RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Identitas
Program Pendidikan
Sekolah
|
:
|
SMK .....................
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Pemrograman Dasar
|
Komp.
Keahlian
|
:
|
Rekayasa Perangkat Lunak
|
Kelas/Semester
|
:
|
X/Ganjil
|
Tahun
Pelajaran
|
:
|
2017/2018
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
3 X 3 JP @ 45 menit
|
A. Kompetensi Inti
1.
KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
2.
KI 3:Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
3.
KI4:Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator
3.1. Menerapkan alur logika pemrograman
komputer
a. Menjelaskan algoritma
pemrograman
b. Menerapkan algoritma
pemrograman dalam menyelesaikan masalah
c. Menjelaskan algoritma
pemrograman menggunakan flowchart
d. Menerapkan flowchart dalam
menyelesaikan masalah
4.1. Membuat alur logika
pemrograman komputer
a. Membuat alur program
menggunakan teks algoritma
b. Membuat program menggunakan
symbol flowchart
C.
Tujuan
pembelajaran
Siswa diharapkan dapat :
a.
Mengerti, menerapkan algoritma dan flowchart dalam
penyelesaian masalah di kehidupan sehari-hari
b.
Mengerti, menerapkan algoritma dan flowchart dalam
pembuatan program
D.
Materi Ajar
1. Algoritma pemrograman
2. Flowchart
E.
Pendekatan, Model dan Metode
Pembelajaran
1. Penyampaian
2. Tanya jawab
3. Tes Program
4. Praktek
F.
Alat, Bahan, Media, dan Sumber
pembelajaran
Alat : Laptop, LCD
Bahan : Spidol, Kertas
Media : Slide Powerpoint
Sumber Belajar : Buku Buku Algoritma
dan Pemrograman Pascal
Internet
Modul produktif,
Buku Algoritma dan pemograman tingkat Dasar
G.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab sapaan guru, berdoa, dan mengondisikan
diri siap belajar
2.
Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan
identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga negara yang baik.
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
4.
Guru memotivasi siswa agar semakin giat belajar
|
15 Menit
|
B.
Inti
|
Mengamati
:
1.
Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan mengenai algoritma pemrograman
2.
Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan mengenai contoh penerapan
algoritma dalam kehidupan sehari-hari
3.
Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan mengenaicontoh penerapan algoritma
dalam pembuatan program.
Menanya :
1. Siswa
berdikusi menganalisa penggunaan algoritma dalam kehidupan sehari-hari.
2. Siswa
berdikusi menganalisa penggunaan algoritma dalam pembuatan program.
Mengeksplorasi:
1. Siswa membuat algoritma penyelesaian
masalah dalam kehidupan sehari-hari
2. Siswa membuat algoritma
pembuatan program komputer
3.
Mengasosiasi:
1. Siswa membuat
sebuah kesimpulan tentang penggunaan algoritma dalam sebuah program sederhana.
Mengkomunikasikan:
1. Siswa membuat
sebuah laporan dan mempresentasikan hasil dari sebuah program sederhana.
|
105 Menit
|
C.
Penutup
|
1.
Mereview kembali materi yang telah disampaikan
2.
Siswa mengerjakan evaluasi
3.
Siswa saling memberikan umpan balik hasil
evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
|
15 Menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab sapaan guru, berdoa, dan
mengondisikan diri siap belajar
2.
Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan
identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga negara yang baik.
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
4.
Guru memotivasi siswa agar semakin giat belajar
|
15 Menit
|
B.
Inti
|
Mengamati
:
1.
Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan
mengenai flowchart.
2.
Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan
mengenai flowchart dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan
mengenai flowchart dalam pembuatan program.
Menanya :
1.
Siswa berdikusi menganalisa penggunaan flowchart
dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Siswa berdikusi menganalisa penggunaan
flowchart dalam pembuatan program.
Mengeksplorasi:
1. Siswa membuat algoritma penyelesaian
masalah dalam kehidupan sehari-hari
2. Siswa membuat algoritma
pembuatan program komputer
Mengasosiasi:
1. Siswa membuat
sebuah kesimpulan tentang penggunaan algoritma dalam sebuah program sederhana.
Mengkomunikasikan:
1. Siswa membuat
sebuah laporan dan mempresentasikan hasil dari sebuah program sederhana.
|
105 Menit
|
C.
Penutup
|
1.
Mereview kembali materi yang telah disampaikan
2.
Siswa mengerjakan evaluasi
3.
Siswa saling memberikan umpan balik hasil
evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
|
15 Menit
|
Pertemuan 3
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A. Pendahuluan
|
1. Siswa
menjawab sapaan guru, berdoa, dan mengondisikan diri siap belajar
2. Guru
dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang dibutuhkan
sebagai warga negara yang baik.
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
4.
Guru memotivasi siswa agar semakin giat belajar
|
15 Menit
|
B.
Inti
|
Mengamati
:
1.
Siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan
penerapan algoritma pemrograman dan flowchart dalam pembuatan program
Menanya
:
1. Siswa
berdikusi menganalisa penggunaan algoritma dan flowchart dalam
pembuatan program
Mengeksplorasi:
1. Siswa membuat algoritma dan
flowchart pembuatan program komputer
Mengasosiasi:
1. Siswa membuat
sebuah kesimpulan tentang penggunaan algoritma dan flowchart dalam sebuah
program sederhana.
Mengkomunikasikan:
2. Siswa membuat
sebuah laporan dan mempresentasikan hasil dari sebuah program sederhana.
|
a.
Menit
|
2.
Penutup
|
1.
Mereview kembali materi yang telah disampaikan
2.
Siswa mengerjakan evaluasi
3.
Siswa saling memberikan umpan balik hasil
evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
|
15 Menit
|
H.
Penilaian
No
|
Kompetensi
|
Teknik penilaian
|
Bentuk penilaian
|
1.
|
Pengetahuan
|
|
|
3.1. Menerapkan alur logika
pemrograman komputer
|
Tes Tertulis
|
Jawaban singkat
|
|
2.
|
Keterampilan
|
|
|
4.1. Membuat alur logika
pemrograman komputer
|
Praktik
|
Jawaban
|
Kompetensi Dasar
|
IPK
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
3.1.
Menerapkan alur logika pemrograman komputer
|
a. Menjelaskan algoritma
pemrograman
b. Menerapkan algoritma
pemrograman dalam menyelesaikan masalah
c. Menjelaskan algoritma
pemrograman menggunakan flowchart
d. Menerapkan flowchart
dalam menyelesaikan masalah
|
1.
Siswa mampu menjelaskan algoritma pemrograman dan
flowchart
2.
Siswa mampu menerapkan algoritma dan flowchart dalam
kehidupan sehari-hari
3.
Siswa dapat menerapkan algoritma dan flowchart dalam
pembuatan program
|
Tes Tertulis
|
1.
Jelaskan apa ang dimaksud
algoritma pemrograman
2.
Jelaskan apa yang dimaksud
flowchart
3.
Berikan contoh penerapan
algoritma pemrograman dan flowchart dalam kegidupan dehari-hari
4.
Berika contoh penerapan
algoritma pemrograman dan flowchart dalam alur logika komputer
|
4.1. Membuat alur logika
pemrograman komputer
|
a.
Membuat alur program menggunakan teks algoritma
b.
Membuat program menggunakan symbol flowchart
|
1. Siswa
dapat membuat alur logika pemrograman komputer menggunakan algoritma dan
flowchart
|
Tes Praktik
|
1. Buatlah alur logika pemrograman computer menggunakan flowcart dan
algoritma
|
Kunci Jawaban Soal :
Perhitungan nilai praktik (NP) :
|
Prosentase Bobot Komponen Penilaian
|
Nilai Praktik
(NP)
|
||||
|
Persiapan
|
Proses
|
Hasil
|
Sikap
|
Waktu
|
∑ NK
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
Bobot (%)
|
5
|
50
|
15
|
20
|
10
|
|
Skor Maksimal
|
6
|
15
|
12
|
6
|
3
|
|
Skor Perolehan
|
|
|
|
|
|
|
NK
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1. Bobot diisi dengan prosentase setiap
komponen. Besarnya prosentase dari setiap
komponen
ditetapkan secara proposional sesuai karakteristik program keahlian.
2. NK = Nilai Komponen, skor perolehan dibagi
maksimal skor dikali bobot
3. NP = penjumlahan dari hasil perhitungan
nilai komponen
4. Jenis komponen penilaian (persiapan,
proses, , hasil, sikap kerja dan waktu) disesuaikan
dengan
karakter program keahlian.
I.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik Penilaian
(terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian
observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari,
baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung
dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
1
|
Soenarto
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek
perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring
dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka
peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri.
Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan
terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan
dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan
merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan
oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format
penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya ikut serta
mengusulkan ide/gagasan.
|
50
|
|
250
|
62,50
|
C
|
2
|
Ketika kami berdiskusi, setiap
anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
|
50
|
|||
3
|
Saya ikut serta dalam membuat
kesimpulan hasil diskusi kelompok.
|
50
|
|
|||
4
|
...
|
100
|
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian
ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama
halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan
penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya.
Berikut Contoh format penilaian teman sebaya:
Nama yang diamati : ...
Pengamat : ...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat teman.
|
100
|
|
450
|
90,00
|
SB
|
2
|
Memberikan solusi terhadap
permasalahan.
|
100
|
|
|||
3
|
Memaksakan pendapat sendiri kepada
anggota kelompok.
|
|
100
|
|||
4
|
Marah saat diberi kritik.
|
100
|
|
|||
5
|
...
|
|
50
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk
pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan
Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal(Lihat lampiran)
b.
Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda(Lihat lampiran)
-
Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
25
|
50
|
75
|
100
|
|||||
1
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
|||
3
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
|||
4
|
Ekspresi
|
|
|
|
|
|||
5
|
Penampilan
|
|
|
|
|
|||
6
|
Gestur
|
|
|
|
|
-
Penugasan(Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan
yang terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan
orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawaban
dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh
instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian
keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon dengan pertanyaan
|
|
|
|
|
2
|
Keserasian pemilihan kata
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian penggunaan tata bahasa
|
|
|
|
|
4
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
Kriteria penilaian (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor
yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi diskusi
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan menyelesaikan masalah
|
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
-
Penilaian Proyek(Lihat Lampiran)
-
Penilaian Produk(Lihat Lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan
semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
2.
Instrumen Penilaian
(terlampir)
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan Ketiga
3.
Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
a.
Remedial
Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM),
maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya sebagai berikut :
1) Jelaskan tentang alur
logika!
2) Jelaskan tentang flowchart!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD / Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No
|
Nama Peserta Didik
|
Nilai Ulangan
|
Indikator yang Belum Dikuasai
|
Bentuk Tindakan Remedial
|
Nilai Setelah Remedial
|
Keterangan
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
b.
Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM
(Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
1)
Membaca buku-buku tentang alur logika yang relevan.
2)
Mencari informasi secara online tentang alur logika.
3)
Mengamati langsung tentang pembuatan program
komputer berdasarkan alur logika.
...................., 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMK ................................... Guru
Mata Pelajaran
.......................................... ...............................
Catatan
Kepala Sekolah
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
No comments:
Post a Comment