Rpp smk matematika matrix xi/1 (3 pertemuan)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan               : SMK …..
Mata Pelajaran                      : Matematika – Wajib
Kelas/Semester                     : XI/1
Materi Pokok                         : Matriks
Alokasi Waktu                       : 6 x 40 menit (3 pertemuan)

A.   Kompetensi Inti              : 
KI.1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI.2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI.3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI.4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator
1.   Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya.
2.1 Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percayadiri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalammemilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.2 Mampu mentransformasidiri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggungjawab, rasa ingin tahu, jujurdan perilakupeduli lingkungan.Mendeskripsikan konsep matriks sebagai representasi numerik dalam kaitannya dengan konteks nyata.

3.4 Mendeskripsikan dan menganalisis konsep dasar operasi matriks dan sifat-sifat operasi  matriks serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Indikator:
(Pertemuan ke-1)
3.4.1     Memahami operasi penjumlahan dan pengurangan pada matriks dan sifat-sifatnya.

(Pertemuan ke-2)
3.4.2     Memahami operasi perkalian pada matriks dan sifat-sifatnya.


(Pertemuan ke-3)
3.4.3     Menentukan konsep determinan dan invers matriks.

4.2 Memadu berbagai konsep dan aturan operasi matriks dan menyajikanmodel matematika dari suatu masalah nyata dengan memanfaatkan nilai determinan atau invers matriks dalam pemecahannya.
Indikator:
(Pertemuan ke-1)
4.2.1     Terampil menerapkan operasi penjumlahan dan pengurangan pada matriks dan sifat-sifatnya.

(Pertemuan ke-2)
4.2.2     Terampil menerapkan operasi perkalian pada matriks dan sifat-sifatnya.

(Pertemuan ke-3)
4.2.3     Terampil menyelesaikan konsep determinan dan invers matriks.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
(Pertemuan ke-1)
Melalui kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran matriks ini diharapkan siswa dapat:
1.    Menunjukkan rasa tanggung jawab, disiplin, jujur, toleransi, kerjasama dan kritis terhadap permasalahan matematika.
2.    Memahami operasi penjumlahan dan pengurangan pada matriks.
3.    Memahami sifat-sifat operasi penjumlahan dan pengurangan pada matriks.

(Pertemuan ke-2)
Melalui kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran matriks ini diharapkan siswa dapat:
4.    Menunjukkan rasa tanggung jawab, disiplin, jujur, toleransi, kerjasama dan kritis terhadap permasalahan matematika.
5.    Memahami operasi perkalian pada matriks..
6.    Memahami sifat-sifat operasi perkalian pada matriks.

(Pertemuan ke-3)
7.    Menunjukkan rasa tanggung jawab, disiplin, jujur, toleransi, kerjasama dan kritis terhadap permasalahan matematika.
8.    Menentukan determinan matriks.
9.    Menentukan invers matriks.

D.   MATERI PEMBELAJARAN
(Pertemuan ke-1)
1.    Operasi pada matriks dan sifat-sifatnya.
a.    Operasi penjumlahan matriks dan sifat-sifatnya.
b.    Pengurangan dua matriks

 (Pertemuan ke-2)
2.    Perkalian suatu bilangan real dengan matriks.
3.    Operasi perkalian dua matriks dan sifat-sifatnya

 (Pertemuan ke-3)
4.    Determinan dan Invers Matriks.
a.    Determinan matriks
b.    Invers matriks


E.    METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan saintifik (scientific). Model Pembelajaran adalah penemuan (discovery) menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah.
                                   
F.    Alat/Media/Sumber Pembelajaran
Alat                       : 1. Spidol
                               2. Papan Tulis (white board)
                               2. Laptop
                               3. Infocus
Media                   : 1. Tayangan gambar melalui laptop dan infocus
                               2. Lembar Aktivitas Siswa
Sumber Belajar : 1. Buku Guru Matematika kelas XI (Kemendikbud RI 2013)
                               2. Buku Siswa Matematika kelas XI (Kemendikbud RI 2013)


G.   KEGIATAN PEMBELAJARAN
(Pertemuan ke-1)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

PERTEMUAN 1

Pendahuluan
1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdo’a untuk memulai pelajaran.
2.    Memeriksa kehadiran siswa sebagai sikap disiplin.
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4.    Melakukan apersepsi yang mengarahkan siswa ke materi operasi penjumlahan matriks yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
5.    Membentuk kelompok siswa yang heterogen dengan menerapkan prinsip tidak membedakan tingkat kemampuan berpikir, jenis kelamin, agama, suku, dll.   
10 menit
Inti
























A.   Stimulasi/Pemberian Rangsangan
1.  Guru meminta siswa untuk membaca dan mengamati operasi matriks, dan sifat-sifatnya. kemudian siswa melakukan pengamatan (mengamati)

B.   Pernyataan / Identifikasi Masalah
2.  Kemudian tiap siswa mengajukan pertanyaan hasil pengamatan dari kelompoknya mengenai operasi matriks, dan sifat-sifatnya. (menanya)
3.  Pada tahap ini siswa diharapkan sudah membuat suatu hipotesis dari masalah yang di dapat tiap kelompok



C.   Pengumpulan Data
4.  Setiap anggota dalam kelompok mengumpulkan informasi melalui contoh-contoh sesuai dengan LAS(Lembar Aktivitas Siswa)
5.  Setiap kelompok mencatat menentukan unsur-unsur yang terdapat pada operasi matriks, dan sifat-sifatnya.
6.  Setiap kelompok menuliskan unsur-unsur yang terdapat pada operasi matriks, dan sifat-sifatnya.  (mengumpulkan informasi)

D.   Pengolahan Data
7.  Setiap kelompok mendiskusikan kategori unsur-unsur yang terdapat pada operasi matriks, dan sifat-sifatnya sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai cara menyelesaikan operasi matriks dengan menggunakan sifat-sifatnya dibandingkan dengan hasil kelompok lain.

E.   Pembuktian
8.  Setiap kelompok melakukan analisis dan membuat kategori unsur-unsur yang terdapat pada operasi matriks, dan sifat-sifatnya sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai cara menyelesaikan operasi matriks dengan menggunakan sifat-sifatnya.(Mengasosiasi)
9.  Siswa melakukan presentasi atas hasil diskusi di depan kelas cara menyelesaikan operasi matriks dengan menggunakan sifat-sifatnya dengan lisan, dan tulisan. (mengkomunikasikan)

F.    Menarik Kesimpulan / Generalisasi
Seluruh siswa di bimbing oleh guru melakukan generalisasi atas semua hasil presentasi sebagai hasil kesimpulan.
60 menit
Penutup

1.    Membuat simpulan dan melakukan refleksi tentang unsur-unsur yang terdapat pada operasi matriks, dan sifat-sifatnya.
2.    Pemberian tugas
3.    Menginformasikan kegiatan untuk pertemuan berikutnya
10 menit

(Pertemuan ke-2)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

PERTEMUAN 2

Pendahuluan
1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdo’a untuk memulai pelajaran.
2.    Memeriksa kehadiran siswa sebagai sikap disiplin.
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4.    Melakukan apersepsi yang mengarahkan siswa ke materi operasi perkalian matriks yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
5.    Membentuk kelompok siswa yang heterogen dengan menerapkan prinsip tidak membedakan tingkat kemampuan berpikir, jenis kelamin, agama, suku, dll.   
10 menit
Inti
























A.   Stimulasi/Pemberian Rangsangan
1.    Guru meminta siswa untuk membaca dan mengamati operasi matriks, dan sifat-sifatnya. kemudian siswa melakukan pengamatan (mengamati)

B.   Pernyataan / Identifikasi Masalah
1.    Kemudian tiap siswa mengajukan pertanyaan hasil pengamatan dari kelompoknya mengenai operasi matriks, dan sifat-sifatnya,. (menanya)
2.    Pada tahap ini siswa diharapkan sudah membuat suatu hipotesis dari masalah yang di dapat tiap kelompok

C.   Pengumpulan Data
1.    Setiap anggota dalam kelompok mengumpulkan informasi melalui contoh-contoh sesuai dengan LAS(Lembar Aktivitas Siswa)
2.  Setiap kelompok mencatat menentukan unsur-unsur yang terdapat pada operasi matriks, dan sifat-sifatnya matriks dalam pemecahan masalah nyata.
3.  Setiap kelompok menuliskan unsur-unsur yang terdapat pada operasi matriks, dan sifat-sifatnya dalam pemecahan masalah nyata.  (mengumpulkan informasi)

D.   Pengolahan Data
1.    Setiap kelompok mendiskusikan kategori unsur-unsur yang terdapat pada operasi matriks, dan sifat-sifatnya dalam pemecahan masalah nyata sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai cara menyelesaikan operasi matriks dengan menggunakan sifat-sifatnya matriks dalam pemecahan masalah nyata dibandingkan dengan hasil kelompok lain.

E.   Pembuktian
1.    Setiap kelompok melakukan analisis dan membuat kategori unsur-unsur yang terdapat pada operasi matriks, dan sifat-sifatnya matriks dalam pemecahan masalah nyata sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai cara menyelesaikan operasi matriks dengan menggunakan sifat-sifatnya matriks dalam pemecahan masalah nyata.(Mengasosiasi)
2.  Siswa melakukan presentasi atas hasil diskusi di depan kelas cara menyelesaikan operasi matriks dengan menggunakan sifat-sifatnya matriks dalam pemecahan masalah nyata dengan lisan, dan tulisan. (mengkomunikasikan)

F.    Menarik Kesimpulan / Generalisasi
Seluruh siswa di bimbing oleh guru melakukan generalisasi atas semua hasil presentasi sebagai hasil kesimpulan.
60 menit
Penutup

1.    Membuat simpulan dan melakukan refleksi tentang unsur-unsur yang terdapat pada operasi matriks, dan sifat-sifatnya matriks dalam pemecahan masalah nyata.
2.    Pemberian tugas
3.    Menginformasikan kegiatan untuk pertemuan berikutnya
10 menit


(Pertemuan ke-3)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

PERTEMUAN 3

Pendahuluan
1.    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdo’a untuk memulai pelajaran.
2.    Memeriksa kehadiran siswa sebagai sikap disiplin.
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
4.    Melakukan apersepsi yang mengarahkan siswa ke materi determinan dan nilai invers matriks yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
5.    Membentuk kelompok siswa yang heterogen dengan menerapkan prinsip tidak membedakan tingkat kemampuan berpikir, jenis kelamin, agama, suku, dll.   
10 menit
Inti
























A.   Stimulasi/Pemberian Rangsangan
1.    Guru meminta siswa untuk membaca dan mengamati pemanfaatan nilai determinan atau invers matriks dalam pemecahan masalah nyata. kemudian siswa melakukan pengamatan (mengamati)

B.   Pernyataan / Identifikasi Masalah
1.    Kemudian tiap siswa mengajukan pertanyaan hasil pengamatan dari kelompoknya mengenai pemanfaatan nilai determinan atau invers matriks dalam pemecahan masalah nyata. (menanya)
2.   Pada tahap ini siswa diharapkan sudah membuat suatu hipotesis dari masalah yang di dapat tiap kelompok

C.   Pengumpulan Data
1.    Setiap anggota dalam kelompok mengumpulkan informasi melalui contoh-contoh sesuai dengan LAS(Lembar Aktivitas Siswa)
2.   Setiap kelompok mencatat menentukan pemanfaatan nilai determinan atau invers matriks dalam pemecahan masalah nyata.
3.   Setiap kelompok menuliskan pemanfaatan nilai determinan atau invers matriks dalam pemecahan masalah nyata.  (mengumpulkan informasi)

D.   Pengolahan Data
1.    Setiap kelompok mendiskusikan pemanfaatan nilai determinan atau invers matriks dalam pemecahan masalah nyata sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pemanfaatan nilai determinan atau invers matriks dalam pemecahan masalah nyata dibandingkan dengan hasil kelompok lain.

E.   Pembuktian
1.    Setiap kelompok melakukan analisis pemanfaatan nilai determinan atau invers matriks dalam pemecahan masalah nyata sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pemanfaatan nilai determinan atau invers matriks dalam pemecahan masalah nyata.(Mengasosiasi)
2.   Siswa melakukan presentasi atas hasil diskusi di depan kelas cara pemanfaatan nilai determinan atau invers matriks dalam pemecahan masalah nyata dengan lisan, dan tulisan. (mengkomunikasikan)

F.    Menarik Kesimpulan / Generalisasi
Seluruh siswa di bimbing oleh guru melakukan generalisasi atas semua hasil presentasi sebagai hasil kesimpulan.
60 menit
Penutup

1.    Membuat simpulan dan melakukan refleksi tentang pemanfaatan nilai determinan atau invers matriks dalam pemecahan masalah nyata.
2.    Pemberian tugas
3.    Menginformasikan kegiatan untuk pertemuan berikutnya.
10 menit


H.   PENILAIAN
1.       Teknik Penilaian: sikap,diri, penugasan(proyek), portofolio dan tes tertulis


Mengetahui,                                                                            ...................................
Kepala Sekolah                                                                                    Guru



........................                                                                                 .............................                     
NIP. ...............                                                                                NIP. ..........................







Lembar Aktivitas Siswa(Pertemuan ke-1)
Satuan Pendidikan             : SMK NEGERI 6 JEMBER
Mata Pelajaran                     : Matematika
Kelas/Semester                    : XI/Gasal
Materi Pokok                         : Matriks
Waktu                                     : 60 menit
Petunjuk:
1.      Tulislah nama masing-masing anggota kelompokmu pada tempat yang tersedia.
2.      Bacalah LAS dengan baik dan cermat.
3.      Kerjakan secara berkelompok dan tanyakan pada guru apabila ada yang kurang jelas.
4.      Jika sudah selesai mengerjakan LAS, diharapkan tidak mengganggu/membuat gaduh kelompokmlain yang belum selesai

Kelompok           :
Nama Anggota :
1........................................

2. .......................................

3. .......................................

4. .......................................
 











Selesaikan soal di bawah ini dengan tepat! Yakinlah dengan kemampuan Anda!
1.    Diketahui , , dan . Tentukan:
a.    A + B
b.    A + C
c.    B + C
d.    B + A
e.    C + A
f.     C + B
2.    Diketahui , , dan . Tentukan:
a.    A – B
b.    A – C
c.    B – C
d.    B – A
e.    C – A
f.     C – B
3.    Diketahui matriks-matriks , , dan . Jika A + B = C, maka tentukan nilai-nilai dari p, q, r, dan s!












PEMERINTAH KABUPATEN JEMBER
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 6 JEMBER
Jl. PB Sudirman No. 114 Telp. (0336) 441347, Fax. (0336 (444493) Tanggul – Jember
 Website : www.smkn6jember.sch.id ; E-mail: smkn6jember@yahoo.com

Lembar Aktivitas Siswa(Pertemuan ke-2)
Satuan Pendidikan             : SMK NEGERI 6 JEMBER
Mata Pelajaran                     : Matematika
Kelas/Semester                    : XI/Gasal
Materi Pokok                         : Matriks
Waktu                                     : 60 menit
Petunjuk:
1.      Tulislah nama masing-masing anggota kelompokmu pada tempat yang tersedia.
2.      Bacalah LAS dengan baik dan cermat.
3.      Kerjakan secara berkelompok dan tanyakan pada guru apabila ada yang kurang jelas.
4.      Jika sudah selesai mengerjakan LAS, diharapkan tidak mengganggu/membuat gaduh kelompokmlain yang belum selesai

Kelompok           :
Nama Anggota :
1........................................

2. .......................................

3. .......................................

4. .......................................
 











Selesaikan soal di bawah ini dengan tepat! Yakinlah dengan kemampuan Anda!

Diketahui , , dan . Tentukan:
1.    3A + 4C
2.    4B – 3A
3.    A x B
4.    B x C
5.    A x C
6.    B x A
7.    C x B
8.    C x A
9.    A2
10. B2



















PEMERINTAH KABUPATEN JEMBER
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 6 JEMBER
Jl. PB Sudirman No. 114 Telp. (0336) 441347, Fax. (0336 (444493) Tanggul – Jember
 Website : www.smkn6jember.sch.id ; E-mail: smkn6jember@yahoo.com

Lembar Aktivitas Siswa(Pertemuan ke-3)
Satuan Pendidikan             : SMK NEGERI 6 JEMBER
Mata Pelajaran                     : Matematika
Kelas/Semester                    : XI/Gasal
Materi Pokok                         : Matriks
Waktu                                     : 60 menit
Petunjuk:
1.      Tulislah nama masing-masing anggota kelompokmu pada tempat yang tersedia.
2.      Bacalah LAS dengan baik dan cermat.
3.      Kerjakan secara berkelompok dan tanyakan pada guru apabila ada yang kurang jelas.
4.      Jika sudah selesai mengerjakan LAS, diharapkan tidak mengganggu/membuat gaduh kelompokmlain yang belum selesai

Kelompok           :
Nama Anggota :
1........................................

2. .......................................

3. .......................................

4. .......................................
 











Selesaikan soal di bawah ini dengan tepat! Yakinlah dengan kemampuan Anda!
Tentukan daterminan dari matrik
1.   
2.   
Tentukan Invers matriks berikut ini!
3.   
4.   
5.   














PEMERINTAH KABUPATEN JEMBER
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 6 JEMBER
Jl. PB Sudirman No. 114 Telp. (0336) 441347, Fax. (0336 (444493) Tanggul – Jember
 Website : www.smkn6jember.sch.id ; E-mail: smkn6jember@yahoo.com

Instrumen Penilaian Hasil Belajar
Tes tertulis
1.    Diketahui  dan . Tentukan:
a.    A + B dan B + A
b.    Apa yang dapat disimpulkan dari jawaban a.
c.    B – A 
2.    Jika matriks  dan , tentukan hasil dari 3(B x A)!
3.    Jika  dan , tentukan:
a.    (B + C)2 dan B2 + C2
b.    Apa yang dapat disimpulkan dari jawaban a.
4.    Tentukan determinan dari matriks-matriks berikut ini!
a.                                          c.
b.                                   d.
5.    Tentukan invers matriks berikut ini!
a.   
b.   

















PEMERINTAH KABUPATEN JEMBER
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 6 JEMBER
Jl. PB Sudirman No. 114 Telp. (0336) 441347, Fax. (0336 (444493) Tanggul – Jember
 Website : www.smkn6jember.sch.id ; E-mail: smkn6jember@yahoo.com

(1)Pedoman Penskoran Tes Uraian
No Soal
Kunci jawaban
Penskoran
Bobot
1.
Diketahui  dan .
a.    A + B =  +
B + A =  +

5


b.    Berlaku sifat Komutatif Penjumlahan yaitu A + B = B + A
5


c.     
 B – A  =  
5

2
3(B xA) =
            = 3
5

3
Diketahui B =  dan C =
a.    B + C =  +

 (B + C)2 = (B + C) x (B + C)

B2 =

C2 =

B2 + C2 =
5






5





5


5



5


b.    Tidak berlaku sifat komutatif
(B + C)2  B2 + C2
5

4
a.   
5


b.   
5


c.   
5


d.   
5

5
a.   
Inversnya adalah 1 x
5


b.   
Kofaktor dari matriks
C11 =
C12 =
C13 =
C21 =
C22 =
C23 =
C31 =
C32 =
C33 =
Kofaktor
Transpos dari kofaktor
Inversnya adalah 1 x   =
5






























5





5

Jumlah
90

Rubrik Penilaian Aspek Pengetahuan
Skor
Kriteria
5        
Memberikan suatu penyelesaian lengkap dan benar
4
Memberikan suatu penyelesaian yang benar, sedikit cacat, tetapi memuaskan
3
Memberikan suatu penyelesaian yang benar, banyak cacat, tetapi hampir memuaskan
2
Memberikan suatu penyelesaian yang ada unsur benarnya, tetapi tidak memadai
1
Mencoba memberikan suatu penyelesaian, tetapi salah total
0
Tidak mencoba memberikan penyelesaian sama sekali

Perhitungan Nilai dalam skala 0 – 100 % adalah sebagai berikut :


































PEMERINTAH KABUPATEN JEMBER
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 6 JEMBER
Jl. PB Sudirman No. 114 Telp. (0336) 441347, Fax. (0336 (444493) Tanggul – Jember
 Website : www.smkn6jember.sch.id ; E-mail: smkn6jember@yahoo.com

Penilaian Portofolio
Nama Kelompok:
1.    .................................................
2.    .................................................
3.    .................................................
4.    .................................................
5.    .................................................
Portofolio Assessment
Mata Pelajaran: Matematika
Kelas               : XI PM
Waktu              : ................

1.    Permasalahan                      : Bagaimanakah cara memahami dan mengetahui operasi hitung
                                             pada matriks.?
2.    Jawaban Sementara           : ................................................................................................................................
                                      ................................................................................................................................
3.    Petunjuk
a.    Bersama kelompok Anda, carilah informasi jumlah buku matematika, bahasa indonesia, bahasa inggris, dan sejarah indonesia kelas X, XI, dan XI di perpustakaan Anda!
b.    Isilah tabel di bawah ini sesuai dengan informasi dari petugas perpustakaan!
Tabel I

Kelas X
Kelas XI
Kelas XII

siswa
perpus
siswa
perpus
siswa
perpus
Matematika






Bahasa Indonesia






Bahasa Inggris






Sejarah Indonesia







c.    Tulislah dalam bentuk matriks pernyataan di atas!
Buku Kelas X yang ada di siswa                          Buku Kelas X yang ada di perpus:

XS =                                                                           XP =


Buku Kelas XI yang ada di siswa:                                    Buku Kelas XI yang ada di perpus:

XIS =                                                                          XIP =


Buku Kelas XII yang ada di siswa:                       Buku Kelas XII yang ada di perpus:

XIIS =                                                                         XIIP =


d.    Hitunglah:1.  XS + XP =                             7. XS - XP =
2.   XP + XS =                              8. XP - XS =
3.  XIS + XIP =                            9. (XS + XIS) + XIIS =
4.  XIP + XIS =                            10. XS + (XIS + XIIS) =
5.  XIIS + XIIP =                          11. (XP + XIP) + XIIP =       
6.  XIIP + XIIS =                          12. XP + (XIP + XIIP) =

e.    Tulis kesimpulan Anda!
4.    Kesimpulan.
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
5.    Penilaian Proyek
No.
Aspek Penilaian
Skor
Catatan
1.
Jawaban Sementara

Rentang  antara 0 - 5
2.
Pengisian Kolom

3.
Penulisan Simbol Matriks

4.
Penyelesaian Masalah

5.
Penarikan Kesimpulan


Rubrik Penilaian Aspek Ketrampilan
Skor
Kriteria
5        
Memberikan suatu penyelesaian lengkap dan benar
4
Memberikan suatu penyelesaian yang benar, sedikit cacat, tetapi memuaskan
3
Memberikan suatu penyelesaian yang benar, banyak cacat, tetapi hampir memuaskan
2
Memberikan suatu penyelesaian yang ada unsur benarnya, tetapi tidak memadai
1
Mencoba memberikan suatu penyelesaian, tetapi salah total
0
Tidak mencoba memberikan penyelesaian sama sekali

6.    Penilaian Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
Aspek Penilaian
Skor
Catatan
1.
Kerja sama

Rentang  antara 0 – 5
2.
Kreativitas

3.
Ketelitian

4.
Tanggung jawab


Keterangan:
Skala Penilaian Sikap dibuat dengan rentang antara 1 – 5
1 = sangat kurang
2 = kurang konsisten
3 = mulai konsisten
4 = konsisten
5 = selalu konsisten

Perhitungan Nilai dalam skala 0 – 100 % adalah sebagai berikut :













PEMERINTAH KABUPATEN JEMBER
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 6 JEMBER
Jl. PB Sudirman No. 114 Telp. (0336) 441347, Fax. (0336 (444493) Tanggul – Jember
 Website : www.smkn6jember.sch.id ; E-mail: smkn6jember@yahoo.com

LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN
Penilaian Portofolio
Nama Kelompok:
1.    .................................................
2.    .................................................
3.    .................................................
4.    .................................................
5.    .................................................
Portofolio Assessment
Mata Pelajaran: Matematika
Kelas               : XI PM
Waktu              : ................

1.    Permasalahan                      : Bagaimanakah cara memahami dan mengetahui operasi hitung
                                             pada matriks.?
2.    Jawaban Sementara           : ................................................................................................................................
                                      ................................................................................................................................
3.    Petunjuk
a.    Bersama kelompok Anda, carilah informasi jumlah mie goreng, mie kuah, teh sosro, dan aqua gelas yang ada di cafe Anda!
b.    Isilah tabel di bawah ini sesuai dengan informasi dari petugas cafe!
Tabel I

Mie Goreng
Mie Kuah
Teh Sosro
Aqua Gelas
Di dalam Etalase




Di Luar Etalase




Di Kulkas




Di luar Kulkas





c.    Tulislah dalam bentuk matriks pernyataan di atas!
Mie Goreng yang ada di etalase:                          Mie Goreng yang di luar etalase:

GE =                                                                           GL =


Mie Kuah yang ada di etalase:                              Mie Kuah yang di luar etalase:

ME =                                                                           MK =


Teh Sosro yang ada di Kulkas:                             Teh Sosro yang ada diluar Kulkas:

TK =                                                                            TL =


Aqua yang ada di Kulkas:                                      Aqua yang ada di luar Kulkas:

AK =                                                                           AL =


d.    Hitunglah:1.  GE + GL =                             7. GE - GL =
2.  GL + GE =                              8. GL - GE =
3.  TK + TL =                                9. ME + MK =
4.  TL + TK =                                10. MK + ME =
5.  AK + AL =                               11. (ME + MK) + MG =                    
6.  AL + AK =                               12. (ME + MK) + MG =

e.Tulis kesimpulan Anda!
4.    Kesimpulan.
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
5.    Penilaian Proyek
No.
Aspek Penilaian
Skor
Catatan
1.
Jawaban Sementara

Rentang  antara 0 - 5
2.
Pengisian Kolom

3.
Penulisan Simbol Matriks

4.
Penyelesaian Masalah

5.
Penarikan Kesimpulan


Rubrik Penilaian Aspek Ketrampilan
Skor
Kriteria
5        
Memberikan suatu penyelesaian lengkap dan benar
4
Memberikan suatu penyelesaian yang benar, sedikit cacat, tetapi memuaskan
3
Memberikan suatu penyelesaian yang benar, banyak cacat, tetapi hampir memuaskan
2
Memberikan suatu penyelesaian yang ada unsur benarnya, tetapi tidak memadai
1
Mencoba memberikan suatu penyelesaian, tetapi salah total
0
Tidak mencoba memberikan penyelesaian sama sekali


6.    Penilaian Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
Aspek Penilaian
Nilai
Catatan
1.
Kerja sama


2.
Kreativitas


3.
Ketelitian


4.
Tanggung jawab



Keterangan:
Skala Penilaian Sikap dibuat dengan rentang antara 1 – 5
1 = sangat kurang
2 = kurang konsisten
3 = mulai konsisten
4 = konsisten
5 = selalu konsisten

Perhitungan Nilai dalam skala 0 – 100 % adalah sebagai berikut :




No comments: