rpp smk pengantar akutansi x/1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan                    : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Mata pelajaran                           : Pengantar Akuntansi
Kelas                                         : X
Semester                                   : 1 (satu)
Alokasi Waktu                           : 1 x pertemuan (2 x 45 menit)
Kompetensi  Inti (KI)            :
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar (KD)       :
1.1 Menunjukkan keimanan sebagai rasa syukur dan keyakinan terhadap kebesaran Sang Pencipta karena menyadari keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya yang diatur oleh Sang Pencipta.
2.4 Menunjukkan keimanan sebagai rasa syukur dan keyakinan terhadap kebesaran Sang Pencipta karena menyadari keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya yang diatur oleh Sang Pencipta.
2.5 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan alam semesta dan semua
2.6 Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan memahami pengetahuan dasar tentang ilmu yang dipelajarinya.
2.7 Menunjukkan perilaku ilmiah (disiplin,jujur, teliti, tanggung jawab, obyektif,kritis, kreatif, inovatif, santun, peduli dan ramah lingkungan) dalam melakukan pekerjaan sebagai bagian dari sikap ilmiah.
2.8 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam pembelajaran sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap kerja
3.4 Menjelaskan jabatan/karier dalam bidang keuangan perusahaan

4.3 Mengklasifikasi jabatan/karier dalam bidang keuangan perusahaan

Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.    Memahami tentang akuntan
2.    Mengidentifikasi profesi-profesi dalam akuntan bidang keuangan perusahaan
3.    Mengklasifikasi bidang-bidang spesialisasi akuntansi
A.  Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran peserta didik diharapkan mampu:
1.    Menjelaskan jabatan-jabatan yang terdapat pada bidang keuangan perusahaan
2.    Dapat mengidentifikasi profesi-profesi yang terdapat dalam bidang keuangan perussahaan
3.    Dapat mengklasifikasikan tugas-tugas akuntan menurut profesinya.
B.  Materi Ajar
Materi ajar jabatan/karier dalam bidang keuangan perusahaan
Akuntan (Accountant) merupakan gelar yang diberikan kepada seseorang yang telah mengikuti pendidikan profesi akuntansi atau seseorang yang telah lulus dari progam studi akuntansi fakultas ekonomi dari perguruan tinggi negeri tertentu.
Profesi dalam akuntansi disebut akuntan. Profesi akuntansi secara garis besar dapat digolongkan sebagai berikut :
1.      Akuntan publik
Akuntan publik adalah akuntan swasta yang menyediakan jasa pemeriksaan kepada pihak lain. Pemeriksaan yang dilakukan berasal dari luar badan yang diperiksa (pemeriksaan ekstern).
Obyek pemeriksaan : pertanggungjawaban keuangan dari pimpinan perusahaan dalam laporan keuangan dan laporan-laporan lain. Hasil dan sifat pemeriksaan : menyangkut kepentingan pihak luar perusahaan, sehingga sifar pemeriksaannya independen (bebas).
2.      Akuntan intern
Akuntan intern adalah akuntan yang bekerja di perusahaan-perusahaan swasta (akuntan swasta), yang menjadi bagian dan mendapat gaji dari perusahaan tempat mereka bekerja.
 Tugas akuntan intern :
a.       Merencanakan system akuntansi
b.      Mengatur pembukuan
c.       Membuat ikhtisar-ikhtisar keuangan
d.      Bertindak sebagai pemeriksa intern (internal auditor).
3.      Akuntan pemerintahan
Akuntan pemerintahan termasuk golongan akuntan intern yaitu akuntan yang bekerja pada perusahaan-perusahaan Negara, bank-bank pemerintah, direktorat jendral pajak dan instansi pemerintah lainnya serta menerima gaji dari pemerintah.
4.      Akuntan pendidik
Akuntan pendidik adalah akuntan yang bekerja di sector pendidikan. Akuntan pendidik bisa merangkap jabatan sebagai akuntan publik.
Jenjang jabatan di bidang akuntansi yang ada pada suatu perusahaan secara umum :
1.       Manajer akuntansi
Manajer akuntansi adalah kepala bagian atau departemen akuntansi yang bertugas untuk merancang system pembukuan, mengatur dan mengorganisir pembukuan, mengawasi pelaksanaan pembukuan dan menyediankan laporan keuangan.
2.      Asisten manajer akuntansi
Asisten manajer akuntansi bertugas membantu manajer akuntansi dalam melaksanakan tugasnya.
3.      Penata buku (book keeper)
 Sebagai pelaksana pembukuan harus memiliki kemampuan sebagai berikut:
a.       Menyiapkan bukti transaksi
b.      Menganalisis transaksi
c.       Mencatat transaksi ke dalam buku jurnal
d.      Mencatat transaksi dalam buku pembantu
e.       Mencatat data dari buku jurnal ke dalam buku besar umum
f.       Membuat kertas kerja laporan keuangan (neraca lajur)
g.      Menyusun laporan keuangan.
C.  Metode Pembelajaran
Model pembelajaran   : Discovery
Metode                       : Scientific
D.  Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (15  menit)
Guru menyampaikan salam dan menanyakan kehadiran peserta didik, menyampaikan KI, KD , tujuan pembelajaran.
Kegiatan inti (60 menit)
Penciptaan Situasi ( stimulasi )
  1. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok terdiri dari 4-5 siswa dan menunjukkan  berbagai gambar akuntan misalnya akuntan pemerintah, akuntan perusahaan, akuntan publik, dan gambar guru akuntansi di sekolah.
  2. Peserta didik memperhatikan (mengamati) berbagai macam gambar kegiatan akuntan yang telah dipersiapkan guru.
  3. Peserta didik mengajukan pertanyaan (bertanya) berbagai macam tugas-tugas yang dilakukan akuntan.
  4. Peserta didik mengidentifikasi (mengumpulkan informasi) mengenai tugas-tugas dan macam-macam jabatan akuntan.
  5. Peserta didik mencermati data (mengasosiasi) yang diperoleh mengenai berbagai macam  prdan tugasnya
  6. Peserta didik mempresentasikan (mengkomunikasikan) hasil diskusi mengenai tugas-tugas berdasarkan jenis profesi akuntannya.
Penutup (1 5menit)
1.      Guru melakukan tanya jawab dengan peserta untuk membuat rangkuman dan atau kesimpulan berbagai jenis profesi akuntan dan tugas-tugasnya
2.      Guru dan peserta didik bersama-sama meyimpulkan hasil diskusi mengenai jabatan/karir dalam bidang keuangan perusahaan
3.      Peserta didik membersihkan lantai kelas dan membuang sampah pada tempatnya
E.   Sumber Belajar
1.    Media    : Gambar, lembar kerja siswa
2.    Sumber  :
Muawanah, Umi. 2008.Dasar-Dasar Akuntansi. Departemen pendidikan Nasional. Jakarta.
Iternet
Permendikbud, Kurikulum 2013 Nomer : 70 tahun 2013, tentang Kerangka Dasar  dan Struktur Kurikulum Sekolah Menegah Kejuruan/ Madrasah Aliah Kejuruan
F.     Penilaian
1.      Penilaian Pengetahuan
 Soal
1)      Jelaskan apa yang dimaksud dengan akuntan?
2)      Sebutkan macam-macam profesi akuntan?
3)      Sebutkan 4 macam tugas akuntan intern!
4)      Apasajakah jenjang jabatan di bidang akuntansi di suatu perusahaan?
5)      Seorang akuntan yang bertugas sebagai pelaksana pembukuan harus memiliki kemampuan  ?

2.      Penilaian Keterampilan
Bentuk                                                : Penilaian portofolio hasil mengerjakan lembar kerja

3.      Penilaian Sikap
 Bentuk                                   : Pengamatan/observasi sikap santun selama pembelajaran

      Nama Siswa                            :
Kelas                                       : X
Tanggal observasi                    :
Materi Pokok                          : jabatan/karier dalam bidang keuangan perusahaan

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Menghormati orang yang lebih tua, dan temannya




2
Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain.




3
Menggunakan bahasa santun saat menyampaikan pendapat dalam diskusi.




4
Menggunakan bahasa santun saat mengkritik pendapat teman




5
Menghargai pendapat teman selama dalam diskusi




Jumlah Skor




G.    Pedoman Penilaian/Petunjuk Penskoran
a.       Tes Tulis Uraian
No
soal
Kunci  jawaban
Bobot
1
Akuntan (Accountant) merupakan gelar yang diberikan kepada seseorang yang telah mengikuti pendidikan profesi akuntansi atau seseorang yang telah lulus dari progam studi akuntansi fakultas ekonomi dari perguruan tinggi negeri tertentu.
10
2
-          Akuntan publik
-          Akuntan intern
-          Akuntan pemerintahan
-          Akuntan pendidik
20
3
a. Merencanakan system akuntansi
b. Mengatur pembukuanu
c. Membuat ikhtisar-ikhtisar keuangan
d. Bertindak sebagai pemeriksa intern (internal auditor).

25
4
1.      Manajer akuntansi
2.      Asisten manajer akuntansi
3.      Penata buku (book keeper)

20
5
a. Menyiapkan bukti transaksi
b. Menganalisis transaksi
c. Mencatat transaksi ke dalam buku jurnal
d. Mencatat transaksi dalam buku pembantu
e. Mencatat data dari buku jurnal ke dalam buku besar umum
f. Membuat kertas kerja laporan keuangan (neraca lajur)
g.Menyusun laporan keuangan.

25
…………………………….
Kepala Sekolah


………………

Guru Mata Pelajaran


…………..
 


No comments: