RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMK
Kelas/Semester : X/ Satu
Mata
Pelajaran : Pengantar
Akuntansi
Materi :
Pengertian,tujuan dan peran akuntansi
Alokasi Waktu :
2X45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan prilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kemanusiaan, kebangsaan, kenegaran, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan mintanya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah, menalar dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1
Mensyukuri karunia Tuhan Yang maha Esa, atas keteraturan yang
salah satunya melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam akuntansi.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur,disiplin, taanggung jawab,
peduli,santun,ramah lingkungan, gotong royong) dalam melakukan pembelajaran
sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran akuntansi.
3.1 Menjelaskan pengertian, tujuandanperanakuntansi
1. Menjelaskan
pengertian akuntansi
2. Menjelaskan dan menggali tujuan akuntansi dalam dunia usaha
3. Mengidentifikasi peran akuntansi di berbagai usaha
4.1 Mengevaluasiperanakuntansi di
berbagaiusaha
1. Mengasosiasikan peran akuntansi di
berbagai usaha
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Selama
dan setelah proses
pembelajaran, siswa dapat mensyukuri karunia Tuhan atas keteraturan yang salah
satunya melalui pengembangan berbagai keterampilan dalam akuntansi.
2.
Selama
dan setelah proses
pembelajaran, siswa menunjukkan perilaku ilmiah (jujur,disiplin, taanggung jawab,
peduli,santun,ramah lingkungan, gotong royong) dalam melakukan pembelajaran
sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran akuntansi.
3.
Setelah membaca materi pengertian,
jenis dan peran akuntansi , siswa dapat menjelaskan pengertian akuntansi.
4.
Setelah tanya jawab klasikal, siswa
dapat menjelaskan dan menggali tujuan akuntansi dalam dunia usaha.
5.
Melalui
diskusi, siswa dapat mengidentifikasi peran akuntansi dalam perusahaan.
6.
Melalui
diskusi, siswa dapat mengasosiasikan peran akuntansi di berbagai usaha.
D.
Materi Pembelajaran
1. Pengertian
akuntansi
Akuntansi
adalah sistem informasi keuangan yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak
yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.
2. Tujuan
Akuntansi
Tujuan
akuntansi yaitu:
a. Membuat
perencanan yang efektif, sekaligus mengadakan pengawasan, serta pengambilan
keputusan ekonommi yang tepat oleh manajemen.
b. Pertanggung
jawaban entitas kepada investor, kreditor, pemerintah dan sebagainya.
3. Peran
akuntansi
Peran
akuntansi yaitu:
a. Bagi
manajer yaitu untuk penyusunan perusahaan, evaluasi kemajuan
b. Bagi
investor yaitu untuk menganalisis perkembangan organisasi yang bersangkutan.
c. Bagi
kreditor yaitu pemberian kredit bagi calon nasabahnya.
d. Bagi
instansi pemerintah, untuk penetapan besarnya pajak yang harus dibayar oleh
organisasi yang bersangkutan.
e. Organisasi
nirlaba yaitu mengajukan kenaikan gaji, tunjangan-tunjangan dan lainya.
E.
Metode
Pembelajaran:
1. Pendekatan : Saintifik
F. Media dan Sumber Pembelajaran
Buku pengantar Akuntansi
G. Kegiatanpembelajaran:
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Siswa
merespon salam
2.
Guru
mengabsen siswa
3.
Siswa
menerima informasi kompetensi, materi tujuan, manfaaat dan langkah
pembelajran yang akan dilaksanakan.
4. Guru memberikan stimulus
pada siswa untuk mengetahui kemampuan awalnya mengenai akuntansi
|
10 mnt
|
Kegiatan Inti
|
1.Siswa mempelajari buku teks
mengenai pengertian akuntansi
2. Tanya jawab klasikal siswa
menjelaskan pengertian akuntansi
3. Siswa membaca buku teks mengenai
tujuan akuntansi
4. Tanya jawab klasikal siswa menjelaskan
dan menggali tujuan akuntansi dalam dunia usaha
5. Siswa mendengarkan
penjelasan dari guru mengenai pihak-pihak yang berkepentingan dalam informasi
akuntansi
6. Guru membagi lembar kerja
yang berisi pertanyaan mengenai peran
akuntansi bagi pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi
7. Siswa mengerjakan lembar
kerja secara berkelompok dengan merujuk pada informasi buku siswa dan hasil
penjelasan guru
8. Guru melakukan observasi
sikap motivasi internal dalam memahami akuntansi
9. Siswa memaparkan hasil
diskusi kelompok
|
65 mnt
|
Penutup
|
1.
