RPP K13 C1 PENGANTAR EKONOMI BISNIS


 RPP K13 C1 PENGANTAR EKONOMI BISNIS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan           : SMK ....................................
Kelas/Semester                 : X/ Satu
Mata Pelajaran                 : Pengantar Ekonomi Bisnis
Materi                              : Model dan Pelaku Ekonomi
Alokasi Waktu                 : 2x Pertemuan @ 45 menit

A.      Kompetensi Inti
1.       Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.       Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujur, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggung-jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan aktivitas sehari-hari
3.       Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kemanusiaan, kebangsaan, kenegaran, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.       Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
2.1
Menghargai kerja individu dan kelompok sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan aktivitas ekonomi dan bisnis
3.1


4.1
Memahami macam- macam pelaku ekonomi, melalui lisan maupun tulisan.
1.       Menyebutkan pelaku  ekonomi
2.       Menjelaskan peran pelaku ekonomi
Mengklasifikasikan model dan pelaku ekonomi

C.      Tujuan Pembelajaran
1.       Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat mensyukuri anugerah Tuhan dalam memahami pengertian pelaku ekonomi dan peran menjadi pelaku ekonomi  sesuai dengan kaidah dan konteks guna kesejahteraan bersama.
2.       Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa memiliki dan menunjukkan sikap tanggung jawab, santun, peduli, dan responsif dalam menjadi pelaku ekonomi di kehidupan sehari-hari mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.       Setelah membaca materi masalah ekonomi dan cara pemecahan masalah ekonomi ,siswa dapat menjelaskan peran pelaku ekonomi dengan benar.
4.       Setelah tanya jawab klasikal, siswa dapat menyebutkan  siapa saja yang menjadi pelaku ekonomi dengan benar.
5.       Melalui diskusi, siswa dapat mengemukakan macam- macam pelaku ekonomi dan peran pelaku ekonomi dengan benar.
6.       Setelah mendiskusikannya, siswa dapat menjelaskan peran pelaku  ekonomi dengan benar.
7.       Melalui diskusi, siswa dapat menelaah siapa saja yang termasuk pelaku ekonomi di lingkungan sekitar dengan benar.
8.       Melalui diskusi, siswa dapat menyebutkan kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi dengan benar.
9.       Setelah melalui diskusi, siswa dapat menelaah siapa saja yang termasuk pelaku ekonomi dan memahami peran pelaku  ekonomi dengan benar, menyebutkan kebijakan pemerintah dan siswa dapat menceritakan kembali secara lisan.

D.      Materi Pembelajaran
1.     Pengertiian pelaku ekonomi .
Pelaku ekonomi adalah individu atau lembaga yang terlibat dalam proses kegiatan ekonomi baik produksi , distribusi maupun konsumsi.
       
2.       Macam- macam pelaku ekonomi.
a.    Pelaku ekonomi rumah tangga.
b.    Pelaku ekonomi perusahaan
c.    Pelaku ekonomi pemerintah.
d.    Pelaku ekonomi luar negeri.

3.       Macam- macam kebijakan ekonomi.
a.    Kebijakan fiskal.
b.    Kebijakan moneter

4.       Peran pelaku ekonomi
a.    Pelaku ekonomi rumah tangga keluarga
·         Rumah tangga keluarga sebagai konsumen
·         Rumah tangga keluarga sebagai pemasok atau pemilik faktor produksi
b.    Pelaku ekonomi perusahaan
·         Masyarakat sebagai produsen
·         Masyarakat sebagai pengguna aktor produksi
·         Masyarakat sebagai agen pembangunan.
c.    Pelaku ekonomi pemerintah
·           Negara sebagai pengatur
·           Negara sebagai konsumen
·           Negara sebagai produsen
d.    Pelaku ekonomi luar negeri
·         Perdagangan.
·         Pertukaran tenaga kerja.
·         Penanaman modal.
·         Pemberian pinjaman.
·         Pemberian bantuan.

E.       Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan                    : Saintifik
2.    Metode                          : discovery, problem based learning.
3.    Model                            : think pair and share

F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media                                            : hand out
Alat                                                : white board, LCD
Sumber Pembelajaran                    :Buku materi ekonomi bisnis

G.      Kegiatan Pembelajaran
(pertemuan 1digunakan discovery learning= penemuan)
(pertemuan 2 digunakan problem based learning= pemecahan masalah)

Pertemuan Pertama
a.      Kegiatan Pendahuluan
1)      Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2)      Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3)      Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b.      Kegiatan Inti
1)   Guru menuliskan pengertian pelaku ekonomi di papan tulis.
2)   Siswa menyebutkan pelaku ekonomi, dan peran pelaku ekonomi yang ditulis guru di papan tulis.
3)   Siswa menyebutkan peran pelaku ekonomi dari buku teks atau disiapkan oleh guru.
4)   Tanya jawab klasikal siswa menjelaskan peran pelaku ekonomi.
5)   Siswa membaca materi macam- macam pelaku ekonomi dari buku teks atau disiapkan oleh 
   guru.
6)   Tanya jawab klasikal siswa menyebutkan  peran pelaku ekonomi dari materi yang dibaca.
7)   Guru membagi lembar kerja yang berisi pertanyaan-pertanyaan berupa macam macam pelaku ekonomi beserta peran pelaku ekonomi.
8)   Siswa mengerjakan lembar kerja secara berkelompok dengan merujuk pada informasi buku siswa dan hasil tanya jawab klasikal.
9)   Guru melakukan observasi sikap santun dan tanggung jawab siswa pada saat berdiskusi.
10)    Siswa melaporkan/memaparkan hasil diskusi kelompok untuk ditanggapi kelompok lain.

c.       Kegiatan Penutup
1)   Meminta siswa menyimpulkan apa yang telah dipelajari hari itu (apakah sesuai dengan tujuan pembelajaran) secara tertulis maupun lisan.
2)   Mengecek pemahaman siswa atas pencapaian kompetensi secara tertulis
3)   Menugaskan siswa untuk membaca buku dan mengkaitkan peran pelaku ekonomi di  lingkungan sekitar.

Pertemuan Kedua
a.    Kegiatan Pendahuluan
1)      Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2)      Guru menanyakan sudahkan siswa membaca buku tentan macam- macam pelaku ekonomi dan peran pelaku ekonomi.
3)      Guru menjelaskan materi singkat tentang peran pelaku ekonomi yang ada di lingkungan sekitar.
4)      Guru menjelaskan tujuan dan langkah pembelajaran hari ini.

b.    Kegiatan Inti
1)   Siswa menjelaskan pengertian pelaku ekonomi, masalah ekonomi dan peran pelaku  ekonomi dari lembar yang diberikan oleh guru, atau yang ada di buku teks.
2)   Guru membagikan lembar kerja yang berisi agar siswa menemukan peran pelaku  ekonomi .
3)   Siswa mengerjakan lembar kerja secara berkelompok.
4)   Siswa melaporkan hasil diskusi kelompok. Ada kelompok yang memaparkan peran pelaku ekonomi melalui gambar.Hasil pemaparan siswa dituliskan oleh guru di papan tulis.
5)   Siswa bersama guru membahas secara klasikal inti pemaparan yang ada di papan tulis.

c.     Kegiatan Penutup
1)        Siswa bersama guru menyimpulkan inti hasil pemaparan di papan tulis.
2)        Guru menugasi siswa mencari gambar peran pelaku ekonomi dari berbagai sumber untuk ditemukan. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

a.      Kegiatan Penutup
1)        Guru menutup pembelajaran dengan salam, dan menyampaikan bahwa pertemuan yang akan datang akan membahas anekdot lebih luas.
2)        Guru meminta pada siswa untuk mempelajari buku paket materi pelaku ekonomi selanjutnya.


H.      Penilaian
1.       Penilaian Pengetahuan
1.1 Bentuk                   : Soal tes tulis uraian nonobjektif
      Soal
1)      Jelaskan pengertian pelaku ekonomi !
2)      Sebutkan pelaku ekonomi!
3)      Sebutkan peran pelaku ekonomi !
1.2 Bentuk                   : Tugas pekerjaan rumah yang diberikan pada pertemuan kedua


2.       Penilaian Keterampilan
Bentuk                         : Penilaian portofolio hasil mengerjakan lembar kerja pada 
                                    pertemuan pertama dan kedua

3.       Penilaian Sikap
 Bentuk                                    : Pengamatan/observasi sikap santun selama   pembelajaran

      Nama Siswa                             :
Kelas                                       : X.2
Tanggal observasi                    :
Materi Pokok                             : Model dan Pelaku Ekonomi






No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Menghormati orang yang lebih tua, dan temannya




2
Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain.




3
Menggunakan bahasa santun saat menyampaikan pendapat dalam diskusi.




4
Menggunakan bahasa santun saat mengkritik pendapat teman




5
Bersikap 3 S (salam, senyum, sapa) saat berbicara




Jumlah Skor






I.         Pedoman Penilaian/Petunjuk Penskoran
1.       Tes Tulis Uraian
No
soal
Kunci  jawaban
Penskoran
Bobot
1
Pelaku ekonomi adalah individu atau lembaga yang terlibat dalaproses kegiatan ekonomi baik produksi , distribusi maupun konsumsi .
(ada 6 kata kunci)
Setiap  kata kunci dijawab benar skornya 10
10
2
Macam- macam pelaku ekonomi ekonomi.  
a.       Pelaku ekonomi rumah tangga.
b.         Pelaku ekonomi perusahaan
c.          Pelaku ekonomi pemerintah.
d.         Pelaku ekonomi luar negeri.
Setiap  dijawab benar skornya 1. Jadi skor maksimal adalah 3
20
3
Peran pelaku ekonomi.
a)    Pelaku ekonomi rumah tangga keluarga
·       Rumah tangga keluarga sebagai konsumen
·       Rumah tangga keluarga sebagai pemasok atau pemilik faktor produksi
b)    Pelaku ekonomi perusahaan
·       Masyarakat sebagai produsen
·       Masyarakat sebagai pengguna faktor produksi
·       Masyarakat sebagai agen pembangunan.
c)     Pelaku ekonomi pemerintah
·       Negara sebagai pengatur
·       Negara sebagai konsumen
·       Negara sebagai produsen
d)    Pelaku ekonomi luar negeri
·       Perdagangan.
·       Pertukaran tenaga kerja.
·       Penanaman modal.
·       Pemberian pinjaman.
·       Pemberian bantuan.

