RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Mata pelajaran :
Pengantar Akuntansi
Kelas :
X
Semester :
1 (satu)
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (2 x 45 menit)
Kompetensi Inti (KI) :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Menghayati dan Mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang
spesifik untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar (KD) :
1.1 Menunjukkan keimanan sebagai rasa syukur dan keyakinan
terhadap kebesaran Sang Pencipta karena menyadari keteraturan dan kompleksitas
alam dan jagad raya yang diatur oleh Sang Pencipta.
2.4 Menunjukkan keimanan sebagai rasa
syukur dan keyakinan terhadap kebesaran Sang Pencipta karena menyadari
keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya yang diatur oleh Sang
Pencipta.
2.5
Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan alam semesta dan semua
2.6 Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa
ingin tahu dalam menemukan dan memahami pengetahuan dasar tentang ilmu yang
dipelajarinya.
2.7 Menunjukkan perilaku ilmiah (disiplin,jujur,
teliti, tanggung jawab, obyektif,kritis, kreatif, inovatif, santun, peduli dan
ramah lingkungan) dalam melakukan pekerjaan sebagai bagian dari sikap ilmiah.
2.8 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap kerja
3.4 Menjelaskan jabatan/karier dalam bidang keuangan
perusahaan
4.3 Mengklasifikasi jabatan/karier dalam bidang
keuangan perusahaan
Indikator
Pencapaian Kompetensi :
1. Memahami
tentang akuntan
2. Mengidentifikasi profesi-profesi dalam akuntan bidang
keuangan perusahaan
3. Mengklasifikasi bidang-bidang spesialisasi akuntansi
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah pembelajaran peserta didik diharapkan mampu:
1.
Menjelaskan jabatan-jabatan yang terdapat pada bidang
keuangan perusahaan
2.
Dapat mengidentifikasi profesi-profesi
yang terdapat dalam bidang keuangan perussahaan
3.
Dapat mengklasifikasikan tugas-tugas akuntan menurut profesinya.
B. Materi
Ajar
Materi
ajar jabatan/karier dalam bidang keuangan perusahaan
Akuntan (Accountant)
merupakan gelar yang diberikan kepada seseorang yang telah mengikuti pendidikan
profesi akuntansi atau seseorang yang telah lulus dari progam studi akuntansi
fakultas ekonomi dari perguruan tinggi negeri tertentu.
Profesi dalam akuntansi disebut akuntan. Profesi akuntansi secara garis besar dapat digolongkan
sebagai berikut :
1. Akuntan publik
Akuntan
publik adalah akuntan swasta yang menyediakan jasa pemeriksaan kepada pihak
lain. Pemeriksaan yang dilakukan berasal dari luar badan yang diperiksa
(pemeriksaan ekstern).
Obyek pemeriksaan : pertanggungjawaban keuangan dari pimpinan perusahaan dalam
laporan keuangan dan laporan-laporan lain. Hasil
dan sifat pemeriksaan : menyangkut kepentingan pihak luar perusahaan,
sehingga sifar pemeriksaannya independen (bebas).
2.
Akuntan intern
Akuntan
intern adalah akuntan yang bekerja di perusahaan-perusahaan swasta (akuntan
swasta), yang menjadi bagian dan mendapat gaji dari perusahaan tempat mereka
bekerja.
Tugas akuntan intern :
a.
Merencanakan system akuntansi
b.
Mengatur pembukuan
c.
Membuat ikhtisar-ikhtisar keuangan
d.
Bertindak sebagai pemeriksa intern (internal auditor).
3.
Akuntan pemerintahan
Akuntan
pemerintahan termasuk golongan akuntan intern yaitu akuntan yang bekerja pada
perusahaan-perusahaan Negara, bank-bank pemerintah, direktorat jendral pajak
dan instansi pemerintah lainnya serta menerima gaji dari pemerintah.
4.
Akuntan pendidik
Akuntan
pendidik adalah akuntan yang bekerja di sector pendidikan. Akuntan pendidik
bisa merangkap jabatan sebagai akuntan publik.
Jenjang jabatan di bidang akuntansi yang ada pada suatu
perusahaan secara umum :
1.
Manajer
akuntansi
Manajer
akuntansi adalah kepala bagian atau departemen akuntansi yang bertugas untuk
merancang system pembukuan, mengatur dan mengorganisir pembukuan, mengawasi
pelaksanaan pembukuan dan menyediankan laporan keuangan.
2.
Asisten manajer akuntansi
Asisten
manajer akuntansi bertugas membantu manajer akuntansi dalam melaksanakan
tugasnya.
3.
Penata buku (book keeper)
Sebagai pelaksana
pembukuan harus memiliki kemampuan sebagai berikut:
a.
Menyiapkan bukti transaksi
b.
Menganalisis transaksi
c.
Mencatat transaksi ke dalam
buku jurnal
d.
Mencatat transaksi dalam buku
pembantu
e.
Mencatat data dari buku
jurnal ke dalam buku besar umum
f.
Membuat kertas kerja laporan
keuangan (neraca lajur)
g.
Menyusun laporan keuangan.
C. Metode
Pembelajaran
Model
pembelajaran : Discovery
Metode : Scientific
D. Kegiatan
Pembelajaran
Pendahuluan (15
menit)
Guru
menyampaikan salam dan menanyakan kehadiran peserta didik, menyampaikan KI, KD
, tujuan pembelajaran.
Kegiatan inti (60 menit)
Penciptaan Situasi ( stimulasi )
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
terdiri dari 4-5 siswa dan menunjukkan
berbagai gambar akuntan misalnya akuntan pemerintah, akuntan
perusahaan, akuntan publik, dan gambar guru akuntansi di sekolah.
- Peserta
didik memperhatikan (mengamati) berbagai macam gambar kegiatan akuntan yang
telah dipersiapkan guru.
- Peserta
didik mengajukan pertanyaan (bertanya) berbagai macam tugas-tugas yang dilakukan
akuntan.
- Peserta didik mengidentifikasi (mengumpulkan informasi) mengenai tugas-tugas dan macam-macam jabatan
akuntan.
- Peserta didik mencermati data (mengasosiasi) yang diperoleh
mengenai berbagai macam prdan
tugasnya
- Peserta didik mempresentasikan (mengkomunikasikan)
hasil diskusi mengenai tugas-tugas berdasarkan jenis profesi
akuntannya.
Penutup (1 5menit)
1.
Guru melakukan tanya jawab
dengan peserta untuk membuat rangkuman dan atau kesimpulan berbagai jenis
profesi akuntan dan tugas-tugasnya
2.
Guru dan peserta didik
bersama-sama meyimpulkan hasil diskusi mengenai jabatan/karir dalam bidang
keuangan perusahaan
3.
Peserta didik membersihkan
lantai kelas dan membuang sampah pada tempatnya
E. Sumber
Belajar
1. Media
: Gambar,
lembar kerja siswa
2. Sumber :
Muawanah, Umi. 2008.Dasar-Dasar Akuntansi.
Departemen pendidikan Nasional. Jakarta.
Iternet
Permendikbud,
Kurikulum 2013 Nomer : 70 tahun 2013, tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menegah
Kejuruan/ Madrasah Aliah Kejuruan
F.
Penilaian
1.
Penilaian Pengetahuan
Soal
1)
Jelaskan apa
yang dimaksud dengan akuntan?
2)
Sebutkan
macam-macam profesi akuntan?
3)
Sebutkan 4 macam
tugas akuntan intern!
4)
Apasajakah
jenjang jabatan di bidang akuntansi di suatu perusahaan?
5)
Seorang
akuntan yang bertugas sebagai pelaksana pembukuan harus memiliki
kemampuan ?
2.
Penilaian Keterampilan
Bentuk : Penilaian portofolio hasil
mengerjakan lembar kerja
3.
Penilaian
Sikap
Bentuk : Pengamatan/observasi
sikap santun selama pembelajaran
Nama Siswa :
Kelas :
X
Tanggal observasi :
Materi Pokok : jabatan/karier
dalam bidang keuangan perusahaan
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Menghormati orang yang lebih tua, dan temannya
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan
orang lain.
|
|
|
|
|
3
|
Menggunakan
bahasa santun saat menyampaikan pendapat dalam
diskusi.
|
|
|
|
|
4
|
Menggunakan
bahasa santun saat mengkritik pendapat teman
|
|
|
|
|
5
|
Menghargai pendapat teman selama dalam
diskusi
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
G. Pedoman
Penilaian/Petunjuk Penskoran
a.
Tes Tulis Uraian
No
soal
|
Kunci jawaban
|
Bobot
|
1
|
Akuntan (Accountant)
merupakan gelar yang diberikan kepada seseorang yang telah mengikuti
pendidikan profesi akuntansi atau seseorang yang telah lulus dari progam
studi akuntansi fakultas ekonomi dari perguruan tinggi negeri tertentu.
|
10
|
2
|
-
Akuntan publik
-
Akuntan
intern
-
Akuntan
pemerintahan
-
Akuntan
pendidik
|
20
|
3
|
a. Merencanakan
system akuntansi
b. Mengatur
pembukuanu
c. Membuat ikhtisar-ikhtisar
keuangan
d. Bertindak sebagai
pemeriksa intern (internal auditor).
|
25
|
4
|
1.
Manajer akuntansi
2.
Asisten manajer akuntansi
3.
Penata buku (book keeper)
|
20
|
5
|
a. Menyiapkan bukti
transaksi
b. Menganalisis
transaksi
c. Mencatat transaksi ke dalam buku jurnal
d. Mencatat transaksi dalam buku pembantu
e. Mencatat data dari buku jurnal ke dalam
buku besar umum
f. Membuat kertas kerja laporan keuangan
(neraca lajur)
g.Menyusun laporan keuangan.
|
25
|
…………………………….
Kepala Sekolah
………………
|
Guru Mata Pelajaran
…………..
|
No comments:
Post a Comment