RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMK ANALIS KESEHATAN
Kelas/Semester : X/ Satu
Mata
Pelajaran : KIMIA
Materi :
MATERI DAN PERUBAHANNYA
Alokasi Waktu :
1 x Pertemuan
@ 90 menit
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan prilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kemanusiaan, kebangsaan, kenegaran, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan mintanya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah, menalar dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan
yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
3.1 Memahami konsep materi dan perubahannya
1.
Menjelaskan pengertian materi
2.
Menjelaskan dan membedakan wujud dan sifat materi
3.
Menjelaskan dan membedakan perubahan materi
4.1 Menggunakan konsep perubahan materi untuk pemecahan
masalah kehidupan
1.
Melakukan
percobaan berkaitan perubahan materi
2.
Menemukan
contoh perubahan materi dalam bidang kesehatan
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai
sumber energi di alam.
2. Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa memiliki dan menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
3. Setelah memberikan beberapa contoh materi dan membaca tentang
materi, siswa dapat menjelaskan pengertian materi dengan benar.
4. Setelah tanya jawab klasikal,
siswa dapat menjelaskan dan
membedakan macam-macam wujud dan sifat materi dengan benar.
5. Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan
dan membedakan perubahan materi dengan benar
6. Melalui praktikum perubahan materi, siswa dapat mengetahui
perubahan materi dengan tepat.
7. Setelah mengamati lingkungan sekolah dan mendiskusikannya, siswa dapat menemukan contoh
sehari-hari perubahan materi di bidang kesehatan dengan benar.
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Pengertian materi.
Materi adalah segala
sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang.
2.
Wujud dan Sifat Materi.
Wujud Materi: gas, cair, padat
Sifat Materi:
a. Sifat fisika
b. Sifat Kimia
c. Sifat Intensif
d. Sifat Ekstensif
3.
Perubahan Materi
a. Perubahan fisika
b. Perubahan kimia
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan :
Saintifik
2.
Metode :.diskusi, praktik
3. Model : discovery based learning, project based learning
F.
Media,alat dan sumber pembelajaran
Buku Teks
Siswa, lembar kerja, alat dan bahan praktikum
G.
Kegiatan
Pembelajaran
(kegiatan
1 digunakan discovery learning= penemuan)
dan
(kegiatan 2 project based
learning= praktikum))
a.
Kegiatan
Pendahuluan
1) Siswa merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2) Siswa menerima informasi
kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan
dilaksanakan
b.
Kegiatan
Inti
Kegiatan
1
1) Guru memberikan contoh beberapa materi dan
menuliskan di papan tulis.
2) Siswa mengamati
kesamaan contoh materi yang ditulis guru di papan tulis.
3) Guru
melakukan tanya jawab klasikal tentang pengertian, wujud dan
sifat materi.
4) Siswa
mengemukakan pendapatnya (mengkomunikasikan)
tentang pengertian, wujud dan sifat materi.
5) Guru
memberikan kesimpulan (mengasosiasi)
dari jawaban-jawaban yang dikemukakan siswa dan penguatan tentang pengertian
materi.
6) Siswa membaca (mengamati) tentang wujud, sifat dan perubahan materi dari buku teks.
7) Guru membagi siswa dalam beberapa
kelompok dan membagikan lembar kerja yang berisi pertanyaan-pertanyaan tentang
wujud, sifat dan perubahan materi
8) Siswa mengerjakan lembar kerja secara berkelompok
dengan menggali dan (mengumpulkan
informasi) merujuk buku teks.
9) Siswa melaporkan/memaparkan
dengan (mengkomunikasikan) hasil diskusi kelompok untuk ditanggapi kelompok
lain.
Kegiatan 2
1) Guru
mengembangkan rasa ingin tahu siswa dengan mengajak mengamati perubahan materi melalui praktikum di labotorium
2) Setiap
siswa bersama dalam kelompok melakukan praktikum sesuai lembar praktikum sementara
yang telah disediakan
3) Guru
melakukan observasi ketrampilan siswa saat di laboratorium serta menanyakan pada siswa berkaitan dengan kerja di labotarium.
4) Siswa mencatat hasil
pengamatan (mengumpulkan data) dalam
lembar praktikum sementara
5) Masing-masing siswa diberikan
tugas membuat laporan individu sesuai pedoman penyusunan laporan.
c.
Kegiatan
Penutup
1) Guru
menugasi siswa membuat
laporan praktikum individu sesuai langkah-langkah membuat laporan yang sudah
dijelaskan guru serta mengerjakan Uji Kemampuan Diri hal 14 dan 28 di buku teks.
Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
2) Guru menutup pembelajaran dengan
salam
H.
Penilaian
1.
Penilaian
Pengetahuan
1.1 Bentuk : Soal tes
tulis uraian
1.2 Bentuk :
Tugas pekerjaan rumah dari
buku teks KIMIA SMK/MAK penerbit Erlangga hal 14 dan 28
2. Penilaian Keterampilan
Bentuk : Penilaian kinerja
praktikum
3. Penilaian
Sikap
Bentuk :
Pengamatan/observasi sikap teliti,
hati-hati, tanggung jawab peduli selama
praktikum
Mengetahui, ...................................
Kepala Sekolah Guru
INSTRUMEN PENILAIAN
PENGETAHUAN
Soal Tulis
1) Jelaskan pengertian materi !
2) Sebutkan
sifat materi dan berilah contoh masing-masing 2 !
3)
Sebutkan perbedaan perubahan fisika
dan perubahan kimia!
4)
Sebutkan ciri-ciri perubahan kimia
dan berilah masing-masing 1 contoh !
5)
Tentukan jenis perubahan materi
dari gambar berikut:
a. Sentrifugasi darah c.
effervescent dalam air
b.antasida
di lambung d.Karat
besi
No
|
Kunci jawaban
|
Penskoran
|
Bobot
|
1
|
Materi
adalah segala sesuatu yang bermassa dan menempati ruang
|
Setiap kata kunci dijawab benar
skornya 1. Jadi skor maksimal adalah 2
|
10
|
2
|
Sifat
fisika (2 contoh) dan sifat kimia (2
contoh)
|
Setiap dijawab benar skornya 1.
Jadi skor maksimal adalah 6
|
30
|
3
|
Perubahan fisika
- Tidak terbentuk zat baru
- reversibel
- tidak terjadi reaksi kimia
Perubahan kimia
- Terbentuk zat baru
- irreversibel
- terjadi reaksi kimia
|
Min
menjawab 2 perbedaan, setiap dijawab benar skornya 1. Jadi skor maksimal
adalah 4
|
20
|
4
|
-terbentuk
endapan (1 contoh)
-terbentuk
gas/ bau (1 contoh)
-
terjadi perubahan warna (1 contoh)
-terjadi
perubahan suhu (1 contoh)
|
Setiap dijawab benar skornya 0,5. Jadi skor maksimal adalah 4
|
20
|
5
|
a.
Perubahan fisika
b.
perubahan kimia
c.
perubahan fisika
d.
perubahan kimia
|
Setiap dijawab benar skornya 1.
Jadi skor maksimal adalah 4
|
20
|
Nilai akhir
tiap nomor dihitung dari jumlah skor
yang dicapai tiap soal dibagi bobot dikalikan 100. Hasil penilaian akhir tiap
soal dijumlahkan untuk menentukan nilai
hasil ulangan.
Tugas
Pekerjaan Rumah (buku Teks Erlangga)
No
|
Kunci jawaban
|
Penskoran
|
Bobot
|
1
|
Sifat
fisika: a, b, c
Sifat
kimia: d, e
|
25
|
|
2
|
- Menjadi arang jika dipanaskan (sifat
intensif dan sifat kimia)
- Warna nyala kuning jika dipanaskan (sifat
intensif dan sifat fisika)
|
30
|
|
3
|
Terbentuk
zat baru yaitu terbentuk arang dan asap
|
20
|
|
4
|
5
contoh perubahan kimia
|
25
|
Nilai akhir
tiap nomor dihitung dari jumlah skor
yang dicapai tiap unsur dibagi bobot dikalikan 100. Hasil penilaian akhir tiap
unsur dijumlahkan untuk menentukan nilai
hasil tugas pekerjaan rumah.
INSTRUMEN
PENILAIAN KETRAMPILAN
Mata Pelajaran : KIMIA
Materi Pokok :
MATERI DAN
PERUBAHANNYA
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Waktu Pengamatan :
Bubuhkan
tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan dengan melihat rubrik penskoran
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
Jumlah SKor
|
|||||||||||
Pemakaian
Alat
|
Pengamatan
|
Data yang
diperoleh
|
Kesimpulan
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1
|
||||||||||||||
2
|
||||||||||||||
3
|
||||||||||||||
4
|
Rubrik
Penskoran:
Indikator penilaian Ketrampilan: Pemakaian Alat
3
|
=
|
Menggunakan
alat benar tetapi tidak rapi atau tidak memperhatikan keselamatan kerja
|
2
|
=
|
Menggunakan
alat benar tetapi tidak rapi atau tidak memperhatikan keselamatan kerja
|
1
|
=
|
Menggunakan
alat tidak benar
|
Indikator penilaian Ketrampilan: Pengamatan
3
|
=
|
Pengamatan
cermat dan bebas intepretasi
|
2
|
=
|
Pengamatan
cermat tetapi mengandung intepretasi
|
1
|
=
|
Pengamatan
tidak cermat
|
Indikator penilaian Ketrampilan: Data yang Diperoleh
3
|
=
|
Data
lengkap, terorganisir dan ditulis dengan benar
|
2
|
=
|
Data
lengkap tetapi tidak terorganisir atau ada yang salah tulis
|
1
|
=
|
Data
tidak lengkap
|
Indikator penilaian Ketrampilan: Kesimpulan
3
|
=
|
Semua
benar dan sesuai tujuan
|
2
|
=
|
Sebagian
kesimpulan ada yang salah atau tidak sesuai tujuan
|
1
|
=
|
Tidak
benar atau tidak sesuai tujuan
|
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran : KIMIA
Materi Pokok :
MATERI DAN
PERUBAHAN
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Waktu Pengamatan :
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom
sesuai hasil pengamatan
dengan melihat rubrik penskoran
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
Jumlah SKor
|
|||||||||||
Disiplin
|
Tanggung
jawab thd Tugas
|
Tanggung
jawab thd kebersihan lab
|
Bekerjasama
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1
|
||||||||||||||
2
|
||||||||||||||
3
|
||||||||||||||
4
|
Rubrik Penskoran:
-
Indikator
penilaian sikap Disiplin
3
|
=
|
siswa memakai jas lab dan
membawa lembar laporan sementara
|
2
|
=
|
siswa tidak memakai jas lab,
tapi membawa lembar laporan sementara atau sebaliknya
|
1
|
=
|
siswa tidak memakai jas lab,
tidak membawa lembar laporan sementara
|
-
Indikator
penilaian sikap Tanggung Jawab Mengerjakan tugas
3
|
=
|
siswa mengerjakan semua
tugas pretest yang diberikan oleh guru
|
2
|
=
|
siswa mengerjakan sebagian
tugas pretest yang diberikan oleh guru
|
1
|
=
|
siswa tidak mengerjakan
tugas pretest yang diberikan oleh guru
|
-
Indikator
penilaian sikap Tanggung Jawab Menjaga kebersihan lab
3
|
=
|
siswa menjaga kebersihan
alat dan tempat sebelum dan setelah selesai praktikum
|
2
|
=
|
siswa menjaga kebersihan
alat dan tempat hanya sebelum atau setelah selesai praktikum saja
|
1
|
=
|
siswa tidak menjaga
kebersihan alat dan tempat sebelum dan setelah selesai praktikum
|
-
Indikator
penilaian sikap Bekerjasama
3
|
=
|
siswa dapat saling membantu
dengan teman sekelompoknya melakukan praktikum sampai selesai
|
2
|
=
|
siswa hanya terkadang
menbantu teman kelompok melakukan praktikum sampai selesai
|
1
|
=
|
siswa tidak ikut (diam saja)
membantu melakukan praktikum sampai selesai
|
Kriteria Sikap berdasarkan
jumlah skor yang dicapai :
5
– 7 : KURANG
8
– 10 : CUKUP
11
– 13 : BAIK
14
– 15 : SANGAT BAIK
INSTRUMEN
PENILAIAN DIRI
KOMPETENSI
Nama
Siswa :
Mata Pelajaran : KIMIA
Materi Pokok :
MATERI DAN
PERUBAHAN
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Waktu Pengamatan :
Bubuhkan
tanda √pada kolom-kolom sesuai keadaan
yang sebenarnya
NO.
|
Kompetensi
yang Diharapkan
|
Sudah mampu
|
Belum mampu
|
1
|
Dapat menjelaskan pengertian materi
|
||
2
|
Dapat menjelaskan dan membedakan
wujud dan sifat materi
|
||
3
|
Dapat menjelaskan dan membedakan
perubahan materi
|
INSTRUMEN
PENILAIAN DIRI
SIKAP TANGGUNG
JAWAB
Nama
Siswa :
Mata Pelajaran : KIMIA
Materi Pokok :
MATERI DAN
PERUBAHAN
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2014/2015
Waktu Pengamatan :
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Sebagai
peserta didik saya mengerjakan tugas rumah dengan baik
|
||||
2
|
Sebagai
peserta didik saya menjaga kebersihan laboratorium selama praktikum
|
||||
3
|
Saya
berani menerima resiko atas tindakan yang dilakukan
|
No comments:
Post a Comment