Siswa
bersama guru menyimpulkan hasil materi yang telah dipelajari
2. Guru memberikan soal latihan
sacara tertulis
3.
3.
Guru menugaskan siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.
|
15
mnt
|
H.
Penilaian
1.
Penilaian pengetahuan
1.1 Bentuk : Soal tes tulis uraian
Soal
1.
A. Sebutkan pengertian akuntansi
ditinjau dari susdut penggunanya!
B.Sebutkan pengertian akuntansi
ditinjau dari sudut proses kegiatannya!
2.
Sebutkan tujuan dari akuntansi !
3.
Siapa sajakah pengguna kauntansi itu dan untuk apakah akuntansi itu bagi setiap
penggunanya!
2. Penilaian Keterampilan
Bentuk : Penilaian portofolio hasil
mengerjakan lembar kerja
3. Penilaian
Sikap
Bentuk : Pengamatan/observasi sika motivasi
internal selama pembelajaran
Lembar
pengamatan sikap/proses
No
|
Aspek
|
Skor
|
Catatan
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
1.
|
Memilikimotivasi internal denganmenunjukkan rasa
ingintahudalammemahamiakuntansi
|
|
|
|
· Lihat rubrik
|
I.
Pedoman
Penilaian/Petunjuk penskoran
1.
Tes tulis Uraian
No
soal
|
Kunci jawaban
|
Penskoran
|
Bobot
|
1
|
a.
Ditinjau
dari pengguna akuntansi, akuntansi adalah suatu disiplin ilmu atau aktivitas
jasa yang menyediakan informasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan
secara efisiendan mengevaluasi kegiatan suatu entitas atau transaksi yang bersifat keuangan
b. Ditinjau dari proses , akuntansi adalah proses
pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan dan penganalisaan data
keuangan suatu entitas .
|
Skor
maksimal 3
Skor
maksimal 4
|
15
15
|
2
|
Tujuan akuntansi yaitu :
1.
Membuat
perencanaan efektif, sekaligus mengadakan pengawasan, serta mengmbil
keputusan ekonomi yang tepat oleh manajemen
2.
Pertanggung
jawaban entitas kepada para investor, kreditor, pemerintah dan sebagainya
|
Skor
maksimal 3
|
20
|
3
|
Pengguna akuntansi dan guna akuntansi bagi setiap penggunanya
a.
Manajer,
untuk penyusunan perencanaan perusahaan dan mengevaluasi hasil yang dicapai
perusahaan
b. Investor,Menganalisis perkembangan organisasi yang
bersangkutan
c.
Kreditor,
untuk pemberian kredit
d. Instansi pemerintah,mennetukan besarnyan pajak
e. Organisasi nirlaba, untuk penyusunan anggaran dan pemberian gaji karyawan
|
Skor
maksimal 10
|
50
|
Nilai akhir
tiap nomor dihitung dari jumlah skor tiap soal dibagi bobot persoal diklikan
100. Hasil penilaian akhir nilai akhir tiap soal ditotal.
2.
Portofolio
NO
|
ASPEK
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
BOBOT
|
1.
2.
3.
4.
|
Jika kamu seorang manajer suatu
perusahaan perhotelan, akuntansi dalam perusahaanmu berguna sebagai apa?
Jika kamu ingin menanam modal padasuatu
perusahaan, apa gunanya akuntansi untuk dirimu
Jika kamu salah satu pihak
karyawan suatu bank yang ingin memberikan pinjaman pada suatu perusahaan, apa
manfaat akuntansi bagi bank tempat kamu bekerja!
Apakah koperasi juga memerlukan
suatu akuntansi,dan diskusikan untuk apa akuntansi bagi koperasi tersebut
|
Terlampir
|
|
25
25
25
25
|
3.
Petunjuk penskoran nilai sikap
No
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Skor
|
1
|
Memiliki
motivasi internal dengan menunjukkan
rasa ingin tahu dalam memahami akuntansi
|
· Siswa
menunjukkan rasa ingin tahu dalam memahami akuntansi minimal mengajukan
pertanyaan dan atau pernyataan2
· Siswa
menunjukkan rasa ingin tahu dalam memahami akuntansi minimal mengajukan
pertanyaan dan atau pernyataan 1
· Siswa
menunjukkan rasa ingin tahu dalam memahami akuntansi minimal memperhatikan
guru dan siswa lain yang mengajukan
pertanyaan atau pernyataan.
|
3
2
1
|
|
|
Perhitungan
…..,
…..
Mengetahui,
Kepala SMK … Guru
Mata pelajaran
……………………… ……………………
No comments:
Post a Comment