RANCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah                     :
SMK ……………………………. 
Mata
Pelajaran          : PENGELOLAAN USAHA PEMASARAN
Kelas/Semester         :
X/1
  Alokasi Waktu          :
6 x 45 menit
Materi Pokok            :
Jenis-jenis Pengelolaan Usaha
A.   
Kompetensi
Inti
       1.       Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
       2.       Menghayati dan Mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
       3.       Memahami,menerapkan
dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
       4.       Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
B.    
Kompetensi
Dasar dan Indikator 
1.1 Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka;
kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi. 
3.2.  
Mengidentifikasi jenis-jenis
pengelolaan usaha
3.2.1
Menjelaskan pengertian badan usaha
3.2.2
Mengidentifikasi bentuk badan usaha
4.2 Mengklasifikasikan berbagai jenis Usaha. 
4.2.1 Membedakan badan usaha yang berbadan hukum dan
badan usaha yang tidak   berbadan hukum
4.2.2
Mengklasifikasikan perusahaan yang berbadan hukum dan tidak berbadan hukum
C.   
Tujuan
Pembelajaran 
1.     
Melalui hasil pengamatan terhadap lingkungan sekitar sekolah dan tempat tinggal,
siswa dapat Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
2.     
Melalui
kegiatan membaca dan ceramah interaktif siswa dapat memahami pengertian badan
usaha
3.     
Melalui gambar tempel tentang jenis pekerjaan manusia dan
lokasi/tempat pekerjaan yang disajikan oleh guru, siswa dapat
menunjukkan sikap teliti dalam
mengidentifikasi bentuk perusahaan
4.     
Melalui
kunjungan ke koperasi dan usaha ritel, siswa dapat membedakan badan usaha yang
berbadan hukum dan badan usaha yang tidak berbadan hukum
5.     
Melalui
kegiatan diskusi hasil kunjungan, siswa dapat mengklasifikasikan perusahaan
yang berbadan hukum dan tidak berbadan hukum
D.   
Materi
Pembelajaran
- Penanaman sikap:
     memiliki rasa ingin tahu, objetif, teliti dalam Mengklasifikasikan berbagai jenis Usaha
 - Pemahaman Pengertian badan usaha
 - Membedakan badan usaha yang berbadan hukum
     dan badan usaha yang tidak berbadan hukum
 - Mengklasifikasikan perusahaan yang berbadan
     hukum dan tidak berbadan hukum
 
E.    
Metode
Pembelajaran
1.      Pendekatan      : Scientific learning
2.      Medel              :
Problem Based Learning 
3.      Metode            : diskusi, ceramah, lingkungan
F.    
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media
Pembelajaran    :  Badan
Usaha yang dikunjungi, gambar
2.      Alat
Pembelajaran       :  ATK
3.      Sumber
Pembelajaran  : 
a.       Lingkungan
b.      Buku
Siswa Pengelolaan Usaha Pemasaran
Kelas X.
G.   
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
I
| 
    
KEGIATAN 
 | 
   
    
DESKRIPSI KEGIATAN 
 | 
   
    
ALOKASI WAKTU 
 | 
  
| 
   
Pendahuluan 
 | 
  
   
1.      Guru meminta salah seorang siswa
  memimpin doa. 
2.      Siswa
  merespons salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi  dan pembelajaran sebelumnya. 
3.      Siswa
  menerima informasi kompetensi, materi, 
  tujuan, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan. 
 | 
  
   
10
  menit 
 | 
 
| 
   
Inti 
 | 
  
   
1.      Guru meminta siswa untuk membaca buku materi pada
  halaman 6-8 tentang badan usaha  
2.      Dari hasil membaca tadi guru bertanya kepada siswa
  tentang macam-macam badan usaha yang terdapat dalam perekonomian 
3.      Guru memberikan penguatan terhadap siswa yang mampu
  menjawab dan memberikan motivasi bagi siswa yang belum berani menjawab 
4.      Guru menuliskan hasil temuan siswa tentang macam-macam
  badan usaha pada papan tulis dan meminta siswa untuk memberikan
  tanggapan/pendapatnya 
5.      Guru bersama siswa mengidentifikasi dan menyimpulkan
  macam-macam badan usaha dari jawaban siswa yang dituliskan pada  papan tulis 
6.      Guru membagi siswa berkelompok secara acak dan adil.
  Masing-masing kelompok terdapat 4 siswa. Guru langsung meminta siswa duduk
  bersama kelompoknya. 
7.      Guru membuat bagan dipapan tulis tentang macam-macam
  badan usaha yang telah disimpulkan tadi dan membagikan potongan-potongan
  gambar kepada tiap kelompok  
8.      Guru meminta siswa mengamati gambar tersebut  
9.      Secara berlomba-lomba dengan mengangkat tangan terlebih
  dahulu, guru meminta siswa menempelkan gambar tersebut pada bagan badan usaha
  dipapan tulis yang termasuk dalam kelompoknya. 
10.   Setelah
  semua gambar tertempel, guru meminta tiap kelompok menanggapi dan menyapaikan
  kesimpulannya dalam lembar kertas yang telah diberikan  oleh guru 
11.  Guru meminta perwakilan kelompok untuk menyampaikan
  kesimpulannya  
 | 
  
   
5 Menit 
35 menit   
15 menit  
15 menit 
 | 
 
| 
   
Penutup 
 | 
  
   
1.        
  Siswa bersama guru menyimpulkan hasil
  pembelajaran. 
2.      Siswa
  bersama guru melaksanakan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah
  dilakukan. 
3.      Siswa
  dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan berikutnya. 
 | 
  
   
10 menit 
 | 
 
Pertemuan
ke 2
| 
    
KEGIATAN 
 | 
   
    
DESKRIPSI KEGIATAN 
 | 
   
    
ALOKASI WAKTU 
 | 
  
| 
   
Pendahuluan 
 | 
  
   
1.        
  Guru meminta salah seorang siswa memimpin doa. 
2.      Guru meriview 
  pertemuan sebelumnya dengan pertanyaan dan dijawab oleh siswa. 
3.      Siswa
  menerima informasi kompetensi, materi, 
  tujuan, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan. 
 | 
  
   
10
  menit 
 | 
 
| 
   
Inti 
 | 
  
   
1.      Guru menyajikan kepada siswa selembar kertas dimana
  didalamnya terdapat sebuah kasus tentang dua orang pengusaha yang akan
  mendirikan sebuah perusahaan, dimana salah satu pengusaha ingin mendirikan
  Perseroan Terbatas ( PT ) dan pengusaha yang satu ingin mendirikan perusahan
  perseorangan 
2.      Guru meminta kelompok siswa menaggapi/menjawab
  pertanyaan kasus tersebut dengan menuliskannya di kertas yang telah
  disediakan. 
3.      Guru meminta tiap kelompok untuk maju mempresentasikan
  hasil diskusinya dan ditanggai oleh kelompok lain 
4.      Guru memberikan pertanyaan permasalahan, yaitu Mengapa
  pengusaha yang mau mendirikan PT lebih rumit daripada pengusaha yang mau
  mendirikan Perusahaan Perseorangan?  
5.      Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut, guru meminta
  siswa secara berkelompok untuk berkunjung ke beberapa badan usaha dan mencari
  tahu tentang perbedaan badan usaha tersebut 
6.      Guru meminta siswa dari membuat sebuah resume dari
  hasil kunjugan tersebut dan dipresentasikan pada pertemuan  yang akan datang 
7.      Guru memberikan penguatan dan umpan balik tentang badan
  usaha yang berbadan hukum dan tidak berbadan hukum.  
 | 
  
   
15 Menit  
30 menit 
10 menit  
15 menit  
 | 
 
| 
   
Penutup 
 | 
  
   
1.      Siswa
  bersama guru melaksanakan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah
  dilakukan. 
 | 
  
   
10 menit 
 | 
 
Pertemuan
ke 3
| 
    
KEGIATAN 
 | 
   
    
DESKRIPSI KEGIATAN 
 | 
   
    
ALOKASI WAKTU 
 | 
  
| 
   
Pendahuluan 
 | 
  
   
1.        
  Guru meminta salah seorang siswa memimpin doa. 
2.        
  Siswa menerima informasi
  kompetensi, materi,  tujuan, dan langkah
  pembelajaran yang akan dilaksanakan. 
 | 
  
   
5 menit 
 | 
 
| 
   
Inti 
 | 
  
   
1.        
  Guru meminta perwakilan kelompok siswa untuk meyampaikan resume hasil
  kunjungannya dan ditanggapi oleh kelompok lain.  
2.      Guru meminta kelompok siswa mengajukan pertanyaan
  kepada kelompok yang mempresentasikan hasil kunjungannya. 
3.      Guru mengingatkan kembali
  bahan pembelajaran yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. 
4.      Guru memberikan soal penguatan terhadap materi yang
  telah dipelajari sebelumnya 
 | 
  
   
30 Menit  
10 menit  
35 menit  
 | 
 
| 
   
Penutup 
 | 
  
   
1.      Siswa
  bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran. 
2.      Siswa
  bersama guru melaksanakan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah
  dilakukan. 
3.      Siswa
  dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan berikutnya. 
 | 
  
   
10 menit 
 | 
 
H.   
Penilaian
  1.       Aspek
pengetahuan ( kognitif )
     Tes
Tulis ( Uraian )
          
1.      
Jelaskan
apa yang dimaksud badan usaha! ( poin 25 )
          
2.      
Jelaskan
macam-macam bidang usaha beserta contoh! ( poin 25 )
          
3.      
Jelaskan
perbedaan badan usaha yang berbadan hukum dan tidak berbadan hukum! ( poin 25 )
          
4.      
Kelompokkanlah
jenis badan usaha yang berbadan hukum dan tidak berbadan hukum! ( poin 25 )
     Rubrik
Penilaian Dan Kunci  Jawaban 
| 
   
No soal 
 | 
  
   
Kunci jawaban 
 | 
  
   
Rentang Nilai / Skor  
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
Badan usaha merupakan perwujudan Bisnis, yang
  dapat diartikan sebagai suatu kegiatan usaha yang dijalankan oleh orang
  seorang atau organisasi secara terus menerus  
 | 
  
   
a.     Skor 25 bila dijawab semua sesuai garis bawah 
b.     skor 20 bila hanya menjawab 3 garis bawah 
c.     skor 15 bila hanya menjawab 2 garis bawah 
d.    skor 10 bila menjawab 1 garis bawah 
e.     skor 0 bila tidak menjawab  
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
Macam-macam bidang usaha : 
a.      
  bidang indusri, yaitu kegiatan memproduksi barang yang nilainya lebih
  berguna dari asalnya ct. pabrik otomotif, penggalian batu/pasir dsb. 
b.      
  bidang perdagangan, yaitu keseluruhan jual beli yang dilakukan seseorang
  atau organisasi ct. agen, ekspor/impor, ritel dsb. 
c.      
  bidang jasa, yaitu kegiatan yang menyediakan jasa yang dilakukan seseorang
  atau organisasi ct. dokter, guru, asuransi, hotel, dsb 
d.     
  Bidang agraris, yaitu kegiatan memproduksi hasil pertanian ct. sawah,
  ladang dsb. 
e.      
  bidang ekstraktif, yaitu kegiatan memproduksi hasil tambang ct. tambang
  minyak, emas, batu bara dsb.  
 | 
  
   
a.     Skor 20 - 25 bila dijawab lengkap/kurang lengkap mulai
  jenis bidang usaha, pengertian, dan contohnya. 
b.     skor 15 – 20 bila dijawab 4 bidang usaha dan kurang lengkap
  mulai jenis bidang usaha, pengertian, dan contohnya. 
c.     skor 10 – 15 bila dijawab 3 bidang usaha dan kurang lengkap
  mulai jenis bidang usaha, pengertian, dan contohnya. 
d.    skor 5 – 10 bila dijawab 2 bidang usaha dan kurang lengkap
  mulai jenis bidang usaha, pengertian, dan contohnya. 
e.     skor 0 – 5 bila tidak menjawab atau dijawab 1 bidang
  usaha dan kurang lengkap mulai jenis bidang usaha, pengertian, dan contohnya. 
 | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
Perbedaan badan usaha yang berbadan hukum dengan tidak
  berbadan hukum terletak pada prosedur pendiriaannya. Bila seseorang
  ingin mendirikan badan usaha yang berbadan hukum memerlukan pendaftaran
  dan syarat pengesahan akta pendirian oleh pemerintah. sedangkan badan
  usaha yang tidak berbadan hukum cukup dengan adanya kesepakatan pihak
  / para pendirinya saja.  
 | 
  
   
a.    skor 25 bila dijawab lengkap sesuai garis bawah 
b.    skor 15 bila dijawab lengkap sesuai garis bawah 
c.    skor 10 bila dijawab lengkap sesuai garis bawah 
d.   skor 0 bila tidak mejawab 
 | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   
Badan usaha yang berbadan hukum  
             
  a.        
  Perseroan Terbatas ( PT ) 
             
  b.        
  Koperasi 
Badan usaha yang berbadan hukum  
             
  a.        
  perusahaan perseorangan / perdata 
             
  b.        
  perusahaan firma ( Fa ) 
             
  c.        
  perusahaan komanditer ( CV ) 
 | 
  
   
a.    Skor 25 bila dijawab lengkap  
b.    skor 20 bila dijawab hanya 4 
c.    skor 15 bila dijawab hanya 3 
d.   skor 10 bila dijawab hanya 2 
e.    skor 5 bila dijawab hanya 1 
f.     skor 0 bila tidak mejawab 
 | 
 
  2.       Aspek
Sikap Spiritual dan Sosial ( Afektif )
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama  
 | 
  
   
Aspek yg  diamati 
 | 
  
   
Jml Skor 
 | 
  
   
Rata skor  
 | 
  
   
Nilai  
 | 
  
   
Hasil Konversi 
 | 
  
   
Predikat 
 | 
  
   
Sikap 
 | 
 |||||
| 
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
5 
 | 
  
   
6 
 | 
 ||||||||
| 
   
1 
 | 
  
   
Andri  
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   9 | 
  
   
1,5 
 | 
  
   75 | 
  
   
2,67 
 | 
  
   
B- 
 | 
  
   
Baik  
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
Rahmad  
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
  ![]()  | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
Ket
.
       a.       Sosial 
                                     
1.        
Ketekunan
Belajar
                                     
2.        
 
Tenggang Rasa
  
  | 
 
                                     
3.        
Kerja
Sama
                                     
4.        
Tanggung
Jawab 
       b.       Spiritual 
                                     
5.        
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
                                     
6.        
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
Rumus : 
Rata-rata       :   Jml Nilai Siswa                                                     
                           Nilai Maksimal
Rubrik Penilaian Sikap Spritual dan Sosial 
| 
   
No Aspek  
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor  
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
Siswa ikut dan khusu’ berdoa bersama 
 | 
  
   
2 
 | 
 
| 
   
Siswa ikut dan tidak khusu’ berdoa bersama 
 | 
  
   
1 
 | 
 |
| 
   
Siswa tidak ikut dan tidak khusu’ berdoa bersama 
 | 
  
   
0 
 | 
 |
| 
   
2 
 | 
  
   
Siswa selalu memberi salam setiap ingin menyampaikan pendapat 
 | 
  
   
2 
 | 
 
| 
   
Siswa kadang memberi salam setiap ingin menyampaikan pendapat 
 | 
  
   
1 
 | 
 |
| 
   
Siswa tidak memberi salam setiap ingin menyampaikan pendapat 
 | 
  
   
0 
 | 
 |
| 
   
3 
 | 
  
   
Siswa melaksanakan semua perintah guru dalam kelas dan tidak bergurau
  dalam kelas 
 | 
  
   
2 
 | 
 
| 
   
Siswa melaksanakan semua perintah guru dalam kelas dan namun masih
  bergurau dalam kelas 
 | 
  
   
1 
 | 
 |
| 
   
Siswa tidak melaksanakan semua perintah guru dalam kelas dan bergurau
  dalam kelas 
 | 
  
   
0 
 | 
 |
| 
   
4 
 | 
  
   
Siswa menghormati pendapat temannya dan tidak menertawakan 
 | 
  
   
2 
 | 
 
| 
   
Siswa menghormati pendapat temannya dan namun ikut tertawa 
 | 
  
   
1 
 | 
 |
| 
   
Siswa tidak menghormati pendapat temannya dan menertawakan 
 | 
  
   
0 
 | 
 |
| 
   
5 
 | 
  
   
Siswa bersama kelompoknya menyelesaikan tugas dan perintah guru 
 | 
  
   
2 
 | 
 
| 
   
Hanya beberapa siswa yang bekerja 
 | 
  
   
1 
 | 
 |
| 
   
Tidak ada siswa yang menunjukkan bekerja sama 
 | 
  
   
0 
 | 
 |
| 
   
6 
 | 
  
   
Siswa bertanggungjawab terhadap tugas dan prilakunya dalam kelas 
 | 
  
   
2 
 | 
 
| 
   
Siswa kurang bertanggungjawab terhadap tugas dan prilakunya dalam kelas 
 | 
  
   
1 
 | 
 |
| 
   
Siswa tidak bertanggungjawab terhadap tugas dan prilakunya dalam kelas 
 | 
  
   
0 
 | 
 
Rumus : 
Rata-rata       :   Jml Nilai Siswa                                                     
                           Nilai Maksimal
  3.       Aspek
Keterampilan ( Psikomotor )
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama  
 | 
  
   
Aspek yg  diamati 
 | 
  
   
Jml Skor 
 | 
  
   
Rata skor  
 | 
  
   
Nilai  
 | 
  
   
Hasil Konversi 
 | 
  
   
Predikat 
 | 
 |
| 
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
 |||||||
| 
   
1 
 | 
  
   
Andri  
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
100 
 | 
  
   
4,00 
 | 
  
   
A 
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
Rahmad  
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
ket. 
                  
1.        
Tata
Tulis 
                  
2.        
Isi
resume / makalah 
Rumus : 
Rata-rata       :   Jml Nilai Siswa                                                     
                           Nilai Maksimal
Rubrik Penilaian Keterampilan 
| 
   
No Aspek  
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Skor  
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
Hasil pekerjaan siswa rapi, terjilid dengan baik, dan menggunakan tata
  bahasa baik dan jelas 
 | 
  
   
2 
 | 
 
| 
   
Hasil pekerjaan siswa kurang rapi, kurang terjilid dengan baik, dan
  kurang menggunakan tata bahasa baik dan kurang jelas 
 | 
  
   
1 
 | 
 |
| 
   
Siswa tidak mengumpulkan resume / makalah  
 | 
  
   
0 
 | 
 |
| 
   
2 
 | 
  
   
Isi resume / makalah siswa sudah lengkap sesuai materi  
 | 
  
   
2 
 | 
 
| 
   
Isi resume / makalah siswa kurang lengkap sesuai materi 
 | 
  
   
1 
 | 
 |
| 
   
Isi resume / makalah siswa tidak lengkap sesuai materi 
 | 
  
   
0 
 | 
 
KONVERSI NILAI  
| 
   
INTERVAL
  SKOR / NILAI 
 | 
  
   
HASIL
  KONVERSI 
 | 
  
   
PREDIKAT 
 | 
 ||
| 
   
PENGETAHUAN 
 | 
  
   
KETERAMPILAN 
 | 
  
   
SIKAP 
 | 
 ||
| 
   
96
  – 100 
 | 
  
   
4.00 
 | 
  
   
4.00 
 | 
  
   
SB 
( Sangat Baik) 
 | 
  
   
A 
 | 
 
| 
   
91
  – 95 
 | 
  
   
3.66 
 | 
  
   
3.66 
 | 
  
   
A- 
 | 
 |
| 
   
86
  – 90 
 | 
  
   
3.33 
 | 
  
   
3.33 
 | 
  
   
B 
( Baik ) 
 | 
  
   
B+ 
 | 
 
| 
   
81
  – 85 
 | 
  
   
3.00 
 | 
  
   
3.00 
 | 
  
   
B 
 | 
 |
| 
   
75 – 80 
 | 
  
   
2.67 
 | 
  
   
2.67 
 | 
  
   
B
  - 
 | 
 |
| 
   
70
  – 74 
 | 
  
   
2.33 
 | 
  
   
2.33 
 | 
  
   
C 
( Cukup ) 
 | 
  
   
C+ 
 | 
 
| 
   
65
  – 69 
 | 
  
   
2.00 
 | 
  
   
2.00 
 | 
  
   
C 
 | 
 |
| 
   
60
  – 64 
 | 
  
   
1.66 
 | 
  
   
1.66 
 | 
  
   
C- 
 | 
 |
| 
   
55
  – 59 
 | 
  
   
1.33 
 | 
  
   
1.33 
 | 
  
   
K 
( Kurang ) 
 | 
  
   
D+ 
 | 
 
| 
   
<
   54 
 | 
  
   
1.00 
 | 
  
   
1.00 
 | 
  
   
D 
 | 
 |
  Mengetahui,                                                                                      
……………………………….
  Kepala Sekolah                                                                                 Guru
Pengampu Mata Pelajaran
  ………………………………                                                          
……………………….




No comments:
Post a Comment