RPP K13 C1 PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN X

RPP K13 C1 PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN X




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)

SatuanPendidikan     : SEKOLAH ……
Kelas/Semester         : X/Satu
Mata Pelajaran          : PengantarAdministrasiPerkantoran
Materi pokok             : Memahami azas, tujuan dan jenis tata ruang kantor
AlokasiWaktu/          : 2 x pertemuan


A.    KompetensiInti
1.   Menghayatidanmengamalkanajaran agama yang dianutnya
2.   Menghayati dan mengamalkan perilaku(gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif da-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia;
3.   Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah;
4.   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranahabstrakterkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secaramandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.    KompetensiDasar dan Indikator
1.3.  MeyakinibahwabekerjaadalahsalahsatubentukpengamalanperintahTuhan yang harusdilakukansecarasungguh-sungguh
2.1. Memilikimotivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam pembelajaran menyiapkan menggunakan peralatan kantor
3.7.  Memahami azas, tujuan dan jenis tata ruang kantor
        3.7.1. Menjelaskan pengertian tata tuang kantor
        3.7.2. Mengidentifikasi azas tata ruang kantor
        3.7.3. Mengidentifikasi tujuan tata ruang kantor
        3.7.4. Mengidentifikasi jenis tata ruang kantor
4.7.  Menata ruang kantor
        4.7.1. Menata salah satu jenis ruang kantor

C.    TujuanPembelajaran
Melalui pengamatan, membacareferensidankegiatandemonstrasi peserta didik dapat:
1.     Menjelaskan pengertian tata tuang kantor
2.     Mengidentifikasi azas tata ruang kantor
3.     Mengidentifikasi tujuan tata ruang kantor
4.     Mengidentifikasi jenis tata ruang kantor
5.     Mempraktekkan menata salah satu jenis ruang kantor







D.    MateriPembelajaran
1.     Pengertian tata tuang kantor
Tata Ruang Kantor (TRK) adalahpengaturandanpenyusunanseluruhmesinkantor, alatperlengkapankantorsertaperabotkantorpadatempat yang tepat, sehinggapegawaidapatbekerjadenganbaik, nyaman, leluasadanbebasuntukbergerak, sehinggatercapaiefesiensikerja.

2.     Azas Tata Ruang Kantor
1.  AzasJarakTerpendek
    Yaitujarakterpendekantara 2 titikdalamgarislurus
2. AzasRangkaianKerja
Yaitupenempatan para pegawaidanalat-alatkantormenurut
rangkaianurut-urutanpenyelesaianpekerjaan
3. AzasPenggunaanSegenapRuang
Yaitutidakadaruang yang tidakterpakai, tidakhanyaberupa
luaslantai, tetapijugavertikalkeatasmaupunkebawah
4. AzasPerubahanSusunanTempatKerja
Yaituapabiladiperlukandapatdirubahdenganmudah,
misalnyatataruangkantorterpaksadirubah, karena :
    a. Perubahan proses kerja/prosedurkerjakantor
    b. Penemuanteknologibaru, dan lain-lain.

2.     Tujuan Tata Ruang Kantor
1.     Mencegahpenghamburantenagadanwaktukarenaprosedurkerjadapatdipersingkat
2.     Menjaminkelancaran proses pekerjaan
3.     Pemakaianruangkerjasecaraefesien.
4.     Mencegah para pegawaibagian lain tergangguolehpublikatauolehsuarabisinglainnya.
5.     Menciptakankenyamananbekerja
6.     Memberikankesan yang baikterhadap para tamu
7.     Mengusahakanadanyakeleluasaanbagi :
a. Gerakanpegawai yang sedangbekerja
b. Pemanfaatanruanganbagikeperluan lain
c. Perkembangandanperluasankegiatan

3.     Jenis Tata Ruang Kantor
1.     Tata ruangkantorberkamar (Cubicle Type Offices) adalahruanganuntukbekerja yang dipisahkanataudibagidalamkamar-kamarkerja (lihatgambar)
2.     Tata ruangkantorterbuka (Open Plan Offices) adalahruanganbesaruntukbekerja yang ditempatiolehbeberapapegawai yang bekerjabersama-samadiruangantersebuttanpadipisahkanolehpenyekat (lihatgambar)
3.     Tata ruangkantorberhiasatauberpanorama / bertaman (Landscape Offices) adalahruanganuntukbekerja yang dihiasiolehtaman, dekorasidanlainnya (lihatgambar)
4.     Tata ruangkantor yang merupakangabunganantarabentuktataruangkantorberkamar, tataruangkantorterbukadantataruangkantorberhias





E.     MetodePembelajaran
1.   Pendekatan               : PendekatanScientific
2.   Metode                      : ceramah, tanyajawab, Demonstrasi, penugasan

F.     Langkah-langkahPembelajaran

Kegiatan
Langkah-langkah
Alokasiwaktu
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
1.  Memberikansalam
2.  Menanyakankepadasiswakesiapandankenyamananuntukbelajar
3.  Menanyakankehadiransiswa
4.  Mempersilahkansalahsatusiswamemimpindoa
5.  Menayangkan video motivasi
6.  Menyampaikantujuanpembelajaranmelalui power point

15





Inti
1. Menjelaskan materi tentang pengertian, asas, tujuan dan jenis tata ruang kantor
2. Menugaskan kepada siswa untuk membentuk kelompok berpasangan 2 orang
3. Menugaskan salah satu siswa dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengarkan sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran
4. Menjelaskan materi pembelajaran yang belum dipahami oleh siswa

50
Penutup
1.  Dengandibantu guru, siswamenyimpulkanmateripengertian, asas, tujuan dan jenis tata ruang kantor
2.  Melakukanevaluasiuntukmengukurketercapaiantujuanpembelajaran
3.  Siswadiberitugas observasi ke salah satu kantor dan mengidentifikasi jenis tata ruang kantor yang tepat. (tugasmandiridalambentukmakalahdikumpulkandalam 2 minggu yang akandatang)

25

G.   AlatdanSumberPembelajaran
a.     

b.

Print Out gambar macam – maca tata ruang kantor

ModulMemahamiPrinsip-prinsipPenyelenggaraanAdministrasiPerkantoran, Tim Merah Putih, CV MerahPutih, 2008












H.   Penilaian
-      TesTertulis

1.     Jelaskan  yangdimaksuddengankantor !
2.     Jelaskan yang dimaksuddengantataRuangKantor !
3.     SebutkanTujuan Tata RuangKantor !
4.     SebutkanJenis Tata RuangKantor !

KUNCI JAWABAN :
1.           Kantor adalahtempat/gedung yang digunakanuntukmelakukanpekerjaantulismenulisdandilengkapidenganfasilitaspenunjang (Skor 25)
2.           Tata Ruang Kantor (TRK) adalahpengaturandanpenyusunanseluruhmesinkantor, alatperlengkapankantorsertaperabotkantorpadatempat yang tepat, sehinggapegawaidapatbekerjadenganbaik, nyaman, leluasadanbebasuntukbergerak, sehinggatercapaiefesiensikerja.(Skor 25)
3.           Tujuan Tata Ruang Kantor
1. Mencegahpenghamburantenagadanwaktukarenaprosedurkerjadapatdipersingkat
2. Menjaminkelancaran proses pekerjaan
3. Pemakaianruangkerjasecaraefesien.
4. Mencegah para pegawaibagian lain tergangguolehpublikatauolehsuarabisinglainnya.
5. Menciptakankenyamananbekerja
6. Memberikankesan yang baikterhadap para tamu
7. Mengusahakanadanyakeleluasaanbagi :
a. Gerakanpegawai yang sedangbekerja
  b. Pemanfaatanruanganbagikeperluan lain
  c. Perkembangandanperluasankegiatan
(Skor 25)
4.           Jenis tata ruang kantor
1. Tata ruangkantorberkamar (Cubicle Type Offices) adalahruanganuntukbekerja yang dipisahkanataudibagidalamkamar-kamarkerja (lihatgambar)
2. Tata ruangkantorterbuka (Open Plan Offices) adalahruanganbesaruntukbekerja yang ditempatiolehbeberapapegawai yang bekerjabersama-samadiruangantersebuttanpadipisahkanolehpenyekat (lihatgambar)

3.  Tata ruangkantorberhiasatauberpanorama / bertaman (Landscape Offices) adalahruanganuntukbekerja yang dihiasiolehtaman, dekorasidanlainnya (lihatgambar)
4.  Tata ruangkantor yang merupakangabunganantarabentuktataruangkantorberkamar, tataruangkantorterbukadantataruangkantorberhias
(Skor 25)






































 


LEMBAR PENILAIAN


1.      LEMBAR PENGAMATAN SIKAP  : KEGIATAN DISKUSI
NO
NAMA SISWA
ASPEK YANG DINILAI
JUMLAH   SKOR
NILAI
Kerja Sama
Tanggung
jawab
Toleransi
Keaktifan
kesantunan
1.








2.








3.








4.








5.








6.








7.








8.








9.








10








11








12








13








14








15









A.   Pedoman Penskoran :
4  =BaikSekali
3  =Baik
2  =Cukup
1   = Kurang.

      B. PedomanPenilaian

Skormaksimal : 20


Jumlahskor yang diperoleh
PenilaianProses  =  ----------------------------------------- X  100%
              Jumlahskormaksimal




2 .LEMBAR PENGAMATAN UNJUK KERJA: KEGIATAN PRESENTASI

NO
NAMA SISWA
ASPEK YANG DINILAI
JUMLAH SKOR
NILAI
KOMUNIKASI
SISTEMATIKA PENYAMPAIAN PESAN
WAWASAN
KEBERANIAN
ANTUSIAS
PENAMPI
LAN
1









2









3









4









5









6









7









8









9









10










A.   Pedoman Penskoran :
4  =BaikSekali
3  =Baik
2  =Cukup
2   = Kurang.

B.   PedomanPenilaian

Skormaksimal : 24

Jumlahskor yang diperoleh
PenilaianProses  =  ----------------------------------------- X  100%
              Jumlahskormaksimal











LEMBAR PENILAIAN MAKALAH :

TEMA : PARADIGMA DAN FILOSOFI ADMINISTRASI PERKANTORAN 
STUKTUR MAKALAH
INDIKATOR
NILAI
PENDAHULUAN
-          LatarBelakang
-          RumusanMasalah
-          TujuanPenulisan

ISI
      -   Orisinilitaskerisinilitaskerjaan
-       Cara Mendiskripsikanparadigmadanfilosofiadministrsiperkantoran
-       Struktur/logikapenulisan
-       Bahasa yang digunakanmengikuti EYD.
-       DaftarPustakadapatdipertanggungjawabkan.


PENUTUP
-          Kesimpulansesuaidenganrumusanmasalah
-          Relevansi saran dengantema

JUMLAH



KRITERIA PENILAIAN :
SANGAT SESUAI
4
SESUAI
3
CUKUP SESUAI
2
KURANG SESUAI
1


Nilai = SkorPerolehanX 100
Skormaksimal





 Kepala Sekolah                                                                                                      Guru Bidang Studi





……………………………                                                                                                   …………………….



















1 comment:

Admin said...

mari berbagi ilmu