Setiap  dijawab benar skornya 5. Jadi skor maksimal adalah
20
Nilai akhir tiap nomor dihitung dari  jumlah skor yang dicapai tiap soal dibagi bobot dikalikan 100. Hasil penilaian akhir tiap soal dijumlahkan  untuk menentukan nilai hasil ulangan.


2.       Tugas Pekerjaan rumah
No
Peran Pelaku Ekonomi
Kunci jawaban
Penskoran
Bobot

1
pelaku ekonomi rumahtangga


25
2
Pelaku ekonomi perusahaan


25
3
Pelaku ekonomi pemerintah


25
4
Pelaku ekonomi luar negeri



Nilai akhir tiap nomor dihitung dari  jumlah skor yang dicapai tiap unsur dibagi bobot dikalikan 100. Hasil penilaian akhir tiap unsur dijumlahkan  untuk menentukan nilai hasil tugas pekerjaan rumah.

3.       Portofolio pertemuan pertama
No
Peran pelaku ekonomi
Kunci jawaban
Penskoran
Bobot

1
a.    Pelaku ekonomi rumah tangga
·  Rumah tangga keluarga sebagai konsumen
·  Rumah tangga keluarga sebagai pemasok atau pemilik faktor produksi
(Tidak bisa dicontohkan di sini karena harus diuraikan oleh masing-masing kelompok)
Setiap  dijawab benar skornya 1. Jadi skor maksimal 5
10
2.Pelaku ekonomi perusahaan
·  Masyarakat sebagai produsen
·  Masyarakat sebagai pengguna faktor produksi


10
3.Pelaku ekonomi pemerintah
·       Negara sebagai pengatur
·       Negara sebagai konsumen.
·       Negara sebagai produsen.


15
4.    Pelaku ekonomi luar negeri
·      Perdagangan.
·      Pertukaran tenaga kerja.
·      Penanaman modal.
·      Pemberian pinjaman.
·      Pemberian bantuan.



25







Total bobot
45
2
Kebijakan ekonomi








1.kebijakan fiskal


25
2.kebijakan moneter


25


Total bobot
50
dibagi bobot dikalikan 100. Hasil penilaian akhir tiap aspek dijumlahkan  untuk menentukan nilai hasil portofolio.


5.       Portofoliopertemuan kedua
No
Peran pelaku ekonomi
Kunci jawaban
Penskoran
Bobot

1.       
Pelaku ekonomi rumah tangga
·  Rumah tangga keluarga sebagai konsumen.
·  Rumah tangga keluarga sebagai pemasok atau pemilik faktor produksi
Setiap  dijawab benar skornya 5. Jadi skor maksimal 10
10
Pelaku ekonomi pemerintah
·      Negara sebagai pengatur
·      Negara sebagai konsumen.
Setiap jawaban skor 1 jadi skor 10
10
Pelaku ekonomi perusahaan
·           Masyarakat sebagai produsen
·           Masyarakat sebagai pengguna faktor produksi
·           Masyarakat sebagai agen pembangunan
Setiap jawaban skor 1 jadi skor 15
10
Pelaku ekonomi luar negeri
·           Perdagangan.
·           Pertukaran tenaga kerja.
·           Penanaman modal.
·           Pemberian pinjaman.
·           Pemberian bantuan
Setiap jawaban skor 1 jadi skor 20
20







Total bobot
50
2
Kebijakan pemerintah
1.    kebijakan fiskal
2.     kebijakan moneter
Kebujakan fiskal adalah suatu kebiajakan ekonomi dalam rangka mengarahkan kondisi perekonomian untuk menjadi lebih baik dengan jalan mengubah penerimaan dan pengeluaran pemerintah
Kebijakan moneter adalah usaha dalam mengendalikan keadaan ekonomi makro agar dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan melalui pengaturan jumlah uang yang beredar dalam perekonomian.
Masing  masing jawaban skor 25
50


Total bobot
50
Nilai akhir tiap nomor dihitung dari  jumlah skor yang dicapai tiap aspek dibagi bobot dikalikan 100. Hasil penilaian akhir tiap aspek dijumlahkan  untuk menentukan nilai hasil portofolio.


6.       Petunjuk Penskoran Penilaian Sikap
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :

Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai adalah :
Sangat Baik    : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                 : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup             : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang           : apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,33



Jember,          2014
Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran,


-----------------                                                                                     ----------------------

No comments: