RANCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMK …………………………….
Mata
Pelajaran : PENGELOLAAN USAHA PEMASARAN
Kelas/Semester :
X/1
Alokasi Waktu :
6 x 45 menit
Materi Pokok :
Jenis-jenis Pengelolaan Usaha
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan Mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,menerapkan
dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka;
kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
3.2.
Mengidentifikasi jenis-jenis
pengelolaan usaha
3.2.1
Menjelaskan pengertian badan usaha
3.2.2
Mengidentifikasi bentuk badan usaha
4.2 Mengklasifikasikan berbagai jenis Usaha.
4.2.1 Membedakan badan usaha yang berbadan hukum dan
badan usaha yang tidak berbadan hukum
4.2.2
Mengklasifikasikan perusahaan yang berbadan hukum dan tidak berbadan hukum
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui hasil pengamatan terhadap lingkungan sekitar sekolah dan tempat tinggal,
siswa dapat Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
2.
Melalui
kegiatan membaca dan ceramah interaktif siswa dapat memahami pengertian badan
usaha
3.
Melalui gambar tempel tentang jenis pekerjaan manusia dan
lokasi/tempat pekerjaan yang disajikan oleh guru, siswa dapat
menunjukkan sikap teliti dalam
mengidentifikasi bentuk perusahaan
4.
Melalui
kunjungan ke koperasi dan usaha ritel, siswa dapat membedakan badan usaha yang
berbadan hukum dan badan usaha yang tidak berbadan hukum
5.
Melalui
kegiatan diskusi hasil kunjungan, siswa dapat mengklasifikasikan perusahaan
yang berbadan hukum dan tidak berbadan hukum
D.
Materi
Pembelajaran
- Penanaman sikap:
memiliki rasa ingin tahu, objetif, teliti dalam Mengklasifikasikan berbagai jenis Usaha
- Pemahaman Pengertian badan usaha
- Membedakan badan usaha yang berbadan hukum
dan badan usaha yang tidak berbadan hukum
- Mengklasifikasikan perusahaan yang berbadan
hukum dan tidak berbadan hukum
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific learning
2. Medel :
Problem Based Learning
3. Metode : diskusi, ceramah, lingkungan
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Pembelajaran : Badan
Usaha yang dikunjungi, gambar
2. Alat
Pembelajaran : ATK
3. Sumber
Pembelajaran :
a. Lingkungan
b. Buku
Siswa Pengelolaan Usaha Pemasaran
Kelas X.
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
I
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
1. Guru meminta salah seorang siswa
memimpin doa.
2. Siswa
merespons salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya.
3. Siswa
menerima informasi kompetensi, materi,
tujuan, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
10
menit
|
Inti
|
1. Guru meminta siswa untuk membaca buku materi pada
halaman 6-8 tentang badan usaha
2. Dari hasil membaca tadi guru bertanya kepada siswa
tentang macam-macam badan usaha yang terdapat dalam perekonomian
3. Guru memberikan penguatan terhadap siswa yang mampu
menjawab dan memberikan motivasi bagi siswa yang belum berani menjawab
4. Guru menuliskan hasil temuan siswa tentang macam-macam
badan usaha pada papan tulis dan meminta siswa untuk memberikan
tanggapan/pendapatnya
5. Guru bersama siswa mengidentifikasi dan menyimpulkan
macam-macam badan usaha dari jawaban siswa yang dituliskan pada papan tulis
6. Guru membagi siswa berkelompok secara acak dan adil.
Masing-masing kelompok terdapat 4 siswa. Guru langsung meminta siswa duduk
bersama kelompoknya.
7. Guru membuat bagan dipapan tulis tentang macam-macam
badan usaha yang telah disimpulkan tadi dan membagikan potongan-potongan
gambar kepada tiap kelompok
8. Guru meminta siswa mengamati gambar tersebut
9. Secara berlomba-lomba dengan mengangkat tangan terlebih
dahulu, guru meminta siswa menempelkan gambar tersebut pada bagan badan usaha
dipapan tulis yang termasuk dalam kelompoknya.
10. Setelah
semua gambar tertempel, guru meminta tiap kelompok menanggapi dan menyapaikan
kesimpulannya dalam lembar kertas yang telah diberikan oleh guru
11. Guru meminta perwakilan kelompok untuk menyampaikan
kesimpulannya
|
5 Menit
35 menit
15 menit
15 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru menyimpulkan hasil
pembelajaran.
2. Siswa
bersama guru melaksanakan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah
dilakukan.
3. Siswa
dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan
ke 2
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.
Guru meminta salah seorang siswa memimpin doa.
2. Guru meriview
pertemuan sebelumnya dengan pertanyaan dan dijawab oleh siswa.
3. Siswa
menerima informasi kompetensi, materi,
tujuan, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
10
menit
|
Inti
|
1. Guru menyajikan kepada siswa selembar kertas dimana
didalamnya terdapat sebuah kasus tentang dua orang pengusaha yang akan
mendirikan sebuah perusahaan, dimana salah satu pengusaha ingin mendirikan
Perseroan Terbatas ( PT ) dan pengusaha yang satu ingin mendirikan perusahan
perseorangan
2. Guru meminta kelompok siswa menaggapi/menjawab
pertanyaan kasus tersebut dengan menuliskannya di kertas yang telah
disediakan.
3. Guru meminta tiap kelompok untuk maju mempresentasikan
hasil diskusinya dan ditanggai oleh kelompok lain
4. Guru memberikan pertanyaan permasalahan, yaitu Mengapa
pengusaha yang mau mendirikan PT lebih rumit daripada pengusaha yang mau
mendirikan Perusahaan Perseorangan?
5. Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut, guru meminta
siswa secara berkelompok untuk berkunjung ke beberapa badan usaha dan mencari
tahu tentang perbedaan badan usaha tersebut
6. Guru meminta siswa dari membuat sebuah resume dari
hasil kunjugan tersebut dan dipresentasikan pada pertemuan yang akan datang
7. Guru memberikan penguatan dan umpan balik tentang badan
usaha yang berbadan hukum dan tidak berbadan hukum.
|
15 Menit
30 menit
10 menit
15 menit
|
Penutup
|
1. Siswa
bersama guru melaksanakan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah
dilakukan.
|
10 menit
|
Pertemuan
ke 3
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.
Guru meminta salah seorang siswa memimpin doa.
2.
Siswa menerima informasi
kompetensi, materi, tujuan, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
|
5 menit
|
Inti
|
1.
Guru meminta perwakilan kelompok siswa untuk meyampaikan resume hasil
kunjungannya dan ditanggapi oleh kelompok lain.
2. Guru meminta kelompok siswa mengajukan pertanyaan
kepada kelompok yang mempresentasikan hasil kunjungannya.
3. Guru mengingatkan kembali
bahan pembelajaran yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
4. Guru memberikan soal penguatan terhadap materi yang
telah dipelajari sebelumnya
|
30 Menit
10 menit
35 menit
|
Penutup
|
1. Siswa
bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
2. Siswa
bersama guru melaksanakan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah
dilakukan.
3. Siswa
dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
H.
Penilaian
1. Aspek
pengetahuan ( kognitif )
Tes
Tulis ( Uraian )
1.
Jelaskan
apa yang dimaksud badan usaha! ( poin 25 )
2.
Jelaskan
macam-macam bidang usaha beserta contoh! ( poin 25 )
3.
Jelaskan
perbedaan badan usaha yang berbadan hukum dan tidak berbadan hukum! ( poin 25 )
4.
Kelompokkanlah
jenis badan usaha yang berbadan hukum dan tidak berbadan hukum! ( poin 25 )
Rubrik
Penilaian Dan Kunci Jawaban
No soal
|
Kunci jawaban
|
Rentang Nilai / Skor
|
1
|
Badan usaha merupakan perwujudan Bisnis, yang
dapat diartikan sebagai suatu kegiatan usaha yang dijalankan oleh orang
seorang atau organisasi secara terus menerus
|
a. Skor 25 bila dijawab semua sesuai garis bawah
b. skor 20 bila hanya menjawab 3 garis bawah
c. skor 15 bila hanya menjawab 2 garis bawah
d. skor 10 bila menjawab 1 garis bawah
e. skor 0 bila tidak menjawab
|
2
|
Macam-macam bidang usaha :
a.
bidang indusri, yaitu kegiatan memproduksi barang yang nilainya lebih
berguna dari asalnya ct. pabrik otomotif, penggalian batu/pasir dsb.
b.
bidang perdagangan, yaitu keseluruhan jual beli yang dilakukan seseorang
atau organisasi ct. agen, ekspor/impor, ritel dsb.
c.
bidang jasa, yaitu kegiatan yang menyediakan jasa yang dilakukan seseorang
atau organisasi ct. dokter, guru, asuransi, hotel, dsb
d.
Bidang agraris, yaitu kegiatan memproduksi hasil pertanian ct. sawah,
ladang dsb.
e.
bidang ekstraktif, yaitu kegiatan memproduksi hasil tambang ct. tambang
minyak, emas, batu bara dsb.
|
a. Skor 20 - 25 bila dijawab lengkap/kurang lengkap mulai
jenis bidang usaha, pengertian, dan contohnya.
b. skor 15 – 20 bila dijawab 4 bidang usaha dan kurang lengkap
mulai jenis bidang usaha, pengertian, dan contohnya.
c. skor 10 – 15 bila dijawab 3 bidang usaha dan kurang lengkap
mulai jenis bidang usaha, pengertian, dan contohnya.
d. skor 5 – 10 bila dijawab 2 bidang usaha dan kurang lengkap
mulai jenis bidang usaha, pengertian, dan contohnya.
e. skor 0 – 5 bila tidak menjawab atau dijawab 1 bidang
usaha dan kurang lengkap mulai jenis bidang usaha, pengertian, dan contohnya.
|
3
|
Perbedaan badan usaha yang berbadan hukum dengan tidak
berbadan hukum terletak pada prosedur pendiriaannya. Bila seseorang
ingin mendirikan badan usaha yang berbadan hukum memerlukan pendaftaran
dan syarat pengesahan akta pendirian oleh pemerintah. sedangkan badan
usaha yang tidak berbadan hukum cukup dengan adanya kesepakatan pihak
/ para pendirinya saja.
|
a. skor 25 bila dijawab lengkap sesuai garis bawah
b. skor 15 bila dijawab lengkap sesuai garis bawah
c. skor 10 bila dijawab lengkap sesuai garis bawah
d. skor 0 bila tidak mejawab
|
4
|
Badan usaha yang berbadan hukum
a.
Perseroan Terbatas ( PT )
b.
Koperasi
Badan usaha yang berbadan hukum
a.
perusahaan perseorangan / perdata
b.
perusahaan firma ( Fa )
c.
perusahaan komanditer ( CV )
|
a. Skor 25 bila dijawab lengkap
b. skor 20 bila dijawab hanya 4
c. skor 15 bila dijawab hanya 3
d. skor 10 bila dijawab hanya 2
e. skor 5 bila dijawab hanya 1
f. skor 0 bila tidak mejawab
|
2. Aspek
Sikap Spiritual dan Sosial ( Afektif )
No
|
Nama
|
Aspek yg diamati
|
Jml Skor
|
Rata skor
|
Nilai
|
Hasil Konversi
|
Predikat
|
Sikap
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||||||||
1
|
Andri
|
2
|
1
|
1
|
2
|
2
|
1
|
9
|
1,5
|
75
|
2,67
|
B-
|
Baik
|
2
|
Rahmad
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket
.
a. Sosial
1.
Ketekunan
Belajar
2.
Tenggang Rasa
|
3.
Kerja
Sama
4.
Tanggung
Jawab
b. Spiritual
5.
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
6.
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
Rumus :
Rata-rata : Jml Nilai Siswa
n
Nilai
: Rata-rata x
100
Nilai Maksimal
Rubrik Penilaian Sikap Spritual dan Sosial
No Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Siswa ikut dan khusu’ berdoa bersama
|
2
|
Siswa ikut dan tidak khusu’ berdoa bersama
|
1
|
|
Siswa tidak ikut dan tidak khusu’ berdoa bersama
|
0
|
|
2
|
Siswa selalu memberi salam setiap ingin menyampaikan pendapat
|
2
|
Siswa kadang memberi salam setiap ingin menyampaikan pendapat
|
1
|
|
Siswa tidak memberi salam setiap ingin menyampaikan pendapat
|
0
|
|
3
|
Siswa melaksanakan semua perintah guru dalam kelas dan tidak bergurau
dalam kelas
|
2
|
Siswa melaksanakan semua perintah guru dalam kelas dan namun masih
bergurau dalam kelas
|
1
|
|
Siswa tidak melaksanakan semua perintah guru dalam kelas dan bergurau
dalam kelas
|
0
|
|
4
|
Siswa menghormati pendapat temannya dan tidak menertawakan
|
2
|
Siswa menghormati pendapat temannya dan namun ikut tertawa
|
1
|
|
Siswa tidak menghormati pendapat temannya dan menertawakan
|
0
|
|
5
|
Siswa bersama kelompoknya menyelesaikan tugas dan perintah guru
|
2
|
Hanya beberapa siswa yang bekerja
|
1
|
|
Tidak ada siswa yang menunjukkan bekerja sama
|
0
|
|
6
|
Siswa bertanggungjawab terhadap tugas dan prilakunya dalam kelas
|
2
|
Siswa kurang bertanggungjawab terhadap tugas dan prilakunya dalam kelas
|
1
|
|
Siswa tidak bertanggungjawab terhadap tugas dan prilakunya dalam kelas
|
0
|
Rumus :
Rata-rata : Jml Nilai Siswa
n
Nilai
: Rata-rata x
100
Nilai Maksimal
3. Aspek
Keterampilan ( Psikomotor )
No
|
Nama
|
Aspek yg diamati
|
Jml Skor
|
Rata skor
|
Nilai
|
Hasil Konversi
|
Predikat
|
|
1
|
2
|
|||||||
1
|
Andri
|
2
|
2
|
4
|
2
|
100
|
4,00
|
A
|
2
|
Rahmad
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ket.
1.
Tata
Tulis
2.
Isi
resume / makalah
Rumus :
Rata-rata : Jml Nilai Siswa
n
Nilai
: Rata-rata x
100
Nilai Maksimal
Rubrik Penilaian Keterampilan
No Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Hasil pekerjaan siswa rapi, terjilid dengan baik, dan menggunakan tata
bahasa baik dan jelas
|
2
|
Hasil pekerjaan siswa kurang rapi, kurang terjilid dengan baik, dan
kurang menggunakan tata bahasa baik dan kurang jelas
|
1
|
|
Siswa tidak mengumpulkan resume / makalah
|
0
|
|
2
|
Isi resume / makalah siswa sudah lengkap sesuai materi
|
2
|
Isi resume / makalah siswa kurang lengkap sesuai materi
|
1
|
|
Isi resume / makalah siswa tidak lengkap sesuai materi
|
0
|
KONVERSI NILAI
INTERVAL
SKOR / NILAI
|
HASIL
KONVERSI
|
PREDIKAT
|
||
PENGETAHUAN
|
KETERAMPILAN
|
SIKAP
|
||
96
– 100
|
4.00
|
4.00
|
SB
( Sangat Baik)
|
A
|
91
– 95
|
3.66
|
3.66
|
A-
|
|
86
– 90
|
3.33
|
3.33
|
B
( Baik )
|
B+
|
81
– 85
|
3.00
|
3.00
|
B
|
|
75 – 80
|
2.67
|
2.67
|
B
-
|
|
70
– 74
|
2.33
|
2.33
|
C
( Cukup )
|
C+
|
65
– 69
|
2.00
|
2.00
|
C
|
|
60
– 64
|
1.66
|
1.66
|
C-
|
|
55
– 59
|
1.33
|
1.33
|
K
( Kurang )
|
D+
|
<
54
|
1.00
|
1.00
|
D
|
Mengetahui,
……………………………….
Kepala Sekolah Guru
Pengampu Mata Pelajaran
………………………………
……………………….
No comments:
Post a Comment