rpp smk kimia MATERI DAN PERUBAHANNYA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan          : SMK ANALIS KESEHATAN
Kelas/Semester               : X/ Satu
Mata Pelajaran                : KIMIA
Materi                                : MATERI DAN PERUBAHANNYA
Alokasi Waktu                  : 1 x Pertemuan @ 90 menit

A.      Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kemanusiaan, kebangsaan, kenegaran, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan mintanya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1  Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
3.1  Memahami konsep materi dan perubahannya
1.   Menjelaskan pengertian materi
2.   Menjelaskan dan membedakan wujud dan sifat materi
3.   Menjelaskan dan membedakan perubahan materi
4.1  Menggunakan  konsep perubahan materi untuk pemecahan masalah kehidupan
1.   Melakukan percobaan berkaitan perubahan materi
2.   Menemukan contoh perubahan materi dalam bidang kesehatan

C.      Tujuan Pembelajaran
1.    Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam.
2.    Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa memiliki dan menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
3.    Setelah memberikan beberapa contoh materi dan membaca tentang materi, siswa dapat menjelaskan pengertian materi dengan benar.
4.    Setelah tanya jawab klasikal, siswa dapat menjelaskan dan membedakan macam-macam wujud dan sifat materi dengan benar.
5.    Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan dan membedakan perubahan materi dengan benar
6.    Melalui praktikum perubahan materi, siswa dapat mengetahui perubahan materi dengan tepat.
7.    Setelah mengamati lingkungan sekolah dan mendiskusikannya, siswa dapat menemukan contoh sehari-hari perubahan materi di bidang kesehatan dengan benar.




D.      Materi Pembelajaran
1.   Pengertian materi.
    Materi adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang.
2.   Wujud dan Sifat Materi.
Wujud Materi: gas, cair, padat
Sifat Materi:
a.   Sifat fisika
b.   Sifat Kimia
c.   Sifat Intensif
d.   Sifat Ekstensif
3.   Perubahan Materi
a.   Perubahan fisika
b.   Perubahan kimia   

E.       Metode Pembelajaran
1.   Pendekatan                  : Saintifik
2.   Metode                          :.diskusi, praktik
3.   Model                            : discovery based learning, project based learning

F.       Media,alat dan sumber pembelajaran
Buku Teks Siswa, lembar kerja, alat dan bahan praktikum

G.      Kegiatan Pembelajaran
(kegiatan 1 digunakan discovery learning= penemuan) dan
(kegiatan 2 project based learning= praktikum))

a.    Kegiatan Pendahuluan
1)  Siswa merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2)  Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan

b.    Kegiatan Inti
Kegiatan 1
1)  Guru memberikan contoh beberapa materi dan menuliskan di papan tulis.
2)  Siswa mengamati kesamaan contoh materi yang ditulis guru di papan tulis.
3)  Guru melakukan tanya jawab klasikal tentang pengertian, wujud dan sifat materi.
4)  Siswa mengemukakan pendapatnya (mengkomunikasikan) tentang pengertian, wujud dan sifat materi.
5)  Guru memberikan kesimpulan (mengasosiasi) dari jawaban-jawaban yang dikemukakan siswa dan penguatan tentang pengertian materi.
6)  Siswa membaca (mengamati) tentang wujud, sifat dan perubahan materi dari buku teks.
7)  Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok dan membagikan lembar kerja yang berisi pertanyaan-pertanyaan tentang wujud, sifat dan perubahan materi
8)  Siswa mengerjakan lembar kerja secara berkelompok dengan menggali dan (mengumpulkan informasi) merujuk buku teks.
9)  Siswa melaporkan/memaparkan dengan (mengkomunikasikan) hasil diskusi kelompok untuk ditanggapi kelompok lain.

Kegiatan 2
1)  Guru mengembangkan rasa ingin tahu siswa dengan mengajak mengamati perubahan materi melalui praktikum di labotorium
2)  Setiap siswa bersama dalam kelompok melakukan praktikum sesuai lembar praktikum sementara yang telah disediakan
3)  Guru melakukan observasi ketrampilan siswa saat di laboratorium serta menanyakan pada siswa berkaitan dengan kerja di labotarium.
4)  Siswa mencatat hasil pengamatan (mengumpulkan data) dalam lembar praktikum sementara
5)  Masing-masing siswa diberikan tugas membuat laporan individu sesuai pedoman penyusunan laporan.

c.    Kegiatan Penutup
1)  Guru menugasi siswa membuat laporan praktikum individu sesuai langkah-langkah membuat laporan yang sudah dijelaskan guru serta mengerjakan Uji Kemampuan Diri hal 14 dan 28 di buku teks. Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
2)  Guru menutup pembelajaran dengan salam     

H.      Penilaian
1.    Penilaian Pengetahuan
1.1 Bentuk      : Soal tes tulis uraian
1.2 Bentuk      : Tugas pekerjaan rumah dari buku teks KIMIA SMK/MAK penerbit Erlangga hal 14 dan 28

2.    Penilaian Keterampilan
 Bentuk  : Penilaian kinerja praktikum

3.    Penilaian Sikap
 Bentuk  : Pengamatan/observasi sikap teliti, hati-hati, tanggung jawab peduli selama 
              praktikum

Mengetahui,                                                                                         ...................................
Kepala Sekolah                                                                                                     Guru



                                                                                      

 ..................                                                                                                    ....................

INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN

Soal Tulis
1)    Jelaskan pengertian materi !
2)    Sebutkan sifat materi dan berilah contoh masing-masing 2 !
3)    Sebutkan perbedaan perubahan fisika dan perubahan kimia!
4)    Sebutkan ciri-ciri perubahan kimia dan berilah masing-masing 1 contoh !
5)    Tentukan jenis perubahan materi dari gambar berikut:
a. Sentrifugasi darah                                       c. effervescent dalam air

            b.antasida di lambung                                     d.Karat besi
 


No
Kunci  jawaban
Penskoran
Bobot
1
Materi adalah segala sesuatu yang bermassa dan menempati ruang
Setiap  kata kunci dijawab benar skornya 1. Jadi skor maksimal adalah 2
10
2
Sifat fisika (2 contoh)  dan sifat kimia (2 contoh)
Setiap  dijawab benar skornya 1. Jadi skor maksimal adalah 6
30
3
Perubahan fisika
- Tidak terbentuk zat baru
- reversibel
- tidak terjadi reaksi kimia
Perubahan kimia
- Terbentuk zat baru
- irreversibel
- terjadi reaksi kimia
Min menjawab 2 perbedaan, setiap  dijawab benar skornya 1. Jadi skor maksimal adalah 4
20
4
-terbentuk endapan (1 contoh)
-terbentuk gas/ bau (1 contoh)
- terjadi perubahan warna (1 contoh)
-terjadi perubahan suhu (1 contoh)
Setiap  dijawab benar skornya 0,5. Jadi skor maksimal adalah 4
20
5
a. Perubahan fisika
b. perubahan kimia
c. perubahan fisika
d. perubahan kimia
Setiap  dijawab benar skornya 1. Jadi skor maksimal adalah 4
20

Nilai akhir tiap nomor dihitung dari  jumlah skor yang dicapai tiap soal dibagi bobot dikalikan 100. Hasil penilaian akhir tiap soal dijumlahkan  untuk menentukan nilai hasil ulangan.



Tugas Pekerjaan Rumah (buku Teks Erlangga)
No
Kunci jawaban
Penskoran
Bobot
1
Sifat fisika: a, b, c
Sifat kimia: d, e

25
2
-  Menjadi arang jika dipanaskan (sifat intensif dan sifat kimia)
-  Warna nyala kuning jika dipanaskan (sifat intensif dan sifat fisika)

30
3
Terbentuk zat baru yaitu terbentuk arang dan asap

20
4
5 contoh perubahan kimia

25

Nilai akhir tiap nomor dihitung dari  jumlah skor yang dicapai tiap unsur dibagi bobot dikalikan 100. Hasil penilaian akhir tiap unsur dijumlahkan  untuk menentukan nilai hasil tugas pekerjaan rumah.


INSTRUMEN PENILAIAN KETRAMPILAN

Mata Pelajaran            : KIMIA
Materi Pokok              : MATERI DAN PERUBAHANNYA
Kelas/Semester          : X/1
Tahun Pelajaran          : 2014/2015
Waktu Pengamatan    :

Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan dengan melihat rubrik penskoran
No
Nama Siswa
Sikap
Jumlah SKor
Pemakaian Alat
Pengamatan
Data yang diperoleh
Kesimpulan
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1














2














3














4















Rubrik Penskoran:
Indikator penilaian Ketrampilan: Pemakaian Alat
3
=
Menggunakan alat benar tetapi tidak rapi atau tidak memperhatikan keselamatan kerja
2
=
Menggunakan alat benar tetapi tidak rapi atau tidak memperhatikan keselamatan kerja
1
=
Menggunakan alat tidak benar

Indikator penilaian Ketrampilan: Pengamatan
3
=
Pengamatan cermat dan bebas intepretasi
2
=
Pengamatan cermat tetapi mengandung intepretasi
1
=
Pengamatan tidak cermat

Indikator penilaian Ketrampilan: Data yang Diperoleh
3
=
Data lengkap, terorganisir dan ditulis dengan benar
2
=
Data lengkap tetapi tidak terorganisir atau ada yang salah tulis
1
=
Data tidak lengkap

Indikator penilaian Ketrampilan: Kesimpulan
3
=
Semua benar dan sesuai tujuan
2
=
Sebagian kesimpulan ada yang salah atau tidak sesuai tujuan
1
=
Tidak benar atau tidak sesuai tujuan



INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP

Mata Pelajaran            : KIMIA
Materi Pokok              : MATERI DAN PERUBAHAN
Kelas/Semester          : X/1
Tahun Pelajaran          : 2014/2015
Waktu Pengamatan    :

Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan dengan melihat rubrik penskoran
No
Nama Siswa
Sikap
Jumlah SKor
Disiplin
Tanggung jawab thd Tugas
Tanggung jawab  thd kebersihan lab
Bekerjasama
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1














2














3














4















Rubrik Penskoran:
-        Indikator penilaian sikap Disiplin
3
=
siswa memakai jas lab dan membawa lembar laporan sementara
2
=
siswa tidak memakai jas lab, tapi membawa lembar laporan sementara atau sebaliknya
1
=
siswa tidak memakai jas lab, tidak membawa lembar laporan sementara

-        Indikator penilaian sikap Tanggung Jawab Mengerjakan tugas
3
=
siswa mengerjakan semua tugas pretest yang diberikan oleh guru
2
=
siswa mengerjakan sebagian tugas pretest yang diberikan oleh guru
1
=
siswa tidak mengerjakan tugas pretest yang diberikan oleh guru

-        Indikator penilaian sikap Tanggung Jawab Menjaga kebersihan lab
3
=
siswa menjaga kebersihan alat dan tempat sebelum dan setelah selesai praktikum
2
=
siswa menjaga kebersihan alat dan tempat hanya sebelum atau setelah selesai praktikum saja
1
=
siswa tidak menjaga kebersihan alat dan tempat sebelum dan setelah selesai praktikum

-        Indikator penilaian sikap Bekerjasama
3
=
siswa dapat saling membantu dengan teman sekelompoknya melakukan praktikum sampai selesai
2
=
siswa hanya terkadang menbantu teman kelompok melakukan praktikum sampai selesai
1
=
siswa tidak ikut (diam saja) membantu melakukan praktikum sampai selesai


Kriteria Sikap berdasarkan jumlah skor yang dicapai :
5 – 7      : KURANG
8 – 10    : CUKUP
11 – 13  : BAIK
14 – 15  : SANGAT BAIK

INSTRUMEN PENILAIAN DIRI
KOMPETENSI

Nama Siswa               :
Mata Pelajaran            : KIMIA
Materi Pokok              : MATERI DAN PERUBAHAN
Kelas/Semester          : X/1
Tahun Pelajaran          : 2014/2015
Waktu Pengamatan    :

Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai keadaan yang sebenarnya
NO.
Kompetensi yang Diharapkan
Sudah mampu
Belum mampu
1
Dapat menjelaskan pengertian materi


2
Dapat menjelaskan dan membedakan wujud dan sifat materi


3
Dapat menjelaskan dan membedakan perubahan materi





INSTRUMEN PENILAIAN DIRI
SIKAP TANGGUNG JAWAB
Nama Siswa               :
Mata Pelajaran            : KIMIA
Materi Pokok              : MATERI DAN PERUBAHAN
Kelas/Semester          : X/1
Tahun Pelajaran          : 2014/2015
Waktu Pengamatan    :


No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Sebagai peserta didik saya mengerjakan tugas rumah dengan baik




2
Sebagai peserta didik saya menjaga kebersihan laboratorium selama praktikum




3
Saya berani menerima resiko atas tindakan yang dilakukan








No comments: