Rpp smk Akutansi perusahaan dagang xi/1





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                       : SMK ……………………………….
Mata Pelajaran            : akuntansi perusahan dagang
Kelas/Semester            : XI / I
Materi Pokok              : 3.1 Menjelskan pengertian dan ruang lingkup oprasi serta
        Karakteristik Perusahaan Dagang
Alokasi Waktu            :  4 x 45 menit (2 kali tatap muka)


A.    Kompetensi Inti:
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, gotong royong, kerjasama, toleran, damai, santun, responsif dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara evektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan rasa prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ramah kongkrit dan ranag abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara evektif dan kreatif dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1    Menunjukkan keimanan sebagai rasa syukur dan keyakinan terhadap kebesaran Sang Pencipta karena menyadari keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya yang diatur oleh Sang Pencipta.
1.2    Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan alam semesta dan semua unsur di dalamnya.
2.1.  Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan  memahami pengetahuan dasar tentang ilmu yang dipelajarinya.
2.2.  Menunjukkan perilaku ilmiah, disiplin,jujur, teliti, tanggung jawab, obyektif, kritis, kreatif, inovatif, santun, peduli dan ramah lingkungan dalam melakukan pekerjaan sebagai bagian dari sikap ilmiah.
2.3. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap kerja
3.1  Menjelaskan pengertian, ruang lingkup serta ciri-ciri perusahaan dagang
1.    Menjelaskan pengertian perusahaan dagang
2.    Menyebutkan ruang lingkup perusahaan dagang
3.    Mendiskripsikan ciri – ciri perusahaan dagang
4.    Menyusun daftar akun perusahaan dagang

C. Tujuan Pembelajaran:
1.      Melalui pengamatan dari tayangan gambar/slide siswa dapat menjelaskan pengertian jenis dan bentuk badan usaha dengan benar.
2.      Melalui proses diskusi kelompok siswa dapat menyebutkan jenis dan bentuk badan usaha dengan benar
3.      Melalui proses diskusi kelompok siswa dapat menjelaskan ciri – ciri jenis dan bentuk badan usaha dengan benar.
4.      Melalui proses diskusi kelompok siswa dapat menguraikan perbedaan tiap jenis dan bentuk badan usaha dengan benar.
5.      Melalui proses diskusi kelompok siswa dapat mengklasifikasikan perusahaan berdasarkan jenis dan bentuk badan usaha dengan benar.

D. Materi Ajar:
1.      Pengertian perusahaan dagang
2.      Ruang lingkup operasi perusahaan dagang
3.      Karakteristik perusaan dagang
4.      Daftar akun untuk perusahaan dagang

E.  Metode pembelajaran:
·   Pendekatan    : Saintifik
·   Metode          : Discovery learning

F.  Media dan Sumber Belajar
·         Media : Viewer, Slide dan Gambar
·         Sumber Belajar :
1.       Buku Akuntansi Perusahaan Dagang – Hery, S.E., M.Si
2.      Modul Akuntansi 1A – Dwi Harti.

G. Kegiatan pembelajaran:
1. Pertemuan Ke-1
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan

1.  Seorang siswa memimpin berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
2.  Mengkondisikan fisik dan psikis siswa
3.  Menyampaikan apersepsi dan motivasi dengan mengajukan pertanyaan “Apakah yang diketahui selama ini tentang perusahaan dagang contohnya.
4.  Menyampaikan tujuan pembelajaran
5.  Menyepakati kegiatan yang akan dilakukan

10 mnt
Kegiatan Inti

1.  Siswa mengamati tayangan gambar/slide tentang jenis dan bentuk badan usaha di layar.
2.  Siswa di bagi menjadi 8 kelompok, tiap kelompok beranggotakan 4-5 siswa, tiap kelompok diberikan topik yang berbeda-beda sesuai dengan jenis dan/atau bentuk badan usaha, untuk menemukan pengertian, macam dan ciri-ciri jenis/bentuk perusahaan dagang
3.  Selama proses dikusi guru melakukkan pengamatan terhadap sikap siswa.
4.   Masing – masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka, guru memberikan kesempatan kepada kelompok yang lain untuk mengajukan pertanyaan maupun tanggapan.
5.   Berdasarkan hasil presentasi kelompok, guru meminta beberapa kelompok untuk menyampaikan pendapat mereka tentang pengertian, ruang lingkup, karakteristik serta daftar akun perusahaan dagang  yang mereka  atau kelompok lain presentasikan
70 mnt
10 menit

20 menit





40 Menit




Penutup

1.      Guru bersama siswa menyampaikan kesimpulan
2.      Guru melakukan refleksi dengan mereview dan menampilkan ulang gambar/slide pada layar.
3.      Guru memberikan informasi tugas yaitu mencari contoh perusahaan berdasarkan jenis maupun bentuk badan usaha yang ada di sekitar/lingkungan rumah siswa
4.      Salah seorang siswa memimpin berdoa untuk mengakhiri pembelajaran menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
10 mnt

2. Pertemuan Ke-2
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan

1.  Seorang siswa memimpin berdoa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
2.  Mengkondisikan fisik dan psikis siswa
3.  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang materi pada pertemuan pada minggu sebelumnya
4.  Menyampaikan tujuan pembelajaran
5.  Menyepakati kegiatan yang akan dilakukan

10 mnt
Kegiatan Inti

1.  Siswa di bagi menjadi 8 kelompok, tiap kelompok beranggotakan 4-5 siswa, tiap kelompok mendiskusikan hasil tugasnya yaitu mencari contoh perusahaan dagang yang ada di linkungan sekitar untuk kemudian mengidentifikasi ciri – ciri jenis dan bentuk badan usaha serta mengklasifikasikannya berdasarkan ciri-ciri jenis serta bentuk badan usaha.
2.  Selama proses dikusi guru melakukkan pengamatan terhadap sikap siswa.
3.   Masing – masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka, guru memberikan kesempatan kepada kelompok yang lain untuk mengajukan pertanyaan maupun tanggapan.
4.   Berdasarkan hasil presentasi kelompok, guru meminta beberapa kelompok untuk menyampaikan pendapat mereka tentang perbedaan tiap jenis dan bentuk badan usaha yang mereka  atau kelompok lain presentasikan
70 mnt
10 menit





15 menit


40 Menit



5 Menit

Penutup

1.   Guru bersama siswa menyampaikan kesimpulan
2.   Guru melakukan refleksi dengan mereview hasil diskusi siswa melalui tampilan slide power point
3.   Salah seorang siswa memimpin berdoa untuk mengakhiri pembelajaran menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
10 Menit

H.    Penilaian hasil belajar

                     1.      Jenis dan Teknik Penilaian

Jenis Penilaian
Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap Spiritual
Observasi
b. Penilaian Sikap Sosial
Observasi (Percaya diri)
c. Penilaian Pengetahuan
Test Tulis

       
                     2.  Bentuk Instrumen, Instrumen dan Pedoman Penskoran

a.        Instrumen/ Lembar Observasi Sikap Spiritual

                                       Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan



Nama Peserta Didik                    : …………………….
Kelas                                          : ………………….
Tanggal Pengamatan                   : …………………..
Materi Pokok                              : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




4
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan




5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan




Jumlah Skor





Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Contoh :
Skor diperoleh 14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :

Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai adalah :
Sangat Baik    : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                 : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup             : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang           : apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,33


b.        Instrumen / Lembar Penilaian Sikap Sosial


Pedoman Observasi Sikap Percaya Diri
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru/teman untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam percaya diri. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap percaya diri yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan


Nama Peserta Didik                 : ………………….
Kelas                                       : ………………….
Tanggal Pengamatan                : …………………..
Materi Pokok                           : …………………..

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berani presentasi di depan kelas




2
Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan




3
Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu




4
Mampu membuat keputusan dengan cepat




5
Tidak mudah putus asa/pantang menyerah




Jumlah Skor





Petunjuk Penskoran:
Lihat petunjuk penskoran pada  pedoman observasi sikap spiritual






c.       Instrumen atau lembar penilaian pengetahuan (tes tulis)
            Soal Tes Tulis
Menurut kalian kantin yang ada di sekolah termasuk jenis usaha dan bentuk badan usaha apa? Jelaskan alasanya!

            Rubrik penilaian tes tulis
No
Aspek
Deskripsi
Skor
1
Mengidentifikasi jenis dan bentuk badan usaha
1.  Mengidentifikasi jenis badan usaha dengan menyebutkan 3 ciri dengan benar
2.  Mengidentifikasi jenis badan usaha dengan menyebutkan 2 ciri dengan benar
3.  Mengidentifikasi jenis badan usaha dengan menyebutkan 1 ciri dengan benar
4.  Mengidentifikasi jenis badan usaha dengan menyebutkan alasan yang belum benar

 4

 3

 2

 1

Kunci Jawaban :
   Kantin sekolah termasuk jenis usaha dagang dan termasuk badan usaha perorangan.
   Alasannya :
a. kantin tersebut tidak mengolah/memproduksi bahan baku/setengah jadi menjadi barang jadi.
b. kantin tersebut tidak menjual jasa tetapi membeli dan menjual barang tanpa mengubah bentuknya
c. kantin tersebut di miliki oleh perorangan dan belum berbadan hukum


   Mengetahui,                                                                     , ......................
Ka. SMK ..........................                                                     Guru mata pelajaran

No comments: