   Mempunyi nol atau lebih keluaran (output)
e.   Algoritma harus efektif

3.       Struktur algoritma
a.    Struktur sekuensial (runtunan)
b.    Struktur seleksi (pemilihan)
c.    Struktur repetition (pengulangan)

4.       Simbol flowchart.
Terlampir
E.       Metode Pembelajaran
1.   Pendekatan                  : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan fakta, mengasosiasi, mengomunikasi)
2.   Metode                          : discovery, problem based learning.
3.   Model                            : think pair and share (pbl, discovery, project)

F.       Media,alat dan sumber pembelajaran
Buku Teks Siswa, LCD, dan contoh algoritma

G.      Kegiatan Pembelajaran
(pertemuan 1-3 digunakan discovery learning= penemuan)
(pertemuan 4 digunakan problem based learning= pemecahan masalah)
Pertemuan Pertama
a.    Kegiatan Pendahuluan
1)    Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2)    Menanyakan kepada siswa kenyamanan dan kesiapan untuk belajar
3)    Guru menanyakan kehadiran peserta didik dan memberikan motivasi belajar
4)    Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5)    Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
b.    Kegiatan Inti
1)  Guru menayangkan dalam bentuk slidetahapan dalam beraktifitas menelphon.
2)  Siswa memprediksi isi slade secara berpasangan/berkelompok.
3)  Siswa membaca materi yang disiapkan oleh guru.
4)  Tanya jawab klasikal siswa menjelaskan pengertian algoritma.
5)  Siswa membaca materi unsur dan ciri-ciri algoritma dari materi yang disiapkan oleh   guru.
6)  Tanya jawab klasikal siswa menyebutkan unsur dan ciri-ciri dari materi yang dibaca.
7)  Guru membagi lembar kerja yang berisi pertanyaan-pertanyaan berupa langka-langkah dalam menyelesaikan sebuah permasalah
8)  Siswa mengerjakan secara berkelompok dengan merujuk pada informasi buku siswa dan hasil tanya jawab klasikal.
9)  Guru melakukan observasi sikap santun para siswa pada saat berdiskusi.
10)   Siswa melaporkan/memaparkan hasil diskusi kelompok untuk ditanggapi kelompok lain.

c.    Kegiatan Penutup
1)  Meminta siswa menyimpulkan apa yang telah dipelajari hari itu (apakah sesuai dengan tujuan pembelajaran) secara tertulis maupun lisan.
2)  Mengecek pemahaman siswa atas pencapaian kompetensi secara tertulis
3)  Menugaskan siswa untuk membuat algoritma dalam kehidupan sehari-hari.

Pertemuan Kedua
d.    Kegiatan Pendahuluan
1)    Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2)    Menanyakan kepada siswa kenyamanan dan kesiapan untuk belajar
3)    Guru menanyakan kehadiran peserta didik dan memberikan motivasi belajar
4)    Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5)    Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan


a.    Kegiatan inti
1)      Siswa dibagi dalam empat kelompok.
2)      Siswa diberi permasalahan dan pemecahana masalah dalam bentuk algoritma dari berbagai sumber tertulis, maupun internet.
3)      Guru membagikan lembar permasalahan lengkap dengan algoritmanyakepada masing-masing kelompok. Lembar permasalahan dan algoritmayang dibagikan ada 2 permasalahan. Tiap 2 kelompok mendapatkan judul yang sama.
4)      2 Siswa diminta menelaah algoritma tersebut dan menganalisis apakah ciri-ciri dan struktur algoritma sudah terpenuhi dalam teks tersebut.
5)      Guru memberikan lembar kerja dengan pertanyaan, masalah, dan pemecahan masalah: Apakah teks tersebut memenuhi unsur dan struktur, kalau terpenuhi mana buktinya dan apa alasannya. Jika tidak terpenuhi/atau terpenuhi sebagian mana buktinya dan apa alasannya. Bagaimana atau apa yang harus ditambahkan agar terpenuhi unsur, dan struktur algoritma.Apa kesimpulan siswa terkait dengan masalah itu.
6)      Siswa memaparkan hasil diskusi kelompok dengan penekanan membandingkan hasil kerja tiap dua kelompiok yang mengerjakan judul yang sama.
7)      Siswa mengumpulkan hasil kerja kelompok yang telah dikerjakan dalam lembar kerja.
8)      Guru memberikan soal tes ulangan secara tertulis.

b.    Kegiatan Penutup
1)      Guru menutup pembelajaran dengan salam, dan menyampaikan bahwa pertemuan yang akan datang akan membahas penggunaan data, variabel, dan nilai percabangan.
2)      Guru meminta pada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.

H.      Penilaian
1.       Penilaian Pengetahuan
1.1 Bentuk                   : Soal tes tulis uraian nonobjektif
      Soal
1)    Jelaskan pengertian algoritma !
2)    Sebutkan ciri-ciri algoritma!
3)    Tuliskan algoritma menghidupkan dan mamatikan komputer !

1.2 Bentuk                   : Tugas pekerjaan rumah yang diberikan pada pertemuan pertama


2.       Penilaian Keterampilan
Bentuk                         : Penilaian portofolio hasil mengerjakan lembar kerja pada 
                                    pertemuan pertama dan kedua



3.       Penilaian Sikap
 Bentuk                                    : Pengamatan/observasi sikap santun selama 
                                               pembelajaran

        Nama Siswa                                        :
Kelas                                                     : X
Tanggal observasi                            :
Materi Pokok                                     : Algoritma pemrograman
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Menghormati orang yang lebih tua, dan temannya




2
Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain.




3
Menggunakan bahasa santun saat menyampaikan pendapat dalam diskusi.




4
Menggunakan bahasa santun saat mengkritik pendapat teman




5
Bersikap 3S (salam, senyum, sapa) saat berbicara




Jumlah Skor






A.      Pedoman Penilaian/Petunjuk Penskoran
1.       Tes Tulis Uraian
No
soal
Kunci  jawaban
Penskoran
Bobot
1
Algoritma adalah langkah-langkah logis yang disusun secara sistematis untuk menyelesaikan masalah
20
1
2
Ciri-ciri algoritma.
a.     Algoritma harus berhenti setelah mengerjakan sejumlah langkah terbatas
b.    Setiap langkah harus didefinisikan secara tepat dan tidak berarti dua
c.     Memiliki nol atau lebih masukan (input)
d.    Mempunyi nol atau lebih keluaran (output)
e.       Algoritma harus efektif
60
3
3
1.       Algoritma menghidupkan komputer
-          Memasang kabel power komputer dan monitor pada stopkontak arus listrik
-          Tekan tombol on/off pada monitor
-          Tekan tombol on/off pada kokmputer
-          Tunggu proses loading sampai masuk pada sistem operasi
-          Komputer siap dioperasikan
2.       Algoritma mematikan komputer
-          Pilih menu start
-          Pilih botton shutdown
-          Tunggu proses sampai layar monitr blank dan cpu mati
-          Matikan monitr
-          Cabut kabel power monitor dan komputer pada stopkontak listrik
100
4
Nilai akhir tiap nomor dihitung dari  jumlah skor yang dicapai tiap soal dibagi bobot dikalikan 100. Hasil penilaian akhir tiap soal dijumlahkan  untuk menentukan nilai hasil ulangan.

2.       Tugas Pekerjaan rumah
No
Unsur
Kunci jawaban
Penskoran
Bobot

1
Mencari permasalahan dalam kehidupan sehari-hari


25
2
Menuangkan dalam algoritma


25
3
Memasukkan algoritma kedalam simbol flowchart


50
Nilai akhir tiap nomor dihitung dari  jumlah skor yang dicapai tiap unsur dibagi bobot dikalikan 100. Hasil penilaian akhir tiap unsur dijumlahkan  untuk menentukan nilai hasil tugas pekerjaan rumah.

3.       Portofolio pertemuan pertama
No
Aspek
Kunci jawaban
Penskoran
Bobot

1
Ciri-ciri algoritma
-          Berhenti setelah mengerjakan sejummlah langkah terbatas
(Tidak bisa dicontohka di sini karena tergantung permasalahan yang dimunculkan di kelas.)
Setiap  dijawab benar skornya 1. Jadi skor maksimal 10
5
-          Didefinisikan secara tepat


5
-          Memiliki nol atau lebih masukan (input)


5
-          Mempunyai nol atau lebih keluaran (output)



5
-          Algoritma harus efektif


5



Total bobot
50
2
Sturktur algoritma

(Tidak bisa dicontohka di sini karena tergantung permasalahan yang dimunculkan di kelas.)






1.       Sekuensial (runtunan)


5
2.       Seleksi (pemilihan)


5
3.       Repetition (pengulangan)


5











Total bobot
50
Nilai akhir tiap nomor dihitung dari  jumlah skor yang dicapai tiap aspek dibagi bobot dikalikan 100. Hasil penilaian akhir tiap aspek dijumlahkan  untuk menentukan nilai hasil portofolio.






4.       Petunjuk Penskoran Penilaian Sikap
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :

Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai adalah :
Sangat Baik         : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                       : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup                   : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang  : apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,33





Kepala Sekolah




Suyanto Purnomo, S.Pd.
Jember, 11 September 2014
Guru Mapel




Taufik Hidayat






INSTRUMEN EVALUASI DIRI

Mata Pelajaran                                 : Pemrograman Dasar
Materi Pokok                     : Algoritma Pemrograman
Kelas/Semester                : X/1
Tahun Pelajaran               : 2014/2015

Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai dengan kemampuan kalian!

No
Komponen
Ya
Tidak
1
Apakah kalian mengerti konsep algoritma


2
Apakah kalian mengerti cara menentukan ciri-ciri algoritma


3
Apakah kalian dapat menentukan struktur algoritma


4
Apakah kalian dapat dapat menyelesaikan permasalahan tersebut dengan menggunakan simbol-simbol flowchart?


5
Apakah kalian dapat membedakan penggunaan algoritma dan flowchart?



Catatan : ………………………………………………………
                     ………………………………………………………
                     ………………………………………………………
                     ………………………………………………………

                                                                                                                                                               

..........................................



Nama peserta didik



No comments: